Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 193688 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lina Fitriana
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kebutuhan untuk keunikan sikap terhadap produk nilai emosional serta kualitas yang diterima terhadap niat beli di Jakarta khususnya kedai kopi waralaba lokal dan waralaba asing Excelso Coffee Bean Tea Leaf. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain riset konklusif dan jenis riset deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM Structural Equation Modelling dengan teknik pengolahan data menggunakan Lisrel 8 54. Hasil penelitian menunjukan bahwa Need For Uniqueness attitude toward product emotional value perceived quality mempunyai pengaruh yang positif terhadap purchase intention konsumen.

This riset for study explain effect from effect need for uniqueness attitutde toward product emotional value perceived quality to purchase intention specially for Customer Coffee shop from Local Franchise Excelso and Foreign Franchise Coffee Bean and Tea Leaf in Jakarta. This riset is kuantitative riset with conclusive design riset and description. Total sample for this riset is 200 respondents. The analysis technic with SEM Structural Equation Modelling Lisrel 8 54. The results showed Need For Uniqueness attitude toward emotional value perceived quality have positive effect for purchase intention customer Keyword Franchise Local Franchise Foreign Coffe shop Excelso Coffee Bean Tea Leaf."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61670
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luthfia Puspitasari
"Penelitian sebelumnya terkait efek Country of Origin (COO) terhadap niat beli konsumen telah banyak diselidiki oleh sejumlah peneliti namun, hanya sedikit penelitian yang menguji dengan menggunakan metode eksperimental. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh negara asal, kebutuhan akan keunikan, sikap terhadap iklan, dan sikap merek terhadap niat membeli dalam produk kosmetik. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis kausal, 2 (karakteristik individu: keunikan tinggi vs keunikan rendah) x 4 (negara: Indonesia, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Perancis), eksperimen between-subject. Total sampel berjumlah 200 responden, usia 25 - 40 tahun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh COO tidak signifikan terhadap sikap dan niat membeli kosmetik, namun COO memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap merek, sikap terhadap iklan, dan niat beli konsumen dengan NFU rendah. Konsumen dengan NFU rendah cenderung memilih lipstik buatan Indonesia daripada buatan Prancis, AS dan Korea Selatan. Perbedaan tingkat NFU terbukti memoderasi efek COO terhadap sikap merek, sikap terhadap iklan, dan niat membeli.

Country of origin has been investigated by number of scholars however, there is a dearth of research using experimental methods. This research aims to examine the influence of country of origin, need for uniqueness, attitude toward the ad, and brand attitude on purchase intention in cosmetics product. The method used in this research is quantitative with causal type, 2 (individual characteristic: high uniqueness vs low uniqueness) x 4 (countries: Indonesia, USA, South Korea, and France) between-subjects experiment. The sample size was 200 respondents, age 25 - 40 years.
The result suggest that the influence of COO was not significant on attitudes and intentions to purchase cosmetics. However, COO has a significant effect on brand attitudes, attitudes toward advertising, and consumer purchase intention with low NFU. Consumers with low NFU tend to choose lipstick made in Indonesia rather than made in French, USA and South Korea. The difference in NFU levels moderates the COO effect on brand attitudes, attitudes toward advertising, and purchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadli Rezasyah Alam
"Tesis ini menganalisis pengaruh tingkat kreativitas iklan, need for uniqueness dan need for cognition, terhadap sikap terhadap iklan (attitude toward the ad), sikap terhadap merek (attitude toward the brand), serta minat membeli (purchase intention) konsumen. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan merupakan riset konklusif yang bersifat kausal dimana bertujuan untuk menguji hipotesis dan khususnya untuk memeriksa hubungan antara variabel - variabel dependen dan independen yang diuji.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan hubungan yang positif antara kreativitas iklan dan need for uniqueness terhadap sikap dan minat membeli konsumen. Disisi lain penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh dan hubungan yang signifikan antara kreativitas iklan dan need for cognition terhadap sikap dan minat membeli konsumen. Sehingga dalam kaitannya dengan tingkat kreativitas iklan dapat dikatakan bahwa faktor need for uniqueness lebih mempengaruhi sikap dan minat membeli konsumen dibandingkan dengan faktor need for cognition.

This paper analyze the effect level of advertisement creativity, need for uniqueness and need for cognition, towards attitude toward the ad, attitude toward the brand andpurchase intention. This study used quantitative methods and was a conclusive research with causal type, which its objective was to test the hypothesis and specially to verify the relationship between its independent and dependent variables.
This study showed that there is positive effect and relationship between the levels of advertisement creativity and need for uniqueness towards consumerspurchase intention and attitudes. On the other hand, this study also showed that there is no effect and significant relationship between advertisement creativity and need for cognition towards consumerspurchase intention and attitudes. So in relation with the level of advertisement creativity, the need for uniqueness factor gives more effect on consumer?s purchase intention and attitudes than the need for cognition factor.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
T30265
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mazaya Putri Diandari
"Kembalinya popularitas jual beli pakaian bekas berhubungan dengan minat konsumen terhadap sustainability. Selain tren sustainability, tren vintage didorong kecenderungan konsumen untuk mencari authenticity dan nilai keunikan melalui pakaian bekas membawa perubahan terhadap perilaku pembelian pakaian bekas. Penelitian ini menganalisis hubungan antara environmentalisme, kesederhanaan dan kebutuhan akan keunikan terhadap minat beli pakaian bekas. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode simple random sampling dengan kuesioner online. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara environmentalisme dan kebutuhan akan keunikan terhadap minat beli pakaian bekas.

The return of the popularity of used clothing is related to consumer’s growing interest in sustainability. In addition to sustainability trends, the comeback of the vintage trend encouraged by consumers' tendency to seek authenticity and unique value through used clothing brings changes to their consumer behavior. This study discusses the influence between environmentalism, frugality, need for uniqueness and purchase intention of second-hand clothes. This quantitative study uses simple random sampling with an online survey. This study found that there was a significant influence between environmentalism and the need for uniqueness to purchase of used clothing."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gede Mahatma Yuda Bakti
"Label kualitas merupakan salah satu atribut produk yang dianggap penting dalam proses keputusan pembelian. Meski demikian, studi mengenai peran label kualitas masih jarang dilakukan dan beberapa temuan menghasilkan temuan yang kontradiktif. Untuk mengisi kesenjangan yang ada dalam literatur, penelitian ini bermaksud untuk mengkaji pengaruh label kualitas terhadap sikap konsumen (kualitas produk dan niat membeli) dalam mengambil keputusan pembelian produk, tergantung pada brand familiarity dan keterlibatan produk.
Penelitian ini dilakukan dengan 2 studi eksperimen. Desain eksperimen studi 1 yaitu 2 (label kualitas: ada vs tanpa label) x 2 (Brand familliarity : familiar vs unfamiliar) dengan eksperimen between- and within-subject. Partisipan studi 1 diperoleh sebanyak 155 mahasiswa S1 Universitas Indonesia. Sedangkan, desain eksperimen studi 2 yaitu 2 (label kualitas: ada vs tanpa label) x 2 (keterlibatan produk : tinggi vs rendah) dengan eksperimen between- and within-subject. Partisipan studi 2 diperoleh sebanyak 266 mahasiswa S1 Universitas Jendral Soedirman.
Hasilnya menunjukan bahwa pengaruh label kualitas terhadap persepsi kualitas produk dan niat membeli produk tergantung pada brand familiarity. Hal yang sama, pengaruh label kualitas terhadap persepsi kualitas produk dan niat membeli produk tergantung pada keterlibatan produk.

Quality label is one of the attributes of the products that are considered important in the purchase decision process. However, studies on the role of the quality label is rarely conducted and some of the findings resulted in contradictive findings. To fill the existing gap in the literature, this study intends to examine the effect of quality label on consumer attitudes (product quality and purchase intention) in making purchasing decisions of products, depends on brand familiarity and product involvement.
This research was conducted with two experimental studies. Experimental design of study 1 was 2 (quality label : present vs not present) x 2 (brand familiarity: familiar vs unfamiliar) with a between- and within-subject experiments. Participants of study 1 was obtained as many as 155 bachelor students from University of Indonesia. Meanwhile, experimental design of study 2 was 2 (quality label : present vs not present) x 2 (product involvement: high vs low) with a between- and within subject experiments. Participants of study 2 was obtained as many as 266 bachelor students from Jenderal Soedirman University.
The result shows that the effect of quality label on perceived product quality and intention to buy the product depends on brand familiarity. Similarly, the effect of quality label on perceived product quality and intention to buy the product depends on product involvement.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T43810
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Andika Amin Suhada
"ABSTRAK
Penulisan penelitian ini dimaksudkan untuk memahami persepsi konsumen keduanya kognitif dan afektif terhadap produk organik dan bagaimana merespons dalam bentuk mereka sikap terhadap produk. Pergeseran dalam metode belanja dari konvensional ke online telah juga terjadi di industri ini, di mana semua informasi dan interaksi konsumen dengan produk organik diperoleh melalui layar perangkat. Tentu saja, ada perubahan pada cara rangsangan disampaikan dalam kasus ini. Desain penelitian ini adalah deskriptif cross-sectional konklusif di mana metode pengumpulan data dilakukan dengan survei melalui formulir google untuk 246 responden. Metode pengambilan sampel adalah nonprobability purposive sampling dengan kuesioner yang dibagikan kepada Sayurbox Pengikut media sosial Instagram. Kuesioner berisi pertanyaan dan pernyataan sebagai instrumen untuk mengukur persepsi dan motif mereka. Jadi, unit analisis dalam hal ini studi adalah Sayurbox, layanan ritel online untuk produk sayuran / segar. Penelitian Metode kuantitatif dengan analisis hipotesis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Selanjutnya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kandungan gizi, kesejahteraan ekologis, dan daya tarik indera mempengaruhi sikap terhadap produk organik,
sedangkan tingkat pengetahuan produk dan konten alami menunjukkan hasil sebaliknya. Itu hasil juga menunjukkan bahwa motif belanja online tidak memoderasi hubungan antara sikap terhadap produk organik dan niat beli.

ABSTRACT
The writing of this research is intended to understand consumer perceptions both cognitive and affective towards organic products and how to respond in the form of their attitude to the product. The shift in shopping methods from conventional to online has also occurred in this industry, where all information and interaction of consumers with organic products is obtained through the device screen. Of course, there are changes in the way in which stimuli are delivered in this case. The design of this study was conclusive cross-sectional descriptive where the method of data collection was conducted by survey through google form to 246 respondents. The sampling method is nonprobability purposive sampling with a questionnaire distributed to the Sayurbox Instagram social media followers. The questionnaire contains questions and statements as instruments for measuring their perceptions and motives. So, the unit of analysis in this study is Sayurbox, an online retail service for vegetable / fresh products. The research method is quantitatively by hypothesis analysis using the Structural Equation Model (SEM). Furthermore, the results of this study indicate that the factor of nutritional content, ecological welfare, and sensory appeal influence attitudes towards organic products, while the knowledge level of product and natural content show the opposite result. The results also show that the online shopping motives does not moderate the relationship between attitudes towards organic products and purchase intentions."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Priyono
"Walau konsep Brand Origin (BO) sudah banyak diteliti, namun masih jarang yang berfokus pada produk experiential seperti musik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi BO sebagai faktor objektif dengan product usage experience sebagai faktor subjektif terhadap minat beli produk musik yang berasal dari dua BO berbeda, yaitu Indonesia (lokal) dan Amerika Serikat (asing).
Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan mayoritas responden berumur muda berjumlah 137 orang. Data empiris yang dikumpulkan lewat survei digunakan untuk menguji dua set hipotesa terkait BO Indonesia dan BO Amerika Serikat.
Hasil penelitian menunjukkan jika persepsi BO memiliki pengaruh langsung terhadap persepsi kualitas namun tidak memiliki pengaruh langsung terhadap minat beli produk musik baik Indonesia maupun Amerika Serikat. Sedangkan product usage experience memiliki pengaruh langsung terhadap persepsi kualitas dan minat beli. Hasil penelitian ini juga menunjukkan jika persepsi kualitas memiliki pengaruh langsung terhadap minat beli produk musik Amerika Serikat namun tidak memiliki pengaruh langsung terhadap minat beli produk musik Indonesia.

Although the concept of Brand Origin (BO) has been widely studied, but it was rarely focused on experiential products such as music. The purpose of this study is to investigate the influence of BO perception as an objective factor and product usage experience as a subjective factor to the perceived quality and purchase intention of music products that come from two different BO, namely Indonesia (local) and the United States (foreign) among Indonesian consumers.
The method used is quantitative research, involving 137 respondents with the majority of young respondents. Empirical data collected via surveys were used to test two sets of hypotheses related to the BO of Indonesia and the United States.
The results indicated that the BO perception has a direct influence on perceived quality but has no direct influence on purchase intention both Indonesia and the United States music products, while product usage experience has direct influence both on perceived quality and purchase intention. The results also demonstrate that perceived quality has a direct influence on purchase intention of United States music products, but has no direct influence on purchase intention of Indonesia music products.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T45582
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifa Atuz Zulfa Widayati
"Terdapat 2 (dua) tujuan pada penelitian ini, pertama adalah mengetahui perbedaan sikap terhadap merek pada saat sebelum dan setelah melihat iklan. Kedua, untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan minat beli (purchase intention) terhadap 2 (dua) daya tarik iklan yang berbeda, yaitu emosional dan informasional (rasional). Desain penelitian yang digunakan dalam melakukan riset kausal adalah pre-experimental designs melalui pendekatan uji awal-uji akhir (pre–post test), dan berdasarkan dimensi waktu penelitian ini dilakukan secara cross sectional.
Jumlah subyek penelitian adalah 60 (enam puluh) orang yang belum pernah melihat 4 (empat) versi iklan Pertamax yang digunakan sebagai perlakuan (treatment) pada penelitian ini. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan non parametric test, yaitu uji Wilcoxon dan U Mann-Whitney. Hasilnya, pasca melihat iklan emosional terjadi perubahan pada indikator kualitas. Sedangkan pasca melihat iklan informasional (rasional) terjadi perubahan pada indikator favorit dan citra berkelas. Meskipun demikian, iklan emosional dan informasional (rasional) tidak memiliki perbedaan pengaruh terhadap minat beli (purchase intention).

There are 2 (two) objectives in this study, the first is to determine differences in attitudes toward the brand at the time before and after exposure to the ads. Second, to determine whether there are differences in purchase intention towards 2 (two) different advertising appeals are emotional and informational (rational). The research design used in conducting causal research is pre-experimental designs through pretest and posttest, based on the time dimension of this research conducted within cross sectional.
The number of study subjects was 60 (sixty) people who have never seen 4 (four) version of the Pertamax ads which used as a treatment in this research. Furthermore, the data were analyzed by using non-parametric tests are the Wilcoxon test and U Mann-Whitney. The results, there is a change of quality indicators after seeing emotional ads. While after seeing informational (rational) ads changes the favorable and classy indicators. However, emotional and informational (rational) ads does not have a different effect on purchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53492
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arila Suriosasti
"Perkembangan teknologi telah membawa dampak pada berkembangnya komunitas online di Indonesia. Penilaian terhadap kualitas layanan yang dipersepikan menjadi salah satu faktor yang dapat dipengaruhi oleh pengalaman berinteraksi anggota dalam komunitas. Penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa dimensi pengalaman komunitas online memiliki hubungan dengan kualitas layanan yang dipersepikan. Penelitian ini didesain untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara pengalaman komunitas online, sikap pada produk, perusahaan dan kualitas layanan yang dipersepikan dalam konteks komunitas online. Responden dalam penelitian ini berjumlah 290 orang yang merupakan anggota dari komunitas online milik Majalah Femina, Cita Cinta, Cosmopolitan dan Cleo. Sebuah model penelitian dengan tiga besar hipotesis diuji menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengetahui pengaruh pengalaman komunitas online terhadap sikap pada produk, perusahaan dan kualitas layanan yang dipersepikan. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh pengalaman komunitas online terhadap sikap pada produk, perusahaan dan kualitas layanan yang dipersepikan melalui dimensi dan nilai yang berbeda-beda.

Technological developments have an impact on the development of online communities in Indonesia. Assessment of perceived service quality is one factor that has a positive association with the members’ interaction experience in the community. Previous research has shown that the dimensions of online community experience affect perceived service quality. This study was designed to determine the relationship and influence between the online community experience, attitude towards the product, attitude towards company and perceived service quality in the context of online communities. Respondents in this study amounted to 290 people who are members of the Femina, Cita Cinta, Cosmopolitan and Cleo magazine’s online community. A model with three major research hypotheses were tested using Structural Equation Modeling (SEM) to determine the influence of online community experience on attitude towards the product, attitude towards company and perceived service quality. The study states that the online community experience can influence the attitude towards the product, company and perceived service quality through the different dimensions and values.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmadian Puspitasari
"Kebutuhan manusia terus meningkat sehingga makanan ramah lingkungan diperlukan untuk keberlanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana healthy lifestyle, health concern, environment concern, product quality mempengaruhi niat pembelian kopi organik dengan memperluas Theory of Planned Behavior (TPB). Sampel diperoleh dari 205 responden yang tidak pernah membeli kopi organik dengan menggunakan metode judgmental sampling. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling untuk menguji 7 hipotesis yang menghubungkan 8 konstruk kekuatan hubungan antar konstruk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa healthy lifestyle dan product quality berpengaruh positif dalam sikap untuk membeli kopi organik. Dengan demikian untuk mendorong niat yang lebih tinggi untuk membeli lebih banyak kopi organik, lembaga terkait harus mempromosikan dan mendukung konsumen untuk mengetahui kopi organik dengan memperkuat promosi faktor

Human needs are keep increasing so that eco-friendly food is necessary for sustainability. The purpose of this paper is to determine how healthy lifestyle, health concern, environmental concern, and product quality are influencing the intention of purchasing organic coffee by expanding Theory of Planned Behavior (TPB). The samples are obtained from 205 respondents who never bought organic coffee using judgmental sampling method. Data were analyzed using Structural Equation Modeling to test 7 hypotheses connecting the 8 constructs of the relationship strength between constructs. The results of this study indicate that healthy lifestyle and product quality have a positive effect on attitudes to buying organic coffee. Thus to encourage higher intention to buy more organic coffee, related institutions must promote and support consumers to find out organic coffee by strengthening the promotion of healthy lifestyle factors and product quality."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>