Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 59944 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tuty Hendrawati
"Penerapan otomasi di perpustakaan dapat menimbulkan dampak yang sangat luas, terutama pada sistem kerja, perubahan manajerial organisasi, serta tanggapan pegawai, maupun tanggapan pemustaka. Oleh karena itu untuk mengetahui tanggapan dari pegawai perpustakaan Nasional RI terhadap implementasi Sistem Informasi perpustakaan, maka peneliti termotivasi untuk melakukan kajian penerimaan para pegawai terhadap penggunaan sistem informasi tersesbut. Model yang digunakan pada penelitian ini merupakan penggabungan dari model UTAUT Unified Theory of Acceptance and Use of Technology ), model integratif multi level abstraksi, serta menggabungkan model Task Technology Fit dan symbolic adoption. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penerimaan yang dapat mempengaruhi pegawai dalam menggunakan Sistem informasi perpustakaan. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS (Analysis of Moment Structure) dan melakukan Analisis Jalur (Path Analysis). Berdasarkan hasil analisis bahwa faktor kualitas informasi (Information Quality) memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan atas perolehan informasi (Information Satisfaction) sebesar (CR : 9.982 dan P : 0.000), serta Kapuasan perolehan informasi (Information Satisfaction) memiliki pengaruh positif terhadap harapan pegawai atas performa (Performance Expectancy) sistem INLIS sebesar (CR : 8.367 dan P : 0.000). Adapun faktor yang memiliki pengaruh positif secara lansung terhadap mental penerimaan pegawai (Symbolic Adoption) dalam mengadopsi sistem INLISadalah harapan atas performa sistem INLIS (Performance Expectancy) sebesar (CR : 2.024 dan P : 0.043) dan faktor harapan upaya pengguna sistem INLIS (Effort Expectancy) sebesar (CR : 3.348 dan P : 0.000). Selain itu pula terdapat faktor Technology Characteristic yang memiliki pengaruh positif terhadap Task Technology Fit sebesar (CR : 3.716 dan P : 0.000)."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2013
020 VIS 15:3 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tuty Hendrawati
"Penerapan otomasi di perpustakaan dapat menimbulkan dampak yang sangat luas, terutama pada sistem kerja, perubahan manajerial organisasi, serta tanggapan pegawai, maupun tanggapan pemustaka (Pengunjung dan anggota perpustakaan). Oleh karena itu untuk mengetahui tanggapan dari pegawai perpustakaan Nasional terhadap implementasi Sistem Informasi Integrated Library System (INLIS), maka peneliti termotivasi untuk melakukan kajian penerimaan pegawai Perpustakaan Nasional terhadap penggunaan sistem informasi INLIS. Model yang digunakan pada penelitian ini merupakan penggabungan dari model UTAUT Unified Theory of Acceptance and Use of Technology ) yang dikembangkan oleh Venkatesh (2003) dengan model integratif multi level abstraksi (Koh et.al., 2010), serta menggabungkan model Task Technology Fit (Zhou et. al., 2010) dan symbolic adoption (Nah et. al, 2004).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penerimaan yang dapat mempengaruhi pegawai dalam menggunakan Sistem informasi INLIS. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer, yang merupakan hasil dari penyebaran kuesioner kepada para pegawai perpustakaan yang berhubungan langsung dengan Sistem informasi INLIS. Analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS (Analysis of Moment Structure) dan melakukan Analisis Jalur (Path Analysis).
Berdasarkan hasil analisis terhadap model peneltian yang diuji membuktikan bahwa faktor kualitas informasi (Information Quality) memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan atas perolehan informasi (Information Satisfaction) sebesar (CR : 9.982 dan P : 0.000), serta Kapuasan perolehan informasi (Information Satisfaction) memiliki pengaruh positif terhadap harapan pegawai atas performa (Performance Expectancy) sistem INLIS sebesar (CR : 8.367 dan P : 0.000). Adapun faktor yang memiliki pengaruh positif secara lansung terhadap mental penerimaan pegawai (Symbolic Adoption) dalam mengadopsi sistem INLIS adalah harapan atas performa sistem INLIS (Performance Expectancy) sebesar (CR : 2.024 dan P : 0.043) dan faktor harapan upaya pengguna sistem INLIS (Effort Expectancy) sebesar (CR : 3.348 dan P : 0.000). Selain itu pula terdapat faktor Technology Characteristic yang memiliki pengaruh positif terhadap Task Technology Fit sebesar (CR : 3.716 dan P : 0.000).

Application of library automation have a very wide effect, especially on a job system, changes in managerial organization, employee responses, and user responses (Visitors and members of the library). Therefore, to determine the response of the National Library employee on the implementation of the Integrated of National Library and Information System (INLIS), the researchers were motivated to conduct a research on a users acceptance of National Library employee on the use of INLIS. The model in this study is a unity of the UTAUT model (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) developed by Venkatesh (2003) with a model of integrative model of multi-level abstractions (Koh et al, 2010), as well as combining a models of Task Technology Fit ( Zhou et. al., 2010) and symbolic adoption (Nah et. al, 2004).
The aims of the study is to determine the acceptance factors that may affect the employee in using INLIS. This study is using a primary data, which is a result of the questionnaires which has distributed to employees who deal directly with INLIS library information system. Analysis of the data using Structural Equation Modelling (SEM) on the program AMOS (Analysis of Moment Structure) and perform Path Analysis.
Based on the analysis of the research that tested, the model proves that Information Quality factor has a positive impact on information satisfaction of (CR : 9.982 dan P : 0.000), as well as Information Satisfaction had a positive influence on employee expectations on Performance Expectancy of INLIS system (CR : 8.367 dan P : 0.000). The factors that have a positive effect on mental of acceptance (Symbolic Adoption) in adopting the INLIS system is the expectation of INLIS performance (Performance Expectacion) (CR : 2.024 dan P : 0.043) and the expectation factors of the users effort of INLIS System (Effort Expectancy) (CR : 3.348 dan P : 0.000). Beside that, the Technology Characeteristic factors has a positive influence on the Task Technology Fit (CR : 3.716 dan P : 0.000).
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Aplikasi Integrated Library Information System (INLIS) adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan tugas-tugas kepustakawanan, yang dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) bekerjasama dengan PT. Quadra Solutions sejak tahun 2005 hingga saat ini. "
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2015
025PERI001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
"Aplikasi Integrated Library Information System (INLIS) adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan tugas-tugas kepustakawanan, yang dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) bekerjasama dengan PT. Quadra Solutions sejak tahun 2005 hingga saat ini. "
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2015
025PERI002
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Supriyanto Sudiharjono
"Peranan perpustakaan dalam menunjang macam-macam kegiatan manusia untuk mencapai kemajuan pada saat sekarang ini tidak dapat diabaikan lagi, seperti di dalam menunjang penelitian, pendidikan, industri, dsb. Lebih-lebih untuk waktu mendatang di mana teknologi akan lebih maju, perpustakaan mutlak diperlukan. Perpustakaan yang semula bagaikan gudang penyimpanan buku dan jenis penerbitan yang lain, sekarang dituntut untuk memberikan layanan yang lebih aktif. Untuk itu pustakawan tidak hanya menunggu pemakai datang di perpustakaan, tetapi harus lebih giat mempromosikan kepada masyarakat pemakainya mengenai macam-macam koleksi yang perlu diketahui ataupun jasa-jasa perpustakaan yang dapat diberikan, seperti: informasi kilat, penelusuran literatur, bibliografi khusus, dsb. Keberhasilan dari kegiatan promosi ini tergantung dari susunan baik sistem penyimpanan dan pencarian kembali informasi. Untuk mencapai pemenuhan kegiatan tersebut perlu diterapkan suatu sistem baru yang lebih cepat daripada sistem tradisional yang lainnya, sehingga dapat menjamin terwujudnya kegiatan yang diinginkan. Sehubungan dengan masalah penerapan sistem baru itu, pada skripsi ini penulis berusaha membahas kemungkinan penerapannya dengan menggunakan komputer (computer) pada Pusat Informasi Perencanaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1981
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This study examines the usefulness and user acceptance as well as the ease and acceptance of users who are using version 2.7 UNSLA in sebelas maret university surakarta. In this study the authors used a quantitative method that a study was conducted to determine one aspect of the research objectives widely used in data collection techniques although pengambilan samples. In quantitative research, the results may apply generally to all target areas of research. Results of the research that the usefulness factor (preceived usefulness) have significant positive effect on user acceptance (user acceptance) and usability factors (perceived ease of use) has a significant positive effect on user acceptance (user acceptance). Thus, the library staff and library employes in the UNS believes that the information system useful for their work can affect the improvement of their work can affect the improvement of their acceptance of such system."
JIPIN 2:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
London: Rosendale , 1984
021.606 8 INT
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Matthews, Joseph R.
Chicago: American Library Association, 1980
025.5 MAT c (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Atri Karyanti
"Sarana OPAC yang merupakan salah satu fasilitas sang disediakan oleh perpustakaan harus senantiasa dievaluasi supaya dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam memenuhi kebutuhan para pemakainya. Penelitian yang mengambil sampel di Perpustakaan PD11-LIPI Jakarta bertujuan untuk memberikan gambaran deskriptif mengenai sarana OPAC di Perpustakaan PDII-LIPI berdasarkan sudut pandang dari para pemakainya dengan beberapa parameter evaluasi. Menggunakan tipe penelitian deskriptif dan metodologi survei penulis menganalisis 98 lembar kuesioner yang dibagikan kepada para pemakai selaku responden. Hasil yang diperoleh secara umum bahwa pemakai OPAC di Perpustakaan PDII LIPI sebagian besar (61,2%) mcngalami hambatan atau kesulitan, seperti jumlah komputer yang tidak memadai, dokumen yang diinginkan tidak ditemukan, mengalami kesulitan untuk menemui istilah/tajuk subjek yang tepat, petunjuk penggunaan yang kurang jelas, waktu yang terpakai untuk mencari informasi melalui OPAC cukup lama, informasi yang tersedia dalam tiap entri kurang lengkap seperti informasi mengenai abstrak dan status dokumen, petunjuk yang terdapat di layar sulit dimengerti, staf perpustakaan kurang membantu dalam pencarian informasi melalui OPAC dan hambatan-hambatan lain seperti kurang nyaman karena harus berdiri dalam waktu yang lama, kadangkala komputer `error' atau `hang', bahasa pengantar menggunakan bahasa Inggris, dan jumlah dokumen yang diperoleh tidak sesuai dengan data yang diberikan OPAC. Hambatan atau kesulitan tersebut dapat diperoleh dengan mengadakan evaluasi berdasarkan sudut pandang pemakai OPAC, sehingga diharapkan agar pihak Perpustakaan PDII-LIPI dapat mclakukan hal ini secara berkala sekaligus untuk mengetahui harapan pemakai dalam rangka meningkatkan kinerja OPAC sebagai sarana penelusuran informasi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S15188
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>