Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 71492 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ismayanti
" ABSTRAK
Penyebaran program program televisi menggunakan jejaring sosial terus meningkat sebuah fenomena yang terjadi dalam lingkup ilmu penyiaran seiring dengan berkembangnya era digitalisasi Penelitian ini akan membahas mengenai media baru di dalam strategi bisnis televisi swasta nasional sehingga membentuk budaya jejaring sosial yaitu untuk eksplorasi konten program televisi Peneliti juga berargumen bahwa internet merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan kualitas dan status televisi di masyarakat Kata kunci Media Baru Bisnis Televisi Jejaring Sosial Digitalisasi Internet

ABSTRACT
The update of television programs through social media has been intensifying a phenomenon that happens sideways with the development of digital era This study discusses the new media in nationwide private television business strategy that eventually constitutes a social media culture In gaining its objective this study performed an in depth examination on the content of television programs This research argues that internet is an effective mean to improve the quality and satus position of television in society Keyword New Media Bussiness Television Media Social Digitaliazation Internet"
[Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, ], 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"There has been growing interest on business models among academics and practitioners in recent years, as business model describes how an organization creates, distributes and captures value and, therefore, can be considered the DNA of the organization. Recently, factors related to digital transformation, the vital role of sustainability and social aspects, along with an increasing globalization, have pushed towards radical transformations in business models.
This book aims to further our knowledge on business model innovation in new contexts of analysis and with new perspectives of investigation. Insights from business model innovation are presented from studies focusing on start-ups, small businesses and large businesses to provide a bigger picture on new dynamics connected to digital transformation, sustainability, new global relationships. As such, the scope is on new ways to create value, new components and dynamics (such as digitalization and sustainability) concerning the key elements of the business model (value creation, value configuration and value capture), and new relationships between actors that may foster business model innovation.
It represents a valuable resource for practitioners willing to innovate business models, academics aiming at finding new research lines, and students keen to learn more about business models."
New York: Routledge, 2021
e20534076
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Azis Baco
"Penelitian ini adalah penelitian bidang komunikasi pembangunan yang berkaitan dengan proses difusi dan adopsi inovasi, yaitu kegiatan penyebaran dan penyerapan inovasi gogorancah di daerah kritis Lombok Selatan.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan menjelaskan jenis dan peranan media komunikasi dalam proses difusi dan adopsi inovasi gogorancah. Dalam kaitan dengan hal tersebut akan dilihat hubungan antara karakteristik responden dengan tingkat pengenaan media, khususnya peranan radio, pemuka pendapat dan agen pembaru.
Tujuan lainnya adalah sebagai bahan bandingan dari penelitian difusi yang telah dilakukan selama ini, baik di Indonesia maupun di negara-negara lain.
Berbagai penelitian difusi telah membuktikan bahwa terdapat berbagai jenis dan peranan yang berbeda-beda dari media komunikasi dalam proses difusi dan tahap keputusan inovasi, seperti yang dikumpulkan oleh Rogers (1983) dari penelitian-penelitian difusi selama ini. Demikian pula terdapat berbagai jenis media komunikasi yang berbeda peranannya yang digunakan pada pembangunan di Asia, yang didokumentasikan oleh Schramm dan Lerner (1976).
Adanya berbagai jenis dan peranan media komunikasi yang berbeda-beda yang digunakan dalam pelaksanaan pembangunan, mendorong penulis untuk meneliti bagaimana peranan media komunikasi dalam proses difusi dan adapsi inovasi gogorancah.
Penelitian ini berawal dari pengenalan atau difusi inovasi gogarancah pada awal tahun 1980 di daerah kritis Lombok Selatan. Pada saat itu mulai diperkenalkan kepada anggota masyarakat tentang suatu inovasi yang disebut gogorancah, dan kemudian dilakukan persuasi. Adanya persuasi yang sangat gencar menyebabkan pada akhir tahun 1980, anggota masyarakat mau melakukan percobaan sistem gogorancah ini. Keberhasilan percobaan sistem gogorancah selama 5 (lima) tahun, menghasilkan suatu adopsi terhadap inovasi tersebut pada tahun 1985. Hingga kini, inovasi ini masih tetap diadopsi oleh anggota masyarakat di daerah penelitian ini.
Hasil penelitian yang tertuang dalam disertasi ini mengungkapkan bahwa saluran komunikasi yang digunakan dalam proses difusi dan adopsi inovasi gogorancah adalah media massa dan saluran antar pribadi. Saluran media massa yang utama digunakan adalah radio, sedangkan media massa lainnya seperti surat kabar, majalah, televisi dan film adalah rendah dan bahkan hampir tidak ada. Saluran antar pribadi yang digunakan adalah Tuan Guru, Kepala Desa dan aparatnya, Kliang, Penyuluh Pertanian, komunikasi antar teman, tetangga, famili dan keluarga.
Dalam penelitian ini dijelaskan tentang karakteristik responden, yang terdiri dari tingkat melek huruf, tingkat pendidikan, tingkat kosmopolitan, dan stratifikasi usia, yang erat hubungannya dengan tingkat pengenaan media radio dan komunikasi antar pribadi dalam proses difusi dan adopsi inovasi gogorancah.
Lebih lanjut, analisis hasil penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat keterkaitan antara karakteristik responden dengan media komunikasi, jenis dan peranan yang berbeda-beda dari media komunikasi dalam tahap-tahap keputusan inovasi gogorancah. Pada proses pengenalan, media radio cukup efektif untuk menyampaikan informasi. Demikian pula dengan saluran antar pribadi; pada proses persuasi, saluran antar pribadi sangat efektif untuk melakukan persuasi. Saluran antar pribadi yang paling efektif dalam melakukan persuasi adalah tuan guru. Tuan guru adalah pemimpin agama yang paling dihormati dan ditaati anjurannya. Saluran antar pribadi Iainnya terdiri dari kepala desa, kliang, penyuluh pertanian dan teman atau tetangga. Saluran antar pribadi didukung pula oleh media radio. Pada tahap ini media radio dan saluran antar pribadi efektif dalam menyampaikan informasi, namun saluran antar pribadi (tuan guru) amat efektif dalam melakukan persuasi; pada tahap percobaan dan tahap adopsi inovasi gogorancah, yang memegang peranan penting adalah penyuluh pertanian. Penyuluh pertanian melakukan komunikasi tatap muka dengan para petani, malakukan latihan dan bimbingan. Di samping itu dilakukan pula komunikasi secara fisual melalui demplot dan demfram. Penyuluh pertanian didukung oleh saluran antar pribadi lainnya. Media radio kecil sekali peranannya pada tahap-tahap ini. Dengan demikian, media antar pribadi sangat efektif pada tahap percobaan dan tahap adopsi.
Proses difusi dan adopsi inovasi gogorancah telah memberikan konsekuensi yang positif, yaitu telah membuktikan keberhasilan yang Iuar biasa, sehingga masyarakat pada akhirnya mangadopsinya. Konsekuensi tersebut adalah perubahan sikap dan perilaku, perubahan teknis, ekonomi, dan perubahan sosial budaya."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Menurut hasil sensus tahun 2010, bahwa 87,18% dari 237.641.326 penduduk Indonesia adalah pemeluk agama Islam. Terdapat kemungkinan atas pasar yang sangat terbuka terhadap inovasi teknologi dan persaingan bisnis produk alat sholat mukena. Terkait dengan peluang di tingkat pengguna maka dilakukan proses pemanfaatan dari sembilan sektor industri yang ada salah satunya adalah tekstil untuk membuat produk alat sholat mukena."
600 TEKNOSAINS 1:11 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
M. Idris
"ABSTRAK
Artikel ini mengulas tentang bagaimana fenomena yang sama bila dibandingkan dengan perkembangan industri media di dunia? Bagaimana fenomena perkembangan dan konvergensi media dalam masyarakat dunia? Bahan artikel ini bersumber dari buku-buku dan literatur yang terkait. Diharapkan artikel ini dapat memberi pemahaman lebih jelas mengenai perkembangan media barau yang makin marak di Tanah Air."
Jakarta : BPSDMP Kominfo , 2018
384 KOMAS 14:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Hilliard, Robert L., 1925-
"Writing for Television, Radio, and New media has been the leading work in its field for more than fifty years. Its frequently updated revisions, including the eleventh edition, combine the best principles and examples of the past with those of contemporary practice. Its thorough coverage of concepts, approaches, and techniques concentrates on the key media formats of commercials; news and sports; documentaries; reality programs; talk shows; interviews; music programs; corporate, educational, and children's formats; and drama and sitcoms. The text also presents basic information that writers need to know about production techniques, demographics, copyrights, and career opportunities. New material on social media allows today's students to understand the continued importance of clear writing and shows them how their digital skills can transfer to career opportunities"
Stamford, CT, USA: Cengage Learning, 2015
808.22 HIL w
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rina Nur Aufa Arifin
" ABSTRAK
Perkembangan industri televisi di era reformasi telah menelurkan beragamnya program televisi yang siap menghibur khalayak Sayangnya program program televisi saat ini didominasi oleh tayangan yang tidak mendidik berlebihan dan menimbulkan kondisi hiperrealitas bagi khalayak Dampak buruk dari media televisi tersebut seharusnya dapat diimbangi dengan kemampuan khalayak dalam memahami isi media siapa dalang dibalik terciptanya produk media sehingga khalayak tidak begitu saja terjebak dalam realitas semu televisi. Kemampuan khalayak tersebut dapat dimiliki dengan mempelajari literasi media

ABSTRACTThe development of the television industry in the reform era has spawned various television programs that are ready to entertain audiences Unfortunately the television programs currently dominated by uneducative excessive and created the hiperreality conditions for the audience Negative effects from the television media should be balanced with the public 39 s ability to understand media contents and who are people that create the program behind the media products so that the audience does not just get stuck in a pseudo reality television The ability of the audience can be owned by studying media literacy "
[, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hasintongan, Job Richard
"[ABSTRAK
Kebutuhan berita dewasa ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dari masyarakat yang semakin haus akan informasi. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang selalu berkembang pesat, masyarakat kini beralih ke sistem digital untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan.Kebiasaan masyarakat yang selama ini mendapatkan berita melalui surat kabar sudah cenderung ditinggalkan.Telah banyak dijumpai situs berita yang dapat diakses secara onlineyang berbasiskan website melalui media perantara internet, hal ini dikenal dengan istilah portal media online. PT. XYZ merupakan salah satu dari sekian banyak portal media online yang ada di Indonesia. Tetapi dalam prosesnya PT. XYZ masih belum mampu unggul dalam bersaing dengan portal media online lainnya yang telah lebih dahulu dikenal masyarakat. Hal ini yang menarik untuk diangkat dalam penelitian ini. Permasalahan utama yang dihadapi PT. XYZ yaitu karena masih belum memiliki strategi e-bisnis dalam melakukan persaingan di insustri ini. Dengan menggunakan metodologi Chaffey, akan diidentifikasi karakteristik PT. XYZ, posisi bisnis dari PT. XYZ dalam persaingannya di industri media online, hingga nantinya disusun strategi e-bisnis yang dapat digunakan PT. XYZ dalam bersaing dengan portal media online yang lainnya. Penelitian ini akan menghasilkan strategi e-bisnis untuk PT. XYZ, memberikan gambaran dari posisi PT. XYZ di antara pesaingnya serta meningkatkan keunggulan bersaing dari PT. XYZ. Dengan demikian diharapkan PT. XYZ dapat mencapai target yang telah dirumuskan dalam rencana strategis tahunan yang dimiliki.

ABSTRACT
The needs of today's news very closely related to the daily life of a communities increasingly hungry for information. In line with the development of information technology always evolves rapidly, communities now turn to digital system to get the information they wanted. Habits of the people who have been getting news through newspapers has tended to be abandoned. Has been mostly can be found a website can be accessed online that is based website through the medium of an intermediary the internet it is known as online media portal . PT. XYZ is one of the many online media portals that exist in Indonesia. But in the process of PT. XYZ is still not able to excel in competing with other online media portal that had previously known to the public. It is an interesting to be appointed in this research. The main problems PT. XYZis because still has not had the strategy e- business in conducting competition in this industry. By using Chaffey’s methodology, will be identified characteristic PT XYZ , business position of PT. XYZ competition in the online media industry , until later arranged e-business strategy that can be used of PT. XYZ in compete with online media portal the others. This research will produce a e-business strategy to PT. XYZ, Provide an illustration from a position PT. XYZ among competitors and improve competitive advantage of PT. XYZ. Therefore, PT. XYZ can achieve the target was formulated in the strategic plan annual owned.;The needs of today's news very closely related to the daily life of a communities increasingly hungry for information. In line with the development of information technology always evolves rapidly, communities now turn to digital system to get the information they wanted. Habits of the people who have been getting news through newspapers has tended to be abandoned. Has been mostly can be found a website can be accessed online that is based website through the medium of an intermediary the internet it is known as online media portal . PT. XYZ is one of the many online media portals that exist in Indonesia. But in the process of PT. XYZ is still not able to excel in competing with other online media portal that had previously known to the public. It is an interesting to be appointed in this research. The main problems PT. XYZis because still has not had the strategy e- business in conducting competition in this industry. By using Chaffey’s methodology, will be identified characteristic PT XYZ , business position of PT. XYZ competition in the online media industry , until later arranged e-business strategy that can be used of PT. XYZ in compete with online media portal the others. This research will produce a e-business strategy to PT. XYZ, Provide an illustration from a position PT. XYZ among competitors and improve competitive advantage of PT. XYZ. Therefore, PT. XYZ can achieve the target was formulated in the strategic plan annual owned., The needs of today's news very closely related to the daily life of a communities increasingly hungry for information. In line with the development of information technology always evolves rapidly, communities now turn to digital system to get the information they wanted. Habits of the people who have been getting news through newspapers has tended to be abandoned. Has been mostly can be found a website can be accessed online that is based website through the medium of an intermediary the internet it is known as online media portal . PT. XYZ is one of the many online media portals that exist in Indonesia. But in the process of PT. XYZ is still not able to excel in competing with other online media portal that had previously known to the public. It is an interesting to be appointed in this research. The main problems PT. XYZis because still has not had the strategy e- business in conducting competition in this industry. By using Chaffey’s methodology, will be identified characteristic PT XYZ , business position of PT. XYZ competition in the online media industry , until later arranged e-business strategy that can be used of PT. XYZ in compete with online media portal the others. This research will produce a e-business strategy to PT. XYZ, Provide an illustration from a position PT. XYZ among competitors and improve competitive advantage of PT. XYZ. Therefore, PT. XYZ can achieve the target was formulated in the strategic plan annual owned.]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Prabhaswara Pranakarno M. W.
"Selama pandemi Covid-19, banyak bisnis dan organisasi di seluruh dunia merasakan dampak terhadap hasil penjualan karena orang tidak berani berbelanja secara langsung akibat pembatasan sosial. Dalam kesulitan ini, banyak bisnis kecil yang mengandalkan media sosial un- tuk membantu mereka untuk mempromosikan dan menjual produk juga untuk memanfaatkan fitur bermanfaat lainnya secara gratis. Dyedaddies merupakan bisnis kecil yang menjual clothing online. Penelitian ini menyelidiki lebih lanjut bagaimana Instagram membantu bisnis kecil sela- ma pandemi dan mengapa mereka memilih Instagram sebagai platform pilihan utama. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yaitu dengan cara melakukan wawancara dengan para pendiri yang berstatus mahasiswa. Meski setelah restriksi sosial dilonggarkan, Dyedaddies ditut- up karena para pendiri harus kembali kepada rutinitas luring di universitas masing-masing. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram adalah platform media sosial utama yang dipakai Dyedaddies saat pandemi karena kemudahan akses dan efektif secara biaya. Kemudian, fitur seperti Instagram story dan Instagram Live sangat membantu mereka dalam promosi dan penjualan produk. Para informan sebagai pelaku bisnis kecil mengaku bahwa Instagram sangat membantu mereka karena fitur-fitur yang disediakan di aplikasi Instagram mudah dipakai dan tidak perlu biaya tambahan untuk menggunakannya. 

During the Covid-19 pandemic, businesses and organizations worldwide have taken a toll on sales because not many people want to shop physically due to social restrictions. In this diffi- culty, many small businesses rely on social media to help them to promote and sell products as well as to use other useful features freely. Dyedaddies is a small business that sells clothing on- line. This research will further investigate how Instagram helps small businesses during this time and why businesses choose Instagram as their primary platform. This research was conducted qualitatively via interviews with the founders who were students. Although after the social re- striction is loosened, Dyedaddies was closed because the founders had to return to offline rou- tines at their universities. The findings show that Instagram was their main social media platform during the pandemic due to its accessibility and cost-effectiveness; and features such as Insta- gram Story and Instagram Live were very helpful for them when conducting product promotion and sales. Informants as small business owners claim that Instagram can be utilized to help earn financial and social gains while expanding reach in market and creativity due to the features pro- vided by Instagram is accessible and cost efficient. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
A. Mukti Ali
"ABSTRAK
Tesis ini membahas pemanfaatan media televisi dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika di BNN. Meningkatnya pengguna baru narkotika mengindikasikan lemahnya upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika, termasuk di dalamnya upaya pencegahan yang dilakukan melalui media televisi. Pencegahan anti narkotika melalui televisi dinilai belum optimal karena dilakukan hanya beberapa saat dan tidak intensif sehingga tidak banyak mempengaruhi masyarakat untuk menjauhi narkotika. Ketidakoptimal- an ini terkait dengan sarana dan prasarana dan sumber daya manusia yang terlibat dalam program pencegaahan melalui media televisi, serta biaya pembuatan dan penayangan program anti narkotika di televisi yang cukup besar. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya strategis untuk program pencegahan penyalahgunaan narkotika melalui media televisi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data, observasi dan wawancara mendalam terhadap satu orang staf pelaksana teknis Sub Direktorat Media Elektronik Deputi Pencegahan BNN, satu orang produser acara pendidikan TVRI dan dua orang residen Program Rehabilitasi Narkotika BNN. Penulis menilai program pencegahan penyalahgunaan narkotika melalui media televisi ini masih belum optimal untuk dapat mendukung program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

ABSTRACT
This thesis discusses the use of television media in the prevention of drug abuse at BNN. Increased new drug users indicate poor drug abuse prevention efforts, including prevention efforts conducted through the medium of television. Prevention of anti-narcotics through television not considered optimal because it is done only a few times and not intensive so it does not much affect the public to stay away from narcotics. Nonoptimalization is associated with the infrastructure and human resources involved in the program prevention through television media, the cost production and the anti-narcotics program aired on television is quite large. Therefore it is necessary for strategic effort for drug abuse prevention programs through the medium of television. The approach taken in this research is descriptive qualitative data collection methods, observation and depth interview with one staff person technical implementation of Electronic Media Sub Directorate Deputy Prevention BNN, one educational event producer TVRI and two resident BNN Narcotics Rehabilitation Program. The authors assess the drug abuse prevention program through the medium of television is still not optimal in order to support the Prevention and Combating Drug Abuse and Illicit Narcotics (P4GN).
"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>