Ditemukan 188950 dokumen yang sesuai dengan query
Peranginangin, Gerha Jayamala
"
ABSTRAKNama : Gerha JayamalaProgram Studi : Magister Manajemen Judul : Pengaruh Electronic Word-of-Mouth eWOM terhadap Brand Attitude dan Purchase Intention pada Beauty Box IndonesiaPembimbing : Daniel T.H Aruan Berubahnya pola perilaku konsumen dalam mencari informasi tentang sebuah produk sebelum memutuskan untuk membeli membuat berbagai perusahaan merubah keputusan pemasaran strategisnya dan berfokus kepada pemasaran digital. Electronic word-of-mouth eWOM merupakan salah satu bentuk hasil pemasaran digital yang mampu memberikan pengaruh besar pada sikap konsumen terhadap suatu merek dan keputusan membeli konsumen. Tesis ini bertujuan untuk melihat apakah eWOM memiliki pengaruh pada brand attitude dan keinginan membeli pada konsumen Beauty Box Indonesia. Penelitian ini memiliki 3 tiga variabel yaitu eWOM, brand attitude, dan purchase intention. Penelitian kuantitatif ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Berdasarkan hasil analisis penelitian, ditemukan bahwa eWOM memiliki pengaruh siginifikan terhadap brand attitude dan eWOM berpengaruh pada purchase intention melalui brand attitude.
ABSTRACTName Gerha JayamalaStudy Program Master of ManagementTitle The Effect of Electronic Word of Mouth eWOM on Brand Attitude and Purchase Intention Case Study Beauty Box Indonesia Counselor Daniel T.H Aruan The change of consumer behavior in finding information about one product before deciding to purchase affect the strategic marketing decisions of many companies and driving them to focus in digital marketing. Electronic word of mouth eWOM is one of the results of digital marketing that capable in influencing the consumer rsquo s attitude towards the brand and their purchase decision. The purpose of this research is to examine how eWOM affects brand attitude and purchase intention of Beauty Box Indonesia rsquo s customer. This research has 3 three variables which are eWOM, brand attitude, and purchase intention. This quantitative research use questionnaire as the research instrument and analyzed by using PLS SEM. Based on the result of the research analysis, eWOM has significant effect on brand attitude and eWOM affect purchase intention through brand attitude as the mediating variable. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Yuliana Purwaningrum
"Seiring dengan perkembangan internet, electronic word of mouth telah menjadi fenomena penting di dunia pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari electronic word of mouth terhadap citra merek dan niat pembelian pada smartphone samsung juga pengaruh citra merek terhadap niat pembelian smartphone samsung. Responden penelitian ini berjumlah 167 orang yang sedang mencari smartphone dan menyukai browsing di internet. Model penelitian menggunakan 3 hipotesis dan diuji dengan metode analisis structural equation model (SEM).
Hasil penelitian menyatakan bahwa electronic word of mouth berpengaruh terhadap citra merek smartphone samsung namun tidak berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung dan citra merek berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung. Sedangkan pada jurnal penelitian acuan menemukan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap citra merek dan berpengaruh positif yang kuat terhadap niat pembelian smartphone samsung dan citra merek berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung.
Along with the internet developments, electronic word of mouth had become an important phenomenon in the marketing’s world. This study focus to analyze influence of electronic word of mouth on brand image and purchase intention and also influence of brand image on purhase intention smartphone samsung. Respondents of this study are 167 people who are looking for smartphone and liked browsing on the internet. The tree hypoteses research model in this study are tested with Structural Equation Modelling (SEM). The results found that electronic word of mouth effect brand image of smartphone samsung but doesn’t effect purchase intention of smartphone samsung and the brand image effect on purhase intention of smartphone samsung. While the research journal reference found that electronic word of mouth had positive effect on brand image and strong positive effect on purchase intention of smartphone samsung and brand image effect on purchase intention of smartphone samsung."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53257
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alifia Nurbaiti Syavira
"Semakin berkembangnya tren dan minat konsumen terhadap kosmetik mendorong munculnya toko-toko ritel kosmetik di Indonesia seperti Beautyhaul, Boots, dan Sociolla. Toko ritel kosmetik memiliki Beauty Advisor sebagai seseorang yang akan membantu pelanggan dalam pengalaman berbelanja di toko ritel kosmetik. Penelitian ini berfokus pada bagaimana interaksi personal dari Beauty Advisor Brand dan Beauty Advisor Toko dapat memberikan pengaruh terhadap niat membagikan WOM positif dan niat beli pelanggan melalui lensa pengalaman berbelanja afektif pelanggan serta sikap lintas budaya terhadap produk asing dan lokal. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari 462 responden wanita yang berusia 17-40 tahun, berdomisili di Indonesia, dan pernah berkunjung ke toko ritel kosmetik dalam enam bulan terakhir. Data yang telah diperoleh pada penelitian ini diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Beauty Advisor Personal Interaction dapat meningkatkan Positive WOM Intention dan Purchase Intention dari pelanggan toko ritel kosmetik baik dari segi pengalaman afektif pelanggan terutama pada BA Brand dibandingkan dengan BA Toko. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat peran moderasi dari Consumer Ethnocentrism dan Foreign Product Affinity dalam meningkatkan pengalaman berbelanja afektif pelanggan.
The growing trend and consumer interest in cosmetics have led to the emergence of cosmetic retail stores in Indonesia, such as Beautyhaul, Boots, and Sociolla. Cosmetic retail stores have Beauty Advisors who assist customers in their shopping experience. This study focuses on how the personal interaction between the Beauty Advisor Brand and Beauty Advisor Store can influence customers' intention to share positive word-of-mouth (WOM) and purchase intention. It also examines the customers' affective shopping experience and cross-cultural attitudes towards foreign and local products. Data for this study was collected from 462 female respondents aged 17-40, residing in Indonesia, who had visited cosmetic retail stores in the past six months. The collected data was analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with SmartPLS 3 software. The results indicate that Beauty Advisor Personal Interaction can enhance customers' Positive WOM Intention and Purchase Intention in cosmetic retail stores, particularly with the BA Brand compared to the BA Store. Additionally, the study shows that Consumer Ethnocentrism and Foreign Product Affinity do not moderate the effect of affective shopping experience on customers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Raihan Krizia Joshua
"Seiring dengan pesatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia pada sektor pariwsata dan pesatnya pertumbuhan pengguna internet terutama media sosial, electronic word-of-mouth telah menjadi komponen yang penting. Penelitian ini dilakukan untuk melihat adanya pengaruh antara electronic word-of-mouth pada media sosial terhadap intention to visit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang pernah melihat eWOM di media sosial dan belum pernah berkunjung ke Labuan Bajo dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa electronic word-of-mouth berpengaruh terhadap intention to visit sebesar 64,7.
Following the growth of economy in tourism sector in Indonesia and the growth of internet user especially on social media, electronic word of mouth has been the most important component. This research is to analyze the impact of electronic word of mouth on social media toward intention to visit. This research was using 100 respondents who have seen electronic word of mouth on social media and never visit Labuan Bajo with using the non probability sampling method and purposive sampling technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with linear regression. The result of this research indicate the electronic word of mouth has 64,7 influence toward intention to visit."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Andriani Yuliasningrum
"Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, terutama adanya internet telah turut mengubah bagaimana konsumen berkomunikasi satu sama lain. Dengan adanya internet informasi yang disampaikan oleh konsumen yang telah menggunakan sebuah produk dapat diakses dan dibaca oleh konsumen lainnya dimanapun dan kapanpun. Informasi ini tersebar dari mulut ke mulut konsumen dengan lebih cepat dan dinilai lebih efektif untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Bentuk komunikasi inilah yang disebut dengan electronic word-of-mouth (e-WOM). Penelitian kuantitatif ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh e-WOM terhadap Brand Image, serta terhadap Purchase Intention konsumen baik secara langsung maupun dengan dimediasi oleh Brand Image. Penelitian ini melibatkan 116 sampel yang berasal dari wilayah Jabodetabek. Dimana sampel penelitian ini merupakan mereka yang pernah membaca product review atau ulasan produk Etude House pada berbagai Beauty Blog dalam kurun waktu enam bulan terakhir serta belum pernah melakukan pembelian terhadap produk yang ulasannya dibaca oleh responden pada Beauty Blog tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-WOM memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Brand Image, serta Purchase Intention konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung dengan dimediasi oleh Brand Image pada produk kosmetik Etude House.
Advances of technology information and communication particularly availability of internet have turned the way consumer to communicated each other. Internet enable every information that consumer want to share about a product can be access and read of other consumer whenever and anywhere. This information finally spread by word of mouth faster and more effective to influent consumer purchase decision making. Sort of this communication is called electronic word-of-mouth (e-WOM). This quantitative research supposed to know the effect that e-WOM accused towards Brand Image, and also consumer Purchase Intention either directly or mediating by Brand Image. This study involved 116 sample from Jabodetabek area. The sample of this research is consumers who have read product review of any product from Etude House in any beauty blog for six month before this research conducted and never purchase product in the product review at any blog that consumer have been read before. The result of of this study showed that e-WOM have significantly and positively effect toward Brand Image and consumer Purchase Intention either directly or indirectly with mediating of Brand Image towards Etude House cosmetic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S65648
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Savira Rahma Frida
"Artikel ini mendiskusikan implikasi word of mouth (WOM) dan electronic word of mouth (eWOM) terhadap brand image. Data sekunder berupa penelitian terdahulu menunjukkan adanya implikasi WOM dan eWOM terhadap brand image. Analisis dilakukan dengan pendekatan exploratory sequential mixed methods. Artikel ini juga mendiskusikan perkembangan implikasi WOM dan eWOM terhadap brand image selama lima tahun terakhir dari 10 jurnal dengan pendekatan mixed method dan kuantitatif. Analisis kuantitatif menunjukkan bahwa penelitian terdahulu cenderung termasuk dalam bidang studi ilmu sosial, berlokasi di Asia, menggunakan WOM dan eWOM sebagai variabel independen dan brand image sebagai variabel dependen, serta dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Analisis kualitatif berbasis desk review menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang saling memengaruhi antara WOM dan eWOM dengan brand image. WOM dan eWOM berpengaruh dalam membentuk brand image dalam benak konsumer. Apabila pengalaman konsumer dengan suatu brand bersifat positif, konsumer akan terdorong menyebarkan WOM atau eWOM yang positif, begitu pula sebaliknya.
This article discusses the implications of word of mouth (WOM) and electronic word of mouth (eWOM) on brand image. Secondary data in the form of previous research shows the implications of WOM and eWOM on brand image. The analysis was performed using an exploratory sequential mixed methods approach. This article also discusses the development of the implications of WOM and eWOM on brand image during the last five years from 10 journals using mixed method and quantitative approaches. Quantitative analysis shows that previous research tends to belong to the field of social science studies, located in Asia, using WOM and eWOM as independent variables and brand image as dependent variables, and is carried out with a quantitative approach. Qualitative analysis based on desk review shows that there is an interdependence between WOM, eWOM and brand image. WOM and eWOM are influential in shaping the brand image in the minds of consumers. If the consumers’ experience with a brand is positive, consumers will be encouraged to spread positive WOM or eWOM, and vice versa."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Si Agung Candra Arum Sari Dewi
"Pasca pandemi COVID-19 pariwisata Bali mulai bangkit namun belum sepenuhnya pulih. Pada masa transisi pandemi COVID-19 menuju endemi, Bali menjadi sorotan di media sosial terkait dengan perbedaan pelayanan yang diterima oleh wisatawan domestik. Selain itu, penyebaran informasi oleh wisatawan terkait dengan perubahan kondisi wisata di Bali saat memasuki masa endemi akan berdampak bagi citra destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eWOM, persepsi risiko, dan citra destinasi terhadap niat berkunjung. Penelitian ini juga menggunakan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh tidak langsung eWOM dan persepsi risiko terhadap niat berkunjung melalui citra destinasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non probabilitas dengan pendekatan purposive sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 246 wisatawan domestik. Penelitian ini menemukan bahwa eWOM dan citra destinasi memiliki pengaruh yang positif terhadap niat berkunjung. Persepsi risiko memiliki pengaruh yang negatif terhadap niat berkunjung. Pengaruh negatif mengartikan bahwa semakin meningkatnya persepsi risko maka nilai pada niat berkunjung akan menurun. Melalui analisis jalur diketahui bahwa eWOM dan persepsi risiko terhadap niat berkunjung melalui citra destinasi berpengaruh signifikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa wisatawan domestik mengandalkan eWOM untuk mencari tahu mengenai destinasi wisata yang ingin mereka kunjungi. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemerintah, pemangku kepentingan, dan destination marketing organization memanfaatkan eWOM dalam membangun citra destinasi dan membangkitkan kembali niat berkunjung wisatawan pasca pandemi COVID-19.
After the COVID-19 pandemic, Bali tourism began to revive but has not fully recovered. During the transition from the COVID-19 pandemic to the endemic, Bali was in the spotlight on social media due to the differences in services received by domestic tourists. In addition, the dissemination of information by tourists related to changes in tourism conditions in Bali when entering an endemic period can impact the image of a Bali destination. This study aims to determine the effect of eWOM, risk perception, and destination image on visiting intentions. This study also uses path analysis to determine the indirect effect of eWOM and perceived risk on visiting intentions through destination image. This study uses a quantitative method with a non-probability sampling technique with a purposive sampling approach. The samples collected were 246 domestic tourists. This study found that eWOM and destination image positively influence visiting intentions. Perceived risk has a negative influence on the visit intention. The negative effect means that the higher the risk perception, the value of the intention to visit will decrease. Path analysis shows that eWOM and perceived risk of visiting intentions through destination image have a significant effect. The results of this study indicate that domestic tourists rely on eWOM to find out about the tourist destinations they want to visit. Therefore, the government, stakeholders, and destination marketing organizations must utilize eWOM to build the destination image and revive the intention to visit tourists after the COVID-19 pandemic."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nadya Tasya Saraswati
"This study aims to examine and analyze the influence of electronic word of mouth EWOM, brand awareness and brand image on purchase intention of online transportation in Indonesia. The research data is based on 338 respondents who have taken the online questionnaire, and are those who have not yet used online transportation in Indonesia, but have obtained information about it through online media. Purposive sampling method has been used in this research where population members selected to participate in this research is based on the authors judgment. The analysis method used is structural equation model SEM through AMOS software.
The result shows that there is a positive and significant influence of electronic word of mouth, brand awareness, and brand image on purchase intention with brand image as a mediator between electronic word of mouth, brand awareness and purchase intention variables. This research certainly has several limitations, thus future research may include other variables in order to obtain new knowledge and understanding in the context of online transport.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh electronic word of mouth, brand awareness, dan brand image terhadap purchase intention pada transportasi online di Indonesia. Data penelitian berdasarkan 338 responden yang berpartisipasi melalui kuisioner online, dan responden yang belum pernah menggunakan transportasi online di Indonesia, tetapi pernah membaca informasi terkait transportasi online via media online. Metode sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan beberapa kriteria tertentu/ Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah structural equation model SEM dengan bantuan software AMOS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel electronic word of mouth, brand awareness, brand image terhadap purchase intention, serta brand image berperan sebagai mediator antara electronic word of mouth, brand awareness dan purchase intention. Penelitian ini tentunya memiliki beberapa keterbatasan, sehingga penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan variabel penelitian lainnya yang bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman baru dalam konteks transportasi online."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Quisha Azzy Azzahra
"Fandom atau penggemar kini sudah memiliki daya beli yang kuat dalam pasar. Croffle merupakan makanan yang menjadi tren pada tahun 2020 hingga 2021 yang pada awalnya diangkat oleh beberapa artis Korea melalui platform media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh fan economy melalui electronic word-of-mouth terhadap purchase intention konsumen croffle di Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada 60 responden yang merupakan penggemar Korea berusia 18-35 tahun yang berdomisili di Jakarta dengan menyebarkan kuesioner daring. Hasil utama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa fan economy melalui electronic word-of-mouth memengaruhi purchase intention konsumen croffle di Jakarta. Fandom terbukti dapat memengaruhi minat beli konsumen melalui electronic word-of-mouth di Instagram. Namun, terdapat limitasi dalam penelitian ini terkait metode dan lingkup penelitian yang bisa dikembangkan dalam penelitian selanjutnya.
Fandom or fans now have a strong purchasing power in the market. Croffle is a food that is becoming a trend from 2020 to 2021 which was originally raised by several Korean artists through social media platforms. This study aims to find out the influence of the fan economy that mediated through electronic word-of-mouth on the purchase intention of croffle consumers in Jakarta. This research was conducted on 60 respondents who are Korean fans aged 18-35 years who live in Jakarta by distributing online questionnaires. The main results in this study indicate that the fan economy that mediated through electronic word-of-mouth affects the purchase intention of croffle consumers in Jakarta. Fandom is proven to be able to influence consumer buying interest through electronic word-of-mouth on Instagram. However, there are limitations in this study related to the method and scope of research that can be developed in further research."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Safira Syahdani Guci Fahmy
"Adanya perkembangan internet yang cepat menggeserkan paradigma e-commerce menjadi social commerce (s-commerce). Salah satu platform s-commerce yang sedang marak di Indonesia adalah TikTok. Media sosial ini menawarkan penggunanya untuk melihat informasi yang tersebar pada for you page, berkomunikasi dengan satu sama lain, hingga memperbolehkan penggunanya untuk secara bebas membagikan pendapat dan informasi hingga bertransaksi terkait produk atau jasa (eWOM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh dari eWOM kepada niat pembelian konsumen sehingga dapat menjadi masukan untuk s-commerce dalam mengembangkan strategi yang lebih baik untuk mendorong keterlibatan eWOM di antara pengguna s-commerce. Penelitian ini didasarkan pada teori dari Elaboration Likelihood Model (ELM), Theory of Reasoned Action (TRA), dan Social Support Theory (SST) yang diolah menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan menggunakan data kuesioner dari 228 responden. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa information credibility, social support, innovativeness, website quality, dan attitude towards eWOM adalah faktor penentu eWOM Engagement di s-commerce TikTok yang kemudian Attitude towards eWOM serta eWOM Engagement mempengaruhi purchase intention pada s-commerce TikTok.
The rapid growth of the internet has shifted the e-commerce paradigm to social commerce (s-commerce). One of the most popular s-commerce platforms in Indonesia is TikTok. This social media offers its users to view the information spread on the for you page, communicate with each other, to allow users to freely share opinions and information to transact related to products or services (eWOM). This study aimed to examine the impact of information circulating on TikTok in the form of eWOM on consumer purchase intentions. This study is based on the theory of the Elaboration Likelihood Model (ELM), Theory of Reasoned Action (TRA), and Social Support Theory (SST) which were processed using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) using questionnaire data from 228 respondents. The results of this study prove that information credibility, social support, innovativeness, website quality, and attitude towards eWOM are the determinants of eWOM involvement in TikTok s-commerce then Attitude towards eWOM and eWOM Engagement affect consumer purchase intentions in TikTok s-commerce."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library