Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 193739 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hamida Mutia Maharani
"ABSTRACT
Indonesia sebagai negara dengan cultural resources tertinggi di ASEAN memiliki kesempatan untuk memanfaatkan cultural resources yang dimilikinya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Upaya meningkatkan kunjungan wisatawan salah satunya adalah dengan menyelenggarakan event. Event merupakan penggerak wisatawan untuk meninggalkan tempat tinggalnya, mengeluarkan uang yang dimilikinya untuk memperoleh pelayanan di destinasi wisata. Penelitian ini fokus pada pengaruh cultural events dan elemen lain dalam destinasi wisata terhadap pembentukan destination image yang dapat menghasilkan positive behavioral intention. Penelitian ini menggunakan PLS-SEM untuk menganalisis pengaruh cultural events, event brand, place brand, dan structural element terhadap affective dan cognitive image destinasi wisata. Responden dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernah mengunjungi Dieng Culture Festival 6,7, atau 8. Penelitian ini menemukan bahwa place brand dan structural element berpengaruh signifikan terhadap pembentukan cognitive dan affective image. Variabel lain, yakni cultural events dan cultural event brand hanya berpengaruh signifikan terhadap affective image. Selanjutnya, kedua dimensi destination image, yaitu affective image dan cognitive image berpengaruh signifikan terhadap overall image destination image. Dalam kasus Dieng dan Dieng Culture Festival, affective image berpengaruh lebih besar terhadap pembentukan overall image. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa overall image berpengaruh signifikan terhadap intention to revisit dan intention to recommend wisatawan terhadap destinasi wisata.

ABSTRACT
Indonesia as the richest cultural resources country in ASEAN has opportunities to maintain its cultural resources to increase tourist visits. Conducting event is one of the way to increase tourist visit. Events can make someone leave their place, move to the other place conducting events, spent their money to get the services on the event site. The focus of this study is the contribution of cultural events and the other elements of tourist destination to the formation of destination image that lead to positive behavioral intention. This research used PLS SEM to analyze the effect of cultural events, event brand, place brand, and structural element to the affective and cognitive image. Respondents of this research is anyone who had been visited Dieng Culture Festival 6, 7, or 8. This research has found that place brand and structural element significantly affect both cognitive and affective image. The other variable, cultural events and cultural event brand only significantly affect the affective image of tourist destination. In the case of Dieng and Dieng Culture Festival, affective image has bigger affect to the formation of overall image than cognitive image. In this study, researcher also found that overall image of tourist destination significantly affects positive behavioral intention intention to revisit dan intention to recommend of the tourist to tourist destination. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sukma Mayangsari
"ABSTRAK
Makalah ini membahas mengenai pembentukan branding pariwisata daerah Dieng dengan menggunakan teknik Marketing Public Relations MPR yaitu special event dengan nama Dieng Culture Festival 2016. Upaya pariwisata Dieng dalam mengangkat paduan keindahan alam dan budaya melalui Event Dieng Culture Festival diaplikasikan dalam berbagai bentuk strategi MPR. Event Dieng Culture Festival sendiri merupakan event tahunan yang menyajikan kebudayaan dan kearifan lokal Kabupaten Banjarnegara pada umumnya dan Kecamatan Dieng pada khususnya. Makalah ini juga menganalisis tiga strategi pendekatan MPR atau three ways strategy yang dilakukan yaitu strategi push, pull, dan pass. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk menganalisis masing-masing strategi MPR yang terdapat pada penyelenggaraan event Dieng Culture Festival serta mengidentifikasi strategi-strategi MPR yang menciptakan pembentukan citra destinasi atau destination branding dari daerah Dieng tersebut. Hasil dari analisis makalah ini adalah bahwa implementasi strategi push, pull, dan pass dalam pelaksanaan teknik MPR special event Dieng Culture Festival telah berhasil menciptakan branding destinasi ldquo;kota wisata budaya rdquo; untuk daerah Dieng.Kata kunci: humas pemasaran, strategi humas pemasaran, special event, branding destinasi pariwisata

ABSTRACT
This paper discusses about destination branding of regional tourism in Dieng area by using special event as Marketing Public Relations MPR technique. Dieng area rsquo s tourism efforts in lifting the value of their nature and culture rsquo s beauty through Dieng Culture Festival are being applied in various forms of MPR strategy. The Dieng Culture Festival itself is an annual event that presents the local culture and wisdom of Banjarnegara district in general and Dieng area in particular. This paper also analyzes the three ways strategy of MPR approach, namely push, pull and pass strategy. The purpose of this paper is to identify and analyze each of MPR strategy that is contained in the whole event of Dieng Culture Festival how it creates the destination branding for Dieng area. The analysis result of this paper is that the implementation of three ways strategy of MPR approach in special event Dieng Culture Festival are succeeding in creating destination brand Cultural Tourism City for Dieng area.Keywords marketing public relations, three ways strategy, special event, destination branding"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Elgine Harits
"Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan antar empat dimensi yang ada pada kerangka konsep customer-based brand equity (CBBE) dalam konteks acara edukasi dan juga untuk mengetahui jenis hubungan yang ada diantara dimensi event brand value (EBV) dan event brand loyalty (EBL). Analisis jalur digunakan dalam penelitian ini untuk menguji ke-6 pernyataan hipotesis. Setelah melakukan pengolahan data kuisioner dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 21 (N = 298), hasil penelitian mengindikasikan bahwa seluruh konstruk dapat dinyatakan valid dan reliabel. Dimensi event brand loyalty (EBL), dipengaruhi secara langsung oleh dimensi event brand image (EBI), event brand value (EBV), dan terlebih secara kuat oleh event brand quality (EBQ). Penelitian ini berguna bagi pihak-pihak penyelenggara acara edukasi (seperti seminar) yang ingin meningkatkan event brand equity serta penelitian ini turut memperkaya literatur ilmiah untuk pengembangan profesi humas.

This research aimed to understand relationship between dimensions that exist on customer-based brand equity (CBBE) concept in the context of educational event and to examine the relationship between event brand value and event brand loyalty. Path analysis technique was used to test the 6 hypothetical statements. Questionnaires were analyzed (N = 298), results indicated that all questions on the questionnaire was valid and reliable to test the 4 constructs. Event brand loyalty (EBL) was proven directly affected by event brand image (EBI), event brand value (EBV), and moreover, proven highly influenced by event brand quality (EBQ). This research is useful for educational events organizers that care about event brand equity and also contributes to the development of public relations profession."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novy Amelia Sanjaya
"Skripsi ini meneliti pengaruh event quality terhadap satisfaction dan behavioral intention pada studi kasus Jazz Goes To Campus Festival yang merupakan acara festival jazz tertua di Indonesia. Responden dalam penelitian ini adalah pengunjung acara The 37th Jazz Goes To Campus yang diadakan pada tahun 2014 yang merupakan tahun terakhir festival tersebut diadakan saat penelitian ini dilakukan yang mayoritas berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Metode yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda dengan software SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa event quality signifikan mempengaruhi satisfaction dan behavioral intention serta satisfaction memediasi secara penuh hubungan antara event quality dan behavioral intention.

This research analyses the effect of event quality on satisfaction and behavioral intention on the case of Jazz Goes To Campus Festival, which is the oldest jazz festival in Indonesia. Respondents of this research are those who visited The 37th Jazz Goes To Campus Festival which was held in 2014 in which it is the latest annual event held while this research is being conducted. The respondents who participate in this research reside in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi area. This research uses simple and multiple linear regression with SPSS 22 software to process the data.
The result of this research shows that event quality significantly affects satisfaction and behavioral intention, and satisfaction fully mediates the relation of event quality and behavioral intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S62279
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gisella Liati
"Penelitian ini akan membahas efektivitas online event terhadap loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi keterlibatan pelanggan dalam online event terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan melalui survei dengan convenience sampling. Data penelitian terdiri atas 77 sampel responden yang pernah berpartisipasi minimal 1 kali pada online event. Kemudian, data yang diperoleh akan diolah menggunakan metode PLS Partial Least Square dengan smartPLS dan SPSS.
Hasil utama dari penelitian ini adalah event involvement pada online event tidak memiliki pengaruh terhadap event emotions positif maupun negatif. Namun demikian, variabel event involvement dapat mempengaruhi tidak langsung event attitude dengan event emotions sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan pengaruh event emotions terhadap event attitude dan pengaruh event attitude terhadap brand attitude. Selanjutnya, brand attitude dapat memengaruhi brand loyalty.

This research will explain the effectiveness from online event towards customers loyalty. The study aim to analyze contribution from customer involvement in online event to customers loyalty with consider event emotions, event attitude, and brand attitude as mediation variable. Data for this research consist of 77 sample with convenience sampling technique. Researcher analyze data with partial least square method.
The main result from this research is event involvement in online event doesnot have effect to event emotions positive and negative emotions. But, event involvement has significant effect to event attitude with event emotions as mediation variable. Meanwhile, event emotions has effect to event attitude and event attitude has effect to brand attitude. Furthermore, brand attitude has effect to brand loyalty. Event involvement as independent variable has effect to brand loyalty with event emotions, event attitude, and brand attitude as mediation variables multiple mediation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chintya Ayu Februarini
"Sponsorship telah memperlihatkan pertumbuhan yang luar biasa dan telah menjadi komunikasi pemasaran yang populer untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana sponsorship mempengaruhi kesadaran merek sponsor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan melibatkan 100 pengunjung Jakarta International Djarum Super Mild Java Jazz Festival 2012 sebagai sampel yang dikumpulkan dengan teknik sampling non-probability dan snowball. Hasil menunjukkan bahwa sponsorship memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran merek. Selanjutnya, analisis regresi berganda mengindikasikan bahwa sponsorship factors dan sponsor factors memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran merek.

Sponsorship has seen an exceptional growth and became a popular marketing communication to increase brand awareness. The objective of this research is to analyze how sponsorship can effect brand awareness of the sponsor. This research applies quantitative approach and comprises 100 visitors of Jakarta International Djarum Super Mild Java Jazz Festival 2012 as the samples that collected by non-probability and snowball sampling. The results suggest that sponsorship has a significant effect towards brand awareness. Futher, multiple regression analysis also indicates that sponsorship factors and sponsor factors have a significant effect towards brand awareness."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Ayu Ditha Ambarawati
"Dalam situasi yang semakin kompetitif serta tantangan yang lebih besar dalam industri pariwisata, suatu destinasi memerlukan pemahaman yang baik mengenai destination image dan hubungannya dengan behavioral intention agar dapat bertahan dan sustainable di pasar yang semakin kompleks.Penelitian ini menguji dimensi dari destination image (cognitive, affective, dan unique image) terhadap behavioral intention.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100 wisatawan domestik di Bandung.Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan multiple regression.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dua dimensi destination image (affective and unique image) merupakan dimensi yang berpengaruh pada behavioral intention wisatawan domestik di Bandung.

The competitive situation and greater challenges within the tourism industry entail a better understanding of a destination image toward future behavioral intention to make a sustanaible position in the competitive market. This study examines the dimensions of destination image (cognitive, affective, and unique image) toward behavioral intention of domestic tourist to Bandung. This research uses a quantitative methodology using responses given by 100 domestic tourist. Analysis technique of the data used in this study is multiple regression.
The results showed that two dimensions of destination image (affective and unique image) are significant dimensions of domestic tourists‟s behavioral intention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S56733
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Kresna Noer
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5247
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4588
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ryando Raditya Widodo Putra
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas mengenai pengaruh antara Destination Brand Authenticitiy dan Destination Brand Self-Congruence terhadap Destination Brand Engagement pada wisatawan Masjid Istiqlal. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif, melalui teknik purposive-sampling yang dilakukan pada sebanyak 208 responden melalui penyebaran kuesioner secara online. Data yang didapatkan diolah mengunakan SPSS dan SmartPLS melalui analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial mengunakan SEM dengan pendekatan PLS-SEM. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Destination Brand Authenticity dan Destination Brand Self-Congruence memiliki pengaruh positif terhadap Destination Brand Engagement pada wisatawan Masjid Istiqlal.

The purpose of this study is to discuss the effect of Destination Brand Authenticity and Destination Brand Self-Congruence on Destination Brand Engagement on Istiqlal Mosque tourists. This study uses a quantitative approach, done through a purposive-sampling technique which was carried out on as many as 208 respondents through an online questionnaire. The data obtained was processed using SPSS and SmartPLS through descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis using SEM with PLS-SEM approach. The result of this study indicates that Destination Brand Authenticity and Destination Brand Self-Congruence have a positive influence on Destination Brand Engagement on Istiqlal Mosque tourists."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>