Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 205825 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amelia Naim Indrajaya
"Penelitian empiris ini mengidentifikasi sumber-daya yang menjadi anteseden dari Spirit at Work SW dalam sebuah kajian dengan kerangka teori RBV. Penelitian empiris menganalisa 530 data yang diambil dari perusahan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang menunjukkan interaksi antara sumber daya organisasi organizational resources dalam bentuk variable Spiritual leadership SL , yaitu: Visi Vision=V , Iman/Keyakinan Hope/Faith=H/F , Cinta tanpa syarat Altruistic love = AL , Makna/Panggilan Jiwa Meaning/calling = MC dan keanggotaan Membership = M , dan sumber daya manusia dalam bentuk Spiritualitas Individu Individual Spirituality = IS , dalam mempengaruhi Spirit dalam Bekerja Spirit at Work = SW . Selanjutnya, SW juga diuji pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja Job Satisfaction = JS dan Komitmen terhadap Organisasi Organizational Commitment = OC sebagai faktor yang menjadi keunggulan kompetitif pada industri jasa pelayanan.Temuan penelitian menunjukkan bahwa semua variabel yang terkait pekerjaan, signifikan terhadap SW. AL terlihat signifikan mempengaruhi SW pada konteks responden dengan Spiritualitas Individu yang cenderung lebih rendah. SW terlihat berpengaruh signifikan terhadap JS dan OC. Pada variable Vision, AL and Membership organisasi memegang peran utama dalam menumbuhkan SW. Pada Hope/Faith dan Meaning/Calling organisasi lebih berperan sebagai secondary role dimana spiritualitas individu lebih berperan terhadap SW.

This empirical research identifies the possible resources as antecedents of Spirit at Work SW in an RBV framework. The research empirically examines 530 data taken from a leading telco company on the interaction between organizational resources in the form of spiritual leadership SL variables Vision, hope faith, altruistic love AL , meaning calling and membership and human resource in the form of Individual Spirituality IS , toward SW. Further, SW is tested toward Job Satisfaction JS and Organizational Commitment OC as competitive advantages in the Service Industry.Findings show that all work related SL variables are significant toward SW. Altruistic Love shows significant influence toward SW in the context of lower IS. The SW is also significantly and positively impacting JS and OC. In supporting the variables of Vision, AL and Membership, organizational supports serve as the primary role to influence Spirit at Work. Hope Faith and Meaning Calling rely more on employees rsquo intrinsic factors, for these variables, the organization serve as the secondary role. These variables are showing higher influence toward SW in group of higher IS.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
D2037
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Annisa Rianti Utami
"Pada perencanaan suatu pekerjaan konstruksi, penguraian pekerjaan ke dalam beberapa elemen merupakan suatu faktor penting yang dapat mempengaruhi efisiensi dan efektivitas waktu dan biaya. Suatu kesalahan yang terjadi dapat menyebabkan kerugian dalam hal keterlambatan waktu proyek maupun pembengkakan biaya. Kurangnya standarisasi pekerjaan menyebabkan keterlambatan waktu dan biaya menjadi tidak terkendali akibat penambahan waktu pekerjaan. Penelitian ini membahas perencanaan sumber daya dari pekerjaan interior dan pekerjaan lansekap pada bangunan apartemen dengan menggunakan WBS Work Breakdown Structure sehingga dapat meminimalisir kesalahan dan kerugian pada saat tahap konstruksi dengan menggunakan metode penelitian Teknik Delphi melalui validasi pakar yang berpengalaman pada pekerjaan gedung konstruksi. Hasil dari penelitian ini merupakan paket pekerjaan dan alternatif desain pada pekerjaan interior dan lansekap, serta sumber daya yang terindentifikasi dibuthkan setiap paket pekerjaannya.

In the planning of a construction work, decomposing work into several elements is an important factor that can affect efficiency and cost. An error that could result in a loss in terms of time delay and cost swelling. Lack of standardization of work causes the delay of time and expense uncontrolled due to the addition of time work. This study discusses the resource planning of interior work and landscape work in apartment building using WBS Work Breakdown Structure so as to minimize error and loss during construction phase by using Delphi technique method through expert validation experienced on construction work. The results of this study is a package of work and alternative designs on interior and landscape work, as well as the resources that are identified in every work package.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Ajizah
"Demi tercapainya pelaksanaan suatu proyek konstruksi yang memuaskan, hal ini tidak luput dari bagaimana peran sumber daya yang terlibat untuk tiap elemen pekerjaan yang ada. Perencanaan sumber daya menjadi hal yang sangat penting untuk diamati, sebelum perencanaan waktu dan biaya untuk proyek dilakukan. Perencanaan sumber daya tersebut diperoleh melalui pendefinisian lingkup-lingkup kerja menjadi elemen pekerjaan yang lebih mendetail. Penguraian pekerjaan-pekerjaan menjadi elemen pekerjaan yang lebih spesifik mampu membantu meminimalisir risiko kerugian yang akan diterima proyek pada tahap akhir pelaksanaan. Namun sayangnya, masih banyak proyek konstruksi di Indonesia yang belum mampu menekan angka kerugian kualitas, waktu dan biaya yang dikeluarkan lantaran tidak melakukan perencanaan sumber daya dengan baik. Hal ini disebabkan belum terciptanya suatu standar yang mampu menjadi acuan proyek-proyek konstruksi di Indonesia dalam menyusun elemen-elemen pekerjaan yang dibutuhkan. Sehingga, pada penelitian ini diuraikan proses perencanaan sumber daya untuk pekerjaan proyek konstruksi dengan berbasis WBS Work Breakdown Structure . Penelitian ini menitikberatkan pada perencanaan sumber daya khusus untuk pekerjaan mekanikal dan elektrikal pada bangunan gedung apartemen. Mengingat pekerjaan mekanikal dan elektrikal menjadi salah satu rumpun pekerjaan pada proyek konstruksi Indonesia yang belum memiliki standardisasi perencanaan sumber daya yang mendetail. Penyusunan standar perencanaan sumber daya berbasis WBS Work Breakdown Structure ini dilakukan dengan menerapkan metode Delphi. Penggunaan metode ini mengharuskan penulis melakukan validasi terhadap perencanaan sumber daya yang telah disusun kepada para pakar penelitian. Adapun pakar penelitian yang terlibat merupakan para ahli dengan pengalaman minimal 10 tahun dalam pekerjaan mekanikal dan elektrikal bangunan gedung apartemen. Dengan disusunnya standar perencanaan sumber daya pada pekerjaan mekanikal dan elektrikal dengan berbasiskan WBS Work Breakdown Structure , diharapkan dapat meminimalisir angka kerugian yang selama ini terjadi pada proyek konstruksi di Indonesia, khususnya untuk proyek bangunan gedung apartemen.

In order to achieve a satisfying construction project, we can not separate the role of the resources involved for each element of the work. Resource planning becomes a very important thing to observe, before the planning process of time and cost for the project is done. This resource planning can obtained by defining the scope of work into more detailed work elements. The decomposition process of work into a more specific work element can help minimize the risk of losses to be received by the project in the final stages of implementation. Unfortunately, there are still many construction projects in Indonesia that have not been able to reduce the number of quality losses, time and costs incurred due to not doing resource planning properly. This condition is due to the absence of a standard that can be a reference of construction projects in Indonesia in preparing the elements of work. Thus, this research will describe the resource planning process for the construction work based on WBS Work Breakdown Structure . This research focuses on designing the resource planning for mechanical and electrical work on apartment buildings. As given the mechanical and electrical work being one of the construction project work that do not yet have the standardization of detailed resource planning. The preparation of WBS Work Breakdown Structure based resource planning standard was done by applying the Delphi method. The use of this method requires the authors to validate the resource planning that has been prepared before to the experts that involved in this research. The research experts involved are experts with a minimum of 10 years experience in mechanical and electrical work of apartment buildings. With the compilation of resource planning standards on mechanical and electrical work based on WBS Work Breakdown Structure , it is expected to minimize the number of losses that have occurred in construction projects in Indonesia, especially for apartment building projects."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Kurniawan
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh gaya kepemimpinan, pelatihan, budaya organisasi terhadap kepuasan kerja anggota polisi di Polda Metro Jaya. Kepuasaan kerja merupakan salah satu indikator penting dari manajemen sumberdaya manusia di Polda Metro Jaya sebagai refleksi dan reaksi emosional anggota terhadap pekerjaannya. Penelitian ini melibatkan 164 sampel anggota polisi yang dipilih secara kluster random sampling dari beberapa fungsi organisasi. Hasil analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) ditemukan bahwa gaya kepemimpinan mempunyai pengaruh yang paling kuat terhadap budaya organisasi (r=0.646,p<0.05), dan pelatihan mempengaruhi kepuasan kerja secara langsung lebih kuat (r=0.537; p<0.05) dibandingkan pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja (r=0.182; p<0.05). Gaya kepemimpinan mempengaruhi kepuasan kerja (r=0.344;p<0.05) dan pelatihan mempengaruhi budaya organisasi (r=0.275; p<0.05). Gaya kepemimpinan diperlukan untuk membentuk budaya organisasi yang dapat mendorong kepuasan kerja dan gaya kepemimpinan dapat secara langsung menciptakan kepuasan kerja anggota polisi. Pelatihan menjadi unsur yang di perlukan untuk menciptakan kepuasan kerja karena pengembangan profesi berkelanjutan menjadi bagian penting untuk kompetensi anggota polisi.

ABSTRACT
This study was to investigate the effect of leadership styles, training and organizational culture towards the police job satisfaction at Polda Metro Jaya. Job satisfaction is one of critical indicators in human resources management practices at polda metro jaya as the reflection and emotional reaction to their work. This study involve 164 police officers selected as cluster random sampling from some functional units within the polda metro jaya. The analysis employ SEM and found that leadership styles significantly strong influence to organizational culture (r=0.646, p<0.05), and training has a strong direct influence to job satisfaction (r=0.537; p<0.05) compared to the effect of organizational culture to job satisfaction (r=0.182; p<0.05). Leadership style has a significant effect to job satisfaction (r=0.344; p<0.05) and training has a significant effect to organizational culture (r=0.275; p<0.05). The study conclude that leadership is needed to form the organizational culture that enable to improve job satisfaction and leadership also could directly create police job satisfaction. Training become the element needed to create job satisfaction because continuous profession development become important part of police competencies."
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anom Bayontha Kusuma Widjaja Adhi
"Dari laporan UNCTAD tahun 2019, Statista tahun 2023 dan McKinsey tahun 2018 menyoroti dampak ekonomi yang signifikan dari transaksi B2B dalam skala global, serta menunjukkan bahwa B2B memainkan peran yang lebih penting dalam lanskap ekonomi dan bisnis secara keseluruhan. dengan dukungan teknologi informasi (TI), transaksi B2B telah menjadi tulang punggung rantai pasokan, memungkinkan pergerakan barang, layanan, dan sumber daya yang efisien antar bisnis. Dengan memfasilitasi transaksi antara pemasok, produsen, grosir, distributor, dan pengecer, B2B membantu mengoptimalkan operasi rantai pasokan dan meminimalkan inefisiensi. Transaksi B2B berbasis teknologi informasi dapat membantu mengembangkan hubungan jangka panjang dan kemitraan antar bisnis. Dengan melakukan studi pada perusahaan layanan makanan dan minuman di Indonesia, penelitian ini akan memperkaya pemahaman kita tentang pentingnya mekanisme tata kelola untuk membantu perusahaan jasa makanan dalam mengelola dan mempertahankan hubungan dengan pemasok mereka dengan membangun rutinitas untuk memastikan tata kelola kemitraan yang baik. Penelitian ini juga akan menunjukkan kontribusi penting dari kemajuan teknologi informasi yang cepat dan kontrol perusahaan yang terbatas pada sumber daya yang diperlukan terhadap tata kelola kemitraan yang baik. Selain itu juga menjelaskan bagaimana ketergantungan perusahaan pada pemasok mereka untuk input, bahan, komponen, atau layanan penting menentukan seberapa luas kapabilitas adopsi teknologi informasi yang harus dikembangkan oleh perusahaan. Studi ini menjelaskan peran lingkungan pasar yang lebih kompetitif dalam batasan pada kontrol perusahaan terhadap sumber daya yang diperlukan. Penelitian ini juga melihat seberapa pentingnya kapabilitas adopsi teknologi informasi bagi perusahaan layanan makanan dalam upaya mereka untuk mengembangkan pertukaran dan interaksi yang diatur dengan baik dengan para pemasok mereka.

UNCTAD's 2019, Statista’s 2023 and McKinsey's 2018 reports highlight the significant economic impact of B2B transactions on a global scale and show that B2B is playing a more important role in the overall economic and business landscape. With the support of information technology (IT), B2B transactions have become the backbone of supply chains, enabling the efficient movement of goods, services, and resources between businesses. By facilitating transactions between suppliers, manufacturers, wholesalers, distributors, and retailers, B2B helps optimize supply chain operations and minimize inefficiencies. Information technology-based B2B transactions can help develop long-term relationships and partnerships between businesses. By conducting a study on food service companies in Indonesia, this research will enrich our understanding of the importance of governance mechanisms to help foodservice companies manage and sustain relationships with their suppliers by establishing routines to ensure good partnership governance. It will also show the important contribution of rapid advances in information technology and firms' limited control over the resources required for good partnership governance. It also explains how firms' dependence on their suppliers for critical inputs, materials, components or services determines how extensive information technology adoption capabilities firms should develop. This study explains the role of a more competitive market environment in the constraints on firms' control over necessary resources. The research also looks at how important information technology adoption capabilities are to foodservice companies in their efforts to develop well-regulated exchanges and interactions with their suppliers.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bella Irianina
"Penelitian tentang Corporate Entrepreneurship saat ini sedang banyak dibicarakan oleh para peneliti, dimana individu/kumpulan dari individu dari organisasi yang membentuk suatu organisasi baru, dengan kata lain menganjurkan adanya inovasi dari dalam organisasi. Penelitian ini menganalisa pengaruh Corporate Enterpreneurship, HR Practice dan IT Capability terhadap kinerja perusahaan. Corporate Enterpreneurship dan kinerja perusahaan merupakan topik yang menarik dan populer dalam penelitian manajemen stratejik, tetapi fokus penelitian pada perusahaan konglongmerasi khususnya di Indonesia masih sangat sedikit terutama yang menekankan pada pentingnya HR Practice dan IT Capability di internal organisasi sebagai kesatuan yang mempengaruhi Corporate Entrepreneurship terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif teknik statistik SEM dengan metode PLS. Unit analisisnya adalah unit bisnis pada perusahaan konglomerasi di Indonesia. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa HR Practice dengan Corporate Entrepreneurship memiliki pengaruh yang positif, Namun berbeda dengan hal nya IT Capabilities tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Corporate Entrepreneurship. Temuan lainnya adalah Corporate Enterpreneurship berpengaruh secara signifikan terhadap Firm Performance yang memiliki arti bahwa jika Corporate enterpreneurship meningkat satu satuan unit maka Firm Performance dapat meningkat dan bersifat positif, sama hal nya dengan Dynamic Capability berpengaruh secara signifikan terhadap Firm Performance. Dalam penelitian ini, variable yang menarik adalah IT Capabilities tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Corporate Entrepreneurship, Hasil temuan ini menegaskan serta menjelaskan bahwa teknologi belum tentu selalu digunakan pada semua perusahaan, Temuan tersebut menyoroti bahwa teknologi dengan kemajuan zaman belum tentu di adaptasi oleh perusahaan, dan pengembangan teknologi baiknya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Research on Corporate Entrepreneurship is currently being widely discussed by researchers, where individuals/groups of individuals from organizations that form a new organization, in other words advocate for innovation from within the organization. This study analyzes the influence of Corporate Entrepreneurship, HR Practice and IT Capability on company performance. Corporate Entrepreneurship and company performance are interesting and popular topics in strategic management research, but the focus of research on conglomerate companies, especially in Indonesia, is still very little, especially those that emphasize the importance of HR Practice and IT Capability in the internal organization as a unit that influences Corporate Entrepreneurship on company performance. .
This research is a quantitative study of SEM statistical techniques with the PLS method. The unit of analysis is a business unit in a conglomerate company in Indonesia. The findings of this study indicate that HR Practice with Corporate Entrepreneurship has a positive influence; however, it is different from the case that IT Capabilities do not have a significant effect on Corporate Entrepreneurship. Another finding is that Corporate Entrepreneurship has a significant effect on Firm Performance, which means that if Corporate Entrepreneurship increases by one unit, Firm Performance can increase and is positive, as is Dynamic Capability which has a significant effect on Firm Performance. In this study, the interesting variable is that IT Capabilities do not significantly influence Corporate Entrepreneurship. These findings confirm and explain that technology is not necessarily used in all companies. These findings highlight that companies and good technology development in accordance with the needs of the company do not necessarily adapt technology with the advancement of time."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Benedicta Lysandra
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan spiritual, dan entrepreneurship terhadap motivasi kerja karyawan perusahaan industri properti, dan pengaruh kepemimpinan spiritual, dan entrepreneurship, dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan perusahaan industri properti. Penelitian ini dirancang sebagai sebuah penelitian kuantitatif dengan survei dengan menggunakan metode explanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan karyawan pada industry property Ciputra Development, Sinarmas Development, Bakrieland Tbk, Agung Podomoro Land Tbk yang memiliki perluasan bisnis property di Kota Bekasi. Jumlah sampel penelitian sebanyak 210 responnden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Convenience Sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan saja. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dengan instrumen penelitian berupa kuesioner (angket penelitian). Analisis data penelitian meliputi analisis deskriptif dan analisa inferensial dengan teknik SEM Lisrel. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Kepemimpinan spiritual berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi kerja karyawan; (2) Kepemimpinan spiritual berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan; (3) Kewirausahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi kerja karyawan; (4) Kewirausahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan; dan (5) Motivasi kerja karyawan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan yang bekerja di perusahaan properti di Kota Bekasi.

This research aims to find out and analyze the influence of spiritual leadership, work motivation and entrepreneurship against industrial property, employees and the influence of spiritual leadership, and entrepreneurship, and motivation work on performance of employees of industrial property. The study was designed as a quantitative research with survey method using explanatori. The population in this research is all employees employees at Ciputra property Development industry, Sinarmas Bakrieland Development, Tbk, Agung Podomoro Land Tbk which has an expansion of business property in the town of Bekasi. Total sample research as much as 210 responnden. Sampling techniques in the study using the method of Convenience Sampling techniques, namely the determination of the sample based on coincidence only. The data source in this research is the primary data with research instrument in the form of a questionnaire (question form of research). Research data analysis covering descriptive analysis and analysis of shem lisrel inferential. The conclusion of the research is: (1) spiritual leadership significant and positive on employee motivation work; (2) spiritual leadership significant and positive on employee performance; (3) entrepreneurship significant and positive on employee motivation work; (4) entrepreneurship significant and positive on employee performance and (5)motivation employees significant and positive work on the performance of employees who worked at the listed property in Bekasi."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kgs Mohd Miftah Salam
"Pada pekerjaan konstruksi, membuat perencanaan dan menguraikan pekerjaan-pekerjaan kedalam elemen pekerjaan merupakan faktor yang sangat penting karena apabila terdapat kesalahan maka akan mengakibatkan kerugian pada proyek, lingkup pekerjaan mudah berubah dinamis, pembengkakan biaya dan keterlambatan waktu proyek. Banyak kasus yang telah terjadi terkait kurangnya standarisasi pekerjaan menyebabkan keterlambatan waktu dan biaya menjadi tidak terkendali akibat penambahan waktu pekerjaan. Penelitian ini membahas tentang perencanaan sumber daya dari pekerjaan arsitektur bangunan apartemen dengan menggunakan WBS Work Breakdown Structure sehingga dapat meminimalisir kesalahan dan kerugian pada saat tahap konstruksi dengan menggunakan metode penelitian Teknik Delphi melalui validasi pakar yang berpengalaman pada pekerjaan gedung konstruksi.

On the construction work, planning and outlining jobs into elements of the work is a very important factor because if there are fault, it will result in a losses on the project, the scope of work is changing dynamic, cost overruns and time delays in the project. Many cases have been lack of standardization work going on related causes time delays and costs become unmanageable due to the addition time jobs. This research is discusses about the resource planning of apartments building architectural work by using WBS Work Breakdown Structure to minimize fault and losses during the construction phase by using Delphi technique research method through expert validation experienced in building construction work.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S69948
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Alam Sari
"Gedung apartemen merupakan salah satu pekerjaan yang sangat kompleks dan harus direncanakan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan. Oleh karena itu, harus direncanakan detail-detail pekerjaan yang tepat agar proses konstruksi dapat dikerjakan dengan jelas dan sesuai dengan tujuan. Agar proses konstruksi tidak mengalami kebingungan, maka dibuatlah standar Work Breakdown Structure sebagai alat bantu berjalannya suatu proyek. Dalam penelitian ini, dibuat standar WBS pekerjaan struktur bawah, dimana pembuatan standar WBS ini telah melalui proses validasi pakar yaitu dengan menggunakan teknik Delphi. Selain itu, penelitian ini membahas tentang perencanaan sumber daya proyek pada pekerjaan struktur bawah, dimana sumber daya ini diidentifikasi melalui elemen-elemen WBS yang sudah di standarisasi.

Apartement building is a very complex job and should be well planned to avoid mistakes. Therefore, must be planned details right job so that the construction process can be done with a clear and fit for purpose. So that the construction process does not become confused, then be made to the standard Work Breakdown Structure as aids the passage of a project. In this study, the authors make the standard WBS of substructure work, where the making of this WBS standard has been through the process of expert validation is by using Delphi technique. In addition, this study discusses the planning of project resources at substructure work, where these resources are identified through standardized WBS elements.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68509
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>