Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 109106 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maria Gretalita Niken Winaputri
"ABSTRAK
Perancangan Visual Usability pada Aplikasi Financial Personal Assistant dengan Metode Kansei Mining Salah satu aplikasi personal assistant yang mulai marak digunakan adalah financial assistant. Aplikasi financial personal assistant adalah sebuah aplikasi yang dapat menjawab masalah pengelolaan keuangan yang seringkali dialami oleh kaum muda. Pengembangan aplikasi financial personal assistant juga perlu diperhatikan dari segi user interface-nya. Untuk merancang user interface pada aplikasi mobile yang interaktif dengan pengguna, seorang desainer harus berfokus pada pengalaman pengguna user experience agar aplikasi tersebut menarik dan berfungsi dengan baik. Penelitian ini memetakan Kansei Word terhadap gambar desain aplikasi financial personal assistant sehingga didapatkan beberapa Kansei Word yang terkait dengan beberapa gambar desain aplikasi financial personal assistant dan fitur-fitur yang diinginkan oleh konsumen. Penelitian ini memberikan alternatif desain baru untuk desain aplikasi financial personal assistant yang memenuhi kebutuhan afektif konsumen.

ABSTRACT
Visual Usability Design of the Financial Personal Assistant Application with Kansei Mining MethodOne of the personal assistant applications that began to bloom in use is a financial assistant. A financial personal assistant application is an application that can address financial management issues that are often experienced by young people. Development of financial personal assistant application also needs to be considered in terms of its user interface. To design user interfaces on interactive mobile applications with users, a designer must focus on the user experience to make the app attractive and functioning properly. This research mapped Kansei Word on financial design application design drawing so that some Kansei Word related to some image design of financial personal assistant application and features desired by consumer. This research provides a new design alternative for the design of financial personal assistant applications that meet the affective needs of consumers."
2017
T48173
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septy Aprilliandary
"Industri otomotif memberikan konstribusi terbesar dalam produk domestik bruto Indonesia. Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan industri otomotif, terutama industri mobil, persaingan antar produsen mobil semakin tinggi. Hal ini mengakibatkan hasil keluaran produk dari berbagai produsen mobil akan mencapai tahap dimana hampir semuanya memiliki standar kualitas yang sama. Keadaan ini mendorong konsumen untuk memanfaatkan faktor lain di luar spesifikasi fungsional dan kualitas untuk membuat keputusan membeli mobil, yaitu persepsi afektif.
Penelitian ini membahas bagaimana konsumen mobil tipe city car di Indonesia menilai produk dari sisi bentuk eksterior dengan mengeluarkan sisi afektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kansei Engineering, lebih tepatnya menggunakan Kansei Words. Pengolahan data dari konsumen dilakukan dengan metode association rule mining dan conjoint analysis.
Dari hasil peneltiian, diketahui bahwa terdapat lima kelompok Kansei Words yang mewakili persepsi afektif konsumen, yaitu klasik (classic) dan ramping (sleek), mantap/kuat (robust) dan bertenaga/tangguh (powerful), mencolok (sporty) dan formal (formal), lucu/imut (cute), dan modern (modern). Keluaran akhir dari penelitian ini adalah terbentuknya 5 usulan desain baru untuk bentuk eksterior city car yang memenuhi masing-masing kelompok Kansei Words di atas.

Automotive industry delivering a great contribution to Indonesia by accounting high percentage in gross domestic product. As automotive industry is developing, especially for car industry, the competition between car companies is highly increasing. This condition resulted in a situation where products from different car companies having the same standard for quality. Therefore, customers are triggered to consider another factor beside functional specification and quality, which is affective perception.
This research focused on how customers of city car in Indonesia evaluate the product from its exterior shape by considering their affective side. Method of this research is Kansei Engineering, specifically its Kansei Words. Data from customers are processed with the method of association rule mining and conjoint analysis.
From the output of this research, there are 5 groups of Kansei Words that represent customers affective perception, which are classic and sleek, robust and powerful, sporty and formal, cute, and modern. The final output from this research are 5 recommended designs for city car exterior shape that describe all the Kansei Words above.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54367
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danar Nugroho Wicaksono
"[Penggunaan teknologi informasi inovatif baru pada sektor retail telah banyak diterapkan. Salah satunya adalah kiosk elektronik yang digunakan pada minimarket di Indonesia. Akan tetapi karena layanan dengan menggunakan mesin ini masih tergolong baru, banyak kesulitan yang dialami pengguna serta rancangan user interface yang belum ramah pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability dari user interface mesin kiosk elektronik yang digunakan sehingga dapat diketahui bagaimana rancangan user interface agar pengguna merasa nyaman menggunakan mesin kiosk elektronik tersebut. Pengujian usability dilakukan dengan metode usability testing menggunakan teknik performance measurement, retrospective think aloud (RTA), dan kuesioner System Usability Scale (SUS) serta Questionnaire For User Interaction Satisfaction (QUIS). Setelah mendapatkan letak permasalahan usability langkah selanjutnya adalah mendesain ulang user interface sistem yang memiliki masalah. Sebagai hasilnya adalah rancangan perbaikan user interface sistem kiosk elektronik yang dapat meningkatkan kemudahan penggunaan mesin tersebut., Innovative information technologies have commonly used in retail business. One of them is electronic kiosk that operated in various convenience store in Indonesia. However, this is a newly established kind of retail service and many users find the user interface is too confusing ,thus make this machine difficult to operate. This research is aming to measure the usability of electronic kiosk so the user can use it easily. To measure the usability, we use usability testing method such as performance measurement , retrospective think aloud, System Usability Scale (SUS), and Questionnaire For User Interaction Satisfaction (QUIS). The result of this research is a recommended user interaction design for electronic kiosk that allows the user to use electronic kiosk machine easily.]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58909
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farida Lusiana Dewi
"Penelitian ini bertujuan menjelaskan mengenai pengaruh dari personal financial literacy terhadap personal financial behavior. Indikator personalfinancial literacy yang digunakan menurut Lusardi dan Mitchell, yang terdiri dari tiga dimensi, yaitu numeracy, inflation, dan risk diversification. Sedangkan indikator personal financial behavior menggunakan alat ukur Brent A. Marsh. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif perguruan tinggi negeri di bawah wilayah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, khususnya daerah Jakarta, Bogor, dan Depok. Analisis statistik regresi linear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari personal financial literacy terhadap personal financial behavior, sehingga ditolak dan diterima, artinya semakin tinggi tingkat personal financial literacy maka akan semakin baik pula personal financial behavior. Dengan demikian, mahasiswa perlu meningkatkan personal financial literacy agar memiliki personal financial behavior semakin baik.

This research explains the effect of personal financial literacy on personal financial behavior. Personal financial literacy indicator used by Lusardi and Mitchell, which consists of three dimensions, numeracy, inflation, and risk diversification. While the indicator personal financial behavior was developed from Brent A. Marsh`s. Respondents in this study are active college students under the coordination area of the Ministry of Research, Technology and Higher Education, especially Jakarta, Bogor and Depok areas. Simple linear regression statistical analysis shows that personal financial literacy has a significant effect on personal financial behavior, so is rejected and accepted, which means, the higher level of personal financial literacy and personal financial behavior will also better. Therefore, college students need to improve their personal financial literacy in order to have a better personal financial behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S68676
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rajendra Daniel Saksono
"Penelitian ini didasari oleh tampilan antarmuka aplikasi Maxim sebagai aplikasi penyedia layanan ride-hailing yang belum memenuhi kebutuhan penggunanya di Indonesia dari segi usability. Aplikasi ini telah hadir di Indonesia sejak 2018 dengan misi membantu masyarakat melakukan perjalanan secara berkelanjutan. Namun, aplikasi yang relatif baru digunakan ini memiliki tingkat usability yang lebih rendah jika dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya, seperti Gojek atau Grab. Oleh karena itu, penelitian berupa evaluasi usability ini dilakukan dengan tujuan menemukan permasalahan yang dialami pengguna dan mengembangkan solusi dalam bentuk desain antarmuka alternatif untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada aspek usability. Penelitian ini menggunakan metode User-Centered Design (UCD) dengan dua iterasi yang masing-masing menghasilkan desain high-fidelity. Berdasarkan survei (n = 132) dan wawancara daring (n = 10), teridentifikasi 77 kelompok masalah berdasarkan prinsip Usability Heuristic yang kemudian dikaitkan dengan 93 solusi desain berdasarkan prinsip Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Selanjutnya, usability hasil pengembangan solusi desain berdasarkan temuan iterasi tersebut dievaluasi menggunakan moderated usability testing (UT) dan penyebaran kuesioner System Usability Scale (SUS) secara daring. Hasil akhir evaluasi kuantitatif UT pada iterasi kedua menunjukkan peningkatan rata-rata keberhasilan responden menyelesaikan skenario secara sempurna, dari 64,24% menjadi 90,48%, dengan penurunan rata-rata waktu pengerjaan dari 41,25 detik menjadi 26,69 detik. Hasil tersebut juga didukung oleh skor SUS sebesar 88,97, menunjukkan desain yang sangat baik dan dapat diterima oleh pengguna. Hasil evaluasi kualitatif dari UT juga selaras dengan perolehan tersebut, mayoritas responden merasa lebih mudah memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan aplikasi. Dengan demikian, penelitian ini mampu meningkatkan usability dari desain aplikasi dan menjadi rekomendasi untuk perbaikan serta landasan penelitian lebih lanjut.

This research is based on the interface of the Maxim application as a ride-hailing service provider that does not meet the usability requirements of users in Indonesia. The application has been available in Indonesia since 2018 and aims to facilitate sustainable travel for the community. However, this relatively new application exhibits lower usability than similar applications such as Gojek or Grab. Therefore, this research undertakes a usability evaluation to identify user issues and develop alternative interface designs, thereby enhancing the user experience in terms of usability. The research utilized the User-Centered Design (UCD) methodology with two iterations, each yielding high-fidelity designs. Based on a survey (n = 132) and online interviews (n = 10), 77 problem groups were identified based on Usability Heuristic principles, which were subsequently linked to 93 design solutions derived from Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Furthermore, the usability of the developed design solutions, based on the findings from each iteration, was evaluated via moderated usability testing (UT) and the deployment of the System Usability Scale (SUS) online questionnaire. The quantitative evaluation of the second UT iteration demonstrates a noteworthy improvement, with respondents exhibiting an increased average success rate in completing scenarios perfectly, from 64.24% to 90.48%, accompanied by a reduction in average completion time from 41.25 seconds to 26.69 seconds. These findings are further supported by an exceptional SUS score of 88.97, indicative of a highly satisfactory and well-accepted design by users. The qualitative evaluation from UT aligns with these outcomes, as most respondents reported enhanced ease in utilizing the application's features. In conclusion, this research effectively enhances the usability of the application's design, presenting valuable recommendations for further improvements and future investigations."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinar Sulistyorini
"Penelitian ini didasari oleh tampilan antarmuka aplikasi Maxim sebagai aplikasi penyedia layanan ride-hailing yang belum memenuhi kebutuhan penggunanya di Indonesia dari segi usability. Aplikasi ini telah hadir di Indonesia sejak 2018 dengan misi membantu masyarakat melakukan perjalanan secara berkelanjutan. Namun, aplikasi yang relatif baru digunakan ini memiliki tingkat usability yang lebih rendah jika dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya, seperti Gojek atau Grab. Oleh karena itu, penelitian berupa evaluasi usability ini dilakukan dengan tujuan menemukan permasalahan yang dialami pengguna dan mengembangkan solusi dalam bentuk desain antarmuka alternatif untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada aspek usability. Penelitian ini menggunakan metode User-Centered Design (UCD) dengan dua iterasi yang masing-masing menghasilkan desain high-fidelity. Berdasarkan survei (n = 132) dan wawancara daring (n = 10), teridentifikasi 77 kelompok masalah berdasarkan prinsip Usability Heuristic yang kemudian dikaitkan dengan 93 solusi desain berdasarkan prinsip Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Selanjutnya, usability hasil pengembangan solusi desain berdasarkan temuan iterasi tersebut dievaluasi menggunakan moderated usability testing (UT) dan penyebaran kuesioner System Usability Scale (SUS) secara daring. Hasil akhir evaluasi kuantitatif UT pada iterasi kedua menunjukkan peningkatan rata-rata keberhasilan responden menyelesaikan skenario secara sempurna, dari 64,24% menjadi 90,48%, dengan penurunan rata-rata waktu pengerjaan dari 41,25 detik menjadi 26,69 detik. Hasil tersebut juga didukung oleh skor SUS sebesar 88,97, menunjukkan desain yang sangat baik dan dapat diterima oleh pengguna. Hasil evaluasi kualitatif dari UT juga selaras dengan perolehan tersebut, mayoritas responden merasa lebih mudah memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan aplikasi. Dengan demikian, penelitian ini mampu meningkatkan usability dari desain aplikasi dan menjadi rekomendasi untuk perbaikan serta landasan penelitian lebih lanjut.

This research is based on the interface of the Maxim application as a ride-hailing service provider that does not meet the usability requirements of users in Indonesia. The application has been available in Indonesia since 2018 and aims to facilitate sustainable travel for the community. However, this relatively new application exhibits lower usability than similar applications such as Gojek or Grab. Therefore, this research undertakes a usability evaluation to identify user issues and develop alternative interface designs, thereby enhancing the user experience in terms of usability. The research utilized the User-Centered Design (UCD) methodology with two iterations, each yielding high-fidelity designs. Based on a survey (n = 132) and online interviews (n = 10), 77 problem groups were identified based on Usability Heuristic principles, which were subsequently linked to 93 design solutions derived from Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Furthermore, the usability of the developed design solutions, based on the findings from each iteration, was evaluated via moderated usability testing (UT) and the deployment of the System Usability Scale (SUS) online questionnaire. The quantitative evaluation of the second UT iteration demonstrates a noteworthy improvement, with respondents exhibiting an increased average success rate in completing scenarios perfectly, from 64.24% to 90.48%, accompanied by a reduction in average completion time from 41.25 seconds to 26.69 seconds. These findings are further supported by an exceptional SUS score of 88.97, indicative of a highly satisfactory and well-accepted design by users. The qualitative evaluation from UT aligns with these outcomes, as most respondents reported enhanced ease in utilizing the application's features. In conclusion, this research effectively enhances the usability of the application's design, presenting valuable recommendations for further improvements and future investigations."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luthfi Ferdian
"Mempelajari Alquran adalah sebuah kewajiban bagi orang beragama Islam. Oleh karena itu, banyak upaya telah dilakukan untuk dapat mempelajari Alquran dengan baik dan benar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah merancang sebuah metode pembelajaran Alquran. Saat ini, telah banyak metode pembelajaran Alquran diperkenalkan.Di sisi lain, sudah banyak aplikasi pembelajaran Alquran yang membantu umat Islam dalam mempelajari Alquran.Namun, belum ada aplikasi yang menggunakan metode pembelajaran Alquran denganpenampilan Asbabun Nuzulyang disusun berdasarkan turunnya ayat Alquran. Padahal, jika dilihat secara garis besar, pada zaman dahulu Nabi Muhammad ﷺ mengajarkan umatnya kala itu secara berangsur-angsur sesuai dengan turunnya suatu ayat. Mempelajari Asbabun Nuzul merupakan hal penting dalam mempelajari Alquran. Dengan mempelajari Asbabun Nuzul,seseorang akan mengetahui konteks dari ayat tersebut sehingga dapat menginterpretasikan pelajaran tersebut dengan lebih baik. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi desain aplikasi pembelajaran Alquran dengan metode penampilan Asbabun Nuzulyang disusun berdasarkan turunnya ayat Alquran. Dalam mengevaluasi desain aplikasi tersebut, penulis menggunakan metode mixed methodyang memadukan antara evaluasi kuantitatif dan kualitatif. Evaluasi dilakukan pada 10 orang responden. Berdasarkan hasil evaluasi, didapatkan bahwa desain aplikasi pembelajaran Alquran yang diteliti memilikirespons yang cukup baik dari segi kualitatif, serta mendapatkan nilai yang cukup tinggi dari perhitungan kuantitatif.

Learning the Qur'an is mandatory for Muslims. That's why, researchers have done several studies to help people learn the Qur'an properly and correctly. One of the efforts made is to design a method of learning the Qur'an. Nowadays, there are many methods to learn the Qur'an that have been introduced. On the other hand, there are many Qur'an learning applications that help Muslims in learning the Qur'an. However, there is no application that uses the Qur'an learning method using Asbabun Nuzulpresentation technique which is compiled based on the verses of the Qur'an were revealed. In fact, in the broad sense, the Prophet Muhammad ﷺtaught his people at that time in gradually manner according to when the verses of the Qur'an were revealed. From this situation, this study aims to evaluate the design of Qur'an learning applications with the Asbabun Nuzulmethod which is to arrange the studies based on when the verses of the Qur'an were revealed. The author uses a mixed method methodology that combines quantitative and qualitative evaluations. Evaluation was carried out on 10 respondents. Based on the evaluation results, it was found that the design of the Qur'an learning application had a good response in terms of qualitative, as well as getting a high enough score from quantitative calculations."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Falahdina Aprilia
"TukangSayur.co merupakan salah satu platform yang diandalkan oleh masyarakat di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan mereka terutama dalam membeli bahan makanan secara daring.Selain itu, dengan adanya TukangSayur.co, masyarakat menjadi lebih sadar akan kesehatan dengan membudayakan memasak di rumah. Sayangnya, masih terdapat bagian dariTukangSayur.co yang dapat diperbaiki, baik dari segi tampilan maupun fungsi onalitas fitur-fitur yang ada. Hal ini menjadi salah satu pendorong dibutuhkannya evaluasi usability pada aplikasi untuk menemukan permasalahan yang dialami pengguna dan menentukan solusi dalam bentuk desain alternatif yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna atau user experience (UX). Pada penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif berupa survei daring danmetode kualitatif berupa user interview. Pendekatan penelitian ini menggunakan prinsip desain User-Centered Design (UCD). Hasil yang ditemukan pada penelitian ini menyangkut padamasalah usability sehingga membutuhkan perbaikan pada fitur-fitur yang sudah ada dan perancangan fitur baru untuk meningkatkan usability. Solusi desain yang dirancang berdasarkan masalah usability yang ditemukan selanjutnya dievaluasi pada kegiatan Usability Testing (UT). Secara keseluruhan, hasil evaluasi yang diperoleh positif secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil UT yang didapat adalah rata-rata sebesar 97,992% untuk tingkat keberhasilan tugas yang diuji danrata-rata sebesar 98,046% untuk tingkat keberhasilan setiap pengguna. Hasil evaluasi juga menunjukkan bahwa pengguna mendapatkan kesan yang baik dan memberikan umpan balik positif terhadap rancangan desain alternatif.

TukangSayur.co is one of the platforms that people in Indonesia rely on to meet their needs, especially when it comes to buying groceries boldly. In addition, with TukangSayur.co, people arebecoming more aware of their health by making it a habit to cook at home. Unfortunately, thereare still parts of TukangSayur.co that can be improved, both in terms of appearance and functionality of existing features. This is one of the drivers that requires usability evaluation in applications to find problems experienced by users and determine solutions in the form ofalternative designs that can improve user experience or user experience (UX). In this study, the method used is a quantitative method in the form of a survey and a qualitative method in the form of user interviews. This research approach uses design principle of User-Centered Design (UCD). The results found in this study relate to usability problems so that itrequires improvements to existing features and the design of new features to improve usability. Design solutions that are designed based on the usability problems found are then evaluated in the Usability Testing (UT) activity. Overall, the evaluation results obtained were positive quantitatively and qualitatively. The UT results obtained are an average of 97.992% for the success rate of the tasks tested and an averageof 98.046% for the success rate of each user. The evaluation results also show that users get a good impression and provide positive feedback on alternative designs."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Priyo Raharjo
"Creating a university librarys website needs to pay attention to usability aspect as a key of success and also as a user requirement for a website existence. The purpose of this research is to identify and analyze what problem would user facing and also giving a recommendation for maintenance in websites interface to become more user-friendly. In this research, we did usability test to Universitas Mercu Buana librarys website using cognitive walkthrough method. A Cognitive walkthrough is a method to test usability where tester does series of task scenario to reach its goal. Usability test component covers effectiveness and efficiency. The result of this testing shows that the rate of finished task scenario from respondent are 90%. The Margin of error in this task scenario are from downloading from ProQuest database article. The average time for respondent completes all the task scenario is 680 seconds. The problem that users facing when using the website are finding book title, downloading thesis, finding journal title, finding article title, and downloading article from ProQuest database. the improvement this website need are adding the new search filter for ProQuest database article, the search box should be on every web pages, collection availability status should be showing in the search result without clicking title or call number, and term naming should be relevant to the content."
Bogor: Perpustakaan IPB, 2016
020 JPI 15:1-2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Garman, E. Thomas
Boston: Houghton Miffiln, 1985
332.024 GAR f (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>