Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 21379 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hauptly, Denis J.
"Product innovation is the key to business growth. But many books deal with innovation from the business process view alone, or confuse innovation with creativity. Written by an innovation expert whose products generate more than one billion dollars in annual revenue, Something Really New introduces a straightforward but powerful framework for creating exciting new product and service concepts . . . simply by asking three essential questions."
New York: American Management Association, 2008
e20443665
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Hanisa Amalina
"Inovasi memiliki peranan yang penting dalam organisasi karena turut berkontribusi atas keberhasilan organisasi dan memperoleh keunggulan kompetitif. Oleh karena itu, organisasi harus menyediakan kesempatan dan mendukung karyawannya untuk berinovasi. Studi mengenai perilaku organisasi menganalisis keterkaitan antara keberhasilan organisasi dalam berinovasi dan perilaku kerja inovatif karyawan serta keterikatan kerja. Penggunaan media sosial dalam berkomunikasi oleh karyawan juga terbukti berpengaruh terhadap kinerja karyawan, baik berkomunikasi tentang pekerjaan (work-related) melalui pertukaran dan saling berbagi informasi maupun untuk bersosialisasi (non-work-related) dengan saling memberikan dukungan dan menumbuhkan perasaan menyatu terhadap organisasi (identifikasi organisasional). Dengan tren hybrid working dan tantangan yang diberikan, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial, dukungan sosial, dan identifikasi organisasional terhadap keterikatan kerja dan perilaku kerja inovatif pada karyawan. Penelitian ini melibatkan 385 karyawan berasal dari berbagai bidang industri di Indonesia. Data yang diperoleh diolah dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan Amos 22 dan menunjukkan hasil bahwa keterikatan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kerja inovatif dan memediasi pengaruh dukungan sosial dan identifikasi organisasional terhadap perilaku kerja inovatif. Dengan demikian organisasi perlu memperhatikan dukungan terhadap karyawan dan persepsi karyawan terhadap keanggotaan dirinya di organisasi sehingga akan berdampak positif pada perilaku kerja inovatif karyawan.

Innovation plays critical roles in organizations for its contribution to organization successes through sustaining business as well as gaining competitive advantage. Therefore, an organization must provide and support its employees to innovate. Studies on organizational behavior showed the relationship between organizational success in innovation and employees' innovative work behavior as well as work engagement. Usage of social media for communication by employees has also shown its influence on employee performance, whether communicating about work (work-related) through exchanging and sharing information or for socializing (non-work-related) by providing mutual support and fostering a sense of belonging to the organization ( organizational identification). With the hybrid working trend and the challenges presented, this study aims to analyze the effect of using social media, social support, and organizational identification on employee work engagement and innovative work behavior. 385 employees from various industrial sectors in Indonesia were involved in this study and the data collected were analyzed using the Structural Equation Modelling (SEM) method in Amos 22. The result showed that work engagement has a positive and significant influence on innovative work behavior and mediates the effect of social support and organizational identification on innovative work behavior. Thus, organizations need to pay attention to support for employees and employees' perceptions of their membership in the organization"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sartono
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai ekspor produk teknologi informasi (IT) China dan India (Chindia) terhadap ekspor produk IT dari negara ASEAN-5 ke Il mitra dagang utama apakah saling mengganti (substirure) atau saling melengkapi (complemantary) keberadaannya. Analisis pengaruh nilai ekspor produk IT China dan India terhadap nilai ekspor produk IT ASEAN-5 menggunakan pendekatan gravity mode! dengan motode data panel, yang merupakan kombinasi data cross section dan time series antara China., India, ASEAN-5 dan 11 mitra dagang utama dari tahun 2000 sampai dengan 2005. Metode estimasi fixed effect menunjukkan bahwa variabel nilai ekspor produk IT China berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai ekspor produk IT ASEAN-5, hal ini menandakan adanya hubungan saling melengkapi (complementary) antara ekspor produk IT China dengan ekspor produk IT ASEAN-5, variabel nilai ekspor produk IT India menunjukkan pengaruh tidak signifikan terhadap nilai ekspor produk IT ASEAN-5. Sementara variabel PDB riil eksportir dan variabel PDB riil perkapita importir berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai ekspor produk IT ASEAN-5, variabel populasi eksportir berpengaruh negatif dan signifikan terhadap niIai ekspor produk IT ASEAN-5, variabel proksi jarak berpengaruh negatif terhadap nilai ekspor produk IT ASEAN -S, namun besarannya tidak signifikan.

This study aims to investigate the effect of Chindia?s (China-India) export value IT goods on ASEAN~5 countries to 11 main trading-partner countries, whether it has a substitution or a complementary relation. The gravity model used in this study is estimated by using panel data method to see the effect of Chindia?s export value IT goods on ASEAN-5 countries to 11 main trading-partner countries, using cross-sectional and time series data from 2000-2005 period. Estimation result showed that the China's IT export value positively and significantly affects the ASEAN-5 IT export value, which shows the complementary relation between the two variables. India?s IT export value insignificant affects the ASEAN-5 IT export value. In addition exporter countries? real GDP and importer countries? real GDP per capita positively and significantly affect the ASEAN 5 countries? export value in IT goods. Furthermore exporter countries? population negatively and significantly affect the ASEAN 5 countries? export value in IT goods, and distance affects the ASEAN 5 countries? export value in IT goods negatively but insignificant."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T21147
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adrian Xafera Qitana
"Sebagian besar perusahaan startup di Indonesia mengalami kegagalan pada fase awal berdirinya perusahaan. Salah satu faktor penyebab kegagalan ini adalah kurangnya inovasi yang dimunculkan oleh perusahaan. Sumber daya manusia dalam perusahaan startup berperan penting dalam mengembangkan inovasi yang hendak dimunculkan. Berdasarkan studi, perilaku kerja inovatif karyawan adalah sebuah faktor utama dalam mendorong inovasi perusahaan.
Penelitian bertujuan untuk membuat alat ukur yang reliabel, valid dalam mengukur perilaku kerja inovatif, memiliki item-item yang baik, dan memiliki norma yang dapat digunakan untuk menginterpretasi skor. Partisipan dalam penelitian merupakan karyawan perusahaan startup yang berusia di bawah 10 tahun (n=83).
Hasil menunjukkan alat ukur Perilaku Inovatif dalam Bekerja (PIB) memiliki konsistensi internal yang tinggi (α = 0,911), valid atas korelasi dengan work engagement yang memiliki hubungan secara teoretis (r = 0.403; p<0.01, N=83), dan memiliki item yang dapat membedakan kemampuan antar individu dengan baik. Norma digunakan dalam menginterpretasi skor alat ukur PIB adalah within group norms dengan metode standard score (M=10; SD=3).

The Majority of Indonesia's startup companies failed during the early phase of the company. One factor contributing to this failure is the lack of innovation brought up by the company. The human resources in a company plays an important role in fostering innovation. Studies showed employee’s innovative work behavior is the main factor that drives company innovation.
This research aims to construct a psychological measurement that is reliable, valid in measuring innovative work behavior, have a good item and norms for score interpretation purpose. Research participant is employee who works in a startup company under 10 years of age (n=83).
Result shows that Innovative Behavior at Work measure (PIB) have high internal consistency (α = 0,911), proven valid based on correlation with work engagement that theoretically are a related variable (r = 0.403; p<0.01, N=83), and have item that are able to differentiate individual capabilities. Norms that are used in this research is within group norms with standard score method (M=10, SD=3).
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia , 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This book presents innovative research and its applications in the development of transportation infrastructure, and discusses the latest trends, challenges and unsolved problems in the field of transport technology. The book also presents a range of solutions to problems faced by the rapidly growing economies of the developing world. Core challenges confronting policymakers in the field of transport technology include traffic congestion, air pollution, traffic fatalities and injuries, and petroleum dependence. At the same time, the increased use of hybrid and electric vehicles is changing consumer needs and behaviors. The solutions discussed in this book will encourage and inspire researchers, industry professionals and policymakers alike to put these methods into practice. "
Singapore: Springer Singapore, 2019
e20502593
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Choffray, Jean-Marie
New York: John Wiley, 1980
658.83 CHO m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rosenau, Milton D., Jr
Belmont, California: Lifetime Learning, 1982
658.575 ROS i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Trott, Paul
Harlow: Pearson Education , 2017
658.575 TRO i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Haykal Yogaswara
"Persaingan pada sektor bisnis global saat ini semakin tinggi, yang membuat para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk meningkatkan keunggulan bersaingnya. Pengetahuan menjadi hal penting, di mana ketika pengetahuan digunakan dengan benar dengan menerapkan manajemen pengetahuan, maka akan menghasilkan suatu keunggulan bersaing dalam bentuk tacit knowledge atau sesuatu yang sulit ditiru. Manajemen pengetahuan juga dapat menjadi salah satu metode yang membantu perusahaan untuk menghasilkan inovasi produk secara cepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh knowledge management terhadap competitive advantage melalui product innovation sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara daring kepada 380 perusahaan manufaktur berorientasi ekspor di Kota Tangerang, di mana kuesioner yang kembali dan datanya layak untuk dianalisis lebih lanjut yaitu sebanyak 93 responden. Data selanjutnya dianalisis menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square) dan proses pengolahan data menggunakan software IBM SPSS Statistics 25 dan SmartPLS 4.0.9.8. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) knowledge management memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap product innovation; (2) knowledge management memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap competitive advantage; (3) product innovation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage; dan (4) product innovation mampu memediasi hubungan antara knowledge management dan competitive advantage secara positif dan signifikan.

Competition in the current global business sector is increasingly intense, prompting business entities to strive for enhancing their competitive advantages. Knowledge plays a crucial role, where its effective application through knowledge management can lead to a competitive edge in the form of tacit knowledge or something difficult to imitate. Knowledge management can also serve as a method to assist companies in rapidly generating product innovations. This research aims to analyze the influence of knowledge management on competitive advantage through product innovation as a mediating variable. The study adopts a quantitative approach by distributing online questionnaires to 380 export-oriented manufacturing companies in Tangerang City. From this sample, 93 respondents returned eligible questionnaires for further analysis. The data were subsequently analyzed using the Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) method, and data processing was conducted using IBM SPSS Statistics 25 and SmartPLS 4.0.9.8 software. The findings of this research indicate that: (1) knowledge management has a positive and significant influence on product innovation; (2) knowledge management has a positive but not significant influence on competitive advantage; (3) product innovation has a positive and significant influence on competitive advantage; and (4) product innovation positively and significantly mediates the relationship between knowledge management and competitive advantage."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>