Ditemukan 8573 dokumen yang sesuai dengan query
Trianto
Jakarta: Kencana, 2011
372TRIP002
Multimedia Universitas Indonesia Library
Trianto
Jakarta: Kencana, 2011
372TRIP001
Multimedia Universitas Indonesia Library
Trianto
Jakarta: Kencana, 2011
372 TRI d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Barus, Jhon Habibie
"Saat ini sistem belajar jarak jauh (distance teaming) menjadi salah satu piJihan untuk mendapatkan pendidikan bagi komunitas masyarakat yang hidup mobile. Pada sistem yang ada selama ini, mahasiswa hanya mengakses bahan kuliah dan setiap pertanyaan menyangkut bahan kuliah ditanyakan melalui email. Jadi sistem ini mempunyai masalah dalam bidang keinteraktifan antara dosen dan mahasiswa. Skripsi ini mencoba memberikan satu jalan keluar dengan rnembuat perangkat lunak konferensi video dengan bandwidth adaptation. Perangkat lunak ini memampukan dosen untuk melakukan perkuliahan tanpa harus berada di dalam ruang kuliah. Sistem konferensi video ini memampukan untuk dilaksanakan sistem perkuliahan yang interaktif karena mahasiswa dapat menanyakan kesulitan-kesulitan yang dihadapinya secara langsung kepada dosen saat dosen memberikan kuliah. Perangkat lunak ini juga dilengkapi dengan sistem bandwidth adaptation. Sistem ini memampukan untuk melakukan pengaturan kualitas gambar yang dikirimkan disesuaikan dengan ukuran bandwidth yang tersedia. Sistem bandwidth adaptation ini dapat menjadi salah satu pilihan dalam mengatasi masalah klasik kekurangan bandwidth pada saat melakukan konferensi video. Hasil ujicoba terhadap sistem menunjukkan sistem bandwidth adaptation berjalan dengan baik. Data hasil ujicoba menunjukkan bahwa untuk rentang kualitas gambar 10 - 100 % maka rentang bandwidth yang digunakan oleh sistem sebesar 0,388 - 19,102 Mbit/detik. Selain itu bisa didapatkan bahwa lingkat kualitas gambar mempengaruhi nilai faktor kompresi JPEG yang dihasilkan. Pada percobaan didapatkan rentang nilai faktor kompresi sebesar 0,838- l."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40042
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
JPK 17:5(2011)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"This research was conducted in order to develop the teaching materials for teaching of students PBL and PBL+SM strategies for improving the learning achievement consisting of metacognitive awareness, problem solving skill, and subject matter master. For this purpose, there were 2 types of research, developmental and experimental research. Developmental research was to produce the valid and reliable teaching material. The experimental research was to test the effectiveness of the teaching material to the learning achievement.
"
2009
570 JPB 1:1 (2009) (1)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"This research was conducted in order to develop the teaching materials for teaching the students using PBL and PBL+ metacognitif strategies for improving the learning achievement consisting of metacognitif awareness, problem solving skill, and mastery of biology concepts..."
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Dewi Murniati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang teruji validitas, kepraktisan dan efektivitasnya dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas lima taha, yaitu (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Subjek coba pada uji perorangan, kelompok kecil dan uji lapangan adalah siswa SMPN 2 Semarapura yang masing-masing berjumlah 3, 12, dan 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tergolong kriteria baik yang telah memenuhi persyaratan validitas dan kepraktisan. Implementasi perangkat pembelajaran matematika realistik juga efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP sebagai subjek coba."
Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2013
370 JPP 46:2 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Under conventional approach currently practiced in elementary schools, some subjects are delivered in both partial and integrated model. Partial model is addressed to strengthen student understanding concerning the structure of subject matter. While integrated model is addressed to strengthen the student understanding concerning in the connection among related subject matters. This model will create deep understanding upon concept learn by each student.This study aimed to identify this impactof thematic approach (application) on teaching mathematic in elementary school. Using a case study, it was conducted in SDN 69 and SDN 70 Kandang Limun , Bengkulu during 2006/2007 academic year. Research subject were student of grade 3. Results showed that there was a significant difference in mathematic achievement between thematic and conventional teaching treatment. The t- test revealed that thematic approach reached higher (79.091) value compared to conventional approach (54.615). Another result revealed that during experimenting thematic approach, students stated as enjoy learning thematic approach during teaching time. It is recommended that teacher of Grade 1,2 and 3 should apply thamatic approach while teaching Mathematics."
JUPENDI
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna serta memberikan keuntungan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru SD kelas rendah terhadap penerapan pembelajaran tematik dalam pembelajaran; kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan RPP, memilih media, dan memilih metode pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, observasi, wawancara, dokumentasi, yang digunakan untuk mengkaji permasalahan dalam pembelajaran tematik di kelas rendah SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman dan pengetahuan guru tentang pembelajaran tematik sudah cukup baik. Pembelajaran terpadu merupakan suatu model pembelajaran yang paling sesuai untuk siswa SD kelas rendah, karena dalam pembelajaran tematik/terpadu, anak dapat diajak berpartisipasi aktif dalam mengeksplorasi topik atau kejadian. Kesulitannya adalah dalam penyusunan dan pengimplementasikan rencana pelaksanaan pembelajaran masih menemui kendala terutama dalam mencari metode dan media yang sesuai dengan semua tema, sementara penentuan alat ukur keberhasilan pembelajaran tematik (evaluasi pembelajaran) yang bisa mengakomodir beberapa materi yang digabungkan agak sulit untuk dirumuskan. Jalan keluar yang diambil guru dalam menghadapi berbagai kesulitan mengembangkan pembelajaran tematik disiasati dengan memperbanyak diskusi dengan teman sejawat dan memperbanyak referensi dengan mencari sumber di internet atau web lainnya."
JPUT 15:2 (2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library