Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 123782 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Experiment is the core of physics subject. Most of physics phenomena taught in school, are not based on observation. They are taught verbally and in few cases they are correlated with phenomena found in daily life. The presence of virtual laboratory could solve the problems as well as provide alternative solution for lack of equipments of physics laboratory in most school. This research explained the perception of students about utilization of virtual laboratory in physics to learn the topic of linear motion. The research carried out on student class X in SMAN 87 Jakarta Selatan in 2009/2010. Data is collected from quessioner and then analyzed descriptively. The result indicates that using virtual laboratory, students better understand the concept of linear motion and give them experiences of more save and more compartable practicum. "
JPUT 12:2 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Marsha Maharani
"ABSTRAK
Fokus utama dalam penelitian ini adalah menganalisis peran faktor ekonomi, sosial, dan demografis dalam mempengaruhi permintaan terhadap pendidikan tinggi. Model yang dipilih untuk analisis ini adalah model binomial logit. Dengan menggunakan data dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2012, penelitian ini menemukan bagaimana pengaruh biaya langsung, pendapatan yang dikorbankan, dan karakteristik sosial-ekonomi rumah tangga (pendapatan rumah tangga dan tingkat pendidikan orang tua), yang dikontrol dengan variabel kemampuan nonkognitif, lokasi tempat tinggal, dan gender, terhadap keputusan individu untuk berpartisipasi di pendidikan tinggi. Biaya langsung dan pendapatan yang dikorbankan terbukti menurunkan probabilitas individu berpartisipasi di pendidikan tinggi secara signifikan, sedangkan karakteristik sosial-ekonomi rumah tangga memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan berpartisipasi di pendidikan tinggi.

ABSTRACT
The main focus of this study is to analyze the role of economic, social, and demographic in influencing the demand for higher education. The model selected for this analysis is a binomial logit model. Using data from Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2012, this study found how the influence of direct costs, forgone earnings, and households? socio-economic characteristics (household income and education level of parents), which are controlled by noncognitive ability, location, and gender, on individual's decision to participate in higher education. The direct costs and forgone earnings have significantly lower the likelihood of participation in higher education, while households? socio-economic characteristics have a positive effect on higher educational choice."
2016
S64629
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1980
378 IND h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Lidya Marcelina
"Tujuan pendidikan nasional Indonesia adalah memberikan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat. Evaluasi sistem e-learning menjadi penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkonsolidasikan aspek multi-dimensi evaluasi e-learning dengan menerapkan BSC sebagai metode pengukuran strategis. Studi ini selanjutnya mencari solusi untuk merancang pendekatan sistematis di mana tiga pertimbangan yang sama pentingnya harus diseimbangkan; organisasi, pedagogis, dan teknologi. Untuk mengidentifikasi ukuran dari masing-masing perspektif, penelitian ini melakukan tinjauan pustaka yang komprehensif dan menggunakan analisis survei. Penelitian ini memperkenalkan kerangka kerja untuk menilai sistem e-learning dengan menggunakan proses hirarki analitik fuzzy (FAHP) dan BSC, hasilnya mengusulkan integrasi langkah-langkah pedagogis, organisasi dan teknis berdasarkan kerangka kerja BSC.

The aim of Indonesia's national education is to provide quality education for all people. Evaluation of the e-learning system is important. The aim of this study is to consolidate the multi-dimensional aspects of e-learning evaluation by applying the BSC as a strategic measurement method. This study further seeks a solution to designing a systematic approach in which three equally important considerations must be balanced; organizational, pedagogical, and technological. In order to identify the size of each perspective, this study conducted a comprehensive literature review and used survey analysis. This study introduces a framework for assessing e-learning systems using a fuzzy analytical hierarchy process (FAHP) and BSC, the results suggest an integration of pedagogical, organizational and technical measures based on the BSC framework."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Linda Rahmah Yuliati
"Kinerja PT, tidak terkecuali PTS sangat dipengaruhi oleh gaya pemimpin PT yang bersangkutan. Pemetaan tipe kepemimpinan pemimpin 100 PTS di DKI Jakarta yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini, dengan indikator kepemimpinan yang ideal untuk menghadapi perubahan di era globalisasi menunjukkan bahwa sebagian besar 98 pemimpin PTS di DKI Jakarta masuk dalam kategori tipe kepemimpinan transformasional, sementara 2 sisanya masuk dalam kategori tipe kepemimpinan transaksional. Namun apabila dicermati secara lebih detil nilai yang dimiliki oleh 2 pemimpin PTS yang masuk dalam kategori tipe kepemimpinan transaksional tersebut mendekati nilai untuk tipe kepemimpinan transformasional. Dengan demikian, maka secara umum dapat dikatakan bahwa 100 pemimpin PTS di DKI Jakarta memiliki tipe kepemimpinan transformasional.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini difokuskan pada pengaruh peran Kepemimpinan Transformasional dalam membangun Code of Conduct, Best Practice, dan Kinerja dalam mewujudkan Good University Governance PTS di DKI Jakarta. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1 menganalisis pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Code of Conduct; 2 menganalisis pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Best Practice; 3 menganalisis pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja; 4 menganalisis pengaruh Code of Conduct terhadap Best Practice; 5 menganalisis pengaruh Code of Conduct terhadap Kinerja; dan 6 menganalisis pengaruh Best Practice terhadap Kinerja.
Hasil analisis menggunakan metode Structural Equation Model SEM menunjukkan bahwa 1 Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif sebesar 0,5 terhadap terbentuknya Code of Conduct; 2 Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif sebesar 0,36 terhadap terbentuknya Best Practice; 3 Kepemimpinan Transformasional tidak berpengaruh secara langsung terhadap Kinerja, namun berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja melalui Best Practice; 4 Code of Conduct berpengaruh positif sebesar 0,67 terhadap terbentuknya Best Practice; 5 Code of Conduct tidak berpengaruh secara langsung terhadap Kinerja, namun berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja melalui Best Practice; dan 6 Best Practice berpengaruh positif sebesar 0,76 terhadap Kinerja. Code of Conduct tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja karena di negara berkembang Code of Conduct sangat ditentukan oleh budaya lokal, merupakan sesuatu yang baru bagi PTS, dan untuk implementasinya perlu adanya contoh melalui Best Practice. Kata kunci: kepemimpinan transformational, code of conduct, best practice, kinerja PTS, good university governance.

The performance of Higer Education HE , not least the private ones, is strongly influenced by the style of leadership of the relevant HE. The mapping of leadership types of 100 university leaders in DKI Jakarta is taken as samples in this study, with the ideal leadership indicators to encounter changes in the globalization era showing that most private university leaders in DKI Jakarta 98 fall into the category of transformational leadership type. The remaining 2 falls into the category of transactional leadership type. However, more detailedly examined, the value owned by the 2 of Private Higher Education PHE leaders who fall into the category of transactional leadership type is close to the value for the type of transformational leadership. It can therefore generally be said that 100 private university leaders in DKI Jakarta have a transformational leadership type.
The issues raised in this study are focused on the influence of Transformational Leadership in building Code of Conduct, Best Practice, and Performance in achieving Good University Governance of PHEs in DKI Jakarta. The purpose of this research is to analyze 1 the influence of Transformational Leadership on Code of Conduct 2 the influence of Transformational Leadership on Best Practice 3 the influence of Transformational Leadership on Performance 4 the effect of Code of Conduct on Best Practice 5 the effect of Code of Conduct on Performance and 6 the influence of Best Practice on Performance.
The result of the analysis using Structural Equation Model SEM method show that 1 Transformational Leadership had positive effect of 0.5 on the formation of Code of Conduct 2 Transformational leadership has a positive effect of 0.36 on the formation of Best Practice 3 Transformational leadership does not directly affect performance, yet indirectly affects it through Best Practice 4 Code of Conduct has a positive effect of 0.67 on the formation of Best Practice 5 The Code of Conduct has no direct effect on Performance, yet indirectly affects it through Best Practice and 6 Best Practice has a positive effect of 0.76 on Performance. The Code of Conduct does not directly affect performance since in the developing countries Code of Conduct is strongly determined by local culture.It is something new for the PHEs, and for its implementation, they need an example through Best Practice. Keywords Transformational Leadership, Code of Conduct, Best Practice, Performance of Private Higher Education, Good University Governance."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
D2343
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: University of Indonesia Press , 1980
378 ASS s (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
D. A. Tisna Amidjaja
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1980
378 TIS k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1980
378.598 IND g
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Supriadi
Jakarta : Rosda Jayaputra, 1997
378.598 DED i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Makagiansar, Makaminan
Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1976
378 MAK h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>