"Persepsi adalah kemampuan untuk membedakan, mengelompokan, memfokuskan objek
peristiwa berdasarkan informasi yg didapatkan melalui panca indra sampai rangsangan itu
disadari dan di mengerti yang bersifat personal dan internal. Perbedaan persepsi dapat
disebabkan oleh hal-hal seperti adanya perhatian, harapan seseorang akan rangsangan yang
akan timbul, kebutuhan seseorang, sistem nilai yang berlaku dalam suatu masyarakat, ciri
kepribadian serta adanya suatu gangguan kejiwaan. Hal inilah yang ingin peneliti ketahui
dengan judul Persepsi Ibu hamil trismester I terhadap pelayanan kesehatan maternal di
ruang “Ante Natal”.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi sederhana yang bertujuan
untuk mengidentifikasi bagaimana persepsi ibu hamil trismester I terhadap pelayanan
kesehatan maternal di ruang “Ante Natal”.
Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada 20 responden yang telah
sesuai dengan kriteria penelitian Data yang didapatkan dianalisa dan diperoleh hasil
sebagai berikut : ibu yang berkunjung ke ruang Ante Natal adalah ibu yang bekerja dengan
tingkat pendidikan Akademi/Perguruan Tinggi, berumur antara 20 - 35 tahun, ibu dengan
kehamilan yang kedua dan hampir semua responden memiliki persepsi yang positif
terhadap pelayanan kesehatan maternal. Hal inilah yang harus dipertahankan dan harus
meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan cara meningkatkan ketanggapan petugas
memenuhi kebutuhan pasien, kelancaran komunikasi petugas kepada pasien, keprihatinan
serta keramah tamahan petugas dalam melayani pasien dan atau kesembuhan penyakit yang
sedang dialami oleh pasien, memberikan pelayanan yang sesuai dengan perkembangan
ilmu dan tehnologi mutahir sehingga perlu adanya penelitian lanjutan mengenai persepsi
ibu hamil terhadap pelayanan kesehatan maternal dengan menggunakan desain penelitian
dan instrumen yang lebih baik guna memperbaiki pelayanan kesehatan yang akan datang."