Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 191870 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sutan Doli Diapari
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan daya tarik rasional rational appeal dan daya tarik emosional emotional appeal terhadap minat seseorang untuk menabung di bank syariah. Teori klasik Copeland tentang daya tarik periklanan dijadikan dasar penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah calon nasabah bank syariah di wilayah DKI Jakarta. Sementara itu, sampel penelitian ini yaitu sebanyak 196 responden adalah calon nasabah bank syariah yang menggunakan internet dalam menunjang aktivitasnya. Penelitian ini dilakukan pada November 2016 dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan wilayah cakupan penelitian di DKI Jakarta. Hasil penelitian ini menemukan bahwa daya tarik rasional dan daya tarik emosional mempengaruhi minat seseorang dalam menabung di bank syariah. Terdapat lima variabel laten, antara lain keterlibatan produk, strategi periklanan, motif berinternet, tipe pengguna, dan gaya hidup elektronik e-lifestyle . Berdasarkan hasil penelitian, motif berinternet mempengaruhi daya tarik rasional. Gaya hidup elektronik mempengaruhi daya tarik emosional. Sementara itu, keterlibatan produk, strategi periklanan dan tipe pengguna tidak mempengaruhi keduanya secara signifikan.

ABSTRACT
This research aims to analyze the influence of rational appeal and emotional appeal toward someone rsquo s intention to open savings account in Islamic bank. Copeland classic theory about advertising appeals is used as the fundamental of the research. The population of this research are existing and potential customers of Islamic bank in DKI Jakarta. Meanwhile, the 196 samples of this research are potential customers of Islamic bank that use internet to support their daily activities. This research was conducted in November 2016 and uses Structural Equation Method with DKI Jakarta as the scope of research. Result shows rational appeal and emotional appeal influence people rsquo s intention to open savings account in Islamic bank. There are five latent variables, product involvement, advertising strategy, internet motives, user type, and e lifestyle. Based on the results, internet motive influences rational appeal. E lifestyle influences emotional appeal. Meanwhile, product involvement, advertising strategy and user type do not influence both significantly."
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Roro Azka Nadhira
"ABSTRAK
Pada abad ke-21 perusahaan dapat bertahan jika para sumber daya manusianya memanfaatkan sumber daya spiritual yang dimilikinya, termasuk industri perbankan syariah di Indonesia yang memiliki pertambahan tenaga kerja setiap tahunnya, Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh langsung spiritualitas lingkungan kerja terhadap keterikatan pegawai, kecenderungan untuk bertahan, dan pemberian layanan. Pengaruh tidak langsung diperantarai oleh variabel keterikatan pegawai. Peneliti mengolah 311 data yang berasal dari responden pegawai perbankan syariah menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan perangkat lunak LISREL 8.80. Penelitian ini menemukan bahwa spiritualitas lingkungan kerja memiliki pengaruh positif langsung terhadap keterikatan pegawai dan kecenderungan untuk bertahan, namun tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemberian layanan. Selain itu, keterikatan pegawai memediasi spiritualitas lingkungan kerja dan pemberian layanan dengan hasil signifikan positif."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suryalena
"A big potential of Bank Syariah market (Research in Potential and Community preference toward Bank Syari'ah in 2006) and basic concept of Bank Syari'ah have fulfilled the needs of community, so, Indonesian Bank in 2002 issued the regulations of Indonesia Bank No. 4/1/PBI/2002 dated march, 21st, 2002 about the extension of Bank activities in conventional become public Bank which is based on syari'ah principles, and opening Bank office is based on Public Conventional Bank.
Bank Syari'ah could be developed in the future if it will not only promote moral values and focus on the aspect of religious emotion, but it should be focused on the reality of economy to complete conventional Bank and it is supported by correctly comprehension from social either deal with principles, product or any kinds of services which are offered and other things that reflect to Bank Syariah. Therefore, any good products, and good services offered will not touch community if their comprehension is still ambiguity about Banks Syari'ah.
The correct comprehension of Bank Syariah is not only coming from Moslem, but also from non Moslem, mainly non Moslem who come from low economy will become a potential market for customer of Bank Syari'ah, one of customers is from Tionghoa community. The comprehension of Bank Syari?ah by Tionghoa community will be shown from their perception and attitude to the Bank Syariah itself.
The perception of customers to the product will be influenced by their attitude and automatically to their action. Perception has an impact to marketer strategies, because the customers will decide which product should be felt by them than reality objectively. Meanwhile, attitude is one of crucial concepts, which is used by marketer to understand the customers by comprehending customers' attitude. Marketer can decide the properly action which is related to their product. Besides, customers' attitude is essential factor and it will impact to customer decision to buy or not the product and services offered. There are three market segments; they are conventional, floating mass and Shariah loyalist. The customers of Bank Syariah is categorized into three groups namely; groups which dealt with emotional and loyalist, rational customer, and the unity between rational and emotion.
Perception is the process through which individuals are exposed to information, attend to that information, and comprehend. Perception they are exposure model, attention model and coprehension model.
The sample in this research used 100 people. And data analysis method is proposed to recognize Tionghoa's community perceptions against syariah banking which is conducted by using descriptive analysis. To analyzed Tionghoa community attitude towards syariah banking by using Fisbein Multi Attribute Model.
Based on the result of research analyses which have been conducted, it is shown, the majority of Tionghoa community who lived in Pekanbaru city assume that Bank Syariah is not the same as conventional Bank. Sharing profit as the bank applied is not equal to interest system in conventional bank. Tionghoa's community has a positive attitude to Bank Syariah, which has that community is taking well of syariah banking principle and product. The factor that most influence Tionghoa community in choosing Bank is safety from the Bank itself.
Based on the research analyses in this study, it could be suggested to Bank Syariah as in the following:
- It takes much more vigorous efforts for syariah bank and on its way own to distribute and introducing syariah banking to Tionghoa society in Pakanbaru city, through even promotion, advertising or other marketing activity. Such as, disposing an image that syariah bank is only performing their services for most moslem or any islamic terms applications that equipped and enriched with a most common and popular in society ect.
- A systematic and strategic paces of syariah banking part, would be needed so that Tionghoa society could be directed and so forth, embraced them to be their partner or business counterpart to syariah bank. For instance, firstly, through rewarding to non-moslem customer or even their own business counterpart. Secondly, to bring forward profesionalism aspect of syariah bank dan their customer services.
- Everything that emerge convenience and secure of possibility of lost either as customer or business counterpart should be done directly or non directly thorugh financial independent or third party of management."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T22301
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Handika Putra Pamungkas
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi berimbas pada transaksi non tunai yang mendorong perubahan perilaku orang dalam bertransaksi dan membuat keputusan.Perkembangan perangkat teknologi seperti dompet digital juga memengaruhi cara seseorang dalam berdonasi. Dalam ruang lingkup yang lebih luas, perkembangan teknologi juga berdampak pada kegiatan filantropi. Dalam konteks yang lebih spesifik,penyedia layanan dompet digital perlu memberikan layananyang menarikdari teknologi yang ditawarkan.Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keberlangsungan penggunaan dompet digital dalam berdonasi.Teori extended Technology Acceptance Model (TAM) digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut. Sampel pada penelitian ini adalah 291 respondenyang pernah berdonasi melalui dompet digital dalam kurun waktu enam bulan terakhir.Dengan aplikasi Lisrel 8.8., Metode Structural Equation Modeling(SEM)digunakan untuk menjelaskan pembentukan sikap, yang selanjutnya berpengaruh terhadap intensi, persepsi kepuasan, dan keinginan untuk merekomendasikannya. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa faktor persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan fitur pada dompet digital berpengaruh terhadapsikap dalampenggunaan dompet digital sebagai media berdonasi. Selanjutnyaberpengaruh positif terhadap intensi penggunaan, persepsi kepuasan, dan rekomendasi untuk menggunakan layanan tersebut.

ABSTRACT
Technological developments have an impact on non cash transactions that encourage changes in people s behavior in transacting and making decisions. The development of technological devices such as digital wallets has also influenced the way people donate. In a broader scope, technological developments also have an impact on philanthropic activities. In a more specific context, digital wallet service providers need to provide attractive services from the technology offered. This study aims to see what factors influence the continued use of digital wallets in donating. The extended Technology Acceptance Model(TAM) theory is used to answer this problem. The sample in this study were 291 respondents who had donated through digital wallets in the last six months. With the application of Lisrel 8.8. The Structural Equation Modeling (SEM) method is used to explain the formation of attitudes, which in turn affect the intention, perception of satisfaction, and the desire to recommend it. The results of this study indicate that the perceived usefulness, perceived ease of use, and features of digital wallets affect attitudes in using digital wallets as a medium of donation. Furthermore, it has a positive effect on usage intentions, perceptions of satisfaction, and recommendations for using these services."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aris Teguh Wibowo
"Nobody's perfect only God. Sebagai seorang khalifatullah fil ardh, manusia berkewajiban menggunakan ajaran dan kaidah agama dalam setiap aspek kehidupannya untuk mewujudkan kerajaan Allah SWT di muka burni. Seperangkat ajaran agama itulah yang kemudian dalam Islam dikenal sebagai syariah, God's Laws, yang merupakan sekumpulan The do's & don'ts yang mengatur semua hal-hal yang diwajibkan, yang dibolehkan, dan yang dilarang oleh Allah SWT untuk mengatur persoalan ibadah dan muamalah. Sistem kehidupan sosial ekonorni, termasuk pula sistem keuangan dan segenap instrumentasinya, tidak luput dalam pengaturan tersebut, dan masuk ke dalam ruang lingkup shariah muamalah.
Globalisasi ekonorni yang ditandai dengan bebasnya arus barang modal dan jasa, serta perdagangan antar negara, telah mengubah kondisi kehidupan menjadi individualistis dan persaingan usaha yang amat ketat. Disinilah kaidah syariah dapat berperan untuk membimbing manusia ke arah kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat. Sekaranglah saatnya menunjukkan bahwa muamalah syariah dengan filosofi utama kernitraan dan kebersamaan (sharing) dalam keuntungan (profit) dan resiko (risk) dapat mewujudkan kegiatan ekonomi yang lebih adil dan transparan. Sekaligus pula membuktikan bahwa sistem perbankan syariah dapat menghilangkan wabah penyakit negative spread ( selisih negatif) dari dunia perbankan.
Lahirnya Undang-undang No. 10 Talmn 1998, pada bulan November 1998, sebagai penyempurnaan Undang-Undang No. 711992, lebih mengukuhkan keberadaan perbankan syariah dan memberikan ketegasan serta pel uang yang cukup besar bagi perkembangan industri perbankan syariah di Indonesia. Perangkat bam ini selain memberikan panduan bagi Bank Umum yang menjalankan operasinya secara penuh sesuai syariah (Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri), juga memberikan kesempatan bagi industri perbankan konvensional yang ingin menjalankan operasi dengan dualbanking system, yaitu beroperasi secara konvensional dan syariah sekaligus sepanjang operasi itu dilakukan secara terpisah.
Studi yang pemah dilakukan Bank Indonesia dan Universitas- Diponegoro mengenai Potensi, Preferensi, dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank Syariah di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, kiranya dapat memberikan gambaran bagaimana brand equity atau ekuitas merek perbankan syariah saat ini kurang kuat berada dalam benak konsumen (nasabah). Padahal kunci sukses suatu bisnis adalah memiliki atribut keunggulan bersaing yang sulit bisa ditiru oleh pesaing. Satu-satunya atribut keunggulan bersaing yang sulit bisa ditiru adalah ekuitas merek yang kuat.
Mengelola brand equity bank syariah agar menjadi lebih kuat dapat meningkatkan keunggulan bersaing (competitive advantage). Karena itu satu bank syariah yang memiliki ekuitas merek yang kuat dapat lebih mudah merebut peluang bisnis yang ada dibandingkan bank lain yang tidak memiliki keunggulan bersaing. Ekuitas merek bank syariah yang kuat juga dapat mempertinggi keberhasilan program dalam memikat nasabah barn atau merangkul kembali nasabah lama.
Penelitian dalam Karaya Akhir ini bertujuan untuk menganalisis ekuitas merek (brand equity) Bank Syariah Mandiri melalui pengukuran komponen-komponen yang membangun ekuitas merek, antara lain: kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi (kesan) kualitas, dan loyalitas merek.
Dari hasil pengukuran Kesadaran Merek, merek Bank Muamalat Indonesia (BMI) masih menjadi merek yang menempati puncak kesadaran merek (top of mind brand) bank syariah. Sementara itu Bank Syariah Mandiri (BSM) hanya menempati urutan kedua dalam hal kesadaran puncak responden terhadap merek bank syariah.
Secara keseluruhan, dari hasil pengukuran asosiasi merek Bank Syariah Mandiri, agaknya manajemen BSM cukup berhasil menciptakan brand image dari merek Bank Syariah Mandiri sebagai salah satu lembaga keuangan syariah, lembaga yang menjalankan bisnisnya sesuai dengan syariah Islam. Ke-7 butir asosiasi ternyata terkait dengan nilai-nilai. Syariah (baca: syariah Islam) dan kesemuanya memperkuat dan mendukung citra merek (brand image) dari merek Bank Syariah Mandiri sebagai sebuah lembaga keuangan perbankan yang sesuai syariah yang rnemiliki slogan "Lebih Adil dan Menentrmnkan".
Dari hasil pengukuran Kesan kualitas, secara umum kesan kualitas yang dirasakan responden terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Bank Syariah Mandiri memperlihatkan kesan POSITIF. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum BSM mampu memenuhi kepuasan nasabahnya.
Hasil pengukuran elemen Loyalitas Merek selayaknya menjadi perhatian bagi manajemen Bank Syariah Mandiri untuk meningkatkan value-nya di hati nasabah. Value ini bisa berasal dari produk, pelayanan, sistem, atau sesuatu yang melibatkan emosi nasabah, sehingga para nasabahnya dapat merasakan perasaan "sangat puas" dan perasaan "sangat suka" terhadap merek Bank Syariah Mandiri yang pada akhirnya akan melahirkan nasabah yang komit (committed buyer) yang "selalu" mempromosikan BSM kepada calon nasabah lain.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eska Galuh Puspita
"Penelitian ini bertujuan meneliti pengaruh sikap, norma subyektif, kewajiban agama, dukungan pemerintah, harga dan pengetahuan terhadap niat untuk memilih pembiayaan rumah syariah. Pengumpulan data dengan kuesioner pertanyaan terstruktur didapat dari orang-orang yang telah bekerja dan mengetahui tentang pembiayaan rumah syariah di Indonesia. Temuan menunjukkan bahwa sikap signifikan mempengaruhi niat. Sebaliknya, norma subjektif tidak signifikan mempengaruhi niat untuk memilih pembiayaan rumah syariah. Kewajiban agama, dukungan pemerintah, harga dan pengetahuan yang diambil sebagai variabel moderasi bisa menjelaskan hubungan antara sikap dan norma subyektif terhadap niat untuk memilih pembiayaan rumah syariah. Hasil menunjukan bahwa variabel moderasi hanya memperkuat hubungan antara sikap terhadap niat untuk memilih pembiayaan rumah syariah.

The purpose of this paper is to investigate the effect of attitude, subjective norm, religious obligation, government support, pricing and knowledge on the intention to choose Islamic home financing. A structured questionaire was used to collect the data from people who have worked and have awareness on Islamic home financing in Indonesia. Finding shows that attitude significantly influence on intention. In contrast, subjective norm was not significantly influence on intention to choose Islamic home financing. Religious obligation, government support, pricing and knowledge were taken as moderating variables could explain the relationship between attitude and subjective norm on intention to choose Islamic home financing. The results shows that the moderating variables only strengthen the relationship between attitude toward intention to choose Islamic home financing."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53968
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Guntur Subagja
"Perkembangan perbankan syariah di Indonesia pesat , Saat ini terdapat 94 buah bank yang memberikan layanan perbankan syariah, baik sebagai Bank Umum Syariah, Unit Usaha Syariah, maupun Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS). Aset perbankan syariah sebesar Rp 12,24 triliun (per Agustus 2004). Dalam setahun, aset tersebut meningkat 86 persen dari sebelumnya Rp 6,559 triliun (per September 2003). Banyak faktor yang menjadi pertimbangan masyarakat untuk menjadi nasabah bank syariah.
Tesis ini meneliti faktor-faktor apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat dan menganalisis bagaimana peluang masyarakat menjadi nasabah bank syariah. Variabel dependen: Nasabah Bank Syariah. Variabel lndependen: Usia, Pendidikan, Pendapatan, Sistem Syariah, Variasi Produk, Pelayanan, Pembiayaan Bisnis Halal Promosi Penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan model analisis regresi logistik (logit).

The fast growth islamic banking in Indonesia. In this time there are 94 units of islamic banks. Assets of islamic banks equal to Rp 12,24 billion ( per August 2004). In one year, the asset increase 86 percentage of previously Rp 6,559 billion (per September 2003). A lot of factor becoming consideration society to become customer of islamic bank.
Thls thesis research factors of influencing of society requirement and analyze how opportunity (probability) society to become customer of islamic bank. Dependent Variable: Customer of Islamic Bank. Independent Variable: Age, Education, Income, Syariah System, Variation of Product. Services, Halal Business Financing, and Promotion. The research by descriptive analysis and the quantitative analysis with logistics (logit) model."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2005
T32833
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gianisha Oktaria Putri
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan bagi hasil deposito mudharabah pada deposan. Penelitian dilakukan dengan mencari tahu mengenai bagi hasil antara deposan (shahibul maal) dengan bank syariah (mudharib). Di samping itu, penelitian ini juga ingin membandingkan antara return on equity (ROE) dan return on mudharabah deposit (ROMD) pada lima bank umum syariah yaitu, Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Syariah Mega dan Bank Syariah Bukopin. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa laporan tahunan dan laporan keuangan lima bank umum syariah, statistik perbankan syariah dari Bank Indonesia.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagi hasil pada deposito mudharabah pada bank syariah cenderung fluktuatif tergantung keuntungan bank syariah (mudharib) dalam mengelola dana. metode revenue sharing merupakan metode bagi hasil yang digunakan oleh bank umum syariahdi Indonesia. Hasil perbandingan antara return on equity (ROE) dan return on mudharabah deposit (ROMD) menunjukkan bahwa ROE > ROMD, yaitu variance paling besar terdapat pada Bank Syariah Mandiri dengan 61,46%.

The purpose of this study was to determine the calculation for the deposits mudharabah for the depositor. The study was conducted to find out about the revenue sharing between depositors (shahibulmaal) by Islamic banks (mudharib). In addition, this study also wanted to compare the return on equity (ROE) and return on mudharabah deposit (ROMD) at five Islamic banks namely, Bank Muamalat Indonesia, Bank SyariahMandiri, Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Mega Syariah and Bank Syariah Bukopin. The data usedin this studyin the form of annual reports and financial statements ofthe five Islamic banks, Islamic banking statistics of Bank Indonesia.
These results indicate that mudharabah deposits in Islamic banks tends to fluctuatedepending on theprofitsof Islamic banks(mudharib) in managing the funds. Revenue sharing method is a method used by Islamic banks in Indonesia. The results ofthe comparison between the return on equity(ROE) and return on mudharabah deposit (ROMD) shows that the ROE > ROMD, the greatest variance contained in Bank Syariah Mandiri with 61.46%."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maima Widya Adiputri
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh country governance terhadap stabilitas bank syariah. Penelitian ini menggunakan 107 data bank syariah di 19 negara dalam periode 2011-2015. Parameter stabilitas bank syariah menggunakan Z-scores. Dengan menggunakan fixed effect model, ditemukan bahwa control of corruption, political stability, regulatory quality, dan contract enforcement secara signifikan berpengaruh positif terhadap stabilitas bank syariah. Namun demikian, government effectiveness tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap stabilitas bank.

ABSTRACT
This research aims to examine the impact of country governance on Islamic bank stability. This research uses 107 Islamic banks in 19 countries in 2011 2015. I use Z scores to measure Islamic bank stability. Using fixed effect model, I find that control of corruption, political stability, regulatory quality, and contract enforcement significantly have positive impact on Islamic bank stability. But, government effectiveness has no significant influence on Islamic bank stability. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Reyhan Siva
"Semakin meningkatnya permintaan dalam jasa transportasi penerbangan menjadi peluang bagi perusahaan untuk mendapatkan pelanggan yang lebih. Kunci utama untuk meningkatkan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan yaitu dengan meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini membahas pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan penerbangan bertarif rendah. Objek penelitian ini yaitu tiga perusahaan penerbangan bertarif rendah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode structural equation modeling yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar faktor dengan jumlah responden sebanyak 705. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan. Sedangkan company image, customer expectation, dan perceived value mempengaruhi kepuasan pelanggan dan juga mempengaruhi loyalitas pelanggan.

The higher demand of air transport service is an opportunity for companies to get more customers. The key for company in improving and maintaining customer relationship is by improving customer satisfaction. This research investigates the impact of service quality factors to customer satisfaction in low-cost airline. The object of this research are three low-cost airline in Indonesia. This research use structural equation modeling method to investigate impact between factor with 705 respondents. This research shows that service quality does not affect customer satisfaction. While the company image, customer expectation, and perceived value affect customer satisfaction and also customer loyalty.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59885
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>