Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 169853 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Soekidjo Notoatmodjo
"ABSTRAK
Tujuan utama setiap pendidikan gizi adalah menuju kearah perubahan perilaku ke arah yang lebih baik (peningkatan perilaku), dalam hal ini adalah perilaku gizi (nutritional behavior). Dengan meningkatnya perilaku ibu ini, terutama perilaku pemberian makanan kepada anak balita, diharapkan dapat meningkatkan status gizi anak balita tersebut. Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Depertemen kesehatan sejak tahun 1960 an telah berusaha meningkatkan gizi masyarakat melalui Usaha Perbaikan Gizi Keluarga (UPKG). Kegiatan utama UPKG ini adalah pendidikan gizi, yakni suatu kegiatan untuk menyediakan kondisi dan informasi, sehingga masyarakat dapat berperilaku sesuai dengan nilai-nilai kesehatan dan gizi.
Selama ini pendidikan gizi yang dilakukan dalam rangka program UPKG, pada umumnya menggunakan metode ceramah yang bersifat komunikasi satu arah (one way communication), dengan bantuan alat peraga dan demontrasi makanan bergizi. Metoda ceramah sampai saat ini masih sering digunakan meskipun mempunyai beberapa kelemahan. kelemahan-kelemahan itu antara lain : sasaran pendidikan bersifat pasif, tidak atau kurang dalam menghayati materi yang diberikan, hubungan antara pendidik dan sasaran terlalu formal, membosankan, dan sebagainya. Diihak lain, oleh para ahli pendidikan telah dikembangkan metoda yang lebih efektif, khususnya untuk pendidikan nob formal, seperti pendidikan gizi masayarakat ini. Metoda ini adalah metoda permainan (games method), dan oleh para peneliti pendidikan baik dari luar maupun dalam negeri, telah diuji. Di indonesia, metoda ini telah dicoba pada pendidikan keluarga berencana di Malang Jawa Timur. Metoda ini oleh tim percobaan disebut permainan simulasi, meskipun sebenarnya bukan permainan simulasi, melainkan hanya metoda permainan biasa; karena unsur simulasinya tidak nampak jelas.
Dari hasil percobaan tersebut telah terbukti bahwa metoda permainan ini lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap masyarakat tentang keluarga berencana, dan akhirnya dapat lebih meningkatkan akseptor KB, bila dibandingkan dengan metoda yang lain. Hal ini berarti bahwa metoda tersebut lebih efektif dalam meningkatkan perilaku masyarakat dalam hal keluarga berencana."
1988
D1069
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soekidjo Notoatmodjo
"ABSTRAK
Tujuan utama setiap pendidikan gizi adalah menuju kearah perubahan perilaku ke arah yang lebih baik (peningkatan perilaku), dalam hal ini adalah perilaku gizi (nutritional behavior). Dengan meningkatnya perilaku ibu ini, terutama perilaku pemberian makanan kepada anak balita, diharapkan dapat meningkatkan status gizi anak balita tersebut. Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Depertemen kesehatan sejak tahun 1960 an telah berusaha meningkatkan gizi masyarakat melalui Usaha Perbaikan Gizi Keluarga (UPKG). Kegiatan utama UPKG ini adalah pendidikan gizi, yakni suatu kegiatan untuk menyediakan kondisi dan informasi, sehingga masyarakat dapat berperilaku sesuai dengan nilai-nilai kesehatan dan gizi.
Selama ini pendidikan gizi yang dilakukan dalam rangka program UPKG, pada umumnya menggunakan metode ceramah yang bersifat komunikasi satu arah (one way communication), dengan bantuan alat peraga dan demontrasi makanan bergizi. Metoda ceramah sampai saat ini masih sering digunakan meskipun mempunyai beberapa kelemahan. kelemahan-kelemahan itu antara lain : sasaran pendidikan bersifat pasif, tidak atau kurang dalam menghayati materi yang diberikan, hubungan antara pendidik dan sasaran terlalu formal, membosankan, dan sebagainya. Diihak lain, oleh para ahli pendidikan telah dikembangkan metoda yang lebih efektif, khususnya untuk pendidikan nob formal, seperti pendidikan gizi masayarakat ini. Metoda ini adalah metoda permainan (games method), dan oleh para peneliti pendidikan baik dari luar maupun dalam negeri, telah diuji. Di indonesia, metoda ini telah dicoba pada pendidikan keluarga berencana di Malang Jawa Timur. Metoda ini oleh tim percobaan disebut permainan simulasi, meskipun sebenarnya bukan permainan simulasi, melainkan hanya metoda permainan biasa; karena unsur simulasinya tidak nampak jelas.
Dari hasil percobaan tersebut telah terbukti bahwa metoda permainan ini lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap masyarakat tentang keluarga berencana, dan akhirnya dapat lebih meningkatkan akseptor KB, bila dibandingkan dengan metoda yang lain. Hal ini berarti bahwa metoda tersebut lebih efektif dalam meningkatkan perilaku masyarakat dalam hal keluarga berencana."
1988
D245
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This research is aimed at identifying the effect of formative assessment in improving the results of study of students on mathematics lesson interconnected with the initial ability of students. The research was conducted at MAN 9 in DKI Jakarta in the second semester of 2007-2008 academic year. The sample was selected by applying simple random sampling technique and the size was 80. This research used experiment method with factorial design 2 x 2 and the data were analyzed by using Two-way Anova and T-test at the level of significance a' =0,05."
EDJPPAK
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The objective of this research was to know: the effect of learning strategy, academic ability, as well as the interaction of learning strategy and academic ability on metacognitive ability and learning outcome. The statistic analysis used were Anacova and LSD. Learning strategy process consistency test was similarity test of regression equation. The conclusion of the research were: (1) learning strategy didn’t affect metacognitive ability, (2) learning strategy affected cognitive learning outcome, in this case multistrategy was the most constructive. (3) academic ability didn’t affect metacognition and cognitive learning outcome, (4) the interaction of learning strategy and academic ability did not affect metacognitive ability, but the best interaction was PBMP combine with Script with and academic ability, and (5) the interaction of learning strategy and academic ability did not affect cognitive learning outcome, but the best interaction was PBMP combine with TPS and low academic ability."
2009
570 JPB 1:1 (2009) (1)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Tiffany Chandra
"

ABSTRAK

Nama                   : Tiffany Chandra

Program Studi     : Psikologi Profesi, Peminatan Psikologi Pendidikan

Judul Tesis           : Pengaruh Math Anxiety Terhadap Math Achievement yang Dimediasi

oleh Metacognitive Knowledge pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh math anxiety terhadap math achievement yang signifikan melalui masing-masing dimensi metacognitive knowledge ataupun secara keseluruhan. Data penelitian dikumpulkan dari 370 siswa-siswi kelas V di lima SD yang berada di wilayah Jakarta Selatan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang terdiri dari alat ukur Math Achievement Test, Modified Abbreviated Math Anxiety Scale (mAMAS), serta Metacognitive Knowledge in Mathematics Questionnaire (MKMQ). Berdasarkan hasil uji parallel multiple mediation analysis yang dilakukan, diketahui bahwa math anxiety berpengaruh signifikan terhadap math achievement melalui peran metacognitive knowledge sebagai mediator. Selain itu, math anxiety juga berpengaruh signifikan tehadap math achievement baik melalui dimensi metacognitive knowledge of self (a1b1 = -0,08, BCa CI [-0,11, -0,05]) maupun melalui metacognitive knowledge of task (2b2 = -0,05, BCa CI [-0,08, -0,03]). Kendati demikian, pengaruh math anxiety terhadap math achievement ternyata tidak signifikan saat dimediasi oleh metacognitive knowledge of strategy (a3b3 = -0,01, BCa CI [-0,02, 0,01]). Adapun hasil dan limitasi penelitian dikaji lebih mendalam pada bagian diskusi.

 

Kata kunci:

Prestasi matematika, kecemasan matematika, metacognitive knowledge, siswa kelas V


ABSTRACT

Name                           : Tiffany Chandra

Study Programme       : Master Programme, Psychology in Education

Judul Tesis                  : The Relationships between Fifth Graders’ Math Anxiety and

Math Achievement Mediated by Metacognitive Knowledge

 

 

This study aimed to determine whether there is a significant effect of math anxiety on math achievement through each dimension of metacognitive knowledge, as well as through metacognitive knowledge itself. Data were collected from 370 fifth graders in five different elementary schools at South Jakarta. Data were collected through a set of questionnaires consisting of Math Achievement Test, Modified Abbreviated Math Anxiety Scale (mAMAS), and Metacognitive Knowledge in Mathematics Questionnaire (MKMQ). Based on the results of the parallel multiple mediation analysis, it was found that math anxiety significantly affected math achievement through the role of metacognitive knowledge as the mediator. Math anxiety also has a significant effect on math achievement both through metacognitive knowledge of self (a1b1 = -0.08, BCa CI [-0.11, -0.05]) and through the metacognitive knowledge of task (2b2 = -0.05, BCa CI [-0.08, -0.03]). However, the effect of math anxiety on math achievement was not significant when mediated by metacognitive knowledge of strategy (a3b3 = -0.01, BCa CI [-0.02, 0.01]). The results and limitations of this study are examined deeper in the discussion section.

 

"
2019
T54062
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika sisw SMP Negeri 1 Gunung Stoli. Hasil penelitian menunjukan bahwa korelasi ganda antara motivasi dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,3420 (rendah)."
330 MIWD 35 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"This research investigated the rule of inquiry and ccoperative learning strategy towards the increase of the cognitive achievement."
2009
570 JPB 1:1 (2009) (1)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Hema Anita
"one or factors that determine the success of education process in classroom is teacher. Teachers not only has role as teacher that transfer knowledge to the students but also as a model. The are various ways conducted by the techers to improve students study result."
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2013
370 JGR 10:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>