Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19090 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abdurakhman Prasetyadi
"Repositori LIPI berfungsi untuk menghimpun output intelektual peneliti salah satunya adalah karya ilmiah yang diterbitkan oleh institusinya. Adapun permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana pengguna dapat mengakses karya ilmiah yang lebih efisien dan bagaimana kontributor dapat mengunggah karya ilmiahnya secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi Repositori karya ilmiah LIPI berbasis mobile untuk membantu pengguna lebih mudah mengakses karya ilmiah yang telah diunggah oleh kontributor di LIPI. Metode dan teknologi yang digunakan adalah aspek-aspek user experience (UX) dan perangkat lunak APP Inventor. Hasil dari penelitian ini telah berhasil membuat tampilan antarmuka aplikasi maka pengguna dapat dengan mudah mencari, menelusur dan membaca karya ilmiah. Selain itu, juga memudahkan para kontributor untuk mengelola konten seperti mengunggah/edit/hapus karya ilmiah melalui laman kontributor. Hasil pengujian akhir aplikasi menunjukkan bahwa dari segi tampilan dan fitur sudah cukup baik, error (rate) hanya 11,1%."
Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2017
607 JPPI 7:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tupan
"Telah dilakukan analisis publikasi karya ilmiah peneliti LIPI pada jurnal internasional SciencedDirect pada bulan Juni-Juli 2014. Tujuannya untuk mengetahui 1) Nama peneliti LIPI yang paling banyak menulis di jurnal internasional SciencedDirect 2) jumlah tahun publikasi yang paling banyak selama periode 1994-2004 3) Nama publikasi yang paling banyak memuat karya ilmiah peneliti LIPI dan 4) Topik yang paling banyak ditulis oleh peneliti LIPI. Analisis dilakukan dengan cara penelusuran melalui database SciencedDirect dengan menggunakan afiliasi LIPI. Data yang terkumpul dipisahkan berdasarkan nama pengarang, jumlah tahun publikasi, nama pubikasi, dan topik yang ditulis oleh peneliti LIPI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti LIPI yang paling banyak menulis di jurnal internasional SciencedDirect adalah Mumpuni sebanyak 6 publikasi (2,91%) disusul Rahmaniar Satari dan Dedy Darnaedi masing-masing 5 publikasi (2,43%) dan A. Gani Ilahude 4 publikasi (1,94%). "
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2015
020 VIS 17:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tupan
"Telah dilakukan penelusuran publikasi karya ilmiah para peneliti LIPI yang telah terindeks database Scopus. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perbedaan jumlah publikasi yang dihasilkan peneliti LIPI, jumlah kata kunci, jumlah bidang studi, jenis dokumen yang berbeda, judul sumber, dan tahun penerbitan."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2013
020 VIS 15:3 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Wulan
"Kajian ini merupakan penerapan hukum bibliometrika dalam bidang ilmu perpustakaan. Kajian ini dilakukan dengan metode deskriptif menggunakan data publikasi peneliti bidang zoologi Puslit Biologi ? LIPI selama 2005-2010. Pengambilan dan pengolahan data dilakukan pada bulan april-mei 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas pengarang yang paling produktif dan tingkat kolaborasi dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Haryono merupakan penulis produktif (24 artikel) diikuti Dewi Malia Prawiradilaga dan Renny K Hadiaty masing-masing 23 artikel, disusul oleh Rosichon Ubaidillah (19 artikel) dan Sri Hartini (18 artikel). Tingkat kolaborasi penulis terbanyak disumbang oleh Dewi Malia Prawiradilaga dengan frekuensi kolaborasi sebanyak 22 artikel. Rata-rata tingkat kolaborasi penulis adalah 0.84. Angka ini merupakan kriteria positif untuk menilai semakin tingginya kualitas penelitian yang dihasilkan."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2014
020 VIS 16:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Noviana Pramitasari
"Bank XYZ mengembangkan Mobile Apps ABC, sebuah aplikasi Super Apps, yang digunakan untuk mendukung kebutuhan nasabah dan pencapaian target bisnis. Metode Scrum yang digunakan dalam pengembangan ABC belum optimal. Dari data terlihat bahwa belum tercapainya target bisnis dan IT Bank XYZ, salah satunya karena terdapat keterlambatan implementasi fitur penting produk ABC. Penelitian mixed method ini melakukan evaluasi proses yang berjalan dengan menggunakan Capability Maturity Model Integration (CMMI V2.0). Mengacu pada Common Business Problem dalam dokumen Adoption and Transition Guidance terpilih 8 practice area dengan total 73 praktik. Berdasarkan Standard CMMI Appraisal Method for Process Improvement (SCAMPI) dihasilkan capability level untuk practice area sebagai berikut: IRP, PLAN, GOV, II di level 3; RDM, EST, MC di level 2; serta RSK di level 1. Dari 73 praktik, 59 praktik telah tercapai berdasarkan CMMI V2.0 atau sekitar 80% dari ruang lingkup practice area pada penelitian ini. Rekomendasi disusun dengan analisis weakness dari SCAMPI dan Underlying Causes dari CMMI V2.0 didapatkan 11 rekomendasi perbaikan yang telah divalidasi oleh perwakilan bank studi kasus. Saran untuk penelitian berikutnya dilakukan tahap Deploy Improvement, dan Assess Capability sesuai Adoption and Transition Guidance Circle CMMI V2.0, untuk mengukur kembali impact rekomendasi yang telah diberikan.

XYZ Bank developed Mobile Apps ABC, a Super Apps application, which is used to support customer needs and business target. The Scrum method used in ABC development is not optimal. From the data it can be seen that Bank XYZ's business and IT targets have not been achieved, partly due to delays in the implementation of important ABC features. This mixed method research evaluates the running process using Capability Maturity Model Integration (CMMI V2.0). Referring to Common Business Problems in the Adoption and Transition Guidance document selected 8 practice areas with a total of 73 practices. Based on the Standard CMMI Appraisal Method for Process Improvement (SCAMPI), the ability levels for practice areas are: IRP, PLAN, GOV, II at level 3; RDM, EST, MC at level 2; and RSK at level 1. Of the 73 practices, 59 practices have been achieved based on CMMI V2.0 or around 80% of the scope practice areas in this study. Recommendations were compiled using weakness analysis from SCAMPI and Underlying Causes from CMMI V2.0 found 11 recommendations for improvement that have been validated by bank representative case studies. Suggestions for further research are to carry out the deployment improvement stage, and assessment capability according to the Adoption and Transition Guidance Circle CMMI V2.0, to remeasure the impact of the recommendations that have been given."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Deki Satria
"ABSTRAK
Perkembangan aplikasi mobile pada saat ini meningkat dengan sangat cepat. Hal ini menambah peluang pasar yang lebih bagi pengembang aplikasi. Usability, merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam pengembangan aplikasi mobile. Namun pada kenyataannya, kurangnya usability produk menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang untuk menghapus aplikasi yang telah mereka pasang dalam perangkat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah metode yang mengutamakan usability dari sistem yang dikembangkan. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif menggunakan metode Delphi sebagai metode untuk mendapatkan saran dari Ahli. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah metode kombinasi dari WISDM dan Extreme Programming yang berhasil menaikkan nilai usability sistem yang dihasilkan. Kuesioner System Usability Scale digunakan untuk menilai usability tersebut.
.....
ABSTRACT
Mobile application was greatly increased in number. This growth added greater market opportunity for the developer of mobile application. Usability is one factor which needs to be considers by the developer in order to create better application for the user. lack of usability became one factor which made the user uninstall their application. The goal of this research is to develop a method to develop a better usability for mobile application. This research is qualitative research using Delphi as tools to capture the expert judgment of the proposed methodolgy. The result of this research is combination of Extreme Programming and WISDM which increase the usability of the application. The usability of the application assessed using System Usability Scale. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Mahendra
"Aplikasi mobile sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari manusia, sehingga makin banyak aplikasi mobile yang dikembangkan saat ini. Untuk mengembangkan aplikasi mobile, dibutuhkan sebuah framework pengembangan aplikasi mobile. Saat ini terdapat berbagai jenis framework pengembangan aplikasi mobile dengan pendekatannya masing-masing, baik itu native apps, mobile web apps, widget based, bridging dengan javascript, dan yang lainnya. Pada penelitian ini akan dibuat sebuah eksperimen pengukuran performa terhadap beberapa framework pengembangan aplikasi mobile berbasis Android berdasarkan lima parameter yaitu response time, cpu usage, memory usage, app size, dan frame rate. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah data bagaimana performa masing-masing framework pada lima parameter yang dipilih. Dari beberapa framework yang diukur performanya, aplikasi native merupakan framework pengembangan aplikasi mobile yang memiliki performa terbaik

Mobile applications have become a necessity in people's daily lives, so more and more mobile applications are being developed at this time. To develop mobile applications, a mobile application development framework is needed. Currently there are various types of mobile application development frameworks with their respective approaches, be it native apps, mobile web apps, widget based, bridging with javascript, and others. In this research, an experiment will be conducted about performance measurement of several Android based mobile application development frameworks that will be measured based on five parameters, namely response time, cpu usage, memory usage, app size, and frame rate. The results of this study are in the form of data on how each framework performs on the five parameters chosen. Of the several frameworks whose performance is measured, native applications are mobile application development frameworks that have the best performance"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anas Mahasin Nabih
"Muraja’ah berarti mengulang hafalan kembali. Saat ini, banyak aplikasi Islami yang diimplementasikan untuk membantu Muslims dalam belajar dan beribadah. Namun, aplikasi yang mendukung muraja’ah Alquran masih terbatas. Muraja’ah penting bagi Muslims karena muraja’ah merupakan inti dari menghafal Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain aplikasi yang dapat membantu melakukan muraja’ah sehari-hari yang disertai fitur pengingat. Penelitian ini menggunakan metode desain interaksi untuk pembuatan desain aplikasi. Desain aplikasi dibuat dalam bentuk purwarupa dengan empat halaman utama, yaitu halaman Beranda, halaman Muraja’ah, halaman Quran, dan halaman Rapor. Evaluasi terhadap keempat halaman tersebut dilakukan dengan pendekatan campuran (mixed methods). Evaluasi yang dilakukan secara kualitatif menggunakan metode usability testing dan pengisian formulir System Usability Scale (SUS) sebagai sumber data kuantitatif. Evaluasi kualitatif dari desain aplikasi mendapatkan respons yang baik dari para penguji, tetapi terdapat beberapa bagian yang menjadi permasalahan. Dua permasalahan paling krusial pada desain aplikasi adalah pemilihan redaksi pada halaman Muraja’ah dan penggunaan ikon yang membingungkan pada halaman Quran. Respons positif diperoleh atas fitur jadwal muraja’ah, pelaksanaan muraja’ah, rapor untuk melihat kemajuan muraja’ah, dan pemutaran ayat Alquran. Secara kuantitatif, desain aplikasi menghasilkan nilai SUS sebesar 72.88 yang menandakan desain yang cukup baik. Hasil dari kedua evaluasi menunjukkan desain aplikasi yang dibentuk sudah cukup baik, tetapi masih terdapat beberapa bagian yang dapat ditingkatkan terutama pada pemberian kesan akrab pada tampilan aplikasi.

Muraja'ah means repeating of memorization. Currently, many Islamic applications are implemented to assist every Muslims in carrying out their worship. However, applications that support muraja'ah Al-Quran are still limited. Muraja'ah is important for Muslims because muraja'ah is the essence of memorizing Al-Quran. This study aims to develop an application design that can help perform daily muraja'ah accompanied by a reminder feature. This study uses the interaction design method for making application designs. The application design is made in the form of a prototype with four main pages, namely the Home page, Muraja'ah page, Quran page, and Report page. Evaluation of the four pages was carried out using a mixed method. This evaluation was carried out qualitatively using the usability testing method and filling out the System Usability Scale (SUS) form as a source of quantitative data. The qualitative evaluation of the application design received a good response from the testers, but there were some parts that were problematic. Two of the most crucial issues in the design of the application are the selection of editors on the Muraja'ah page and the use of confusing icons on the Quran page. Positive responses were obtained for the features of the muraja'ah schedule, implementation of muraja'ah, report cards to see the progress of muraja'ah, and playback of Quranic verses. Quantitatively, the application design produces an SUS value of 72.88 which indicates a fairly good design. The results of the two evaluations show that the application design that has been formed is quite good, but there are still some parts that can be improved, especially in giving a familiar impression on the appearance of the application."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiurma Lumban Gaol
"Institutional repository is an essential part functioning as a storage for keeping the collection of publication digitally. Del Institute of Technology (ITD) has its own collection of institutional publication but it does not have institutional repository. Before developing the application, it is essential that a feasibility study be conducted in order to ensure the development of ITD's application will run well. Feasibility study is conducted through first phase of knowledge management system life cycle and the model is IPB institutional repository. Based on the analysis of the feasibility of the ITD infrastructure percentages obtained in building institutional repository is 51.96%. The percentage is derived from the percentage of the value of the following eligibility is infrastructure (21.44%), human resources (14.33%), Budget (0%), Rules / SOP / SK (3,40%) and Content (12.79%). Based on the results of the study referred to the several things that need to be addressed in the effort to develop the institutional repository ITD and refer to the model repository development in IPB is to provide the infrastructure that is software as a tool for transferring media content repository, making decree team, create a SOP for digital documents and the handover of the scientific work of the academic community ITD."
Bogor: Perpustakaan IPB, 2016
020 JPI 15:1-2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Wahab
Surabaya: Airlangga University Press, 1999
808.066 ABD m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>