Ditemukan 138945 dokumen yang sesuai dengan query
Abidah Syauqina
"Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 2 tahun 2014 mengatur penerapan Tatakelola Perusahaan yang Baik/Good Corporate Governance (GCG) secara mandatory bagi Perusahaan Perasuransian. Dalam penerapan GCG, terdapat asas transparansi dan akuntabilitas yang berkaitan erat dengan pelaporan keuangan. Pengendalian internal menjadi upaya yang dilakukan perusahaan untuk mencapai kedua asas tersebut. Sistem ICoFR (Internal Control over Financial Reporting) adalah bagian dari sistem pengendalian internal yang dirancang khusus untuk memberikan keyakinan memadai bahwa laporan keuangan telah disusun secara andal, tepat waktu, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.
Model Three Lines of Defence mendukung efektivitas pelaksanaan ICoFR tersebut dengan membagi tugas dan tanggungjawab secara jelas dalam tiga lapisan. PT X merupakan perusahaan asuransi yang telah menerapkan sistem ICoFR sejak tahun 2014 sehingga masih memerlukan pengembangan serta perbaikan. Laporan magang ini menganalisis kesenjangan antara praktik dan teori penerapan sistem ICoFR di PT X serta memberikan saran atas kesenjangan-kesenjangan yang ada sebagai bahan pertimbangan dalam proses pengembangan dan perbaikan sistem ICoFR di PT X.
Regulation of Financial Services Authority no. 2 in 2014 set up the implementation of Good Corporate Governance (GCG) for Insurance Company as mandatory. In application of GCG, transparency and accountability are principles which are closely related to financial reporting. Internal control become an attempt of the company to achieve both those principles. ICoFR (Internal Control over Financial Reporting) is a part of the internal control system is specially designed to provide reasonable assurance that the financial statements have been prepared in a reliable, timely, and in accordance with the applicable rules. Three Lines of Defences Model supports the effective implementation of the ICoFR by dividing tasks and responsibility into three layers clearly. PT X is an insurance company that has implemented the ICoFR system since 2014 so it still requires the development and improvement. This internship report analyzes the gap between practice and theories ICoFR system implementation at PT X as well as providing the advice on gaps as material consideration in process of development and improvement of the ICoFR system in PT X."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Erica Virginia
"Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) pada PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. dari tahun 2012 sampai 2020, dan apakah permasalahan terjadi di disebabkan oleh pengendalian internal. Adanya pelanggaran atas pengakuan pendapatan pada laporan keuangan tahun buku 2018 yang tidak sesuai Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) dan penyajian kembali atas laporan keuangan tahun 2012 dan 2013 karena melakukan transaksi akuisisi atas PT Angkasa Pura I per akhir 2013. Untuk mencegah pelaporan keuangan yang kurang baik, maka motivasi peneliti ingin mengetahui pengendalian internal perusahaan berdasarkan element pada Internal Control over Financial Reporting (ICOFR). Metode mengunakan analisis data sekunder yang diambil dari laporan tahunan perusahaan selama periode 2012 – 2020. Analisis mengunakan metode manual content analysis, dimana memberikan skor atas perngendalian internal yang dimiliki berdasarkan kerangka Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) yang diterbitkan oleh COSO. Dari hasil analisis implementasi Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) di PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. Menunjukkan bahwa Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) telah diimplementasikan, namun belum dalam implementasi yang sempurna. Elemen pengendalian risiko dan informasi dan komunikasi memiliki tren meningkat dari tahun 2012-2020 yang artinya PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. secara konsisten mengungkapkan bahwa informasi diproses dan didistribusikan secara tepat waktu dan sesuai dengan aturan yang berlaku, perusahaan konsisten dalam hal memiliki unit kerja yang mengimplementasikan majemen risiko, dan manajemenn sudah mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi.
This study aims to find out how the implementation of Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk from 2012 to 2020, and whether problems occur because of internal control. There is a violation of revenue recognition in the financial statements of PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk for the 2018 financial year which is not in accordance with Accounting Standards and restatements of 2012 and 2013 book because PT Garuda Indonesia (Persero) acquired transaction of PT Angkasa Pura I at the end of 2013. To prevent poor financial reporting, the motivation of the researcher is to know the company's internal control based on the elements in the Internal Control over Financial Reporting (ICOFR). The method uses secondary data analysis taken from the company's annual report for the period 2012 – 2020. The analysis uses the manual content analysis method, which provides a score for internal control based on the Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) framework published by COSO. The analysis of implementation Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Indicates that has been implemented but is not yet fully implemented. Elements of risk control and information and communication have an increasing trend from 2012-2020 which means PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. consistently discloses that information is processed and distributed in a timely manner and in accordance with applicable regulations, the company is consistent in terms of having a work unit that implements risk management, and the management has considered effectiveness and efficiency. Cases at PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk can be caused by lack of control environment, activities control, and supervision which causes weak internal controls on these elements."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Galuh Riawati
"Pada tahun 2023 Kementerian BUMN menduga adanya manipulasi laporan keuangan PT X dengan adanya pelaporan laba selama bertahun-tahun namun arus kas negatif, gagal bayar sehingga digugat pailit. Penelitian bertujuan menganalisis indikasi manipulasi laporan keuangan dan pengendalian internal atas laporan keuangan (ICOFR) di PT X perusahaan dari tahun 2013-2022. Indikasi manipulasi laporan keuangan diperoleh dari perhitungan Beneish M-Score. Analisis ICOFR dilakukan dengan skoring menggunakan
manual content method terhadap 90 indikator ICOFR
A Compendium of Approaches and Examples. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat indikasi manipulasi laporan keuangan pada PT X kecuali pada tahun 2020 dan 2021 dan pengendalian internal atas laporan keuangan semakin membaik dari tahun ke tahun. Nilai ICOFR yang bagus tidak menjamin laporan keuangan terbebas dari indikasi manipulasi laporan keuangan.
In 2023, the Ministry of State-Owned Enterprises suspects that there has been manipulation of the financial reports of PT X, with reporting profits for years but negative cash flow, failure to pay so that it was sued for bankruptcy. The research aims to analyze indications of manipulation of financial reports and internal control over financial reports (ICOFR) at PT X. The research uses secondary data in the form of company annual reports from 2013-2022. Indications of financial report manipulation are obtained from the Beneish M-Score calculation. ICOFR analysis is carried out by scoring using the manual content method of 90 ICOFR A Compendium of Approaches and Examples indicators. The research results show that there are indications of manipulation of financial reports except in 2020 and 2021 and internal control over financial reports is getting better from year to year. Good ICOFR score does not guarantee that financial reports are free from indications of manipulation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Miranda Adianti
"Laporan magang ini menggambarkan dan membahas tentang proses pengembangan Internal Control Over Financial Reporting (ICOFR) dengan pendekatan Top-Down Risk Based Approach di PT.X, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ketenagalistrikan. Fase pengembangan ICOFR terdiri dari penyusunan Pedoman Umum Implementasi dan Kebijakan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan ICOFR.
Dalam laporan ini, analisis akan berfokus pada fase perancangan dan pengendalian tingkat transaksional di dalam segmen perbendaharaan PT.X, khususnya proses penerimaan tagihan pelanggan khusus. Temuan dari analisis ini adalah masih terdapat beberapa area perbaikan dalam proses tersebut dan konsultan telah memberikan rekomendasi terkait area-area perbaikan tersebut.
This report illustrates and discusses about development process of Internal Control Over Financial Reporting (ICOFR) using a Top-Down Risk Based Approach in PT.X, a power and utility company in Indonesia. Development of ICOFR consists of five phases; Creating a general policy and implementation guidelines, Designing, Implementation, Testing, and Maintenance of ICOFR. In this report, analysis was focused on design phase and transactional level control in the Treasury Segment of PT.X, especially the revenue from particular customer billing process. There were still several areas of improvement in this process and consultant had already given recommendations related to those areas of improvements."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54696
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Andrey Octavian Ferry
"Laporan magang ini membahas mengenai pengendalian internal pada PT XYZ dan aktifitas magang penulis dalam proses penilaian Internal Control Over Financial Reporting pada PT XYZ yang dilakukan oleh KAP RSM AAJ sebagai kepatuhan terhadap peraturan Sarbanes-Oxley Act Section 404. Aktifitas magang yang dilakukan penulis adalah pada proses pengujian ITGC. Proses pengujian pengendalian dilakukan dengan cara inspeksi dokumen, tanya jawab, dan observasi. Hasil laporan magang ini menyimpulkan bahwa pengendalian internal pada PT XYZ telah cukup baik, tetapi masih membutuhkan beberapa perbaikan. Dan hasil pengujian pengendalian ITGC PT XYZ adalah sangat baik dengan persentase tingkat kepatuhan sebesar 100%.
This report discusses the internal control of PT XYZ and the process of assessing the Internal Control over Financial Reporting on PT XYZ, which is performed by KAP RSM AAJ in compliance with Sarbanes-Oxley Act Section 404. The author was responsible to do the test of ITGC, the procedure has been done by inspecting document, inquiring, and observing. The result of this report concludes that the internal control of PT XYZ is good enough, but still need some improvements. And the result of the test of ITGC in PT XYZ is very good with 100% level of compliance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Fuji Anrina
"Laporan magang ini membahas tentang proses penyusunan SOP keuangan proses expense di PT X yang ditujukan untuk meyesuaikan SOP lama dengan proses bisnis yang baru. Analisis dilakukan atas kesesuaian proses yang dilakukan dengan teori yang ada serta penilaian aspek sistematika SOP PT X mengacu pada beberapa standar. Analisis juga dilakukan atas kecukupan pengendalian internal pada SOP hasil pemutakhiran. Analisis pengendalian internal tersebut dilakukan pada setiap SOP proses expense. Hasil laporan magang menyimpulkan bahwa masih terdapat kekurangan pada proses penyusunan SOP keuangan di PT X. Sementara itu, aspek sistematika dalam SOP keuangan proses expense sudah sesuai dengan standar dan pengendalian internal dalam SOP tersebut sudah cukup memadai.
This internship report discusses about the process of preparing financial standard operating procedures (SOP) expense process on PT X to conform with the new business processes. The analysis was conducted to check the conformity of the preparation process that was performed to the existing theory and also the assessment of systematic aspects of the SOP refers to some standards. The analysis was also carried out on the adequacy of internal control of the updated SOP. Internal controls are analyzed in every SOP of expense process. The result of this internship report concludes that there are some deficiencies in the process of preparing financial SOP on PT X. Meanwhile, the systematics aspects of financial SOP process of expense are already conformed to the standards and internal controls in that SOP are already sufficient."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44617
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Gerald Oktavianus Hugo
"Laporan magang ini mengevaluasi prosedur analisis dan valuasi bisnis yang dilakukan di PT. YCD Sekuritas Indonesia dengan teori-teori yang dengan skema analisis top-down. Skema tersebut dimulai dari analisis makroekonomi, industri, strategi bisnis dan keuangan emiten, dilanjutkan dengan proses forecasting laporan keuangan, dan berakhir pada valuasi bisnis. PT. YCD Sekuritas Indonesia adalah perusahaan efek dengan penawaran utama berupa layanan perantara perdagangan efek berbasis ekuitas kepada klien lokal maupun asing. Produk yang ditawarkan PT. YCD Sekuritas Indonesia adalah laporan hasil riset yang berguna bagi keputusan investasi klien-kliennya. Penulis turut berkontribusi dalam proses analisis dan valuasi bisnis yang menjadi bahan laporan inisiasi salah satu perusahaan publik di Indonesia, terutama dari segi pembuatan model finansial dan valuasi bisnis perusahaan. Berdasarkan hasil evaluasi, proses analisis dan valuasi bisnis di PT. YCD Sekuritas Indonesia sudah sesuai dengan teori-teori yang ada. Akan tetapi, terdapat perbedaan metode dan input yang digunakan PT. YCD Sekuritas Indonesia dalam perhitungan Free Cash Flow to Firm (FCFF) dan Weighted Average Cost of Capital (WACC) dengan teori yang ada namun perbedaan tersebut memiliki alasan yang jelas berdasarkan praktiknya. Selain itu, laporan magang ini juga membahas refleksi diri penulis selama kegiatan magang dan rencana pengembangan diri usai penulisan dan proses magang di PT. YCD Sekuritas Indonesia.
This internship report evaluates the business analysis and valuation procedures carried out at PT. YCD Sekuritas Indonesia with theories based on a top-down analysis scheme. The scheme starts with analysis of macroeconomics, industry, business strategy and financial analysis, continues with the process of forecasting financial statements, and ends with business valuation. PT. YCD Sekuritas Indonesia is a securities company with main offerings in the form of equity-based securities brokerage services to local and foreign clients. The product offered by PT. YCD Sekuritas Indonesia is a research report that is useful for its clients' investment decisions. The author contributes to the process of business analysis and valuation which is the subject of an initiation report for one of the public companies in Indonesia, especially in terms of making the company's financial model and business valuation. Based on the evaluation results, the business analysis and valuation process at PT. YCD Sekuritas Indonesia is in accordance with existing theories. However, there are differences in the methods and inputs used by PT. YCD Sekuritas Indonesia in calculating Free Cash Flow to Firm (FCFF) and Weighted Average Cost of Capital (WACC) with the existing theory, but these differences have clear reasons based on practice. In addition, this internship report also discusses the author's self-reflection during the internship and self-development plans after writing and the internship process at PT. YCD Sekuritas Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Putri Ayu Oktavia
"Karya akhir ini berisi mengenai evaluasi efektivitas rancangan dan operasional pengendalian internal pada PT TI, dalam rangka pelaporan keuangan. Penelitian ini membahas bagaimana proses evaluasi pengendalian internal dilaksanakan dalam rangka kewajiban pelaporan keuangan atas siklus pelaporan keuangan PT TI. Evaluasi tersebut didasarkan pada peraturan Sarbane Oxley section 404, PCAOB Auditing Standard no.5, dan COSO Internal Control Framework sebagai dasar-dasar dilakukannya pengendalian internal khususnya ICoFR. Hasil analisis menunjukkan pengendalian telah dilakukan evaluasi dengan basis audit dan atas tiap hasil evaluasi telah ditindaklanjuti.
Final report contains of evaluation of the effectiveness of the design and operational internal control in PT TI, in order to financial reporting. This study discusses how the evaluation process carried out in the framework of internal control of financial reporting responsibility on the financial reporting cycle of PT TI. The evaluation was based on the rules Sarbane Oxley section 404, PCAOB Auditing Standard No. 5, and the COSO Internal Control Framework as the fundamentals do internal control especially ICOFR. The analysis showed the control was evaluated on the basis of the audit and on any results of the evaluation have been followed up."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ni Putu Rina Yuliani
"Konvergensi PSAK ke IFRS yang dilakukan oleh DSAK IAI membawa dampak pada perubahan beberapa standar akuntansi keuangan Indonesia termasuk standar mengenai pengakuan pendapatan perusahaan real estat. PSAK 44 yang digunakan sebagai pedoman pengakuan pendapatan perusahaan real estat telah dicabut dan untuk selanjutnya pengakuan pendapatannya mengacu pada ISAK 21. Pada ISAK 21 diberikan panduan kepada perusahaan real estat untuk mengakui pendapatannya, yaitu mengacu pada PSAK 23 atau PSAK 34.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan ISAK 21 dalam perusahaan real estat PT PQR dan bagaimana dampak dari perubahan standar ini terhadap laporan keuangan PT PQR. Penelitian dilakukan dengan mengambil sample 3 perjanjian jual beli pada PT PQR yang kemudian dilakukan analisis lebih lanjut untuk menentukan acuan pengakuan pendapatan yang seharusnya digunakan PT PQR yaitu apakah mengacu pada PSAK 23 atau PSAK 34. Pengakuan pendapatan akan mengacu pada PSAK 34 jika pembeli dapat menentukan elemen struktural utama desain real estat dan jika sebaliknya maka akan mengacu pada PSAK 23.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pengakuan pendapatan PT PQR berdasarkan kriteria ISAK 21 mengacu pada PSAK 23, dimana dampak penerapannya tidak terlalu banyak terhadap pencatatan selama ini yang mengacu pada PSAK 44.
PSAK to IFRS convergence made by DSAK IAI has an impact on the changes of Indonesian financial accounting standards including standards on revenue recognition for real estate companies. PSAK 44 that is used as a guideline for revenue recognition of real estate company was abolished and then replaced by ISAK 21. Based on ISAK 21, the real estate company is given direction about how to recognize their revenue, which refers to PSAK 23 or PSAK 34. This research is conducted to analyze how ISAK 21's implementation in real estate company and how the impact of the changes to this new standard on the company's financial statement. This research was conducted by taking samples of three sale-and-purchase agreements on PT PQR which were further analyzed to determine revenue recognition reference that should be used by PT PQR, whether it refers to PSAK 23 or PSAK 34. Revenue recognition will be based on PSAK 34 if a buyer can specify the main structural elements of real estate design and otherwise will be based on PSAK 23. The conclusion of this research is the revenue recognition of PT PQR is based on ISAK 21 criteria which refer to PSAK 23, where the impact of the implementation is not too different with the recording based on PSAK 44. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44968
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Agung Dwi Kusuma
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit test of detail untuk akun pendapatan pada PT GHI dan PT HCL yang dilakukan oleh KAP XRM selama periode 1 Januari – 31 Desember 2020. PT GHI merupakan sebuah perusahaan terbuka yang bergerak dalam industri makanan cepat saji dan PT HCL merupakan BUMN yang bergerak dalam jasa pergudangan. Evaluasi dilakukan pada prosedur test of detail yang terdiri dari audit sampling,
vouching, dan asersi yang dijalankan oleh KAP XRM. Hasil evaluasi menunjukan prosedur audit sampling dan vouching yang dijalankan oleh KAP XRM terhadap PT GHI tidak sesuai dengan pedoman yang berlaku. Sementara audit sampling dan vouching pada PT HCL sudah dijalankan dengan pedoman yang berlaku namun waktu pengerjaan prosedur belum efektif. Prosedur yang digunakan untuk setiap asersi telah disajikan secara wajar sesuai standar akuntansi yang berlaku umum.
This internship report aims to evaluate the test of details procedure for PT GHI and PT HCL Revenue accounts at KAP XRM during January 1-December 31, 2020 period. PT GHI is a limited company that engaged in fast food industry and PT HCL is a company that engaged in warehousing services. Evaluation will be caried out on the test of detail procedures such as audit sampling, vouching, and assertion that implemented by KAP XRM compared to the applicable standard. The evaluation results show that the audit sampling and vouching procedures in PT GHI are not appropriately done according to applicable standards. Otherwise, the audit sampling and vouching procedures in PT HCL are performed appropriately, but the timing on implementing the procedures are ineffective. The procedures performed for each assertion has been carried out appropriately according to the generalapplicable standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library