Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 134571 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ria Dewi Ambarwati
"Penelitian ini membahas optimalisasi pelaporan saldo Kas di Bendahara Pengeluaran oleh KPPN Jakarta II. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan soft system methodology. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh KPPN Jakarta II dalam pelaporan saldo Kas di Bendahara Pengeluaran dan merumuskan rekomendasi untuk mengatasi masalah tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan beberapa permasalahan yaitu ketidakpatuhan satker, KPPN, dan Bank/Pos Persepsi, lemahnya koordinasi, tidak efektifnya sanksi, dan munculnya potensi kas menganggur. Rekomendasi penelitian ini adalah agar KPPN melakukan penilaian kinerja satker, meningkatkan kompetensi pegawai, membentuk tim rekonsiliasi internal, dan membuat sistem monitoring atas pencatatan saldo Kas di Bendahara Pengeluaran.

This research discusses the optimization of cash balance report in Disbursing Treasurer by KPPN Jakarta II. This study is a qualitative research with soft system methodology approach. The objective of this study is to identify the problems faced by KPPN Jakarta II in reporting cash balance in Disbursing Treasurer and to formulate recommendations to solve the problems. This research shows some problems such as noncompliance from work units, treasury office, and Bank/Post Perception, lack of coordination, ineffective sanctions, and emergence of idle cash. Several recommendations resulted from this research are to conduct assessment for work unit performance, to enhance employee?s competence, to establish internal reconciliation team and monitoring system of cash balance in Disbursing Treasurer.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edy Suprianto
"Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses penyusunan anggaran pada Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam rangka penerapan penganggaran berbasis kinerja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan soft systems methodology untuk mencapai rekomendasi yang disepakati oleh semua pihak terkait. Rekomendasi yang dihasilkan oleh penelitian ini berupa penajaman perumusan output melalui pelibatan SMKO sebagai koordinator penyusunan output dan target volumenya, pembentukan tim penyusun standar struktur biaya output, dan meningkatkan kualitas evaluasi anggaran.

This research aims to optimize the budget planning process at Head Office of Directorate General of Treasury in order to implement performance based budgeting. This research is a qualitative research using soft system methodology approach to give recommendations that are agreed by all involved parties. Recommendations of this research are sharpening the formulation of output through the involvement of SMKO as a coordinator of formulation output and its volume targets, the establishment of drafting team standard cost structure of output, and improve the quality of budget evaluation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marlina Juwita
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penatausahaan aset tetap pada Pemerintah Kabupaten Bungo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Soft System Methodology. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada standard operating procedure SOP penatausahaan aset tetap. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pada kompetensi dan sistem reward serta punishment untuk pengurus barang. Agar dapat memecahkan masalah tersebut, penelitian ini bersama para pelaksana penatausahaan aset tetap di Pemerintah Kabupaten Bungo sepakat untuk menyusun standard operating procedure SOP penatausahaan aset tetap, dimulainya program sertifikasi dan pemberian reward serta punishment untuk pengurus barang.

This research aims to analyze the fixed assets administration in Bungo District Government. This research uses Soft System Methodology. Results of research indicate that there is no standard operating procedure SOP of fixed assets administration. Beside that, there are weaknesses in the competence and reward and punishment system to administrators. To solve these problems, this research together with the practitioner of fixed assets administration in Bungo District Government agreed to establish standard operating procedure SOP of fixed assets administration, the certification program, and the commencement of reward and punishment for administrators.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fransiska Vatma Paramita Esti Utami
"Penerapan infografis di lingkungan Badan Pusat Statistik sudah dilakukan sejak tahun 2014. Namun, mengingat adanya keterbatasan SDM dalam hal desain, infografis ini belum dapat diterapkan di semua wilayah, sebagian besar masih dilakukan di BPS pusat. Oleh karena itu, BPS membangun perangkat lunak Infografis Editor v.1 dengan maksud untuk membantu unit kerja teknis supaya dapat mendesain infografis sendiri. Pada awalnya, Infografis Editor dibuat dengan keinginan mengadopsi fitur-fitur yang ada pada perangkat lunak online yang sudah ada sebelumnya, yaitu easel.ly dan piktochart.com. Namun demikian, berdasarkan kuesioner, responden berpendapat bahwa Infografis Editor belum dapat memenuhi fasilitas-fasilitas yang diharapkan.
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan rancangan fitur-fitur perangkat lunak editor infografis di lingkungan Badan Pusat Statistik baik di pusat maupun daerah. Perancangan fitur-fitur tersebut dilakukan dengan menggunakan metodologi Soft System Methodology (SSM) dimana di dalamnya menggunakan metode studi dokumen, observasi, wawancara, dan kuesioner untuk menggali informasi/data sebanyak mungkin terkait penelitian. Kuesioner dipilih sebagai metode untuk mengumpulkan data kebutuhan dan validasi fitur dikarenakan keterbatasan penulis untuk menjangkau responden di daerah secara langsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan case study research dan action research.
Hasilnya, diperoleh 29 fitur yang dipertahankan dari Infografis Editor v.1, 29 fitur tambahan, 6 usulan non fungsional terkait perangkat lunak Infografis Editor dan rancangan antarmuka (mockup) yang bertujuan memperjelas pemahaman pengembang perangkat lunak nantinya.

Application of infographics in the BPS-Statictics Indonesia has been conducted since 2014. However, the lack of human resources in terms of design causes infographics can not yet be applied in all areas in Indonesia, it is still largely done in center BPS-Statistics Indonesia. This condition encourage BPS-Statistics Indonesia to build a software named Infographics Editor v.1 to assist technical and operational units in order to be able to design their own infographics. At first, the Infographics Editor created with adopting the features of online software that already exist, namely easel.ly and piktochart.com. But, based on the questionaire, the respondents found that Infographics Editor v.1 can not fill their expected facilities.
This research conducted to produce the design features of Inforgraphics Editor v.1 in BPS-Statistics Indonesia, in both central area and local levels. The design of the features were performed using Soft System Methodology (SSM) which included using document study, observation, interview, and questionaire to collect related data and information. Questionaires chosen as a method to collect the requirement data and its validation, because the researcher can not reach the respondents in local levels directly. This research used a qualitative method with case study and action research.
The result obtained 29 features retained from Infographics Editor v.1, 29 additional features, 6 related non-functional proposals, and interface design (mockup) which aims to facilitate software developer later.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wilson, A.G.
New York: John Wiley & Sons, 1981
910.72 WIL g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Kurniawan Santoso
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi prinsip TQM di KPPN, prioritas prinsip TQM, dan prioritas faktor penentu keberhasilan implementasi prinsip TQM sehubungan dengan tingkat indeks kepuasan pelanggan yang diterima KPPN di Tahun 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif melalui penyebaran kuesioner survei kepada 30 orang pegawai KPPN Medan II dan 50 orang pegawai KPPN Jakarta IV. Dalam menguji implementasi prinsip TQM dan prioritasnya, penelitian ini menggunakan delapan prinsip TQM sebagai sub variabel penelitian, yaitu: kepemimpinan, fokus pada pelanggan, keterlibatan dan pemberdayaan pegawai, pendidikan dan pelatihan, kerjasama, pengukuran kinerja, sistem informasi dan analisis, dan perbaikan berkelanjutan. Sementara itu, untuk menguji prioritas faktor penentu keberhasilan implementasi TQM, penelitian ini menggunakan tiga faktor internal sebagai sub variabel penelitian, yaitu: komitmen dan dukungan pimpinan puncak organisasi, keterlibatan seluruh pegawai, serta kondisi lingkungan dan budaya organisasi.
Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa implementasi delapan prinsip TQM di KPPN Medan II lebih tinggi dibandingkan dengan implementasi prinsip TQM di KPPN Jakarta IV. Hal tersebut selaras dengan tingkat indeks kepuasan pelanggan yang diterima KPPN Medan II yang juga lebih tinggi dibandingkan yang diterima oleh KPPN Jakarta IV. Selain itu, disimpulkan bahwa prioritas implementasi prinsip TQM di KPPN Medan II dan KPPN Jakarta IV sedikit berbeda, namun secar umum menempatkan prinsip kepemimpinan, kerjasama, serta keterlibatan dan pemberdayaan pegawai sebagai tiga prinsip yang paling penting dan memiliki prioritas tinggi untuk diimplementasikan. Kemudian, hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa faktor komitmen dan dukungan pimpinan puncak organisasi dianggap memiliki peran sangat penting bagi keberhasilan implementasi prinsip TQM, disusul dengan faktor keterlibatan seluruh pegawai, serta kondisi lingkungan dan budaya organisasi.

The purpose of this study is to determine the extent of implementation of TQM principles, priorities of TQM principles, and the priority of successful determinants for implementation of TQM principles in the State Treasury Office (STO), in relation to an index level of customer satisfaction received by the STO in 2012.This study used a descriptive quantitative research method using questionnaire surveys distributed to 30 Medan II STO employees and 50 Jakarta IV STO employees. In examining the implementation of TQM principles and its priorities, this study used eight principles of TQM as sub-variables: leadership, customer focus, employee involvement and empowerment, education and training, collaborative work, performance evaluation, information systems and analysis, and continuous improvement. Meanwhile, to test the priorityof successful determinants for TQM implementation, this study used three internal factors as sub-variables, namely: commitment and support of the top leadership of the organization, overall employee involvement, as well as organizational environment and culture.
The result of this study show that the implementation of the eight principles of TQM in Medan II STO was more substantial than in Jakarta IV STO. This is in line with the level of customer satisfaction index from Medan II STO, which was also higher than that of Jakarta IV STO. Moreover, it was concluded that the TQM principles prioritized to be implemented in Medan II STO and Jakarta IV STO were slightly different, but in general, principles of leadership, cooperation, overall employee involvement and empowerment were placed as the three most important and most prioritized principles to be implemented. Lastly, commitment and support from the top leadership of the organization were considered as very important successful determinants for implementation of TQM principles, followed by overall employee involvement, organizational environment and culture.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T53244
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renata Syorindah Aprillia
"Studi ini merupakan Evaluasi Pelaksanaan Program Petani dan Nelayan Go Online yang telah dirancang oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) dan dikelola oleh pengembang aplikasi petani dan nelayan. Studi ini menggunakan analisis CIPP (Contex, Input, Process, And Product) dengan Soft Systems Methodology. Program Petani dan Nelayan Go Online merupakan dukungan Pemerintah Indonesia dalam sektor Pertanian dan Perikanan yang menggunakan teknologi ekonomi digital. Tujuan penelitian yaitu untuk melihat dampak yang dihasilkan dari pemakaian aplikasi pada Petani dan Nelayan. Dalam pelaksanaan Program Petani dan Nelayan Go Online terdapat ketidaksesuaian konsep program antara penyelenggara dan pengelola program kemudian berdasarkan aspek pemberdayaan. Keberlanjutan pelaksanaan program diinginkan oleh Petani dan Nelayan agar kegiatan pemberdayaan tetap dapat terlaksana. Pendekatan yang dilakukan adalah paradigma interpretatif untuk dapat memahami dan menganalisis seluruh pihak yang terkait dalam Program Petani dan Nelayan Go Online untuk mendukung evaluasi program.

This study is an evaluation of the implementation of the Go Online Farmer and Fisherman Program that has been designed by the Ministry of Communication and Information (KOMINFO) and is managed by a farmer and fisherman application developer. This study uses CIPP analysis (Contex, Input, Process, And Product) with Soft Systems Methodology. The Go Online Farmer and Fisherman Program is the support of the Indonesian Government in the Agriculture and Fisheries sector that uses digital economy technology. The research objective is to see the impact resulting from the use of the application on farmers and fishermen. In the implementation of the Go Online Farmer and Fisherman Program, there is a mismatch in the program concept between the organizer and the program manager based on the aspect of empowerment. Farmers and fishermen want the sustainability of program implementation so that empowerment activities can still be carried out. The approach taken is an interpretive paradigm to be able to understand and analyze all parties involved in the Go Online Farmers and Fishermen Program to support program evaluation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
New York: John Wiley & Sons, 1970
300.18 CHA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Checkland, Peter
Chichester: John Wiley & Sons, 2009
003 CHE s;003 CHE s (2)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sudarsono Hardjosoekarto
Jakarta: UI-Press, 2012
003 SUD s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>