Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 50825 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aguillo, Isidro F.
Depok: Universitas Indonesia, 2009
PGB-Pdf
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Aguillo, Isidro F.
Jakarta: UI-Press, 2009
PGB 0003
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ashr Faturrahman
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan mahasiswa Ilmu Perpustakaan FIB UI periode 2013-2017 dalam memilih lokasi penelitian dan topik untuk menyelesaikan tugas akhir. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pola pemilihan lokus dan topik penelitian. Data menggunakan asumsi akhir dari mahasiswa Ilmu Perpustakaan FIB UI periode 2013-2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa cenderung memilih lokus selain pusat informasi atau lembaga informasi seperti perpustakaan dan pusat arsip dan catatan, tetapi melalui sumber lain seperti museum, film, novel, media sosial, penyebaran informasi, dan orang-orang sebagai objek penelitian oleh memeriksa pengetahuan, perilaku, dan perspektif tentang sesuatu. Kemajuan teknologi dan media informasi dan pengembangan ilmiah telah menyebabkan semakin banyak lokus dan topik penelitian yang dapat dieksplorasi dan tidak terbatas pada topik yang terkait dengan pusat informasi atau lembaga informasi, tetapi dapat meluas ke budaya informasi dalam masyarakat. Di sisi lain, penelitian dengan topik yang berkaitan dengan fasilitas dan layanan serta pengelolaan pusat informasi atau lembaga informasi juga banyak dibahas oleh mahasiswa Ilmu Perpustakaan FIB UI. Keberadaan penelitian ini diharapkan dapat menjadi fitur dan masukan untuk pertimbangan evaluasi bagi akademisi dan profesional di bidang keilmuan Ilmu Perpustakaan dan Informasi untuk dapat mengembangkan bidang keilmuan menjadi lebih maju dan lebih baik serta dapat menyesuaikan diri dengan waktu

This study aims to determine the tendency of FIB UI Library Science students from 2013-2017 in choosing research locations and topics to complete the final project. This study also aims to get an overview of locus selection patterns and research topics. The data uses the final assumptions from the FIB UI Library Science students from 2013-2017. This research uses a descriptive method with a quantitative approach. The results show that students tend to choose loci other than information centers or information institutions such as libraries and records and records centers, but through other sources such as museums, films, novels, social media, information dissemination, and people as objects of research by examining knowledge, behavior, and perspective on something. Advances in technology and information media and scientific development have led to more and more locus and research topics that can be explored and are not limited to topics related to information centers or information institutions, but can extend to the information culture in society. On the other hand, research on topics relating to facilities and services as well as the management of information centers or information institutions is also widely discussed by UI Science FIB Library students. The existence of this research is expected to be a feature and input for evaluation considerations for academics and professionals in the field of library and information science to be able to develop the scientific field to become more advanced and better and be able to adjust to the time."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dumatubun, John B.
"ABSTRAK
Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengungkapkan bahwa keterampilan menelusur informasi itu penting bagi mahasiswa dalam meningkatkan mutu belajar dan penelitiannya; Strategi penelusuran informasi adalah salah satu mata ajaran yang diajarkan dalam Pendidikan Pemakai yang diselenggarakan di perpustakaan Universitas Cenderawasih, dimaksudkan agar pengikut kursus menjadi lebih terampil dalam mendayagunakan perpustakaan secara lebih baik, dan secara bersamaan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Universitas Cenderawasih.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mempelajari hubungan antara Pendidikan pemakai dengan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam menelusuri informasi; (2) mempelajari kemampuan peserta pendidikan pemakai dibandingkan dengan yang bukan peserta dalam menelusuri informasi dengan menggunakan alat bantu telusur; dan (3) mempelajari perbedaan peningkatan pengetahuan perpustakaan dan keterampilan menelusur informasi enters kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan sampel yang berjumlah 84 responden, yang diambil secara acak dari keempat fakultas yang ada, kedua kelompok yakni kelompok eksperimen den kelompok kontrol, diminta untuk mengikuti uji awal. Hasil uji awal menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari kedua kelompok tersebut ternyata hampir sama (signifikan). Disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pengetahuan awal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p = 0,05)
Sesudah itu kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pemberian kursus pemakai. Sesudah itu kedua kelompok itu diundang kembali untuk diuji. Dengan menggunakan uji tpada taraf signifikansi 0,05 dengan dk=82 maka secara statistik disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pengetahuan perpustakaan dan keterampilan menelusuri informasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang berarti bahwa hipotesis yang dibuat, diterima. Dengan membandingkan hasil yang dibuat oleh kedua kelompok itu pada setiap tingkatan dapat dibuktikan bahwa ada pengaruh yang sangat besar dari kursus pemakai ini dalam mengubah pengetahuan dan keterampilan menelusur informasi di perpustakaan.
Dengan didasarkan pada hasil penelitian itu diusulkan kepada Rektor untuk kemungkinan kursus ini diajarkan kepada seluruh mahasiswa baru selama masa perkenalan kampus dan agar dipertimbangkan juga agar kursus pemakai ini dapat menjadi salah satu mata kuliah dalam kurikulum muatan lokal untuk diajarkan pada setiap jenjang pada pendidikan Strata I di lingkungan Universitas Cenderawasih.

ABSTRACT
The aims of the research is to study the effect of the knowledge and skills on literature retrieval of the students attended user education conducted by librarians of the university.
The objectives of the research are to study (1). the relationship between user education and skills of information retrieval; (2) the difference of ability of information retrieval skill in library shown by participants of the user education. (3)the increase of knowledge and skill in information retrieval shown by students attended user education as compared to non participants of user education.
The method used in this research was experimental method. The respondents were the Cenderawasih University students of the first semester of four faculties, in the academic year of 1995/1996. The result of the pretest shown that, the score of both groups were similar which means that knowledge of the participants were not significantly difference (p=0,05).
Both groups were invited to join the course, but they were treated differently. The experiment group got three times meeting, while the other group got only once. Each meeting consisted of 120 minutes. Then, both groups were invited again to join the posttest. Using the t test at 0.05 significance level, the results of this study statistically showed that: they were totally difference between experimental group and the control one. Thus, it proved that the course had a great influence in developing the skills of information retrieval in the library.
Based on the result of the research it is suggested to the Rector of Cenderawasih University to consider the possibility for all new students to undertake that Library users education during the orientation period before starting classes and to consider course be accepted as one of the local curriculum of university lecture at undergraduate program (S1) curriculum at Cenderawasih University.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Hendrarta Kusbandarrumsamsi
Jakarta: Nur Fauzan, 2007
020 HEN a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Damanik, Rondang Rouli
"Penelitian mengenai pendidikan pemakai ini dilakukan di Perpustakaan Pusat Universitas Kristen Indonesia pada bulan September sampai dengan Nopember 2002 terhadap mahasiswa yang telah mengikuti pendidikan pemakai yaitu angkatan 2001.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat pendidikan pemakai bagi pemakai perpustakaan dan mengetahui hambatan-hambatan yang ditemukan oleh pemakai sehubungan dengan pencarian informasi dalam pemanfaatan layanan perpustakaan.Tipe penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan metode survei.Populasi dan sampel adalah mahasiswa angkatan 2001 sebanyak 190 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, Pengolahan dan analisis data menggunakan rumus P = f / n X 100%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dapat memahami semua materi yang diberikan, kartu katalog mulai digunakan, penyampaian materi yang disukai adalah praktek langsung ke perpustakaan, pendidikan pemakai menurut responden bermanfaat karena dapat membantu mereka dalam memahami perpustakaan. Faktor yang menghambat dalam pendidikan pemakai adalah waktu yang hanya 2 jam untuk setiap fakultas.Untuk peningkatan pendidikan pemakai perlu dipikirkan kembali penggunaan waktu yang lebih diperpanjang agar penyampaian semua materi dapat dipahami oleh mahasiswa."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15554
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Susilowati
"Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengungkapkan bahwa program pendidikan pemakai itu penting bagi pemakai perpustakaan untuk menambah pengetahuan khususnya dalam pemanfaatan fasilitas perpustakaan dan penggunaan sarana dan sumber-sumber informasi. Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan Fakultas IImu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah (I) Mengetahui pengetahuan awal peserta sebelum mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (2) Mengetahui pengetahuan peserta sesudah mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan tentang perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (3) Mengetahui pengaruh program pendidikan pemakai di Perpustakaan FIB UI terhadap tingkat pengetahuan peserta program mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (4) Mengetahui gambaran tentang pendapat peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI mengenai pelaksanaan program pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI (kelebihan dan kekurangannya).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi-eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uji awal dan tes uji akhir, dengan sampel yang berjumlah 150 responden, yang diambil dari 212 orang yang menjadi peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pengetahuan rata-rata responden sebelum mengikuti pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan masih cukup rendah, hal ini dilihat dari perolehan nilai responden pada tes uji awal, dan dengan waktu yang relatif singkat yaitu satu bulan sejak responden mengikuti pendidikan pemakai sampai dengan responden mengisi tes uji akhir, tingkat pengetahaun responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan dapat ditingkatkan. Dengan menggunakan uji tanda pada taraf signifikansi 0,05 maka secara statistik disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pengetahuan perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan diantara responden sebelum dan sesudah mengikuti pendidikan pemakai. Dengan membandingkan hasil yang diperoleh responden pada tes uji awal dan tes uji akhir dapat dibuktikan bahwa pelaksanaan program pendidikan pemakai perpustakaan berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan.."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15231
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwiyantoro
"Kajian ini berfokus pada tren topik penelitian artikel ilmiah bidang ilmu perpustakaan dan informasi serta melihat kajian
bibliometrik. penelitian ini dilakukan karna pembahasan tren topik yang mengkaji tentang prosiding belum banyak
dilakukan. Metode penelitian ini adalah bibliometrik dengan pendekatan analisis co-word dan analisis sitasi. Pertama,
analisis co-word dilakukan untuk melihat tren topik penelitian dengan mengelompokkan kata kunci, kemudian
dikelompokan berdasarkan taxonomy Hawkins. Kedua, Analisis sitasi dilakukan dengan melihat daftar pustaka untuk
melihat jenis, bahasa, dan keusangan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren topik penelitian artikel ilmiah
bidang ilmu perpustakaan yang berkembang periode 2015-2017 ialah libraries and library services dan societal issues,
selain itu hasil analisis sitasi menunjukkan bahwa jenis literatur paling banyak digunakan yaitu buku (53,49%) dan jurnal
(9,65%). Bahasa literatur yang disitir paling banyak yaitu Indonesia (61,08%) dan Inggris (38,00 %), sedangkan untuk
usia dokumen yang disitir masih relevan yaitu 0-10 tahun (63,82 %) dan 0-20 tahun (28,67%). Kesimpulan kajian ini
yaitu tren topik penelitian lebih cenderung pada topik Library and Librarian Services dan Societal Issues, terdapat
keberagaman jenis literatur yang disitir, terdapat keberagaman bahasa dan tingkat keusangan dokumen yang disitir.

ABSTRACT
Introduction, this study is discussing trends in research topics in the field of library science and information and looking
at bibliometric studies. Research and Analysis Methods, The method in this study is bibliometrics with Co-Word analysis
methods and citation analysis. First, word analysis is done to look at research trends by grouping keywords, then
grouping them according to Hawkins' taxonomy. Second, the citation analysis is done by looking at the bibliography to
see the types of literature, literature, and obsolescence literature.The results and discussion, the trend of research topics
in the library scientific field that developed in the 2015-2017 period were library and library services and social problems,
while the results of citations analysis showed the type of literature most widely used by book literature (53, 49%) and
journals (9.65%). The most literary languages are Indonesian (61.08%) and English (38.00%), while the age of
documents cited is still relevant, namely 0-10 years (63.82%) and 0-20 years (28 , 67%). Conclusions, Trends in further
research topics on the topic of Libraries and Library Services and Social Issues, there is a diversity of types of literature
cited, available diversity of languages and the level of obsolescence of documents cited."
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2019
020 PUS 26:3 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>