Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 144591 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andini Larasati Agusdin
"ABSTRAK
Penulisan ini bertujuan untuk membandingkan pendekatan penyajian pada video Youtube beauty influencer Indonesia dan Internasional. Penulis mengobservasi dua kanal Youtube dengan melihat pendekatan ndash; pendekatan yang digunakan oleh kedua beauty influencer, baik dari segi konten ataupun struktur video. Hasil observasi menunjukkan bahwa adanya perbedaan dalam penyajian video pada kanal kedua beauty influencer, hal ini dikarenakan oleh berbagai hal seperti audiens dan juga keadaan industri itu sendiri.

ABSTRACT
The purpose of this paper is to compare the difference presentation approach on Youtube videos by Indonesia and International beauty influencers. The author observes both Youtube channels by looking at the approaches used by both beauty influencers, both in terms of content or video structure. Observation results show that there is a difference approach on the video presentation on both channel, this is due to various things such as the audience as well as the state of the industry itself."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Harfiana Ashari
"Studi ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana beauty influencer berupaya meredefinisi kecantikan di media sosial dan bagaimana audiens menegosiasikan wacana tersebut. Studi sebelumnya telah menunjukkan beauty influencer dapat membuat sebuah tindakan untuk meredefinisikan standar kecantikan, salah satunya dengan meluncurkan produk kecantikan dengan model yang memiliki tampilan visual tidak sesuai dengan standar kecantikan. Meskipun demikian, belum banyak studi membahas upaya beauty influencer meredefinisi standar kecantikan di media sosial, bagaimana strategi penyebaran wacana tersebut, dan bagaimana audiens menegosiasikannya. Berdasarkan konsep Mitos Kecantikan Naomi Wolf, studi ini melihat beberapa beauty influencer berperan dalam mereproduksi diskursus yang meredefinisikan standar kecantikan ideal. Berpijak dari teori resepsi Stuart Hall, maka studi ini berargumen beauty influencer yang berupaya meredefinisi kecantikan masih menjadi pihak yang juga melanggengkan standar kecantikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa beauty influencer menggunakan lima strategi untuk menyebarkan wacana redefinisi standar kecantikan, yaitu foto tanpa filter, video, berkolaborasi dengan industri kecantikan dan beauty influencer lain, menjadi narasumber webinar, dan menjalin relasi dengan audiens. Namun hal tersebut masih dinegosiasikan karena relasi kuasa dari budaya patriarkal dan kapitalisme di kalangan audiens. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, sehingga teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi daring melalui berbagai praktik yang dilakukan beauty influencer di media sosial dan wawancara mendalam.

This study aims to explain how beauty influencers try to redefine beauty standards on social media and how audiences negotiate it. Previous studies have shown that female beauty influencers are able to make an action to redefine beauty standards, one of which is by launching a beauty product that displays a model with a visual form that is not in accordance with beauty standards. However, there are not many studies yet that discuss the beauty influencers’s method to redefine beauty standards on social media, how to spread, and how audiences negotiate it. Reflecting on the concept of the Beauty Myth by Naomi Wolf, this study sees several beauty influencers play a role in reproducing the discourse that redefines the ideal beauty standards. Based on reception theory by Stuart Hall, this study argues that beauty influencers who try to redefine beauty are still the ones who also perpetuate beauty standards. The research findings show that beauty influencers use five strategies to spread the discourse on redefining beauty standards, namely unfiltered photos, making videos, collaborating with the beauty industry and other beauty influencers, hosting webinars, and establishing relationships with the audiences. The efforts is still being negotiated due to the power of the relation between patriarchal cultural values and capitalism among the audiences. This research uses a case study method, so that the techniques for the data collection will use online observation through various practices carried out by beauty influencer on social media and in-depth interviews.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitorus, Timion Melinda
"Dalam masyarakat yang masih heteronormatif, bentuk ekspresi androgini masih belum umum. Namun beauty influencer @yudhistirawr mengkespresikan sifat androgininya sebagai bentuk identitasnya di media sosial. Penulis ingin memahami bagaimana Yudhistira menegosiasikan identitas gendernya dengan merek yang ia wakili dalam konten endorsement-nya dengan menggunakan konsep performativitas gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui studi pustaka dan observasi terhadap akun Instagram @yudhistirawr. Konten yang dianalisis terdiri dari dua konten non-endorsement dan dua konten endorsement paling populer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yudhistira berhasil mengekspresikan sifat androgini sebagai identitasnya melalui konten-konten Instagram, termasuk konten endorsement bersama merek yang bekerja sama dengannya.

In a heteronormative society, androgynous forms of expression are still not common. However, beauty influencer @yudhistirawr expresses her androgynous characteristics as a form of identity on social media. The author wants to understand how Yudhistira negotiates his gender identity with the brand he represents in his endorsement content using the concept of gender performativity. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data was obtained through literature study and observation of @yudhistirawr's Instagram account. The analyzed content consists of two most popular non-endorsement contents and two most popular endorsement contents. The results showed that Yudhistira managed to express his androgynous nature as his identity through Instagram content, including endorsement content with the brands he works with."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Geaby Naraswari
"ABSTRACT
Industri kosmetik merupakan salah satu industri yang tercatat memiliki pertumbuhan yang sangat kuat dari tahun ke tahun. Bahkan Pemerintah Indonesia memprioritaskan industri kosmetik sebagai fokus dalam National Development Plan for Industry sampai tahun 2019. Namun, kenyataan berkata sebaliknya bagi brand lokal Indonesia. Industri kosmetik lokal masih memiliki shares yang lebih sedikit dibandingkan dengan berbagai merek luar negeri. Salah satu penyebab dari kesulitan tersebut adalah akses terhadap media pemasaran yang masing kurang. Salah satu solusi yang dapat menjadi jawaban dari permasalahan tersebut adalah melalui social network yaitu Youtube. Di Indonesia, Youtube merupakan media berupa unggahan video dengan berbagai konten yang dapat diakses oleh siapa saja. Terlebih konten yang ingin di tonton dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan. Strategi pemasaran melalui Youtube marak dilakukan oleh sebagian besar merek kosmetik. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisa efektivitas online advertisement melalui Youtube terhadap industri kosmetik lokal di Indonesia. Penulis akan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif untuk dapat menangkap fenomena tersebut.

ABSTRACT
Cosmetic Industry are on of the industries that have a very strong growth from year to year. Even the Government of Indonesia prioritize the cosmetic industry as a National Development Plan for Industry until 2019. However, the reality says the opposite for Indonesia local brand. Local cosmetic industry still have a smaller shares compared with various global brand that enter Indonesia recently. One of the causes of the difficulties is because of the access of marketing media, such as television, radio etc. Solution that can be the answer of the problem is advertisement via social network which is Youtube. Youtube is a media in the form of video that can be uploaded by anyone and watched by anyone who have access to internet. Marketing strategies through Youtube used by most of cosmetics brand in Indonesia. This research has a purpose to analyze the effectiveness of online advertisement through Youtube to local cosmetic industry in Indonesia. The author will use quantitative and qualitative analysis to capture the phenomenon."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizqa Aisya Su'ada
"Penelitian ini bertujuan untuk menggali reproduksi counter-discourse di antara acne fighter pengikut beauty influencer Ratu Ghania di Instagram. Berbagai studi terdahulu menunjukkan bahwa influencer berperan dalam mereproduksi diskursus standar kecantikan maupun counter-discourse; yang kemudian direproduksi oleh para pengikut mereka. Namun, studi sebelumnya berfokus pada pengikut beauty influencer yang melakukan counter-discourse tidak membahas lebih lanjut mengenai partisipasi para pengikut dalam mereproduksi counter-discourse melalui representasi diri tertentu di media sosial. Dengan menggunakan pemikiran Foucault mengenai counter-discourse dan representasi diri lewat media sosial dari Rettberg, peneliti berargumen bahwa acne fighter mereproduksi counter-discourse terhadap diskursus standar kecantikan secara diskursif dengan menganggap kulit wajah berjerawat itu cantik serta mendefinisikan kecantikan melalui kecantikan dari dalam (inner beauty) sebagai bargaining power dalam perlawanan mereka. Kemudian, counter-discourse diwujudkan secara material melalui tindakan representasi diri di media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa acne fighter mereproduksi counter-discourse melalui representasi diri yang dilakukan di Instagram secara visual, tekstual, dan kuantitatif. Narasi counter-discourse berupa kecantikan wajah berjerawat serta kecantikan dari dalam yang ditemukan dalam penelitian ini merupakan representasi dari diskursus yang dioperasikan oleh industri kecantikan melalui beauty influencer serta kontes kecantikan. Diskursus yang direproduksi acne fighter merupakan negosiasi terhadap diskursus dominan mengenai kecantikan perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi non partisipan, serta photo elicitation.

This research aims to explain counter-discourse reproduction among acne fighters who follow beauty Influencer Ratu Ghania on Instagram. Previous studies have shown that beauty influencers participate in the reproduction of beauty standards discourse as well as the counter-discourse; which is then being reproduced by their followers. However, previous studies focusing on beauty influencer’s followers who reproduced counter-discourse did not discuss further about their participation in self representation in social media. Through Foucault's concept of counter-discourse and Rettberg’s model of self representation in social media, the researcher argues that acne fighters reproduce counter-discourse against the discourse of beauty standards discursively by stating acne-prone skin as beautiful and defining beauty through inner beauty as bargaining power in their resistance. Counter-discourse is also manifested materially through acts of self-representation on social media. This research finds that acne fighters reproduce counter-discourse by engaging in self representation on Instagram through visual, textual, and quantitative forms. The counter-discourse narrative, in the form of the beauty of acne and inner beauty found in this study, represents the discourse that is operated by the beauty industry through beauty influencers and beauty pageants. The discourse that is being reproduced by acne fighters could be seen as negotiation of dominant discourse on women’s beauty. The research data were obtained through in-depth interview, observation, and photo elicitation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deandra Hendira Maharani
"ABSTRAK
Munculnya beauty influencer dalam industri kecantikan, dapat mempengaruhi masyarakat melalui iklan testimoni yang dibuatnya khususnya produk kosmetik. Namun pada praktiknya, tidak semua beauty influencer melakukan iklan testimoni sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sehingga apabila terjadi kerugian terhadap konsumen, beauty influencer dapat dimintakan pertanggungjawaban yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Oleh sebab itu, skripsi ini hendak menganalisis mengenai tanggungjawab beauty influencer atas hasil iklan testimoni yang dibuat
pada instagram dengan mengategorikan terlebih dahulu beauty influencer sebagai pelaku usaha periklanan. Penelitian ini menunjukkan bahwa beauty influencer dapat dikatakan sebagai pelaku usaha periklanan apabila telah memenuhi kategori tertentu. Hasil analisis mengenai konstruksi pertanggungjawabannya menunjukkan bahwa beauty influencer dapat dimintakan pertanggungjawaba atas iklan yang dibuat. Namun, tidak jelas sejauh mana batas pertanggungjawabannya yang harus di emban karena tidak ada pengaturan lebih lanjut. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan adanya pembentukan undang-undang periklanan di Indonesia yang secara khusus mengatur mengenai periklanan dengan definisi pelaku usaha periklanan yang diperluas.

ABSTRACT
The emerge of beauty influencers in the beauty industry, influence the society through testimonial advertisements especially regarding cosmetic products. In reality, not all beauty influencers make testimonials advertisements in accordance with the regulations. Hence, if Customers suffered losses beauty influencers should be responsible in accordance with applicable regulations. Therefore, this thesis will analyze the responsibilities of beauty influencers on the results of testimonial advertisements made on Instagram by categorizing beauty influencers as business actors advertising . This study shows that beauty influencers can be categorized as business actors advertising if they meet certain categories. The results of the analysis regarding the construction of its accountability show that the beauty influencer can be held accountable for the advertisements made. However, it is not clear to what extent the liability limits must be imposed because there is no further regulation. Based on this, it is necessary to establish an advertising regulation in Indonesia which specifically regulates advertising with the definition of an expanded business actors advertising."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mikke Ayoe Damayantie
"Penelitian ini membahas tentang representasi stereotipe gender pada Beauty Influencer Pria di Rusia berdasarkan komentar-komentar yang terdapat pada kanal Youtube Andrei Petrov. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana stereotipe gender yang diberikan oleh masyarakat terhadap seorang Beauty Influencer Pria di Rusia dengan menggunakan metode analisis wacana kritis oleh Teun A. Van Djik yang akan dipadukan dengan teori representasi milik Stuart Hall. Metode Analisis Wacana Kritis ini akan digunakan untuk mengungkap makna dibalik komentar-komentar yang terdapat di dalam kanal Youtube Andrei Petrov, sedangkan teori representasi milik Stuart Hall untuk melihat pemberian stereotip gender yang di representasikan melalui komentar-komentar tersebut.

This research discusses the gender stereotype representation of male beauty influencers in Russia based on comments on Andrei Petrov's Youtube channel. The purpose of this study is to see how gender stereotypes are given to a male beauty influencer in Russia by using the critical discourse analysis method by Teun A. Van Djik which will be combined with Stuart Hall's theory of representation. This Critical Discourse Analysis method will be used to reveal the meaning behind the comments contained in Andrei Petrov's YouTube channel, while Stuart Hall's theory of representation is to see the giving of gender stereotypes represented through these comments."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Anastasha
"Perkembangan teknologi dan informasi menyebabkan pertumbuhan pesat pengguna media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling diminati oleh masyarakat pada saat ini, di mana pengguna dapat menyebarkan, mendapatkan, serta bertukar informasi. Dengan adanya Instagram sebagai media sosial yang dikonsumsi sehari-hari, lahirlah influencer atau pengguna media sosial yang memiliki banyak pengikut dan dapat memberikan pengaruh pada pengikutnya. Akhir-akhir ini, pengguna Instagram ramai bertukar informasi tentang dunia kecantikan. Hal tersebut menyebabkan munculnya beauty influencer, seseorang yang dipercaya oleh banyak pengguna lainnya sebagai ahli dalam memberikan saran dan informasi mengenai dunia kecantikan. Fenomena kemudian ini mengundang pelaku bisnis di industri kecantikan untuk menjadikan influencer sebagai salah satu media untuk menyampaikan komunikasi pemasaran yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh information quality, social psychological distance, sense of power, dan trust terhadap purchase intention pada Instagram dengan beauty influencer sebagai studi kasus penelitian sehingga dapat menjadi masukan bagi pelaku bisnis yang berada dalam industri kecantikan dalam memilih beauty influencer dalam menggunakan eWOM sebagai alat pemasarannya. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data primer dan sekunder dengan memanfaatkan kuesioner sebagai media untuk memperoleh data dari para responden. Penelitian ini menggunakan pengolahan data dari 224 responden dengan menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan diolah dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil yang diperoleh dari penelitian dalam konteks beauty influencer di Instagram menunjukkan bahwa information quality berpengaruh positif terhadap social psychological distance dan trust. Berikutnya, social psychological berpengaruh positif terhadap trust dan social psychological distance juga memediasi pengaruh information quality terhadap trust. Selanjutnya, trust berpengaruh positif terhadap purchase intention pada produk kecantikan. Di penelitian ini juga ditemukan bahwa sense of power tidak memediasi pengaruh information quality terhadap trust.

The advancement of information technology has resulted in an increased number of social media users. Instagram is a popular social media platform where users can share, obtain, and exchange information. As a daily social media user, the term "influencers" or social media users with a large number of followers exists. 
Instagram users have recently been busy exchanging information about the world of beauty, which has resulted in the appearance of a beauty influencer, someone who is trusted as an expert in providing beauty advice and information. As a result of this phenomenon, many beauty industries now use influencers as a marketing tool. The purpose of this study is to determine the effect of information quality, social psychological distance, sense of power, and trust on purchase intention on Instagram using beauty influencers as a research case study, so that it can be input for beauty industries that use beauty influencers as a marketing tool through eWOM. This study collects data from respondents using both primary and secondary data collection methods, including a questionnaire. This study processed data from 224 respondents using Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) and SmartPLS software. According to the study's findings in the context of beauty influencers on Instagram, information quality has a positive effect on social psychological distance and trust. Next, social psychology has a positive effect on trust and social psychological distance also mediates the effect of information quality on trust. Furthermore, trust has a positive effect on purchase intention in beauty products. This study also found that sense of power did not mediate the effect of information quality on trust."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasya Pebriana
"Penelitian ini mengkaji tentang eksploitasi diri di antara nano beauty influencer (influencer industri kecantikan dengan jumlah followers 1000 - 10.000) melalui kerja digtal lewat produksi konten-konten kecantikan. Studi terdahulu melihat konten kecantikan beauty influencer meningkatkan pengetahuan dan konsumsi produk kecantikan pada target pasar brand kecantikan, namun tidak fokus pada kondisi kerja dari beauty influencer. Studi terdahulu juga membahas bahwa anggapan beauty influencer bekerja sesuka hati mengkondisikan pada kondisi menantang pada kerja di media sosial. Peneliti melihat masih belum banyak dibahas kondisi kerja nano beauty influencer terutama yang mengkondisikan eksploitasi diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produksi konten kecantikan sebagai kerja digital mengkondisikan nano beauty influencer untuk mengeksploitasi diri karena mekanisme kontrol pasca disiplin dan berada pada kondisi kerja rentan lewat aspirational labour dan emotional labour. Eksploitasi diri pada aspirational labour ditunjukkan lewat risiko ketidakcocokan produk kecantikan, upah rentah, status pekerja sampingan, mengaburkan waktu luang dan waktu kerja, dan ancaman ketidakstabilan kerja. Eksploitasi diri pada emotional labour ditunjukkan lewat pemenuhan hasil kerja mengikuti brand dan audiens. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus pada nano beauty influencer dalam komunitas kecantikan bernama Girls Support Girls. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi literatur, wawancara mendalam, dan observasi secara daring.

This research examines self-exploitation among nano beauty influencers (beauty industry influencers with 1,000 - 10,000 followers) through digital work through the production of beauty content. Previous studies looked at the beauty content of beauty influencers increasing knowledge and consumption of beauty products in the target market for beauty brands, but did not focus on the working conditions of beauty influencers. Previous studies also discussed that the assumption that beauty influencers work as they please conditioned them to the challenging conditions of working on social media. Researchers see that there is still not much discussion about the working conditions of nano beauty influencers, especially those that condition self-exploitation. The results of this study indicate that the production of beauty content as digital work conditions nano beauty influencers to exploit themselves due to post-discipline control mechanisms and being in vulnerable working conditions through aspirational labor and emotional labor. Self-exploitation in aspirational labor is shown through the risks of mismatching beauty products, low wages, the status of side workers, obscuring leisure and work time, and the threat of job instability. Self-exploitation of emotional labor is shown through the fulfillment of work results according to brands and audiences. This study uses a qualitative approach with a case study of nano beauty influencers in a beauty community called Girls Support Girls. Collecting data in this study used the method of literature study, in-depth interviews, and online observation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatri Fathiyyah Fadilah
"Peningkatan penggunaan teknologi dan internet menjadikan komunikasi dan informasi semakin mudah untuk didapatkan, salah satunya adalah dengan menggunakan platform media sosial. Salah satu bentuk dari strategi pendekatan aktif pemasaran melalui media sosial adalah menjadikan digital influencers sebagai endorsers dari brand perusahaan. Digital influencers akhir-akhir ini banyak digunakan oleh perusahaan sebagai bentuk strategi electronic word of mouth (E-WOM), karena dapat dianggap sebagai sebuah alat untuk memberikan informasi mengenai brand secara lebih luas. Penelitian ini menelusuri bagaiman atribut yang dimiliki oleh digital influencers pada Instagram dapat memengaruhi hubungan parasocial dan kredibilitas, yang kemudian dapat berdampak kepada kredibilitas brand dan repurchase intention pada pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan total responden sebanyak 243 orang melalui purposive sampling dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil studi ini menunjukan bahwa attractiveness dan attitude homophily memiliki pengaruh yang positif terhadap hubungan parasocial dan kredibilitas influencer. Kredibilitas influencer memiliki pengaruh positif terhadap kredibilitas brand. Dan kredibilitas brand dan hubungan parasocial memiliki pengaruh positif terhadap repurchase intention, meskipun kredibilits influencer ditemukan tidak memiliki pengaruh terhadap repurchase intention

With the increasing use of technology and also the internet makes communication and information easier to get, one of which is by using a social media platform. A form of active marketing strategy approach that can be done through social media is by making digital influencers as endorsers of a company’s brand. Digital influencers nowadays have been used by many companies as a form of electronic word of mouth (E-WOM) strategy, because they can be considered as a tool to provide information about brands more broadly. This research investigates how the perceived attributes of digital influencers on Instagram influence their parasocial relationship and credibility, which further may impact brand credibility and repurchase intention of consumers. The approach applied in this research is a quantitative method with total of 243 samples processed, collected using a purposive sampling and analyzed by Structural Equation Method (SEM). In this study, we find that attractiveness and attitude homophily is positively related to parasocial relationship and influencers’ credibility. Influencer’s credibility is positively related to brand’s credibility. Both brand’s credibility and parasocial relationship positively influence consumers’ repurchase intention, however, no significant effect of influencer’s credibility was found"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>