Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 104755 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Universitas Terbuka (UT) yang disediakan oleh staf pendidikan dari Universitas Terbuka (UT) untuk membantu mahasiswa mengatasi kesulitan mahasiswa. Makalah ini berfokus pada kemampuan siswa dalam melakukan tugas, yang diberikan oleh guru selama kegiatan tutorial online. Penelitian dilakukan di UT kegiatan program tutorial Kimia Lingkungan Subjek pada masa percobaan 2010.2, 2.011.1 2.011,2, 2.012,1 dan 2,012,2 melibatkan 81 siswa. Data diperoleh berdasarkan jawaban siswa terhadap tugas /tugas yang diberikan oleh tutor. Indikator yang digunakan untuk analisis siswa jawaban tugas yang siswa kemampuan dalam taksonomi Bloom menganalisis. Data kemudian dianalisis menjadi deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Semua siswa mampu menjawab dengan baik untuk kemampuan pemahaman memori dan pemahaman 2) Tidak semua siswa mampu mencapai yang lebih tinggi berpikir tingkat yaitu menganalisis dan mengevaluasi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. 3) Siswa memberikan respon positif dalam kegiatan tutorial online dan menggunakan “sumber daya terbuka pendidikan”."
JPUT 15:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"UT-Online merupakan salah satu layanan mahasiswa berbasis internet yang ditawarkan oleh Universitas Terbuka (UT) kepada seluruh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, pertama, karakteristik mahasiswa pengguna UT-online; kedua, pengetahuan mahasiswa terhadap keberadaan UT-Online untuk tiap layanan yang disediakan dalam UT-Online; ketiga, perilaku mahasiswa dalam pemanfaatan UT-Online; dan keempat penilaian mahasiswa terhadap manfaat UT-Online. Survey merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini yang berhasil menjaring informasi dari 904 mahasiswa melalui surat elektronik. Dari penelitian ini ditemukan hal-hal penting sebagai berikut, pertama, karakteristik mahasiswa UT pengguna –Online yang berkaitan intensitas pemanfaatan UT-online ialah kemudahan mengakses intenet, usia, dan jenis kelamin, serta terdapat kecenderungan bahwa jumlah pengguna UT-Online meningkat sejalan dengan meningkatnya tahun masuk mahasiswa. Kedua, setiap fasilitas UT-Online memiliki tingkat pengenalan, penggunaan, penguasaan, dan kebutuhan pelatihan yang beragam. Ketiga, setiap fasilitas UT-Online dapat digolongkan berdasarkan jumlah pengguna, frekuensi penggunaan, dan lama akses oleh mahasiswa. Keempat, kemanfaatan UT-Online dinilai dalam skor tingkat sikap positif mahasiswa terhadap fasilitas UT-Online tersebut. Terkait dengan temuan, peneliti merekomendasikan hal-hal yang dapat meningkatkan kualitas dan kemanfaatan UT-Online bagi mahasiswa."
JPUT 15:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Peran tokoh akademisi berkredibilitas tinggi atau berkarisma dalam memberi pencerahan akademis pada suatu kuliah umum di perguruan tinggi diharapkan dapat mempengaruhi perubahan perilaku mahasiswa baru untuk memahami inti perkuliahan. Namun demikian, kuliah umum mengalami banyak kendala jika dilakukan pada pendidikan jarak jauh, karena keterbatasan jumlah tokoh keteladanan, dan keterbatasan waktu dari tokoh tersebut. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), kuliah umum dapat dilakukan melalui pemanfaatan TIK. Melalui cara ini, maka jumlah penerima materi atau sasaran target menjadi sangat besar dan dapat dilakukan di berbagai daerah sekaligus dibandingkan jika dengan pertemuan tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan prototipe media pembelajaran untuk kuliah umum berbasis ubiquitos learning (u-learning) atau multi studio-based learning. Media tersebut diharapkan dapat menampilkan pencerahan dari para tokoh yang memungkinkan terjadinya asynchronous learning; (2) melakukan evaluasi secara empirik validitas substansi dan efektivitas pemanfaatan model media pembelajaran berbasis u-learning. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka hasil penelitian ini adalah (1) prototipe media pembelajaran berisi kuliah umum berbasis u-learning, (2) secara kuantitatif, hasil uji coba pada kegiatan orientasi belajar mahasiswa baru (OSMB) di UPBJJ Bandung menunjukkan semua respon mahasiswa menanggapi secara positif. Untuk kualitas tampilan media, 71,13% mahasiswa menjawab bagus; sedangkan mahasiswa yang menjawab bagus sebesar 68,25% untuk tata letak media; dan mahasiswa menjawab sistematika materi kuliah umum termasuk bagus sebesar 70,38%; (3) secara kualitatif, hasil uji coba menunjukkan bahwa media kuliah umum ini bermanfaat dan dapat diterima oleh mahasiswa baru tetapi tidak oleh mahasiswa semester akhir. Pemanfaatan media di daerah terpencil juga perlu memperhatikan tentang ketersediaan peralatan listrik dan peralatan teknis lainnya. Prototipe media atau produk yang dihasilkan pada penelitian ini diharapkan akan dapat digunakan oleh berbagai instansi pendidikan tinggi yang membutuhkan, dan dapat dijadikan prototipe/contoh untuk pengembangan berbagai materi pencerahan lainnya."
JPUT 15:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sya`baningrum Prihhartini
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pengulangan tugas dan balikan
terfokus terhadap aspek akurasi. Produksi bahasa pelajar yang diteliti meliputi:
dua tugas tertulis, satu tugas lisan, dan satu post-test tertulis. Hasil tulisan dan
transkripsi tugas lisan dianalisis dan tingkat akurasinya diukur, yang berdasarkan
pada rasio penggunaan struktur target yang benar. T-test untuk sampel
berpasangan dan ANOVA with Repeated Measure digunakan untuk menentukan
apakah terdapat perbedaan rerata yang signifikan. Temuan analisis
memperlihatkan pelajar dengan tingkat kemahiran menulis yang rendah sebagai
pihak yang berhasil meraih manfaat terbesar, yang terlihat dari perbaikan struktur
kalimat serta perolehan jumlah struktur berterima yang dihasilkan.

ABSTRACT
This study aimed to investigate the effect of task repetition and focused feedback
on students? accuracy. The students? language output that was investigated
included: two writing tasks, one oral task, and one written post-test. Students?
writings and transcription of oral task were analyzed and the level of accuracy
was measured, which was based on the ratio of the correct use of the targeted
structure. T-test for paired samples and ANOVA with Repeated Measure were
used to see if there were any significant differences between the means. The
findings found that learners with low writing skills were the ones who gained the
benefits the most, which were shown from the improvement in sentence structure
and the number of the target structure produced.;This study aimed to investigate the effect of task repetition and focused feedback
on students? accuracy. The students? language output that was investigated
included: two writing tasks, one oral task, and one written post-test. Students?
writings and transcription of oral task were analyzed and the level of accuracy
was measured, which was based on the ratio of the correct use of the targeted
structure. T-test for paired samples and ANOVA with Repeated Measure were
used to see if there were any significant differences between the means. The
findings found that learners with low writing skills were the ones who gained the
benefits the most, which were shown from the improvement in sentence structure
and the number of the target structure produced.;This study aimed to investigate the effect of task repetition and focused feedback
on students? accuracy. The students? language output that was investigated
included: two writing tasks, one oral task, and one written post-test. Students?
writings and transcription of oral task were analyzed and the level of accuracy
was measured, which was based on the ratio of the correct use of the targeted
structure. T-test for paired samples and ANOVA with Repeated Measure were
used to see if there were any significant differences between the means. The
findings found that learners with low writing skills were the ones who gained the
benefits the most, which were shown from the improvement in sentence structure
and the number of the target structure produced., This study aimed to investigate the effect of task repetition and focused feedback
on students’ accuracy. The students’ language output that was investigated
included: two writing tasks, one oral task, and one written post-test. Students’
writings and transcription of oral task were analyzed and the level of accuracy
was measured, which was based on the ratio of the correct use of the targeted
structure. T-test for paired samples and ANOVA with Repeated Measure were
used to see if there were any significant differences between the means. The
findings found that learners with low writing skills were the ones who gained the
benefits the most, which were shown from the improvement in sentence structure
and the number of the target structure produced.]"
2015
T45313
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Kemudahan bagi mahasiswa dalam menggunakan layanan tutorial online (tuton) diharapkan dapat membantu mereka memahami materi pembelajaran yang diberikan dan membantu mahasiswa memperoleh nilai ujian akhir semester sesuai yang diharapkan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah keterlibatan mahasiswa terhadap tutorial online yang disediakan UT dikaitkan dengan prestasi mahasiswa dalam ujian akhir semester (UAS). Objek penelitian adalah mahasiswa D2 Perpustakaan pada masa ujian 2014.1 untuk tiga mata kuliah yaitu PUST2251-Pengolahan Bahan Nonbuku, PUST2254-Promosi Jasa Perpustakaan, dan PUST2256-Kerjasama dan Jaringan Perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk, mencari informasi tentang aksesibilitas mahasiswa dalam melakukan tuton, menganalisis hubungan aksesibilitas terhadap tuton dengan evaluasi belajar (ujian akhir semester). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu dengan menganalisis jumlah akses/kegiatan mahasiswa terhadap pelaksanaan tuton dan hasil UAS mahasiswa yang mengikuti tutorial online pada masa registrasi 2014.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara mayoritas total akses tuton terhadap nilai UAS tidak berkaitan. Tingkat partisipasi mahasiswa terhadap tuton sangat bervariatif, dari tingkat yang paling rendah di bawah 20 kali sampai 300 kali. Tingkat keterlibatan mahasiswa dari ketiga mata kuliah adalah sama"
370 JPUT 16:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Descha Annisa
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara persepsi mahasiswa akan peran dosen dengan self-regulated learning dalam pembelajaran daring dalam jaringan . Self-regulated learning dalam pembelajaran daring diukur dengan Online Self-Regulated Learning Questionnaire OSLQ. Persepsi mahasiswa akan peran dosen diukur dengan Online Instructor Role and Behavior Scale OIRBS. Total terdapat 94 sampel yang berasal dari beberapa perguruan tinggi yang menyelenggarakan pembelajaran daring.
Berdasarkan perhitungan, hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan serta positif antara persepsi mahasiswa akan peran dosen dengan self-regulated learning dalam pembelajaran daring. Koefisien korelasi Pearson sebesar 0.511 dengan nilai signifikansi 0.000 p < 0.01.

This research aims to look for the relationship between students rsquo perception of instructor rsquo s role and Self Regulated Learning in online learning. Self Regulated Learning in online learning measured by Online Self Regulated Learning Questionnaire OSLQ . Students rsquo perception of the instructor rsquo s role measured by Online Instructor Role and Behavior Scale OIRBS. In total, there are 94 sample from several universities which organize online learning.
Based on the calculation, the results showed there is a significant and positive relation between students rsquo perception of the lecture rsquo s role and Self Regulated Learning in online learning. The Pearson correlation coefficient is 0.511 with the p value of 0.000 p 0.01.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S68390
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Denda Rinjaya
"Implementing higher-order thinking skills into teaching-learning practice has become a priority for any teaching program anywhere today. This study aims to evaluate two books of BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) 7 Sahabatku Indonesia (2019) based on the Revised Bloom’s Taxonomy (RBT). The content analysis approach was used in this study to analyze research data in the form of instructions and questions classified using the RBT category. First, the analysis results showed that the instructions and questions in the two BIPA books were dominated by lower-order thinking skills (‘understanding' and 'remembering'). Second, although lower-order thinking skills dominated the instructions and questions in the two BIPA books, this study revealed that the majority of the instructions and questions classified as lower-order thinking skills in both textbooks analyzed can be changed into higher-order thinking skills. The findings of this study infer that the majority of instructions and questions in the BIPA 7 Sahabatku Indonesia need to be revised to encourage higher-order thinking skills-oriented teaching. These findings serve as a reminder for textbook writers of the importance of providing cognitive activities that can help learners develop both lower-order and higher-order thinking skills in textbooks."
Madura: Institut Agama Islam Negeri Madura, 2022
890 JBS 16:1 (2022)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Khaerunnisa
"Adanya pandemi COVID-19 mengubah metode pembelajaran yang semula bertatap muka langsung atau luring menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Perubahan ini membutuhkan adaptasi dan partisipasi dari mahasiswa kesehatan yang akan berdampak pada kualitas dan kepuasan pembelajaran mereka.. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran kepuasan mahasiswa kesehatan Program S1 Reguler terhadap penerapan metode pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional kuantitatif deskriptif dengan partisipan sebanyak 100 orang responden melalui teknik stratified sampling. Instrumen yang digunakan adalah Nursing student’s Satisfaction Virtual Learning oleh Kanagaraj dkk. (2022) untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa kesehatan selama pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki tingkat kepuasan tinggi (12%) terhadap pembelajaran daring. Kepuasan mahasiswa berada pada tingkat kepuasan tinggi yang dinilai berdasarkan beberapa dimensi yaitu: mahasiswa (29%), pengajar (9%), pembelajaran (13%), teknologi (25%), lingkungan (25%), dan praktikum (23%). Penelitian ini juga menemukan bahwa mahasiswa yang menggunakan media audiovisual dalam praktikum daring cenderung memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Penelitian ini menyarankan adanya peningkatan infrastruktur teknologi dan pengembangan metode pembelajaran yang lebih interaktif untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa. Institusi pendidikan diharapkan dapat mengadaptasi hasil penelitian ini dalam merancang strategi pembelajaran daring yang efektif, terutama untuk mata kuliah praktikum.

The COVID-19 pandemic has transformed traditional face-to-face or offline learning methods into remote or online learning. This change requires adaptation and participation from health students, which impacts the quality and satisfaction of their learning experience. It is essential to conduct a study on the satisfaction levels of undergraduate health students with online learning during the COVID-19 pandemic. The purpose of this study is to understand the satisfaction levels of undergraduate health students with the implementation of online learning methods during the COVID-19 pandemic. This research uses a quantitative descriptive cross-sectional design with 100 respondents selected through stratified sampling techniques. The instrument used is the Nursing Students’ Satisfaction on Virtual Learning by Kanagaraj et al. (2022) to measure the satisfaction levels of health students during online learning. The results show that the majority of respondents have a high level of satisfaction (12%) with online learning. Student satisfaction is at a high level based on several dimensions: students (29%), teachers (9%), learning (13%), technology (25%), environment (25%), and practicum (23%). The study also found that students using audiovisual media in online practicums tend to have higher satisfaction levels. This research suggests improvements in technological infrastructure and the development of more interactive learning methods to enhance student satisfaction. Educational institutions are expected to adapt the findings of this study in designing effective online learning strategies, especially for practicum courses."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Wulandari
"Skripsi ini membahas tentang pengembangan keterampilan sosial pada anak yang dilakukan oleh para guru TK Kutilang sebagai upaya pemenuhan aspek perkembangan sosial anak yang diamanatkan dalam UU No 4 tahun 1979. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif desain deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa untuk mengembangkan keterampilan sosial pada anak anak perlu diberikan tiga komponen yang mendasari kompetensi sosial yaitu pengetahuan sosial social knowledge kecakapan perbuatan performance proficiency dan evaluasi diri self evaluation. Pihak sekolah juga harus memperhatikan beberapa faktor pertimbangan yang dapat mendukung dalam mengembangkan keterampilan sosial di sekolah.

The focus of this study is social skill development to children that conducted by teachers of Kutilang Kindergarten as compliance aspects of social development regulated under Law No.4 /1979. This research is qualitative descriptive interpretive. The research shows that to develop social skill of children they need to be given three basic components of social competence such as social knowledge performance proficiency and self evaluation. The school need to pay attention to some factors that can support social skill development."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S44845
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Info Komputer, 2006
001INFD002
Multimedia  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>