Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 174947 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Handayani Mutiara Lestari
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bisnis dan sistem pengelolaan
pengaduan yang berjalan di BPKP, menganalisis proses bisnis dan sistem
pengelolaan pengaduan yang berjalan di BPKP serta mengusulkan rancangan
sistem pengelolaan pengaduan dan mekanisme penanganan pengaduan untuk
BPKP melalui media website. Sistem pengelolaan pengaduan ini merupakan
perwujudan dari peraturan pemerintah berdasarkan surat edaran Kemenpan-RB
dan Peraturan Kemenpan-RB. Tujuan perancangan sistem ini adalah untuk
perbaikan organisasi dengan mewujudkan apa yang menjadi visi, misi, nilai BPKP
(PIONIR) dan moto BPKP sehingga tercipta good governance dan clean
government. Metode yang digunakan untuk merancang sistem pengelolaan
pengaduan ini adalah 4 tahap awal dari metode FAST. Tahapan yang digunakan
tahap scope definition, tahap problem analysis, tahap requirement analysis dan
tahap logical design. Dalam tahap scope definition sampai dengan requirement
analysis menghasilkan aktivitas yang dipertahankan, aktivitas yang ditambah dan
kerangka kerja PIECES yang kemudian diturunkan menjadi analisis kebutuhan
dan analisis fitur. Pada logical design dibuat diagram usecase, deskripsi usecase,
diagram fungsi dekomposisi, diagram konteks, diagram aliran data, spesifikasi
proses, diagram hubungan entitas, kamus data dan antarmuka pengguna menurut
metode pengembangan sistem dari Whitten dan Bentley. Hasil analisis adalah
perancangan sistem informasi pengelolaan pengaduan berbasis website yang
terdiri dari 15 tampilan user interface yaitu beranda, kirim pengaduan, register
pelapor, berita terbaru, kontak, verifikasi pengaduan, register umum penerimaan
pengaduan, surat jawaban, laporan tindak lanjut, monitoring tindak lanjut,
monitoring penanganan, surat permintaan perlindungan, surat respon cepat,
laporan penanganan, surat usulan pemberian penghargaan. User pada sistem ini
yang menjadi adalah pelapor (termasuk di dalamnya pejabat penerima pengaduan
di Unit Kerja) dan pejabat penerima pengaduan di Inspektorat.

ABSTRACT
This research aims to determine and analyze the business process and
whistleblowing system that runs on BPKP, as well as to propose a draft for
whistleblowing system and complaint handling mechanisms for BPKP through
media websites. This whistleblowing system is a manifestation of government
regulations by circular letter and regulations from Kemenpan-RB. The purpose of
this system designation is to improve the organization towards the vision, mission,
values BPKP (PIONIR) and motto of BPKP so as to create good governance and
clean government. The method used in the designation of whistleblowing system
is the 4 early stages of FAST methodology, namely scope definition stage,
problem analysis stage, requirement analysis stage and logical design stage. Scope
definition stage until requirement analysis produce maintained activities,
additional activities and PIECES framework which later be derived as a
requirement analysis and features analysis. In the logical design stage, usecase
diagram, usecase description, functional decomposition diagram, context diagram,
data flow diagram, process specification, entity relationship diagram, data
dictionary and user interface are made according to the method of Whitten and
Bentley. The results of the analysis is a design of whistleblowing system being
based on website which consists of 15 user interface namely home, send the
complaint, the complainant registers, latest news, contacts, verification of
complaints, general admission registers complaint, answer letters, follow-up
report, monitoring the follow-up, handling monitoring, protection request letter,
rapid response letter, handling complaint report, and proposal award letter. Users
of the system are the informant (including the complaint receiver official in work
unit), inspector, and complaint receiver official in Inspectorate."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Handayani Mutiara Lestari
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bisnis dan sistem pengelolaan
pengaduan yang berjalan di BPKP, menganalisis proses bisnis dan sistem
pengelolaan pengaduan yang berjalan di BPKP serta mengusulkan rancangan
sistem pengelolaan pengaduan dan mekanisme penanganan pengaduan untuk
BPKP melalui media website. Sistem pengelolaan pengaduan ini merupakan
perwujudan dari peraturan pemerintah berdasarkan surat edaran Kemenpan-RB
dan Peraturan Kemenpan-RB. Tujuan perancangan sistem ini adalah untuk
perbaikan organisasi dengan mewujudkan apa yang menjadi visi, misi, nilai BPKP
(PIONIR) dan moto BPKP sehingga tercipta good governance dan clean
government. Metode yang digunakan untuk merancang sistem pengelolaan
pengaduan ini adalah 4 tahap awal dari metode FAST. Tahapan yang digunakan
tahap scope definition, tahap problem analysis, tahap requirement analysis dan
tahap logical design. Dalam tahap scope definition sampai dengan requirement
analysis menghasilkan aktivitas yang dipertahankan, aktivitas yang ditambah dan
kerangka kerja PIECES yang kemudian diturunkan menjadi analisis kebutuhan
dan analisis fitur. Pada logical design dibuat diagram usecase, deskripsi usecase,
diagram fungsi dekomposisi, diagram konteks, diagram aliran data, spesifikasi
proses, diagram hubungan entitas, kamus data dan antarmuka pengguna menurut
metode pengembangan sistem dari Whitten dan Bentley. Hasil analisis adalah
perancangan sistem informasi pengelolaan pengaduan berbasis website yang
terdiri dari 15 tampilan user interface yaitu beranda, kirim pengaduan, register
pelapor, berita terbaru, kontak, verifikasi pengaduan, register umum penerimaan
pengaduan, surat jawaban, laporan tindak lanjut, monitoring tindak lanjut,
monitoring penanganan, surat permintaan perlindungan, surat respon cepat,
laporan penanganan, surat usulan pemberian penghargaan. User pada sistem ini
yang menjadi adalah pelapor (termasuk di dalamnya pejabat penerima pengaduan
di Unit Kerja) dan pejabat penerima pengaduan di Inspektorat.

ABSTRACT
This research aims to determine and analyze the business process and
whistleblowing system that runs on BPKP, as well as to propose a draft for
whistleblowing system and complaint handling mechanisms for BPKP through
media websites. This whistleblowing system is a manifestation of government
regulations by circular letter and regulations from Kemenpan-RB. The purpose of
this system designation is to improve the organization towards the vision, mission,
values BPKP (PIONIR) and motto of BPKP so as to create good governance and
clean government. The method used in the designation of whistleblowing system
is the 4 early stages of FAST methodology, namely scope definition stage,
problem analysis stage, requirement analysis stage and logical design stage. Scope
definition stage until requirement analysis produce maintained activities,
additional activities and PIECES framework which later be derived as a
requirement analysis and features analysis. In the logical design stage, usecase
diagram, usecase description, functional decomposition diagram, context diagram,
data flow diagram, process specification, entity relationship diagram, data
dictionary and user interface are made according to the method of Whitten and
Bentley. The results of the analysis is a design of whistleblowing system being
based on website which consists of 15 user interface namely home, send the
complaint, the complainant registers, latest news, contacts, verification of
complaints, general admission registers complaint, answer letters, follow-up
report, monitoring the follow-up, handling monitoring, protection request letter,
rapid response letter, handling complaint report, and proposal award letter. Users
of the system are the informant (including the complaint receiver official in work
unit), inspector, and complaint receiver official in Inspectorate"
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azmaini
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem pendaftaran
diklat berbasis website agar proses pendaftaran diklat menjadi lebih cepat dan
efisien. Penelitian merupakan studi kasus pada organisasi Pusdiklatwas BPKP.
Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi di
lokasi, wawancara dengan pihak-pihak terkait, dan studi literatur. Untuk
perancangan sistem, metode yang digunakan adalah Framework for the
Application of System Thinking (FAST). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
perancangan sistem berbasis website sangat mungkin akan memudahkan dan
mengefisienkan proses pendaftaran diklat di Pusdiklatwas BPKP.

ABSTRACT
This research is aimed to analysis and design of website based training
registration system so the registration process become faster and more efficient.
This research is a case study at Supervisory Education and Training Center of
Finance and Development Supervisory Agency (Pusdiklatwas BPKP). The
research methods used for data collection are interviews and observations together
with literary study. The research method used for training registration system
design is Framework for the Application of System Thinking (FAST). The result
shows that the design of website based is very likely will make the training
registration process at Pusdiklatwas BPKP become easier and more efficient, This research is aimed to analysis and design of website based training
registration system so the registration process become faster and more efficient.
This research is a case study at Supervisory Education and Training Center of
Finance and Development Supervisory Agency (Pusdiklatwas BPKP). The
research methods used for data collection are interviews and observations together
with literary study. The research method used for training registration system
design is Framework for the Application of System Thinking (FAST). The result
shows that the design of website based is very likely will make the training
registration process at Pusdiklatwas BPKP become easier and more efficient]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aries Wicaksono
"Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis dan perancangan sistem informasi pengelolaan gedung sehingga memudahkan penyediaan informasi yang dibutuhkan secara akurat dan tepat waktu.Selain itu penelitian ini bertujuan memberikan rancangan sistem informasi pengelolaan gedung yang efisien dan efektif pada PT. Binajasa Abadikarya. Metodologi yang digunakan dalam analisis dan perancangan sistem informasi pengelolaan gedung pada PT. Binajasa Abadikarya adalah FAST (Framework for the Application System Thinking). Hasil Penelitian ini memberikan analisis dan rancangan sistem informasi pengelolaan gedung serta pertimbangan analisis keputusan dalam perbandingan sistem yang lama dengan sistem yang baru. Hasilnya secara umum bahwa sistem yang baru sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu memudahkan penyediaan informasi secara tepat waktu dan akurat

The objective of this study is to analyze dan design building management information system so that can make easier to provide needed information effectively and accurately.Beside of that, objective of this study is to give efficient and effective building management information system design at PT. Binajasa Abadikarya. Methodology that used in building management information system analysis and design at PT. Binajasa Abadikarya is FAST (Framework for the Application System Thinking). Result of this study are analysis and design of building mangement information system with considerations of decision analysis by comparing new system and legacy system. Commonly the result of decision analysis showed that new system suitable with objective of this study that is to provide needed information effectively and accurately"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T33649
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yudha Dwi Putra
"Tingginya jumlah kendaraan sepeda motor di Indonesia khususnya di daerah Ibukota merupakan alasan utama pentingnya peningkatan sistem keamanan sepeda motor itu sendiri. Tiap tahun terjadi mencapai puluhan ribu kasus pencurian sepeda motor baik saat sepeda motor sedang dikendarai maupun saat diparkir. Tugas akhir ini mengembangkan prototipe peningkatan sistem keamanan sepeda motor dengan memanfaatkan sistem starter jarak jauh menggunakan koneksi Bluetooth dan autentikasi sidik jari. Sistem dilengkapi dengan sistem pemantauan posisi sepeda motor secara realtime yang dapat diakses di semua platform. Komunikasi machine-to-machine antara Arduino melalui Bluetooth digunakan untuk melakukan pengapian ignition, starter, dan pencarian sepeda motor sehingga sepeda motor dapat dinyalakan dan dimatikan selama berada dalam jangkauan Bluetooth. Fitur-fitur tersebut hanya dapat diakses apabila sidik jari yang dimasukkan pada alat merupakan sidik jari yang sudah terekam sebelumnya. Sistem terdiri dari sebuah transceiver yang digunakan sebagai pengganti kunci dan starter sepeda motor serta sebuah receiver yang berfungsi merekayasa kelistrikan sepeda motor. Hasil percobaan yang dilakukan adalah sistem berhasil diterapkan pada sepeda motor dengan tujuan peningkatan sistem keamanan dengan cara pemberitahuan dini kecurian sepeda motor melalui panggilan telepon ke pemilik sepeda motor, dapat menyalakan sepeda motor dari jarak maksimal 36 meter serta pemantauan posisi terkini sepeda motor melalui Website yang diperbarui setiap 9 detik.

The high number of motorcycles in Indonesia, especially in the capital region is the main reason of the motorcycle system itself. Each year there are thousands of cases of motorcycles both when the motor is being driven or parked. This final project develops prototype system by using long distance starter system using Bluetooth connection and fingerprint authentication. The system is equipped with a monitoring system to monitor the position of the motorcycle in realtime which can be accessed on all platforms. Communication machine to machine between Arduino via Bluetooth to ignition ignition, Starter, and motorcycle search. The bicycle bicycle can be switched on and off during Bluetooth. These features can only be accessed by the fingers used in pre recorded fingerprint devices. The system consists of a transceiver used as a ignition also starter motor and Receiver that works to control electricity of motorcycle. The result of the experiment is that the sistem successfully applied to the motorcycle with the right system by detecting stolen cases early motorcycle through telephone to the owner of the motorcycle, can ensure the motorcycle from a maximum distance of 36 meters which refresh Website every 9 seconds."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lie, Chuang
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang terdapat pada sistem persediaan batubara yang sedang berjalan, menganalisis kebutuhan sistem yang berkaitan dengan masalah yang telah diidentifikasi, dan merancang sistem informasi pengelolaan dan pengendalian persediaan yang digunakan untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pihak manajemen. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, wawancara, dan studi lapangan. Sedangkan metodologi pengembangan sistem yang diajukan menggunakan konsep FAST (Framework for the Application System Techniques). Dari penelitian ini dihasilkan suatu rancangan sistem informasi pengelolaan dan pengendalian persediaan batubara yang diharapkan dapat memberikan informasi mengenai masalah pada sistem persediaan yang sedang berjalan dan membantu memecahkan masalah tersebut, serta memudahkan manajemen dalam mendapatkan informasi yang lebih akurat dan cep
The purpose of this research is to identify problems that may occur in existing inventory system, analyze system requirements of those identified problems and design information system in managing and controlling inventory that is used to provide information for the management board. The research methodology that is used in this research is literature study, interview, and field study. And for the system development methodology, this research uses FAST (Framework for the Application System Techniques). As a result of this research is a design of information system in managing and controlling coal inventory that is hopefully able to provide information of problems that may occur in existing system and to help solving those problems. By having this new information system, the management board can get information fast and accurate."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Perwita Sari
"ABSTRAK
LAN Jakarta merupakan salah satu dari delapan satker yang ada di Lembaga Administrasi Negara. Saat ini sistem informasi terkait pengelolaan anggaran di LAN Jakarta belum terintegrasi. Sistem yang belum terintegrasi menyebabkan terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan pengelolaan anggaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan analisis dan perancangan sistem informasi yang dapat meningkatkan kinerja pengelolaan anggaran. Penelitian dilakukan dengan metode FAST Framework for The Application of System Thinking hingga tahap desain logikal berupa logical system model dan spesifikasi dari sistem yang akan dikembangkan.

ABSTRACT
LAN Jakarta is one of eight working units in the National Institute of Public Administration. Currently the information system related to budget management in LAN Jakarta has not been integrated. Systems that are not integrated cause some obstacles in the implementation of budget management. The purpose of this study is to produce analysis and design of information systems that can improve the performance of budget management. The research is done by FAST method Framework for The Application of System Thinking to logical design stage in the form of logical system model and specification of system to be developed."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sutra Prestashya
"Pusintek sebagai penyedia jasa layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK Kementerian Keuangan telah menyediakan 20 dua puluh jenis layanan TIK. Pusintek menerapkan kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library ITIL sebagai salah satu praktik terbaik pengelolaan layanan teknologi informasi guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan TIK kepada pengguna.
Dalam mendukung pelaksanaan pengelolaan layanan TIK, Pusintek telah memiliki aplikasi Sistem Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sipelantik yang digunakan untuk melakukan pencatatan permintaan layanan dan laporan gangguan TIK di lingkungan Kementerian Keuangan. Pengguna TIK Kemenkeu harus menghubungi Service Desk Pusintek melalui telepon, surat elektronik, maupun datang langsung untuk meminta layanan, melaporkan gangguan TIK di lingkungan Kementerian Keuangan, maupun saat ingin mengetahui tindak lanjut dari tiket permintaan dan gangguan yang telah dilaporkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancangan kebutuhan fungsional sistem informasi pengelolaan layanan TIK berbasis self-service yang sesuai dengan kebutuhan pengguna mengikuti alur kerja proses pada Rational Unified Process RUP.
Hasil penelitian ini berupa dokumen kebutuhan fungsional sistem informasi pengelolaan layanan TIK berbasis self-service, yaitu melibatkan pengguna dalam proses melaporkan gangguan, melakukan permintaan layanan, melakukan pengecekan status tiket, mencari informasi terkait TIK, dan beberapa fitur perbaikan Sipelantik.

Pusintek as a provider of Information and Communication Technology ICT Ministry of Finance has provided twenty types of ICT services. Pusintek implement the framework of the Information Technology Infrastructure Library ITIL as one of the best practices of information technology service management in order to improve the effectiveness and efficiency of ICT services to users.
In supporting the implementation of the management of ICT services, has had an application Pusintek Management System Service Information and Communication Technology Sipelantik used to record service requests and bug reports ICT in the Ministry of Finance. MoF ICT users should contact the Service Desk Pusintek by telephone, electronic mail, or come directly to request services, report the disruption of ICT in the Ministry of Finance, as well as when they want to know the follow up of ticket requests and incidents have been reported.
The purpose of this study is to design functional needs ICT service management information system based self service according to user needs to follow the workflow process on the Rational Unified Process RUP.
The results of this study are the functional requirements document ICT service management information system based self service, which involves the user in the process of reporting interference, perform service requests, check the status of a ticket, searching for information related to ICT, and some improved features Sipelantik.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ricko Dwi Pambudi
"Digitalisasi telah merambah ke berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor pemerintahan di bidang pengawasan pengelolaan keuangan negara. SIMWAS adalah sistem informasi di Instansi XYZ yang digunakan untuk mengelola kegiatan pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan. SIMWAS merupakan aset penting yang memuat seluruh proses bisnis pengendalian internal, namun pada praktiknya, risiko keamanan informasi SIMWAS belum dikelola dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan manajemen risiko keamanan informasi pada SIMWAS. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menganalisis manajemen risiko keamanan informasi SIMWAS menggunakan kerangka kerja berdasarkan integrasi standar ISO/IEC 27005:2018, ISO/IEC 27002:2013, dan NIST SP 800-30 Rev 1. Kerangka kerja ISO/IEC 27005:2018 digunakan sebagai kerangka kerja utama manajemen risiko, NIST SP 800-30 Rev. 1 sebagai panduan proses penilaian risiko, dan ISO/IEC 27002:2013 sebagai referensi rekomendasi penanganan risiko. Penilaian risiko keamanan informasi SIMWAS dilakukan dengan menganalisis data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keamanan informasi SIMWAS memiliki 8 risiko level rendah, 9 risiko level sedang, dan 5 risiko level tinggi. Penelitian ini menghasilkan 14 rekomendasi penanganan risiko untuk 5 risiko level tinggi dan 9 risiko level sedang, sedangkan 8 risiko level rendah dapat diterima sesuai dengan selera risiko organisasi. Instansi XYZ perlu melakukan analisis risiko residu dan analisis biaya-manfaat dari penerapan kontrol di setiap skenario risiko.

Digitalization has penetrated various aspects of life, including the government sector in the field of supervising state financial management. SIMWAS is an information system in the XYZ Agency that is used to manage surveillance activities and follow up on the results of supervision. SIMWAS is an important asset that includes all internal control business processes, but in practice, SIMWAS information security risks have not been managed properly. To overcome these problems, information security risk management is required at SIMWAS. This study aims to design and analyze SIMWAS information security risk management using a framework based on the integration of ISO/IEC 27005:2018, ISO/IEC 27002:2013, and NIST SP 800-30 Rev 1 standards. The ISO/IEC 27005:2018 framework is used as the main framework in risk management, NIST SP 800-30 Rev. 1 as a guideline for risk assessment process, and ISO/IEC 27002:2013 as a reference for risk treatment recommendations. SIMWAS information security risk assessment is carried out by analyzing data obtained from the results of interviews, observations, and document reviews. The results of this study indicate that SIMWAS information security has 8 low-level risks, 9 medium-level risks, and 5 high-level risks. This study result 14 risk treatment recommendation for 5 high-level risks and 9 medium-level risks, while 8 low-level risks are acceptable according to the organization's risk appetite The XYZ Agency needs to carry out a residual risk analysis and a cost-benefit analysis of implementing controls in each risk scenario."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Artanti Setyorini
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang proses pengadaan barang dan jasa pada Institusi Pendidikan X. Penyediaan kebutuhan barang dan jasa secara cepat dan tepat waktu sebagai penunjang dalam kegiatan operasional dan pengajaran sangatlah penting. Sistem informasi pengadaan barang dan jasa diharapkan akan mempermudah dalam proses pengadaan barang dan jasa. Analisis dan perancangan sistem informasi pengadaan barang dan jasa Institusi Pendidikan X menggunakan metode FAST Framework for the Application of System Thinking . Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis permasalahan dan kebutuhan yang diinginkan oleh stakeholder menghasilkan rancangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan proses bisnis dan stakeholder.

ABSTRACT
Focus of this study is the procurement of goods and services at an Educational Institution X. A timely procurement process to support operational and academic activity is very crucial. The procurement information system is expected to ease the process of procurement. The Analysis and design of procurement information system at Educational Institution X is employed using FAST Framework for the Application of System Thinking method. This study shows that the analysis of the problem and identification of users rsquo requirement of the expected system are necessary to produce system design that meets the requirement of business process and stakeholders."
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>