"
ABSTRAKStudi ini memfokuskan pada mengukur kesuksesan kampanye online, Like A Girl oleh
Always, dari perspektif meme. Makalah ini akan mendiskusikan tentang memes lebih luas dan
makna dari konten meme itu sendiri. Tujuan dari studi ini adalah mengenal budaya internet
dan mengerti bagaimana masyarakat pengguna internet menyalurkan ide-ide,
mengeskpresikan pendapat dan membagi informasi melalui media online. Penelitian ini
adalah penelitian sekunder menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data
melalui artikel berita online, jurnal dan berbagai ulasan online.
ABSTRACTThe focus of this study is measuring the success of the online campaign, Like a Girl by
Always, through the perspective of memes. In particular, we will be discussing about a wide
range of memes and the meaning through the content itself related to the campaign message.
The purpose of this study is to know about the internet culture and understand how people
generate their ideas, express their opinions and share the information through online medium.
This research is a secondary research and qualitative research with the data collected through
online news articles, journals and various online reviews."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016