Ditemukan 115030 dokumen yang sesuai dengan query
Saeka Minami Kalpika
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya nation branding Jepang di Indonesia yang dilakukan oleh lembaga kebudayaan pemerintah Jepang yaitu The Japan Foundation Jakarta (JF Jakarta) dengan melihat dari perspektif kehumasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas JF Jakarta melaksanakan upaya nation branding melalui diplomasi budaya, dan telah berperan dalam melaksanakan tiga instrumen diplomasi budaya yaitu bahasa, misi budaya, dan promosi kesenian Jepang di Indonesia dengan cara menyelenggarakan kegiatan berbasis budaya dan bahasa, mengelola media sosial, dan membangun hubungan dengan komunitas pencinta Jepang. JF Jakarta juga sudah menuju pada proses nation branding yang strategis meskipun belum sempurna. JF Jakarta belum merancang strategi komunikasi yang jelas, dan belum mengimplementasikan kontrol serta evaluasi penyampaian pesan inti yang dilakukan sehingga pesan tersebut belum tersampaikan dengan baik kepada khalayaknya. Pendekatan kehumasan dalam nation branding yang dijalani humas JF Jakarta sebagian besar telah memenuhi karakteristik pembangunan hubungan (relationship building) dibandingkan dengan pengelolaan citra (image management). Pendekatan kehumasan yang dilakukan JF Jakarta ini sudah tepat, kini yang perlu dilakukan adalah bagaimana supaya hubungan yang dibangun ini dapat dikelola dengan baik sehingga menghasilkan keuntungan lainnya yang lebih dari sekedar mendapatkan citra Jepang yang baik di mata masyarakat Indonesia.
This study aims to describe Japan's nation branding in Indonesia through Japan's government cultural institution named The Japan Foundation Jakarta (JF Jakarta) from public relations perspective. This study uses a qualitative approach with case studies method. The results showed that the public relations of JF Jakarta carried out the efforts of nation branding through cultural diplomacy, and had taken a role in implementing three cultural diplomacy instruments, which are language, cultural mission, and promotion of Japanese arts in Indonesia by organizing cultural and language-based activities, managing social media, and building relationships with Japan enthusiasts' communities. JF Jakarta has also carried out a strategic branding process even though it is not yet perfect. JF Jakarta has not designed a clear communication strategy, and has not implemented controls and evaluation of the delivery of the core messages so the message has not been conveyed properly to the audience. Public relations' approach in nation branding carried out by JF Jakarta public relations in nation branding had largely fulfilled relationship building approach's characteristics compared to image management approach. This public relations approach taken by JF Jakarta is right, now what needs to be done is to find out how the relationship that is built can be managed properly to produce other benefits that are more than just getting a good image of Japan in the eyes of the Indonesian people."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Meirna Larasati
"Strategi Cool Japan merupakan sebuah strategi yang dikelola oleh pemerintah Jepang dengan fokus terhadap budaya populer dan industri kreatif. Tujuan utama dari Cool Japan adalah menarik perhatian dunia secara positif. Pada mulanya Cool Japan berada di bawah pengawasan Kementrian Luar Negeri Jepang atau MOFA. Hingga pada tahun 2011 Cool Japan menjadi bagian dari program kerja Kementrian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang atau METI. Penelitian ini menemukan formulasi teori nation branding yang dikemukakan Simon Anholt dalam program-program yang dilaksanakan oleh Cool Japan.
'Cool Japan rdquo is a Japan's goverment strategy which is focused on pop culture and creative industry. The main aim of'Cool Japan rdquo is attract the world in positive way. At first'Cool Japan rdquo is being supervised by Ministry of Foreign Affair MOFA . Up to 2011'Cool Japan rdquo is being a part of Ministry of Economy, Trading, and Industry or METI's program. This research found that nation branding's theory by Simon Anholt formulated in Cool Japan's activities."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69595
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Jakarta: The Japan Foundantion, 1974
952.06 JAK l (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Cut Ayu Rahimainita
"Skripsi ini menggunakan kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah 18th Asian Games 2018mendatang, sebagai studi kasus tentang bagaimana penyelenggaraan sport mega-eventmeningkatkan nation branding sebuah negara. Skripsi ini juga memaparkan strategipemanfaatan media sosial 18th Asian Games 2018 pada periode Agustus ndash; Oktober 2017dalam mengomunikasikan nation branding Indonesia. Penelitian dilakukan dengan metodekualitatif dengan melakukan studi deskriptif dan paradigma konstruktivisme pada objekpenelitiannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan, administrasi,ekonomi, dan prestasi merupakan indikator utama dalam sebuah penyelenggaraan sportmega-event yang membentuk nation branding negara penyelenggaranya. Hasil penelitianjuga menemukan bahwa dengan cakupan wilayah khalayak sasaran yang begitu luas, mediasosial merupakan media yang efektif membentuk nation branding melalui penyelenggaraansport mega-event apabila melalui tahapan manajemen strategis dalam branding, yaitupenentuan dan implementasi identitas.
This thesis uses Indonesia rsquo s opportunity as the host country for the upcoming 18th AsianGames 2018 as a case study on how a sport mega event can shape and escalate nationbranding of a country. In a connection with social media marketing as concept, this thesis isalso explains the social media marketing strategy of 18th Asian Games 2018 in the period ofAugust ndash October 2017 in order to communicate nation branding of Indonesia through the18th Asian Games Jakarta Palembang 2018. This thesis conducted under qualitative approachwith descriptive study and constructivist paradigm to the object of research.The finding of this thesis shows that management of the event, sport achievement, administrative, andeconomic are the main indicators in a sport mega event that shaped nation branding of thehost country. Besides, the finding also shows that social media is the best media to shapenation branding through a sport mega event which targeting audience from varieddemographical backgrounds."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Lulu Lucyana
"Skripsi ini membahas tentang evaluasi melalui pemanfaatan koleksi audiovisual yang berupa kaset video, kaset audio, CD Audio, CD-ROM, dan bahan grafts (flash cards, permainan, dan poster kanji) di perpustakaan Pusat Kebudayaan Jepang - The Japan Foundation. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat diketahui bagaimana pemanfaatan koleksi audiovisual yang didukung oleh pendapat pemakainya mengenai fasilitas layanan dan koleksi audiovisual serta kendala yang dihadapi perpustakaan dalam layanan tersebut. Pengumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada pemakai perpustakaan JF yang sedang memanfaatkan atau meminjam koleksi audiovisual pada saat penelitian dilakukan. Untuk menunjang data-data tersebut dilakukan wawancara dengan staf perpustakaan, observasi pada layanan audiovisual, dan studi bibliografis/ dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan koleksi audiovisual di perpustakaan Pusat Kebudayaan Jepang - The Japan Foundation dapat dikatakan masih kurang dan belum optimal karena frekuensi pemanfaatan koleksi audiovisual pars pemakainya masih kurang dan masih ada koleksi yang belum dimanfaatkan secara optimal yaitu koleksi CD-ROM dan bahan grafis. Para pemakai audiovisual umumnya tidak mengalami hambatan yang berarti saat memanfaatkan koleksi tersebut karena perpustakaan JF sudah dapat memberikan layanan audiovisual yang cukup baik dengan berbagai faktor pendukungnya. Sementara itu, kendala yang dihadapi perpustakaan adalah kurangnya staf yang menyebabkan pengawasan terhadap masalah yang timbul dalam layanan audiovisual belum dilakukan secara optimal serta ruang audiovisual dan anggaran yang terbatas. Ruang audiovisual yang terbatas menimbulkan masalah dalam hal penempatan jika ada penambahan fasilitas atau perlengkapan audiovisual lainnya. Terbatasnya dana membuat pengadaan koleksi audiovisual menjadi kurang teratur sehingga koleksi menjadi kurang berkembang."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15576
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Tokyo: Kodansha International : Distributed in the United States by Kodansha America, 1994.
952 JAP (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Reischauer, Edwin O.
Tokyo: Tuttle Publishing, 1972
952 REI j (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Reischauer, Edwin O.
Tokyo: Charles E. Tuttle Company, 1990, 1992
952 REI j (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Tokyo : Kodansha International : Distributed in the United States by Kodansha America, 1994.
952 JAP (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Reischauer, Edwin O.
New York: Knopt, 1970
952 REI j
Buku Teks Universitas Indonesia Library