Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 144409 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Deandra Pradipta
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat dan memvalidasi alat ukur baru yang mengukur tingkat neurotic. Total dari 167 mahasiswa sarjana psikologi dari University of Queensland di runjuk untuk merespon 17 pertanyaan untuk mengukur tingkat neurotik. Dari 17 pertanyaan, 12 dipilih untuk mempertahankan kualitas dari pertanyaan tersebut dan memiliki konsistensi internal yang baik = 6. Untuk memvalidasi alat ukur ini analisa validasi konkuren di gunakan dengan cara mengkorelasikan dengan skala yang telah dibuat yang mengukur prokratinasi aktif, tingkat malu, dan reflektivitas diri yang telah ditemukan dengan neurotik. Kemudian tingkat neurotik bisa digunakan sebagai alat yang memprediksi itu semua. Secara keseluruhan, alat ukur yang baru ini memiliki validitas dan reliabilitas yang baik karena alat ukur ini memiliki akurasi yang baik terhadap apa yang diukur. Implikasinya, skala ini bisa digunakan untuk tujuan akademis, karena majoritas partisipan dipenelitian ini adalah mahasiswa jadi untuk penelitian selanjutnya skala ini bisa ditambah variabel lainnya seperti GPA, atau academic achievement.

The purpose of this study is to develop and validate a new scale measuring neuroticism. A total of 167 undergraduate psychology students from the University of Queensland were asked to provide responses to 17 items measuring neuroticism. Of the total 17 items, 12 were kept to maintain item quality and good internal consistency 76. To validate the new scale, concurrent validity analyses were conducted by correlating the new scales with three established scale measuring active procrastination, embarrassability, and self reflectiveness that have been found to be associated with neuroticism. Thus, neuroticism could be the use as a predictor them. Overall, the new scale has good validity and reliability because it has good accuracy towards what it supposed to measure. For future use, this scale could be used to academic use, because most of the participants were student it could add another variable such as GPA, or academic achievement.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lifianti Amalia Putri
"Tujuan dari studi ini adalah untuk memperkenalkan skala neurotik yang telah dikembangkan dan untuk mengevaluasi reliabilitas dan validitas dari skala tersebut. Skala yang dibuat ini ditujukan untuk menutupi kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh skala yang telah ada. New Neuroticism Scale (NNS) terdiri dari 11 butir pertanyaan dalam format 7-poin skala likert. Studi ini melibatkan 246 mahasiswa psikologi program sarjana dari University of Queensland sebagai partisipan. Para peserta diminta untuk menyelesaikan sebuah kuesioner yang terdiri dari NNS dan 2 skala lain sebagai alat untuk memvalidasi skala NNS. Dua skala lain ini adalah Behavioral Inhibition System Scale (BISS) dan International Personality Item Pool: Extraversion (IPIP). Dengan menggunakan Cronbach's Alpha, NNS ditemukan memiliki distribusi normal dan reliabilitas yang baik dengan α = 0.81. Melalui Pearson Correlation, sampel kami menemukan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara NNS dan BISS, juga korelasi negatif yang signifikan antara NNS dan IPIP Extraversion. Namun dengan menggunakan independent t-test, tidak ada perbedaan yang signifikan ditemukan pada variabel jenis kelamin. Dengan menggunakan item discrimination index, kami menemukan bahwa banyak butir pertanyaan yang memiliki diskriminasi yang lemah dan perlu diperbaiki. Dengan demikian, studi yang akan datang disarankan untuk memperbaiki kata-kata yang dipakai di dalam butir pertanyaan demi meningkatkan reliabilitas skala.

The aim of this study is to introduce the New Neuroticism Scale (NNS) and analyze its reliability and validity. The scale was formulated to improve the weaknesses of existing scales on neuroticism. NNS consists of 11 items with a 7-point likert scale response format. The current study involved 246 undergraduate psychology students from the University of Queensland. The participants were asked to complete a questionnaire relating to NNS with 2 validating scales, the Behavioral Inhibition System Scale (BISS) and the International Personality Item Pool: Extraversion (IPIP). Using Cronbach’s Alpha, NNS was found to have a normal distribution and a good reliability with α = 0.81. Through Pearson Correlation, it was found that there was a significant positive correlation between NNS and BISS, and also a significant negative relationship between NNS and IPIP Extraversion. Through Independent Sample t-test, there was no significant relationship found in terms of gender. Using the item discrimination index, it was discovered that most items have a weak discrimination and need to be improved further. Thus, future study should consider improving the item’s wording in order to increase the reliability of NNS.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Budi Subekti
"ABSTRAK

Penelitian ini ingin melihat perbedaan prokrastinasi akademik berdasarkan demografi (usia, kelas/angkatan, dan jenis kelamin) mahasiswa Universitas Indonesia. Perilaku prokrastinasi akademik diukur dengan menggunakan Procrastination Assessment Students Scale (PASS). Partisipan dalam penelititan ini adalah 208 Mahasiswa Universitas Indonesia program sarjana (S1). Dari analisis data diketahui bahwa frekuensi perilaku prokrastinasi akademik pada area tugas makalah kelompok cenderung lebih tinggi pada rata-rata mahasiswa daripada mahasiswi UI. Selanjutnya, diketahui bahwa frekuensi perilaku prokrastinasi akademik pada area tugas administratif cenderung lebih tinggi pada rata-rata usia 22 tahun dan 23 tahun daripada usia 20 tahun mahasiswa Universitas Indonesia. Adapula, perilaku prokrastinasi akademik tugas makalah individual dipersepsikan sebagai suatu masalah, cenderung lebih tinggi pada rata-rata angkatan 2011 daripada angkatan 2010 mahasiswa UI. Terakhir, alasan perilaku prokrastinasi akademik cenderung lebih tinggi pada rata-rata mahasiswi daripada mahasiswa yaitu alasan rendahnya self-esteem dan kesulitan membuat keputusan


ABSTRACT

This study would like to see the difference of academic procrastination based on demographics (age, grade level/class, and gender) students of Universitas Indonesia. Meanwhile, academic procrastination behavior was measured by using Students Procrastination Assessment Scale (PASS). The participants in this study were 208 undergraduate students of Universitas Indonesia. Based on the data analysis was known that the frequency of academic procrastination behavior on writing group a term paper tend to be higher on average Universitas Indonesia male students than female students. Furthermore,it was also known the frequency of academic procrastination behaviour on administrative tasks of students Universitas Indonesia tend to be higher on age average among 22 years old and 23 years old than 20 years old. Beside that, academic procrastination behaviour on writing individual a term paper of students Universitas Indonesia which was perceived as problem, tend to be higher on average grade/class 2011 than 2010. Last, the reason of academic procrastination behaviour tend to be higher on average female students than male students was reason for low self-esteem and difficulties making decisions

"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S56760
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dorongan untuk memaafkan diri dan prokrastinasi pada mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah 450 mahasiswa yang tinggal di Jabodetabek. Alat ukur yang digunakan yaitu State Self-Forgiveness Scale (SSFS) yang dikembangkan oleh Wohl, DeShea, dan Wahkinney tahun 2008 untuk mengukur dorongan memaafkan diri pada kesalahan yang spesifik. Sementara itu, untuk alat ukur prokrastinasi, peneliti menggunakan alat ukur Procastination Assessment Scale for Student (PASS) yang dikembangkan oleh Solomon dan Rothblum pada tahun 1984.
Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara dorongan memaafkan diri dan prokrastinasi (r = ?0,176, p<0,01). Artinya, semakin tinggi dorongan memaafkan diri, maka kecenderungan untuk melakukan prokrastinasi semakin rendah. Sebaliknya, semakin rendah dorongan memaafkan diri, maka kecenderungan untuk melakukan prokrastinasi semakin tinggi pada mahasiswa.

The purpose of this research is to find out relationship between self-forgiveness and procrastination in college students. Participants of this research were 450 college students in Jabodetabek. This research used State Self-Forgiveness State (SSFS) who constructed by Wohl, DeShea, and Wahkinney (2008) for spesific transgression. Procrastination was measured using Procastination Assessment Scale for Student (PASS) who constructed by Solomon and Rothblum (1984).
The result showed there is a negative significant correlation between self-forgiveness and procrastination (r = ?0,176, p<0,01). This result means higher self-forgiveness decreased procrastination, and lower self-forgiveness increased procrastination in college students.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S63307
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisrina Dinda Zhafira
"Mahasiswa tingkat akhir yang menghadapi tuntutan skripsi cenderung menggunakan waktu sebelum tidur untuk menggunakan media sosial sebagai pelarian. Namun, aktivitas tersebut dapat berkembang menjadi perilaku maladaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi prokrastinasi waktu tidur terhadap penggunaan media sosial bermasalah pada mahasiswa tingkat akhir. Partisipan pada penelitian ini adalah 358 mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi (perempuan=265, laki-laki=93), berusia 18–25 tahun (M=21,58, SD=0,794), dan menggunakan media sosial. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa prokrastinasi waktu tidur dapat memprediksi penggunaan media sosial bermasalah secara signifikan dengan kontribusi yang sedang (R2=0,091, p<0,01). Disarankan untuk memperhatikan proporsi demografis partisipan di penelitian selanjutnya.

Final-year students facing the pressures of their thesis tend to use their bedtime to engage with social media as a form of escape. However, this activity can develop into maladaptive behavior. This study aims to determine the role of bedtime procrastination towards this problem in final year students. Participants in this research were 358 final year students who were doing their thesis (female=265, male=93), aged 18–25 years (M=21.58, SD=0.042), and used social media. The results of the regression analysis showed that bedtime procrastination significantly predicts problematic social media use with a moderate contribution. (R2=0,091, p<0,01). It is suggested that future research should consider the demographic proportion of participants."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leidar Fitriza Nabila
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan prokrastinasi yang dilakukan oleh mahasiswa berdasarkan tingkat perkualiahannya. Pengukuran kecenderungan prokrastinasi yang dilakukan menggunakan Tuckman?s Procrastination Scale oleh Tuckman (1991) dan prokrastinasi yang dilakukan diukur menggunakan Active Procrastination Scale oleh Choi dan Moran (2009). Responden berjumlah 109 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dari seluruh tingkat perkuliahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara prokrastinasi dan tingkat perkuliahan. Hasil penelitian ini menunjukkan banyaknya prokrastinator dan prokrastinator aktif pada seluruh responden. Prokrastinator paling banyak terdapat pada mahasiswa tingkat pertama. Prokrastinator aktif paling banyak terdapat pada tingkat akhir.

This research aimed to examine the differences of procrastination in every college's years. The tendency to do procrastination were measured by Tuckman?s Procrastination Scale which made by Tuckman (1991) and which procrastination they do were measured by Active Procrastination Scale which made by Choi and Moran (2009). The respondents were 109 college students from Faculty of Psychology, University of Indonesia from every college?s years. The result of this research showed that there is no a significant differences in procrastination and college's years. The result also showed that there is many procrastinators and active procrastinators in all respondents. The highest amount of procrastinators are in first year of college. The highest amount of active procrastinators are in last year of college.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S59214
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nissa Amalia
"Prokrastinasi akademik merupakan perilaku yang sering terjadi pada mahasiswa tak terkecuali mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan tugas skripsi. Mahasiswa tingkat akhir yang melakukan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi memiliki kemungkinan untuk terlambat lulus dalam studinya. Untuk menghindari terjadinya perilaku prokrastinasi akademik, mahasiswa tingkat akhir membutuhkan beberapa faktor seperti locus of control dan regulasi diri (self regulation) dalam menyelesaikan skripsinya. Penelitian ini dilakukan untuk menguji peran regulasi diri sebagai moderator terhadap hubungan internal dan external locus of control dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi. Partisipan penelitian berjumlah 101 mahasiswa tingkat akhir yang didapat melalui survei online. Alat ukur yang digunakan berupa TPC (Tuckman Procrastination Scale), IPC (Internal, Powerful others, Chance) Scale, dan Skala Regulasi Diri yang diadaptasi dari Ottenbreit dan Dobson (2004). Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi diri dapat dijadikan sebagai moderator yang mempengaruhi hubungan external locus of control dengan prokrastinasi akademik. Dengan kata lain, adanya interaksi antara regulasi diri dan external locus of control mempengaruhi prokrastinasi akademik. Diartikan bahwa semakin tinggi regulasi diri yang dimiliki maka semakin lemah pengaruh external locus of control terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir.

Academic procrastination is a behavior that often occurs in students, including students who are completing thesis. Students who do academic procrastination in completing their thesis have the possibility to be late in graduating in their studies. To avoid academic procrastination behavior, last year students need several factors such as locus of control and self-regulation in completing their thesis. This study was conducted to examine the role of self-regulation as a moderator of the relationship between internal and external locus of control with student academic procrastination in writing a thesis. The research respondents were 101 students who were obtained through an online survey. The measuring instrument used is the TPC (Tuckman Procrastination Scale), IPC (Internal, Powerful others, Chance) Scale, and the Self-Regulatory Scale which was adapted from Ottenbreit & Dobson (2004). The results showed that self-regulation can be used as a moderator that affects the relationship between external locus of control and academic procrastination. The inclusion of self-regulation weakens the relationship of external locus of control with academic procrastination which results in a decrease in academic procrastination in students."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prima E. Delta
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Prokrastinasi Akademis dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Prokrastinasi akademis adalah suatu perilaku menunda untuk memulai atau menyelesaikan suatu tugas dalam konteks akademis (Ferrari, 1995). Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto field study. Prokrastinasi Akademis diukur dengan skala Prokrastinasi Akademis yang terdiri dari 20 item (a= .833). Motivasi Berprestasi diukur dengan Skala Motivasi Berprestasi yang terdiri dari 30 item (a = .833).
Hasil penelitian pada 57 orang mahasiswa (41 perempuan, 16 laki-laki) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dengan rentang angkatan 2003, 2004, 2005, 2006 dengan korelasi pearson menunjukkan hubungan yang signifikan secara negatif antara prokrastinasi akademis dengan motivasi berprestasi (r = - .382**,p<.01) yang berarti semakin tinggi tingkat prokrastinasi akademisnya maka akan semakin rendah motivasi berprestasi. Sementara dengan menggunakan analisa regresi dengan metode stepwise, ditemukan bahwa dimensi tangguh dari motivasi berprestasi paling mempengaruhi prokrastinasi akademis (0.518, p=.000<.05).
Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk mengambil sampel yang lebih luas, tidak hanya di Fakultas Psikologi, namun juga di Fakultas/Jurusan lainnya. Kemudian dapat dikombinasikan dengan metode wawancara agar hasil penelitian lebih optimal.

Purpose of this study is to find out the correlation between Academic Procrastination with Achievement Motivation at Student College in Faculty Psychology University of Indonesia. Academic procrastination can define as delaying behavior to start or to finished tasks in context academic. (Ferrari, 1995). This study are constitute of ex post facto field study. Using correlation pearson and regresi analyse for statistic method. Academic Procrastination measured by Academic Procrastination scale, that consist of 20 item with (a= .833). Furthermore, Achivement motivation measure by Achivement Motivation Scale, that consist of 30 item with (a = .833).
Result of this study at 57 university student (41 women, 16 men) at Faculty of Psychology University Indonesia with distance lift 2003, 2004, 2005, 2006 . Statistical correlation pearson show significan correlation negatively between academic procrastination with achievement motivation (r = - .382**,p<.01) which mean, more and more score of academic procrastination, then so get lower the score of achievement motivation. Meanwhile, using analyse regresion with stepwise method. This study findout that dimension sturdy of achivement motivation is the most have great influence to academic procrastination (0.518, p=.000<.05).
Basic on result, suggest to take sample more widely, not only in Faculty of Psychology but at other Faculty. Also, can combine with interview methode for optimal and enrichment result.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Maharani Nugroho
"Saat ini, krisis iklim menjadi salah satu fenomena yang memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan manusia. Hal ini dapat digambarkan sebagai eco-anxiety. Eco-anxiety adalah pengalaman akan kecemasan yang dirasakan terkait krisis iklim dan kerusakan lingkungan. Salah satu yang dapat memengaruhi eco-anxiety adalah kepribadian. Terdapat tiga kepribadian yang dapat memengaruhi eco-anxiety, yaitu neuroticism, openness, dan conscientiousness. Individu dengan tipe kepribadian neuroticism cenderung memiliki kecemasan akan lingkungan. Untuk individu dengan tipe kepribadian openness digambarkan memiliki rasa ingin tahu terhadap lingkungan, dan pada tipe kepribadian conscientiousness digambarkan sebagai individu yang berhati-hati, memiliki tujuan, dan mengikuti norma terkait lingkungan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat peran ketiga kepribadian tersebut terhadap eco-anxiety dengan menggunakan metode kuantitatif dan desain korelasional dengan multiple analysis regression. Eco-anxiety diukur dengan menggunakan Hogg Eco-Anxiety Scale (HEAS- 13) (Hogg et al., 2021) dan kepribadian diukur dengan menggunakan Ten Item Personality Inventory (TIPI Indonesia) (Akhtar, 2018). Jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 552 dengan rentang usia 19-65 tahun. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peran pada ketiga tipe kepribadian neuroticism, openness, dan conscientiousness terhadap eco-anxiety dengan F = 2.93, p = 0.033 < 0.05, R2 = 0.016. Dalam hal ini ditemukan jika neuroticism (B= -0.545, t = -2.686, p = 0.007) dan conscientiousness (B = 0.520, t = 2.076, p = 0.038) memiliki hubungan yang signifikan, sedangkan openness tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap eco-anxiety. Temuan ini dapat digunakan untuk melihat kebutuhan pasar pada perusahaan industri, aktivis lingkungan, dan psikolog agar dapat mengurangi eco-anxiety yang disesuaikan dengan kepribadian individu.

Currently, the climate crisis is a phenomenon that has a major impact on human life. This can be described as eco-anxiety. Eco-anxiety is the experience of anxiety related to the climate crisis and environmental damage. One thing that can affect eco-anxiety is personality. There are three personalities that can affect eco-anxiety, such as neuroticism, openness, and conscientiousness. Individuals with neuroticism tends to have environmental anxiety. Individuals with openness are described as having a curiosity about the environment, and the conscientiousness personality type is described as an individual who is careful, has goals, and follows environmental norms. Therefore, this study aims to examine the role of these three personalities on eco-anxiety by using quantitative method and correlational multiple analysis regression. Eco-anxiety was measured using the Hogg Eco-Anxiety Scale (HEAS-13) (Hogg et al., 2021) and personality was measured using the Ten Item Personality Inventory (TIPI Indonesia) (Akhtar, 2018). The number of participants in this study was 552 with an age range of 19-65 years. The results showed that there was an role on the three personality types of neuroticism, openness, and conscientiousness on eco-anxiety with F = 2.93, p = 0.033 < 0.05, R2 = 0.016. In this case, it was found that neuroticism (B= -0.545, t = -2.686, p = 0.007) and conscientiousness (B = 0.520, t = 2.076, p = 0.038) had a significant relationship, while openness had no significant relationship to eco -anxiety. These findings can be used to see the market needs of industrial companies, environmental activists, and psychologists in order to reduce eco-anxiety that is tailored to individual personalities."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indri Monica
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara prokrastinasi akademik dan optimisme pada mahasiswa di Universitas Indonesia. Prokrastinasi akademik didefinisikan sebagai penundaan yang disengaja dalam menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan akademis dan mungkin disebabkan oleh takut akan kegagalan, kecenderungan untuk menunda pengerjaan tugas yang diperlukan dalam mencapai suatu tujuan, pengelolaan waktu yang buruk, atau ketidaksukaan terhadap tugas tertentu. Optimisme didefinisikan sebagai keyakinan secara umum akan adanya hasil yang baik. Pengukuran prokrastinasi akademik menggunakan alat ukur Procrastination Assessment Scale for Students (PASS) yang disusun oleh Solomon dan Rothblum (1984). Pengukuran optimisme menggunakan alat ukur Life Orientation Test-Revised (LOT-R) yang disusun oleh Carver dan Scheier (1994). Partisipan penelitian berjumlah 669 mahasiswa di Universitas Indonesia. Melalui teknik statistik Pearson Correlation, diketahui bahwa terdapat hubungan negatif antara prokrastinasi akademik dan optimisme yang signifikan. Melalui teknik statistik one way anova, diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat prokrastinasi akademik berdasarkan semester, namun terdapat perbedaan tingkat prokrastinasi akademik berdasarkan fakultas. Tidak terdapat perbedaan tingkat optimisme berdasarkan semester ataupun fakultas.

This research was conducted to find the correlation between academic procrastination and optimism among students in University of Indonesia. Academic procrastination defined as intentional delay in completing academic-related tasks and may result from a fear of failure, a tendency to postpone tasks necessary to achieve a specific goal, poor time management, or task aversiveness. Optimism defined as expectations that good things will happen. Academic procrastination was measured using an instrument named Procrastination Assessment Scale for Students (PASS) made by Solomon and Rothblum (1984). Optimism was measured using Life Orientation Test-Revised (LOT-R) made by Carver and Scheier (1994). Participants of this research were 669 students in Universitas Indonesia. The Pearson Correlation indicates negative significant correlation between academic procrastination and optimism. The One Way Anova analysis indicates no differences in academic procrastination based on semester, but there is differences in academic procrastination based on faculty. There is no differences in optimism based on semester and faculty."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60119
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>