Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 185536 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siregar, Raja Alfredo
"Kelelahan pengemudi merupakan salah salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh signifikansi (pengaruh) antara ketiga pendekatan yang dilakukan dengan tingkat kelelahan pengemudi sepeda motor pria saat mengemudi selama 2 jam. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kelelahan pada kategori usia yang diteliti, dimana dalam penelitian ini akan ada dua kategori usia yaitu kategori usia produktif (16-35 tahun) dan kategori usia dewasa (35-60 tahun). Adapun ketiga pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan kognitif, pendekatan fisiologis, dan pendekatan subjektif. Pada pendekatan kognitif akan diukur tingkat konsentrasi dan stress (ketegangan) dengan menggunakan Design Tools (Simple Reaction Time dan Stroop Test). Pada pendekatan fisiologis akan terdapat dua pengukuran, pengukuran detak jantung dengan menggunakan Polar Heart Rate Monitor dan pengukuran tekanan darah (sistol dan diastol) dengan menggunakan Omron Blood Pressure. Sementara itu, pendekatan subjektif akan menggunakan bantuan kuesioner 9-scale Karolinska Sleepiness Scale (KSS). Korelasi antara pendekatan subjektif dengan kedua pendekatan lainnya (kognitif dan fisiologis) akan diuji menggunakan uji korelasi Spearman-Rank.

Driver fatigue is one of the major causes of serious road accidents. The purpose of this research is to gain the significance between the three implemented approach and the driver fatigue while driving a motorcycle for 2 hours. Another objective of this research is to determine the differences in the level of fatigue in the studied age category, which in this study there will be two age categories namely productive age category (16-35 years old) and adult age category (35-60 years old). Three approaches that implemented in this research are cognitive, physiological, dan subjective approaches. In the cognitive approach, levels of concentration and stress (tension) will be measured by using Design Tools (Simple Reaction Time and Stroop Test). In physiological approach, there will be two measurement, measurement of heart rate using Polar Heart Rate and measurement of blood pressure (sistole and diastole) using Omron Blood Pressure. Meanwhile, subjective approach will be calculated using the 9-scale Karolinska Sleepiness Scale (KSS). Also, the correlation between the subjective approach and two other approaches (cognitive and physiological) is going tobe tested using Spearman-Rank test."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58389
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simandjuntak, Andreas Aristides
"[ABSTRAK
Kecelakaan lalu lintas telah menjadi penyebab kematian ketiga terbanyak di dunia menurut WHO, sedangkan kelelahan pengemudi merupakan faktor kedua terbanyak penyebab kecelakaan lalu lintas setelah pelanggaran lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan signifikansi dari tingkat kelelahan pengemudi dengan pendekatan fisiologis, kognitif, dan subjektif serta memperoleh perbandingan tingkat kelelahan antara pengemudi mobil pria dengan pengemudi mobil wanita, sehingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini melibat dua belas orang responden, yang terdiri atas enam responden pria dan enam responden wanita berusia 17-25 tahun yang diukur tingkat kelelahannya menggunakan pendekatan fisiologis (tekanan darah dan detak jantung), kognitif (psychomotor vigilance test), dan subjektif (Karolinska Sleepiness Scale). Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa pendekatan fisiologis yaitu detak jantung merupakan variabel yang paling sensitif, namun semua variabel baik pada responden pria maupun wanita tidak terjadi hasil yang signifikan, dan tidak terlihat banyak perbedaan pada kelelahan pengemudi mobil pria maupun wanita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan yang dilakukan belum dapat dijadikan panduan untuk mengukur kelelahan pada pengemudi mobil pria maupun wanita.

ABSTRACT
Traffic accidents are the third largest cause of death according to WHO, while driver fatigue is the second largest factor that cause traffic accidents after traffic violations. The purpose of this study is to find out the significance of driver fatigue using physiological, cognitive, and subjective approach and to get the comparison of fatigue between male and female driver. The study involved twelve respondents, which included six male respondents and six female respondents aged 17-25 years old measured by physiological (blood pressure and heart rate), cognitive (psychomotor vigilance test), and subjective (Karolinska Sleepiness Scale). The result of this study is that heart rate is the most sensitive variable, but all of the variables in male and female respondents don’t have a significant result, and there is no big difference of fatigue in male and female car driver. The conclusion of the study is that the approaches that is done could not be a guidance to measure fatigue for male and female car driver., Traffic accidents are the third largest cause of death according to WHO, while driver fatigue is the second largest factor that cause traffic accidents after traffic violations. The purpose of this study is to find out the significance of driver fatigue using physiological, cognitive, and subjective approach and to get the comparison of fatigue between male and female driver. The study involved twelve respondents, which included six male respondents and six female respondents aged 17-25 years old measured by physiological (blood pressure and heart rate), cognitive (psychomotor vigilance test), and subjective (Karolinska Sleepiness Scale). The result of this study is that heart rate is the most sensitive variable, but all of the variables in male and female respondents don’t have a significant result, and there is no big difference of fatigue in male and female car driver. The conclusion of the study is that the approaches that is done could not be a guidance to measure fatigue for male and female car driver.
]"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58380
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andhika Arya Pradana
"ABSTRAK
Kelelahan pekerja komputer merupakan salah satu penyebab terjadinya kurang konsentrasinya di dalam pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh waktu mulai terdeteksinya kelelahan bagi pekerja komputer saat bekerja di depan komputer selama 1 jam, sehingga dapat diketahui pada saat kapankah pekerja komputer sebaiknya beristirahat sejenak ketika mulai terdeteksi lelah. Pengukuran kelelahan ini menggunakan metode Eye Tracking berdasarkan perubahan aktivitas visual yakni kedipan mata dan saccade (gerak cepat mata). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerja komputer mulai terdeteksi lelah pada menit ke-30-40, namun untuk kondisi yang membutuhkan istirahat, yakni pada kondisi microsleep (sedikit tertidur dengan cepat) ditemukan pada menit ke-40-50. Selain itu, pada penelitian ini variabel kedipan mata lebih sensitif untuk mendeteksi kelelahan dibandingkan saccade untuk waktu bekerja didepan komputer selama 1 jam.

ABSTRACT
Computer worker fatigue is one of the causes of lack of concentration at work. This study aimed to obtain astart time detection of fatigue for computer workers while working at the computer for 1 hour, so it can be known at the time when will the computer worker should rest for a moment when it began to be detected tired. This fatigue measurement method EyeTracking by visual activity changes the blink of an eye and saccades (rapid eye movement). The results showed that the computer worker fatigue began to be detected in minute 30-40, but for a condition that requires rest, namely the condition microsleep (slightly asleep quickly) is found in 40-50 minutes. Additionally, in this study the variables blink more sensitive for detecting fatigue compared saccade to the time worked in front of a computer for 1 hour
"
2015
S59699
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ambi Pradiptha, exminer
"Pekerjaan yang membuat pekerjanya banyak melakukan aktivitas fisik biasanya menggunakan seluruh anggota tubuh dan membutuhkan kinerja otot yang maksimal. Aktivitas pekerjaan pekerja cuci sepeda motor dalam mencuci sepeda motor pelanggannya dalam sehari banyak dilakukan secara manual sehingga berisiko terkena bahaya ergonomic. Penelitian ini dilakukan pada pekerja cuci sepeda motor di dua tempat dengan metode yang berbeda. tempat Kedua tersebut adalah Jali Steam dan Berkah Motor.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat risiko ergonomi dengan menggunakan REBA, kemudian dilakukan perbandingan antara kedua tempat tersebut. Responden sebanyak 15 orang. Dari hasil penelitian didapatkan tingkat risiko pekerjaan yaitu risiko menengah (medium) 1 aktivitas kerja dan tingkat risiko tinggi (high) 5 aktivitas kerja dari 3 aktivitas pekerjaan yang ada.
Dari hasil wawancara diketahui bahwa keluhan yang di rasakan pekerja cuci sepeda motor terbanyak adalah pada bagian pinggang dan punggung. Keluhan yang dirasakan berupa rasa pegal-pegal dan kesemutan. Selain risiko ergonomic, didapat juga faktor lain yang memperberat keluhan pekerja, yaitu faktor risiko pekerjaan yang terdiri dari posisi kerja, organisasi kerja dan lingkungan kerja, karakteristik individu.

Work that makes workers much physical activity is usually using the whole body and require maximum muscle performance. Motorcycle cleaning workers activity in washing motorcycle costumers in a day is done manually, so that risk of ergonomic hazards. This research was carried out on motorcycle cleaning workers in two places with different methods. The first name of motorcycle cleaning place is Jali Steam, and the second name of motorcycle cleaning place is Berkah Motor.
This study was conducted to determine the level of ergonomic risk by using REBA, then do a comparison between two motorcycle cleaning place. Respondents many as 15 people.
From the results, the level of risk is medium risk job is 1 work activities and the high risk level is 5 from 3 work activity. From interviews note that the complaint in motorcycle cleaning workers feel most at the waist and back. The complaints is stiffness, painful and tingling. Beside the ergonomic risk, obtained are also other factors that aggravate the grievances of workers, the risk factors of work consists of working position, work organization, and work environment also individual characteristic.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
S46199
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisyah Iadha Nuraini
"Pegangan pada kontainer yang digunakan dalam dunia industri memiliki peranan penting untuk mengurangi cidera saat melakukan aktivitas Manual Material Handling (MMH). Desain pegangan yang ada di Industri Indonesia yaitu berada di atas ataupun tidak ada pegangannya. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk menentukan posisi pegangan pada box yang sering digunakan sebagai kontainer. Metode yang digunakan yaitu perancangan eksperimen (DOE) berdasarkan kriteria psikofisik dan fisiologis pada subjek penelitian laki-laki. Kriteria psikofisik ini mengacu pada skala Borg untuk mendapatkan nilai Rating Perceiced Exertion (RPE), sedangkan kriteria fisiologis mengacu pada denyut jantung. RPE dan denyut jantung ini merupakan variabel dependent, sedangkan variabel independent yang digunakan yaitu empat ukuran kotak, sembilan posisi pengangkatan, dan tiga posisi pegangan pada box. Sepuluh orang subjek yang berasal dari pekerja industri berpartisipasi melakukan 27 kombinasi dalam sehari selama empat hari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Faktor yang berpengaruh signifikan pada criteria psikofisik yaitu 3 faktor utama, sedangakan pada criteria fisiologis hanya 2, yaitu posisi pegangan dan ukuran box. (2) Berdasarkan kriteria psikofisik, posisi pegangan atas memiliki nilai RPE yang lebih tinggi dibandingkan posisi lainnya. (3) Berdasarkan kriteria fisiologis, posisi pegangan atas menghasilkan denyut jantung yang lebih tinggi dibandingkan posisi lainnya.

Handle on the container used in industry has an important role to reduce injuries while doing the activity Manual Materials Handling (MMH). Handle design in Indonesia Industry is usually located on top or no handle. Therefore, study is conducted to determine the handle position on the box which is often used as container. The method used is the Design of Experiment (DOE) based on psychophysical and physiological criteria for male workers. A psychophysical criterion refers to the Borg scale for Rating Perceived Exertion (RPE), whereas the physiological criterion refers to the heart rate. RPE and heart rate is a dependent variable, while the independent variables used were four box sizes, nine handling positions, and three handle positions on the box. Ten subjects from industrial workers performed 27 combinations for one day during four day. The results of this study indicate: (1) a significant factor influencing psychophysical criteria are 3 main effects, while the physiological criteria just 2 main effects, handle position and box size. (2) Based on psychophysical criteria, the handle position on top has a higher RPE values than other positions. (3) Based on physiological criteria, the the handle position on top produces a higher heart rate than the other positions."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Faisyal Nur Rahman
"Skripsi ini membahas penilaian faktor risiko ergonomi dan keluhan subjektif MSDs pada pekerja pengguna komputer di BPMA UI Depok tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode RULA, software ErgoEASER, dan pengisian kuesioner Nordic Body Map. Hasil penelitian berdasarkan RULA menunjukkan pekerja berisiko pada lengan atas, pergelangan tangan, leher dan tulang belakang. Berdasarkan ErgoEASER, pekerja berisiko pada mata, leher, pergelangan tangan, bahu, punggung atas, punggung bawah, bokong, paha dan betis. Keluhan berdasarkan NBM menunjukkan bahwa keluhan sejalan dengan hasil RULA dan ErgoEASER kecuali pada kaki.

The focus of this study is assessment of ergonomic risk factors and subjective complaint of MSDs of personal computer users in BPMA UI Depok year 2013. This study is a descriptive quantitative study with the use of RULA method, ErgoEASER software and filling Nordic Body Map questionnaire. Result of study based on RULA shows that employees are at risk at upper arms, wrists, neck and trunk. Based on ErgoEASER, employees are at risk at eyes, neck, wrists, shoulders, upper back, lower back, buttock, thigh and calf. Complaints based on NBM shows that complaints are in line with the results of RULA and ErgoEASER except at foot."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
S47187
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Tasya Priastika
"Penelitian dilakukan pada proses kerja di salah satu site milik PT. CEVA Logistik Indonesia yang menangani kegiatan logistik ban, yaitu Site Michelin. Tujuan dari penelitian yaitu untuk menjelaskan tingkat risiko ergonomi pada aktivitas manual handling. Penelitian menggunakan desain penelitian cross sectional dengan metode REBA (Rapid Entire Body Assessment) untuk menilai tingkat risiko ergonomi terkait postur janggal, beban kerja, frekuensi, dan durasi pekerjaan. Terdapat empat proses kerja terkait aktivitas manual handling, yaitu proses unloading, proses put away stack, proses loading, dan proses converting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar tahapan memiliki tingkat risiko ergonomi tinggi berdasarkan skor REBA akhir yang berkisar antara 5?13, sehingga dibutuhkan upaya perbaikan secepatnya dengan meminimisasi aktivitas manual handling, salah satunya dapat melalui penggunaan forklift tyre handler.

The research was conducted on work processes at one site owned by PT. CEVA Logistics Indonesia which handles the logistics activities of tire, the Michelin site. The purpose of the research is to describe the level of ergonomic risk in manual handling activities. The research uses cross sectional study design with the method of REBA (Rapid Entire Body Assessment) to assess the risk of ergonomics-related awkward postures, workload, frequency, and duration of tasks. There are four work processes related to manual handling activities, process of unloading, process of put away stack, process of loading, and process of converting. The results showed that most of the tasks have a high level of ergonomic risk based on the final REBA score ranging from 5?13, so that changes are needed immediately to minimize the manual handling activities, for example by using forklift tyre handler."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Erlinda Muslim
"Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji aspek ergonomis dari sepeda UI (Universitas Indonesia) dalam virtual environment. Analisis dilakukan dengan menggunakan software Jack 6.0. Metode evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan hasil analisis dari tiga buah metode: Lower Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS), dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi desain aktual sepeda UI dan mencari konfigurasi desain ulang paling ergonomis ditinjau dari tinggi stang dan tinggi sadel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain sepeda UI yang paling ergonomis adalah desain yang memiliki tinggi stang terbesar (22 cm) dan tinggi sadel terkecil (11 cm).

This research was conducted to study ergonomic aspect from University of Indonesia bicycle in virtual environment. Software Jack 6.0 was used to analyze it. PEI was used as approach that integrated the results of three methods: Lower Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, and Rapid Upper Limb Assessment. The research objective is to evaluate existing design of University of Indonesia bicycle and to determine the most ergonomic redesign which concern with handlebar height and saddle height modification. The result showed that the most ergonomic design of University of Indonesia bicycle is the one with the highest handlebar height (22 cm) and the lowest saddle height (11 cm)."
Depok: Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nia Kurniasih
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26422
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yolanda Eka Saputri
"Penelitian ini membahas tentang gambaran risiko ergonomi pada penjahit sektor informal. Penilaian risiko ergonomi pada penjahit sektor informal dilakukan menggunakan software Ergoeaser. Hasil penelitian menunjukkan risiko ergonomi tertinggi berada pada bagian bahu, punggung dan pinggang. Pengendalian yang disarankan adalah engineering control seperti pengaturan desain tempat kerja, penyediaan lampu pada tiap meja dan perawatan pedal mesin jahit serta administrative control seperti, pengaturan jumlah jam kerja per hari, hari kerja per minggu dan waktu istirahat.

The focus of this study is overview of ergonomic risk at informal tailor. Ergonomic risk assessment at informal tailor is analyzed by Ergoeaser. The results showed that shoulder, back, and waist have highest ergonomic risk. This study suggest to conduct engineering control such as workspace design, provide sufficient illumination on each working table and maintain sewing machine pedal and administrative control such as controlling working hours a day, working days a week, and breaking time."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
S47283
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>