Ditemukan 184442 dokumen yang sesuai dengan query
Kalele, Stephanie Gabriella
"Iklan memang selalu menarik untuk dibahas Bukan hanya karena fungsi awalnya sebagai sebuah cara untuk memperkenalkan suatu produk tertentu kepada masyarakat terutama konsumennya namun juga karena setiap iklan dapat menjadi cerminan dari budaya sebuah masyarakat tertentu Salah satu cara untuk meneliti iklan adalah dari segi bahasanya Dalam jurnal ini saya berfokus kepada semantische Text Bild Relationen yang terdapat di dalam sebuah iklan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana semantische Text Bild Relationen yang digunakan pada iklan mobil di Jerman yang memiliki tipe dan segmen pasar yang berbeda Saya menggunakan metode kualitatif yang bersumber dari kajian pustaka dengan metode deskriptif Iklan yang saya gunakan dalam penelitian ini saya ambil dari majalah Stern dan Neon yang berbahasa Jerman Dengan membandingkan hubungan semantis dari enam iklan dengan tiga tipe mobil berbeda berdasarkan pembagian EU Kommission dan EURO NCAP saya menemukan dominasi dari satu jenis hubungan semantis yaitu hubungan semantis dimana gambar atau visual menjelaskan lebih detail makna dari teks dalam iklan tersebut atau yang disebut dengan Bedeutungsbestimmung
Advertisement has always been interesting to talk about Not only because of its function as a way to present a certain product to the communities and consumers but also because an advertisement can be seen as a way to see the culture of certain society One of the ways to do a research on advertisements could be from its linguistic side This journal focuses on the semantische Text Bild Relationen or the semantic relation between the text and the picure on an advertisement The researching I conducted aims to know how the semantic relation between texts and pictures on an advertisement is used in the German car advertisements which have diverse types of German car and distinct segmented market I use qualitative method from literary review for this research and write my journal by using descriptive method The ads I am using for this research are taken from the Stern and Neon ndash both are German magazines By comparing the semantic relation of the six German car ads which fall under 3 different categrizations based on EU Kommission and EURO NCAP I found a domination of one particular type of semantic relation where the pictures determining and elaborating the meaning of the verbal or texts on the ads in details This semantic relation is called Bedeutungsbestimmung "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Ibah Habibah
"Skripsi ini diarahkan pada analisis kelompok verba kada dalam A1-Qur'an ditinjau dari kaidah gramatikanya. Kelompok verba kada CVKd) memasuki konstruksi kalimat nominal CKN) yang terdiri dari Subjek C5) dan Predikat CP). KVKd ini berfungsi menominatifkan S dan menagakusatifkan P, seperti halnya kelompok verba kana. Dan salah satu ciri pokok dari KVKd adalah bahwa P nya harus terdiri dari imperfek atau verba mudari'. Berdasarkan maknanya, KVKd atau yang dalam linguistik Arab dikenal dengan istilah Kada wa ahhwatuha diklasifikasikan menjadi tiga bagian 1. Af'a- l al-Mugarabah, yaitu sekelompok verba yang menunjukkan makna hampir ; 2. Af'al al-Raja` yaitu sekelompok verba yang menunjukkan makna harapan dan 2, Af'al al-Syuru- ', yaitu sekelompok verba yang menunjukkan makna mulai. Data dalam skripsi ini diperoleh dari ayat-ayat Al-Qur'an dan penelitian kepustakaan dengan mengkaji buku-buku tentang linguistik Arab, khususnya tentang KVKd. Tentang analisis kelompok verba kada dalam A1-Qur'an tercatat ada 51 KVKd, yang terdiri dari 22 verba kada Cdari kelompok Af'a- l al-Mugarabah), 27 verba 'asa dari kelompok Af'al al-Raja`) dan 2 verba tafiqa dari kelompok Af'al al-Syuru'). Selanjutnyaverba kada dikelompokkan men jadi lima pola antara lain terangkum dalam rumus :[Perfek + S Cinfleksi)) + P Cimperfek) dan Perfek + P Cimperfek) + S Cisim zahir f nomina nyata) ; verba 'ass t.erdiri dari empat pola, diant.aranyaPerfek + S Cisim zahir) + P CPAMs + imperfek) dan Nomina + Perfek + Fail CPAMs + imperfek) ; dan verba tafiqa terdiri dari duet poly yaitu . I Perfek + S Cinfleksi)+ P Cimperfek> dari Perfek + Maf'ul Mut,laq Cdari P yang dihi langkan). Perfek + Maf'ul Mut,laq Cdari P yang dihilangkan)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S13286
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rafiqa Azmi
"Skripsi ini membahas kajian semantik-leksikal kosakata kuliner bahasa Arab pada majalah مطبخ قودي /maṫbakh qūdī/. Analisis yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Analisis ini dilakukan dengan toeri pembentukan kata dari segi semantik dan relasi makna. Data dalam skripsi ini diambil dari majalah مطبخ قودي edisi 2014. Hasil analisis dari teori pembentukan dari segi semantik kata menyatakan bahwa kosakata kuliner bahasa Arab dibentuk dari proses neologisme, metafora, dan pinjam terjemah. Dari teori relasi makna, kosakata kuliner bahasa Arab memiliki relasi makna keidentikan yang mencakup relasi makna homonimi, polisemi, dan sinonimi; relasi makna peliputan yang mencakup relasi hiponimi dan meronimi; dan relasi makna pertentangan yang mencakup relasi antonimi.
This thesis discusses the lexical semantic study of arabic vocabularies about culinary in Goody Kitchen Magazine. The analysis that used in this thesis is qualitative method with a descriptive-analyzed. The analisys is done by Arabic word-formation theories and semantic relation theories. The data in this thesis are taken from Goody Kitchen Magazine 2014 edition. The result of this research from word-formation in semantic term states that Arabic culinary vocabularies are formed from neologism, methapor, and borrowing translation process. From the semantic relation theory states that Arabic culinary vocabularies have identical semantic relation, including homnymy, polysemy, and synonymy relation; coverage semantic relation, including hyponymy and part-whole relation; and opposite semantic relation, only including antonymy relation."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S59341
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Palmer, Gary B.
Austin : University of Texas Press, 1999
306.44 PAL t
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Napitupulu, Fenty Debora
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh monitoring, questioning, and repredicting strategy terhadap pemahaman mahasiswa teknik dalam membaca teks deskriptif. Metode penelitian dirancang dengan metode eksperimen kuantitatif. Dalam hal ini, sampel penelitian ini terdiri atas dua grup yang masing-masing tiap grup berjumlah 30 mahasiswa. yaitu grup control dan grup eksperimen dimana siswa pada grup control diajarkan dengan menggunakan metode konvensional dan siswa pada grup eksperimen diajarkan dengan menggunakan stategi monitoring, questioning, and repredicting. Kegiatan yang dilakukan pada kedua kelas tersebut adalah pre test, treatment dan post test dan instrument pengumpul data adalah test yakni pilihan berganda. Berdasarkan perhitungan yang didapatkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post test dalam kelas eksperimen (80,6) lebih tinggi dari nilai rata-rat post test dalam kelas control. (71,5). Perbedaannya diuji dengan menggunakan rumus t-test. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai t-observed(3.29) lebih tinggi dari nilai t- table (1,671).ini berarti bahwa hipotesis alternative(Ha) diterima dan hipotesis awal (Ho) ditolak. Pada kesimpulannya, Monitoring, Questioning and Repredicting Strategy dapat mempengaruhi pencapaian pemahaman mahasiswa teknik dalam membaca teks deskriptif."
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
050 VISI 25:3 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Trisanti Arini
"Headline dan gambar memiliki peran penting dalam pembuatan sebuah iklan. Melaui headline dan gambar pembaca dapat mengetahui pesan yang ingin disampaikan sebuah iklan. Dalam skripsi ini, saya menganalisis sembilan iklan pemenang Plakatvoting tahun 2014. Penelitian ini berfokus pada makna referensial dan makna afektif pada headline, jenis dan bentuk headline, dan hubungan semantis antara headline dengan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk & jenis, makna referensial dan afektif, juga hubungan semantis antara headline dengan gambar ditujukan untuk menambah nilai positif produk. Headline dan gambar pada sembilan iklan ini memiliki hubungan yang sangat erat karena bersifat saling melengkapi.
Headlines and pictures play an important role in the making of an advertisement. Readers will know the message behind the advertisement, through headlines and pictures. In this thesis, I analyze nine winner advertisements of Plakatvoting in 2014. The analyses focus on referential and affective meaning in headlines, types and forms of headlines, and semantic relations between headlines and pictures. The analyses showed that forms and types, referential and affective meaning, and semantic relations between headlines and pictures were used to add positive values of the products. Furthermore, there is a strong connection between the headlines and the pictures in these nine advertisements because each of them complements one another. advertisement, headline, picture, semantic. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S59728
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Widyastomo Bagus Prakoso
"
ABSTRAKThe focus of this research is to analyze the the use of Active and Passive Form in the translation News Text Prabowo : Ein Geist Namens Vergangenheit. The purpose of this study is to find out, how far a transposition of passive form to active form and vice versa during the translation process of the source text to target text could affect the discourse and meaning of a text. The text is analyzed using semantic and syntax approach, as well as critical discourse analysis to reveal the discourse that is contained in both source text and target text.
ABSTRACTIn dieser vorliegenden Arbeit geht es um die Analyse der Wahl von Aktiv und Passiv in der Übersetzung Berichttext Prabowo : Ein Geist Namens Vergangenheit. Das Ziel der Arbeit ist, um zu behaupten, wie ist die Wirkung der Transposition von Passiv- zu Aktivform und vice versa zu der Botschaft im Zieltext im Vergleich zu der des Ausgangstextes. Die Texte werden anhand der syntaktischen und semantischen Theorie, sowie die der kritischen Diskursanalyse, analysiert, um doe Texte kritisch zu analysieren"
2015
S61134
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Afiksasi merupakan aspek penting morfologi Bahasa Indonesia. Berbagai Upaya telah dan terus dilakukan untuk megungkap lebih dalam fenomena keproduktifan bahasa ini. Sejauh ini, upaya pengkajian terutama berfokus pada pengungkapan makna gramatical yang muncul ketika sevuah afiks melekat pada dasar tertentu. Makalah ini membahas upaya untuk mencari tahu alasan yang melatari hal tersebut. Dicurigai adanya suatu alasan sematik yang berperan dalam proses morfologi afiksasi. Untuk maksut tersebut telah dirancang suatu klasifikasi sematik verba. Jenis kata verba tersebut dipilh-pilah kedalam sejumlah sub-kelas sematik. Selanjutnya, dipersiapkan suatu korpus berukuran 70.000 kata yang darinya secara random digunakan 30.000 kata untuk mengetahui distribusi pelekat afiks: prefiks {meng-} dan prefiks {ber-}. Hasl analisis secara umum menunjukkan adanya nuansa sematk yang memungkinkan atau tidaknya afiks melekat pada dasar tertentu."
LIND 27:2 (2009)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Lidya Natalie
"Skripsi ini meneliti bagaimana unsur-unsur ekuivalensi terkait makna denotatif novel berbahasa Jerman Der Vorleser diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Sang Juru Baca. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berfokus pada hasil terjemahan dan sejauhmana fungsi komunikatif bahasa dipertahankan dalam hasil terjemahan tersebut. Dari hasil analisis korpus data, ditemukan bahwa bukan hanya padanan makna kata dan ungkapan secara leksikal yang dapat mewujudkan ekuivalensi dan efek komunikatif dalam karya terjemahan., melainkan juga konteks, struktur kalimat, dan suasana yang ingin dibangun penulis.
This thesis reviews how the equivalence elements particularly the denotative meaning in the German novel Der Vorleser translated into Indonesian language with the title Sang Juru Baca. The research is conducted qualitatively and focused on the result of the translation regarding how far the communicative functions of language being maintained within the translation. The result of the analysis reveals that the lexical meaning of a word or term is not the only factor affecting the equivalence and communicative effect of a translated text, but also context, structure of sentence, and the atmosphere which the author would like to build."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S59720
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Kempson, Ruth M.
Surabaya : Airlangga University Press , 1995
412 KEM st
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library