Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 39622 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurdiah Rahmawati
"Dimetil Eter DME sebagai bahan bakar yang menjanjikan di masa depan, saat ini diproduksi dari metanol melalui indirect synthesis menggunakan katalis γ-Al2O3. Untuk meningkatkan efisiensi proses, dikembangkan direct synthesis yang menghasilkan DME langsung dari syngas menggunakan katalis bifungsional. Pencampuran secara langsung katalis sintesis metanol komersial dengan γ-Al2O3 belum menghasilkan yield DME yang optimum karena aktivitas γ-Al2O3 yang kurang baik pada temperatur operasi direct synthesis DME. HZSM-5 memiliki keasaman yang lebih tinggi dari γ-Al2O3 sehingga lebih aktif dalam reaksi sintesis DME. Namun, keasaman yang tinggi juga memicu terbentuknya produk samping sehingga yield DME menurun. Modifikasi HZSM-5 menggunakan Na membentuk Na-HZSM-5 terbukti menghasilkan yield DME yang tinggi. Namun, belum diketahui tingkat loading Na yang optimum. Dalam penelitian ini, CuO-ZnO-Al2O3/Na-HZSM-5 akan digunakan dalam direct synthesis DME, dengan variabel rasio optimum Na/Al pada Na-HZSM-5 dan rasio optimum CuO-ZnO-Al2O3 terhadap Na-HZSM-5. Karakterisasi katalis dilakukan dengan XRD, XRF dan titrasi asam-basa. Uji katalitik dilakukan dalam reaktor fixed bed pada kondisi operasi 275°C, 30 bar dan 1500 ml/ gkatalis.jam dengan umpan syngas model dengan rasio H2/CO sebesar 2:1. Analisa gas produk dilakukan menggunakan Gas Chromatography GC . Hasil yang optimal diperoleh pada rasio Na/Al desain sebesar 0,6 dengan rasio katalis logam terhadap asam sebesar 2:1. Nilai konversi CO dan yield DME diperoleh berturut-turut sebesar 49,74 dan 28,45 , lebih tinggi dari katalis parent yang berturut-turut menghasilkan 24,85 dan 16,65 .

Dimetil Eter DME as a promising fuel in the future, recently produced from methanol through indirect synthesis using Al2O3 catalyst. To improve the process efficiency, direct synthesis DME was developed using bifunctional catalyst and syngas as raw material. The physically mixed of commercial methanol synthesis catalyst and γ-Al2O3 has not giving optimum DME yield yet due to the unsufficient activity of Al2O3 at operating temperature of DME direct synthesis. HZSM 5 have higher acidity than γ-Al2O3, therefore it is more active in DME formation. However, the excess of acidity will also promote side product formation, which will reduce yield of DME. HZSM 5 modification using Na forming Na HZSM 5 was proven to give high yield of DME. However, optimum Na loading has not known yet. In this research, CuO-ZnO-Al2O3 Na HZSM 5 was used as bifunctional catalyst in direct synthesis DME. Variable to be assesed is optimum Na Al ratio in Na HZSM 5 catalyst and optimum rasio of CuO-ZnO-Al2O3 to Na HZSM 5. Catalyst is characterized using XRD, XRF and acid base titration. Catalytic testing is performed in fixed bed reactor at operating condition of 275°C, 30 bar and 1500 ml gcatalyst.h .Product gas analysis was performed using Gas Chromatography. Optimal result was achieved at Na Al design ratio 0,6 and metal to acid site ratio 2 1. CO conversion and DME yield are 49,74 and 28,45 respectively, higher than parent catalyst, that have result as much as 24,85 and 16,65 respectively.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48212
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiffany Berliana
"Kandungan sulfur yang terdapat di dalam Biosolar B-30 menyebabkan kerugian karena memperpendek umur mesin kendaraan. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu proses untuk menurunkan kadar sulfur adalah Oxidative Desulfurization (ODS) yang memiliki keunggulan menggunakan kondisi operasi tekanan dan suhu yang rendah. Pada penelitian ini, dilakukan proses ODS menggunakan katalis karbon aktif-asam format, dan oksidator hidrogen peroksida yang memiliki kinerja terbaik menurut peneliti sebelumnya. Proses ODS dilakukan pada wadah berpengaduk pada suhu 30°C sampai 70°C dengan rasio komposisi katalis antara karbon aktif dan asam format 0,01:1 hingga 0,06:1, di oksidasi selama 40 sampai 90 menit, dan rasio molar oksidator terhadap sulfur (O/S) sebesar 6:1 sampai 80:1. Setelah proses oksidasi, dilakukan proses sentrifugasi untuk memisahkan Biosolar dengan sulfur yang telah teroksidasi. Kandungan senyawa sulfur pada biosolar sebelum dan sesudah proses ODS dianalisis dengan metode FTIR. Hasil dari penelitian yang dilakukan, katalis yang digunakan mampu mendesulfurisasi hingga 7,6%, dilakukan dengan menggunakan komposisi katalis antara Karbon Aktif-Asam Format sebesar 0,7 g-1 mL dalam 100 mL Biosolar pada suhu proses ODS sebesar 30℃, waktu oksidasi selama 60 menit, dan rasio molar H2O2/S yaitu 12.

The sulfur content in Biosolar B-30 causes losses because it shortens the life of the vehicle engine. To overcome this, one of the processes to reduce sulfur content is Oxidative Desulfurization (ODS) which has the advantage of using low pressure and temperature operating conditions. In this study, the ODS process was carried out using an acid-activated formic carbon catalyst, and hydrogen peroxide as an oxidizing agent which had the best performance according to previous researchers. The ODS process is carried out in a stirred vessel at a temperature of 30℃ to 70°C with a catalyst composition ratio between activated carbon and formic acid 0.01:1 to 0.06:1, oxidized for 40 to 90 minutes, and a molar ratio of oxidizing agent to sulfur (O/S) of 6:1 to 80:1. After the oxidation process, a centrifugation process was carried out to separate the biodiesel from the oxidized sulfur. The content of sulfur compounds in biodiesel before and before the ODS process was analyzed by the FTIR method. The results of the research conducted, the catalyst used was able to desulfurize up to 7.6%, carried out using a catalyst composition between Activated Carbon-Formic Acid of 0.7 g-1 mL in 100 mL Biosolar at an ODS process temperature of 30℃, oxidation time for 60 minutes, and the molar ratio of H2O2/S is 12."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farisa Nurizky
"Sejak tahun 2005, konsumsi avtur di Indonesia selalu lebih besar dari produksi kilang nasional. Kebutuhan avtur yang tidak terpenuhi jika hanya menggunakan energi fosil mendorong upaya pencarian bahan bakar pesawat alternatif, salah satunya adalah bioavtur. Bioavtur merupakan bahan bakar nabati generasi kedua yang dapat dijadikan alternatif bagi bahan bakar jet avtur untuk memenuhi kebutuhan nasional Indonesia serta mendukung Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca. Sintesis bioavtur pada penelitian ini menggunakan biodiesel/metil ester untuk memanfaatkan lebihan produksi biodiesel di Indonesia. Untuk memudahkan karakterisasi produk, digunakan senyawa model dari metil ester biodiesel yaitu metil oleat. Sintesis dilakukan melalui proses hidrodeoksigenasi dan perengkahan katalitik dengan katalis NiMo/zeolit. Proses hidrodeoksigenasi dilakukan pada kondisi tekanan 24 bar dan suhu 375 C selama 4 jam, dan reaksi perengkahan katalitik dilakukan pada suhu 375 C selama 2 jam. Perengkahan katalitik dilakukan dengan 2 variasi loading katalis, yaitu 1 dan 5. Produk bioavtur yang dihasilkan telah memenuhi SNI avtur untuk viskositas dan densitas, yaitu sebesar 3,34 cSt dan 0,839 g/mL. Dengan kondisi perengkahan katalitik pada suhu 375 C dan loading katalis sebesar 5, katalis NiMo/zeolit mampu melakukan sintesis bioavtur dengan yield sebesar 34,27, selektivitas 26,25, dan konversi sebesar 91,27. Hasil tersebut belum optimum namun dapat dijadikan referensi untuk penelitian lebih lanjut.

Since 2005, aviation fuel consumption in Indonesia has always been greater than the production of national refineries. Aviation fuel needs that are not fulfilled if using only fossil energy encourages the search effort of alternative fuels, one of which is bioavtur. Bioavtur is a second generation biofuel that can be used as an alternative to jet fuel aviation fuel to meet Indonesia 39s national needs and support the National Action Plan for Greenhouse Gas Emission Reduction. The bioavtur synthesis in this study used biodiesel methyl esters to utilize excess biodiesel production in Indonesia. To facilitate product characterization, methyl oleate is used as a model compound of methyl ester biodiesel. Synthesis is done through hydrodeoxigenation process and catalytic cracking with NiMo zeolite catalyst. The hydrodeoxigenation process was carried out under the condition of 24 bar and 375 C for 4 hours, and the catalytic cracking reaction was carried out at 375 C. for 2 hours. Catalytic cracking was performed with 2 variations of catalyst feed ratio, i.e. 1 and 5. The resulting bioavtur product has fulfilled the SNI of avtur for viscosity and density, that is equal to 3,34 cSt and 0,839 g mL respectively. Under catalytic cracking conditions at 375 C and 5 catalyst loading, NiMo zeolite catalysts were able to synthesize bioavtur with yields of 34.27, selectivity of 26.25, and conversion of 91.27. The results are not yet optimum but can be used as a reference for further research."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lydia Eka Fitri
"Pada penelitian ini, sintesis biodiesel dari mikroalga Nannochloropsis sp. dilakukan dengan mengekstraksi terlebih dahulu lipid yang terkandung pada mikroalga dengan menggukan metanol dan kloroform, setelah itu lipid direaksikan secara transesterifikasi menggunakan metanol berlebih dengan keberadaan katalis heterogen NaOH/Zeolit. Katalis heterogen NaOH/Zeolit digunakan untuk mendapatkan kemudahan pada proses pemisahan katalis dengan biodiesel yang dihasilkan. Zeolit diimpregnasi dengan berbagai macam konsentrasi NaOH dan lama waktu impregnasi. Zeolit yang sudah diimpregnasi dengan NaOH kemudian dilakukan uji XRF, XRD, dan BET. Hasil terbaik (NaOH terimpregnasi 90,9%) didapatkan pada saat menggunakan NaOH dengan konsentrasi 1,5 M dan lama waktu perendaman 72 jam. Katalis NaOH/Zeolit dengan hasil yang terbaik ini kemudian digunakan pada sintesis biodiesel. Sintesis biodisel dilakukan dengan berbagai macam variasi kondisi waktu reaksi, temperatur reaksi, rasio mol lipid : metanol, dan banyaknya katalis yang digunakan. Massa biodiesel yang didapatkan kemudian dibandingkan dengan massa lipid yang diperoleh. Hasil terbaik (yield FAME 84,46%) didapatkan pada saat mereaksikan metanol dengan rasio 1:400 selama 2 jam pada temperatur 60 oC dengan berat katalis 5% berat lipid dan metanol. Dari hasil uji FAME menggunakan GCMS didapatkan kandungan asam lemak jenuh sebesar 61,25%.

In this study, biodiesel synthesis from Nannochloropsis sp. is done by extracted lipid first using methanol and chloroform, after that lipid is transesterification reacted with methanol excess with presence of heterogent catalyst NaOH/Zeolite. The NaOH/Zeolite catalyst is used to obtain the easiness in separating the catalyst and biodiesel product. Zeolite is impregnated in various kind of NaOH solution and various impregnation time. Zeolite then is analyzed using XRF, XRD, and BET method. Best result (NaOH being impregnated 90,9%) is obtain when using NaOH with concentration 1,5 M and impregnation time 72 hours. NaOH/Zeolite catalyst with best result then is used in biodiesel synthesis. Biodiesel synthesis is done in various reaction condition such as time, temperature, ratio molar lipid:methanol, and catalyst weight. Biodiesel weight than compare to the lipid weight. Best result (FAME yield of 84,46%) is obtain by reacting methanol with ratio 1:400 in 2 hour at 60 oC with catalyst weight 5%. From FAME analysist with GCMS, the saturated fatty acid content is about 61,25%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T45669
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Fauziyah Rahman
"Dimetil eter (DME) diproduksi secara langsung dari sintesis gas dalam reaktor fixed bed. Dalam penelitian ini, katalis Cu-Zn/Y-Al2O3 digunakan sebagai katalis bifungsi sintesis langsung dimetil eter dengan variasi pH dan komposisi serta dilakukan perbandingan antara metode kopresipitasi sedimentasi dengan sol-gel impregnasi. Katalis ini dikarakterisasi luas permukaan, XRF, dan XRD. Katalis ini direaksikan pada kondisi operasi tekanan 20 bar dan temperatur 220ºC.
Hasil uji aktivitas katalis terbaik menunjukan konversi CO sebesar 70%, selektivitas dimetil eter sebesar 80%, dan yield dimetil eter sebesar 54%, yaitu pada katalis dengan metode sol-gel impregnasi.

Dimethyl Ether (DME) was directly synthesized from synthesis gas (syngas) in fixed bed reactor. In this research, Cu-Zn/Y-Al2O3 used as bifunctional catalyst for synthesis of dimethyl ether and these catalysts was varied by pH, composition, and compared method between co-precipitation sedimentation and sol-gel impregnation method. These catalysts characterized by surface area, XRF, and XRD. These catalysts performance was tested at 20 bars, 220ºC.
Activity result from the best catalyst in this research shown 70% conversion of CO, 80% selectivity and 54% yield of dimethyl ether, at catalyst with sol-gel impregnation method.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S52182
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Witta Kartika Restu
"Dimetil eter (DME) diproduksi dengan dua metode: (1) metode tidak langsung yang memiliki dua langkah prosedur, pembentukan metanol dari gas sintesis dilanjutkan dehidrasi metanol dan (2) metode langsung yang memiliki satu langkah prosedur yaitu proses pembentukan dimetil eter secara langsung dari gas sintesis. Sintesis langsung dimetil eter dari gas sintesis secara termodinamika lebih berprospek karena memiliki konversi yang lebih tinggi dan secara ekonomi memiliki biaya operasi yang rendah. Penelitian ini bertujuan membuat katalis bifungsi dengan karakteristik kristalinitas tinggi dan luas permukaan besar dengan aktivitas yang tinggi. Katalis yang digunakan adalah logam Cu-Zn sebagai katalis sintesis metanol dan Zeolit Alam Malang teraktivasi (HZAM). Metode preparasi katalis yang digunakan adalah kopresipitasi-sedimentasi dan sol gel-impregnasi. Dilakukan variasi temperatur kalsinasi pada 350, 500, dan 600°C. Pengujian terhadap zeolit alam teraktivasi yang dihasilkan adalah dengan menggunakan karakterisasi BET untuk mengetahui luas permukaan dan karakterisasi XRF untuk mengetahui rasio Si/Al di dalamnya. Pada katalis bifungsi dilakukan karakterisasi BET, XRD, dan XRF. Katalis bifungsi beroperasi pada kondisi tekanan 20 bar dan temperatur 220_C. Hasil uji aktivitas katalis terbaik yaitu pada katalis dengan metode kopresipitasi sedimentasi, menunjukan konversi CO sebesar 34% (% mol), selektivitas dimetil eter sebesar 55% (% mol), dan yield dimetil eter sebesar 19% (% mol).

Dimethyl ether produced using methods (1) Indirect method, synthesis and dehidration of methanol (2) Direct method, synthesis dimethyl ether from syngas. It has higher conversion thermodynamically and lower operating cost. This research aims to make a bifunctional catalyst with some characteristic such as high crystalinity, high surface area, and high activities. Catalyst consists of Cu-Zn metal as synthesis methanol catalayst and activated natural zeolite as dehydration catalyst. Method using in preparation catalyst is coprecipitation sedimentation and sol gel impregnation. Variation is done in calcinations temperature, 350, 500, and 600°C. Activated natural zeolite characterized by BET to know surface area and XRF to know Si/Al ratio. Bifunctional catalyst characterized by BET surface area, XRD, and XRF. Operation condition of bifunctional catalyst is 20 bar and 220°C. Best catalyst activity, catalyst with coprecipitation sedimentation method show CO conversion 34% (% mole), dimethyl ether selectivity 55% (% mole), and yield dimethyl ether 19% (% mole)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51826
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Arissa Andam Sari
"Untuk mengantisipasi ketergantungan impor LPG, perlu dilaksanakannya studi pemanfaatan energi alternatif subtitusi LPG. Salah satu alternatif subtitusi LPG adalah Dimetil Eter (DME) yang dapat dihasilkan dari gas alam (CH4). Proses produksi Dimetil Eter (DME) dari gas alam (CH4) dilakukan melalui 3(tiga) tahapan yaitu: sintesis gas, sintesis DME (direct method), dan pemurnian DME. HYSYS process simulation software model-based sebagai representasi pabrik DME digunakan untuk menganalisis 3(tiga) tahapan produksi DME. Teknologi yang diterapkan untuk memproduksi DME ialah teknologi direct method dimana dengan umpan gas alam sebesar 70 MMscfd mampu menghasilkan DME sebesar 658,9 ton/hari dengan tingkat kemurnian 99,99%. Perolehan produksi pabrik DME ini mampu mengurangi ketergantungan impor LPG di Indonesia sebesar 7% pada tahun 2018.
Berdasarkan hasil perhitungan keekonomian diperoleh biaya kapital (CAPEX) pabrik DME sebesar $57.818.702 dan biaya operasional (OPEX) sebesar $148.232.914/tahun. Dengan asumsi harga beli gas $6/MMBtu dan harga jual DME $833/ton (10% dibawah harga jual LPG), maka didapatkan IRR sebesar 44% dan NPV sejumlah $64.012.840 dengan masa pengembalian selama 5 tahun. Dari perolehan IRR dan NPV tersebut dapat disimpulkan bahwa pabrik DME ini layak untuk didirikan dikarenakan nilai IRR (44%) lebih besar dari MARR (20%) dan NPV bernilai positif. Dari analisis sensitivitas diperoleh bahwa parameter harga jual DME bersifat sensitif terhadap NPV, dan parameter harga beli gas bersifat sensitif terhadap IRR dan PBP.

To anticipate the LPG import dependency, required a study to look for an alternative energy as subtitution of LPG. One alternative is substituting LPG with Dimethyl Ether (DME) which can be produced from natural gas (CH4). The production process of Dimethyl Ether (DME) from natural gas (CH4) is done through three stages, namely: synthesis gas, DME synthesis (direct method), and DME purification. HYSYS Process simulation as a representation of the modelbased DME plant is used to analyze 3(three) stages of DME production. The technology applied for DME production are direct method technology where with feed natural gas (CH4) of 70 MMscfd are able to produce DME at 658,9 tonnes/day with a purity level of 99,99%. DME yield from this plant is capable to reduce import dependency of 7% in 2018.
Based on the economical analysis calculation, the total capital expenditure (CAPEX) and operasional expenditure (OPEX) of this DME plant are $57.818.702 and $148.232.914/year respectively. Assuming gas purchase price $6/MMBtu and DME sale price $833/tonnes then obtained an IRR 44% and NPV $64.012.840 with 5 years of payback period. Hence it can be concluded that this DME plant is feasible due to IRR (44%) is greater than MARR (20%) and NPV value is positive. Sensitivity analysis of DME plant showed that DME selling price variable are sensitive NPV. In addition, gas purchased price variable are sensitive to IRR and PBP (Payback Period).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T45635
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Situmorang, Widya Yanti
"Kebutuhan energi yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, dimana ketergantungan terhadap minyak bumi dan terakhir terhadap LPG perlu disiasati dengan mencari sumber energi baru. Dimetil Eter dinilai sebagai sumber energi alternatif yang potensial menimbang sumber bahan baku pembuatan DME dapat diperoleh dari biomassa, batubara dan gas alam, yang mana merupakan sumber bahan baku yang terbarukan dan tidak terbarukan, menjamin ketersediaan DME secara terus-menerus. Kajian pustaka terhadap keekonomian pembuatan Dimetil Eter dari tiga bahan baku tersebut dengan menggunakan Indirect dan Direct Technology) akan dibahas, yang mana lebih lanjut analisa pada tesis ini hanya terbatas kepada bahan baku biomassa dan batubara saja.
Dengan membandingkan empat variasi yaitu BB1PI ( Biomassa ? direct technology), BB2P1 (Batubara- direct technology), BB1P2 ( Biomassa ? indirect technology), BB2P2 (Batubara- indirect technology) dengan basis kapasitas produksi DME 5.000 ton/hari (351 hari operasional) dan harga DME adalah USD 1.000/ MT DME atau USD 907.220/ ton DME diperoleh nilai CAPEX dan OPEX terendah USD 3.203.965.095,66 dan USD 373.546.794,34 berturut, dengan nilai IRR tertinggi 38% dan PBP (Pay Back Period) terendah 2.63 tahun untuk variasi BB2P1 (Batubara - direct Technology). Sehingga dengan membandingkan empat variasi tersebut diatas diperoleh kesimpulan bahwa bahan baku dan proses teknologi yang dinilai paling ekonomis didalam penerapannya adalah variasi BB2P1 (Batubara-direct technology).

The need for energy is increasing from year to year, where the dependence on petroleum and LPG should last to overcome by finding new sources of energy. Dimethyl Ether assessed as a potential alternative sources of energy considering its raw material can be obtained from biomass, coal and natural gas, which is the renewable source of raw materials and non-renewable, ensuring the availability of DME continuously. Literature review on the economical manufacture of Dimethyl Ether from three raw materials by using Indirect and Direct Technology will be discussed, which further analysis in this thesis is limited to biomass and coal feedstock only.
By comparing the four variations of the BB1PI (Biomass - direct technology), BB2P1 (Coal - direct technology), BB1P2 (Biomass - indirect technology), BB2P2 (Coal - indirect technology), with base DME production capacity of 5,000 tons / day (351 operational days) with price USD 1,000/MT DME or USD 907.220/ ton DME, obtained lowest CAPEX and OPEX values USD 3,203,965,095.66 and USD 373,546,794.34 respectively, with the highest value of IRR 38% and the lowest value of PBP (Payback Period) 2.63 years for BB2P1 variation (Coal - Direct Technology). Therefore, by comparing the four variations of the above it is concluded that the raw materials and process technologies are considered the most economical in its application is BB2P1 (Coal-direct technology).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T41517
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fiko Satiawan
"Parameter dari kualitas pembakaran pada motor pembakaran dalam dapat dilihat dari perfomanya dan emisi gas buang yang dihasilkan. Salah satu faktornya adalah kualitas bahan bakar yang digunakan. Metode untuk meningkatkan kualitas bahan bakar adalah dengan memberi katalis pada bahan bakar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahan bakar mengikat oksigen, sehingga dapat meberikan efek pembakaran yang lebih baik. Tujuan lainnya adalah penggunaan katalis diharapkan dapat menghemat konsumsi bahan bakar dan menghasilkan emisi gas buang yang lebih baik. Pengujian ini menggunakan bahan bakar dasar pertamax plus. Katalis yang digunakan antara lain type a (sebut tablet), yaitu katalis dimasukan kedalam tangki bahan bakar. Sedangkan katalis yang kedua type b, katalis yang dipasang pada saluran bahan bakar yang terletak diantara pompa bahan bakar dan karburator. Pegujian juga dilakukan dengan melakukan perpaduan antara kedua katalis. Hasil pengujian menunjukan bahwa penggunaan perpaduan kedua katalis tidak menghaslkan performance yang baik jika dipadukan dengan bahan bakar pertamax plus. Dari hasil yang ada, penggunaan pertamax plus lebih baik daripada menggunakan katalis ini.

The parameters of the combustion quality of the internal combustion engine can be seen from perfomanya and exhaust emissions produced. One factor is the quality of fuel used. Methods to improve the quality of the fuel is to provide a catalyst to fuel. it aims to improve fuel bind oxygen, so it can not give a better burning effect. Other goal is the use of catalysts is expected to save fuel consumption and exhaust emissions better. This test uses the base fuel plus pertamax. Catalysts used include type A (called tablet), the catalyst is inserted into the fuel tank. While the second catalyst type b, a catalyst installed in the fuel line located between the fuel pump and carburetor. Test of also be done through a combination of the two catalysts. Test results show that use of a blend of the two catalysts not menghaslkan good performance when combined with fuel pertamax plus. Of the existing results, use pertamax plus better than using this catalyst.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S58399
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Molybdenum oxide (MoO3) have been introduced to titanium silicalite (Ts-1) by impregnation methode and have been characterized with X-ray diffraction (XRD), infrared spectroscopy,nitrogen and pyridine adsorption...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>