Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 89528 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fathurizqi
"Tujuan dari Jurnal ini adalah untuk menguji dan menganalisa apakah bimbingan belajar Nurul Fikri benar-benar efektif dalam meningkatkan pemahaman bahasa Inggris siswanya sebelum menghadapi ujian nasional. Dikarenakan kebijakan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan nilai kelulusan ujian nasional, bimbingan belajar menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Namun karena kurangmya penelitian, efektifitas bimbingan belajar dalam meningkatkan pemahaman bahasa Inggris siswanya masih dipertanyakan.
Penelitian ini menemukan bahwa bimbingan belajar Nurul Fikri hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman bahasa Inggris siswa Sekolah Menengah Atas. Berdasarkan hasil dari tes uji coba ujian nasional pertama dan kedua, siswa Sekolah Menengah Atas yang lebih banyak diajarkan mengenai cara membaca teks berbahasa Inggris mengalami kemajuan yang lebih baik dibandingkan siswa Sekolah Menengah Pertama yang banyak diajarkan mengenai tatabahasa dalam bahasa Inggris.
Penelitian ini juga menemukan bahwa para murid berpikir guru yang memberikan lebih banyak latihan soal lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman bahasa Inggris mereka dibandingkan guru yang lebih sering memberikan materi pembelajaran baru. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa minat siswa tidak memberikan dampak besar untuk peningkatan hasil pembelajaran bahasa Inggris mereka di NF. Meskipun siswa Sekolah Menegah Atas dan Sekolah Menengah Pertama di NF memiliki minat yang sama dalam pelajaran bahasa Inggris, mereka mengelami peningkatan pemahaman yang berbeda.

The aim of this paper is to test and analyze whether Nurul Fikri private course is really effective in improving students’ English comprehension in facing the national exam. Because of the Indonesian government’s policy to increase the passing grade of the national exam, private courses have been more popular for the last few years. However, because of lack in researches, the effectiveness of private courses in improving students’ English comprehension is still questionable.
This research found that Nurul Fikri private course is only effective in improving senior high school student’s English Comprehension. Based on the result of first and second try outs, senior high school students who were mostly taught about reading materials made better progress than junior high school students who were mostly taught about grammar.
Next, this research found that most of the students thought NF teachers who give more exercise are more effective in improving their English comprehension than teachers who teach new materials. Last, this research found that students’ interest did not give significant influence to the result of English teaching in Nurul Fikri. Although junior high school and senior high schools students had similar interest in English, their progresses in English comprehension were different.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Yosita Nur Wirdayanti
"Industri bimbingan belajar di Jakarta mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tingginya persaingan dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) dan naiknya standar nilai kelulusan membuat program bimbingan belajar semakin diminati oleh siswa kelas 3 SMU. Kondisi ini membuat setiap bimbingan belajar berlomba memberikan pelayanan terbaik untuk merebut pangsa pasar dan mempertahankan pelanggan mereka. Untuk mencapai hal ini diperlukan identifikasi keinginan pelanggan terhadap aspek pelayanan bimbingan belajar.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik dan keinginan pelanggan pelanggan Nurul Fikri, bimbingan belajar yang sudah beroperasi lebih dari 20 tahun di Jakarta. Pengidentifikasian ini dapat dilakukan dengan survey kepuasan pelanggan menggunakan metode analisis multivariat dan Importance-Performance Analysis.
Dengan metode ini, dapat diketahui performa pelayanan saat ini, serta memperlihatkan atribut-atribut pelayanan yang perlu ditingkatkan. Dalam penelitian ini, berdasarkan hasil analisis faktor, didapatkan 5 faktor pelayanan BKB Nurul Fikri, yaitu sistem dan metode pengajaran, materi, kondisi ruang belajar, fasilitas pendukung dan pelayanan administrasi. Berdasarkan Importance Performance Analysis, faktor pelayanan yang perlu ditingkatkan adalah Kondisi Ruang Belajar.

Rapid growth at course for senior high school students industry has increased the competition between course industries in Jakarta. High competition for university entrance examination and increasing of passing grade made more 3rd students of Senior High School feel that go to a course is a need. This condition has also grown the need of many enterprises to improve their overall performance. Some enterprises have realized that the identification of customer need is essential in gaining market share and customer satisfaction.
This research objective is to identify customer characteristic and customer need of Nurul Fikri course, a course that have been operating for more than 20 years in Jakarta. Identification of customer needs in service performance can be conducted by measuring customer satisfaction of service performance using multivariate analysis and Importance Performance Analysis.
This method will show service performance and service attributes that need to be improved. In this research, based on factor analysis, there are 5 service dimensions of Nurul Fikri course: system and teaching method, material, classroom condition, supporting facilities and administration service. Based on Importance-Performance Analysis, service dimension that have to be improved is classroom condition.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S50041
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kiftiyah
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007
S33940
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Supriadi
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S7662
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marita Kurniati
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
S9293
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ira Ariane
"ABSTRAK
Adanya pergeseran makna pada istilah school library kepada istilah school library resources center menjadikan kegiatan-kegiatan yang ada di perpustakaan sekolah lebih terintegrasi pada proses belajar mengajar di sekolah. Program Jam Perpustakaan adalah satu kegiatan yang dilakukan perpustakaan sekolah untuk menginteggrasikan kurikulum dengan perpustakaan. Tidak banyak sekolah yang memiliki kegiatan ini. SDIT Nurul Fikri adalah salah satunya. Walaupun keberadaan perpustakaan di SDIT Nurul Fikri tidak sepenuhnya mendapat dukungan dan perlindungan terhadap ruangan dan koleksi dari pihak yayasan, namun pustakawan yang ada mampu menciptakan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan bagi para muridnya. Dengan adanya skripsi ini penulis berharap pihak yayasan dapat lebih memberi dukungan terhadap keberadaan perpustakaan.

"
1999
S15340
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisaa Paradisa
"Siswa EFL sering mengalami kesulitan dalam memahami teks bahasa Inggris. Kasus ini dialami oleh siswa kelas enam di sebuah sekolah swasta di Bogor. Concept Mapping adalah alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami apakah Concept Mapping dapat digunakan sebagai alat pembelajaran untuk siswa kelas enam untuk meningkatkan pemahaman bacaan mereka. Penelitian ini juga bertujuan untuk menyelidiki persepsi siswa terhadap penggunaan Concept Mapping. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif yang menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Data untuk penelitian dikumpulkan dalam tiga siklus selama sembilan minggu yang melibatkan kelas 17 siswa EFL kelas enam SD. Pada setiap siklus, siswa menggunakan Concept Mapping dengan strategi scaffolding yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan menggunakan catatan lapangan, lembar pengamatan, tes pemahaman membaca, kuesionner, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis interpretif. Penelitian ini menunjukkan penggunaan Concept Mapping dengan strategi scaffolding tertentu dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Semakin banyak dan konsisten scaffolding yang diberikan, semakin meningkat pemahaman membaca siswa. Siswa juga merespon secara positif terhadap penggunaan concept mapping.

AbstractEFL students often have difficulties in comprehending English texts. Such case is experienced by a class of sixth grade students in a private school in Bogor. Concept mapping is a tool that can be used to improve students rsquo reading comprehension. This study aims to understand whether Concept Mapping can be utilized as a learning tool for sixth graders to improve their reading comprehension. It also aims to investigate students rsquo perceptions toward the use of Concept Mapping. This is a quantitative and qualitative study that uses a classroom action research design. Data for the study was collected in three cycles for nine weeks involving a class of 17 sixth grade EFL students. Field notes, observation sheets, reading comprehension tests, questionnaires and interview questions are used as research instruments to collect data. The data are analyzed using descriptive statistics and interpretive analysis. Based on the results of the reading comprehension tests, the study finds that students made a slight improvement in comprehending texts. Moreover, the test scores mean shows that there is a progress after the implementation of Concept Mapping, which means these young students are able to utilize it. They also respond positively toward the use of Concept Mapping. However, they require a certain scaffolding strategy to use it.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T50259
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Fadillah
"Sebagai sebuah sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru, spmb, sejak dulu tidak pernah memberikan keterangan mengenai mengapa seorang calon mahasiswa diterima atau ditolak dari program studi yang dipilihnya. Juga tidak pernah menjelaskan kepada publik mengapa seorang calon mahasiswa diterima pada pilihan kedua atau ketiga bukan pilihan pertama.
Ketiadaan keterangan ini dijadikan peluang oleh lembaga-lembaga bimbingan belajar atau bimbingan tes -yang banyak menjamur di Indonesia, terlebih saat menjelang tes spmb-untuk memberikan penjelasan seputar bagaimana sesungguh proses penilaian seleksi calon mahasiswa itu berlangsung. Pemberian keterangan itu juga dilakukan bersamaan dengan upaya pendampingan/pelatihan calon mahasiswa agar mampu lolos melewati ujian masuk tersebut. Padahal penjelasan yang diberikan oleh lembaga bimbingan itu belum tentu dilakukan oleh panitia ujian masuk perguruan tinggi negeri. Itu artinya masyarakat diberikan informasi yang `semu' dan karena ketidaktahuan mereka bersedia membayar mahal.
Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri sebagai salah satu bimbingan yang juga menyelenggarakan program pendampingan/pelatihan persiapan spmb percaya bahwa informasi yang benar adalah sesuatu yang semestinya diketahui publik. Untuk itu bimbingan ini melakukan suatu upaya penjelasan yang benar mengenai bagairnana proses (terutama) penilaian/penempatan calon mahasiswa ke dalam program studi yang dipilihnya, Upaya itu diwujudkan dalam bentuk pengolahan penilaian prestasi siswa --dalam try out yang diselenggarakannya¬dilakukan seperti yang dilakukan oleh panitia ujian nasional spmb. Yakni: penilaian prestasi siswa dengan sistem penilaian nilai nasional. Sistem ini merupakan pemberian nilai berdasarkan posisi peserta tes dalam populasi. kecuali dalam hal jumlah peserta, segala perhitungan statistik yang ada diupayakan sama dengan pengolahan yang dilakukan oleh panitia nasional itu. Di samping memberikan prediksi nilai nasional yang bisa dicapai siswa, Nurul Fikri pun berupaya memprediksikan kaitan nilai nasional yang dicapai siswa dengan kemungkinan program studi yang bisa dipilihnya, Mirip dengan panduan belanja sehingga siswa mendapatkan keterangan mengenai program studi yang lebih berpeluang baginya di spmb nanti. Prediksi itu dikenal dengan istilah matrik bantu pemilihan jurusan.
Dari pengujian data dengan menggunakan hierarchial log-linear didapat hasil kelulusan peserta spmb dipengaruhi dengan jumlah nilai nasional optimal yang dicapai vs level pilihan jurusan dan pemahaman siswa terhadap sistem penilaian dan penempatan calon peserta di program studi yang diujikan (mbpj). Analisis lebih lanjut menunjukkan calon peserta yang nilai optimalnya mencukupi level kelas program studi yang dipilihnya mempunyai peluang yang lebih besar daripada yang tidak (kelompok IPA: 5,9 kali, kelompok IPS: 3.6 kali). Juga didapat angka kelulusan peserta (dalam persen) yang lebih tinggi jika ia mempunyai nilai nasional yang cukup, tidak perduli apakah ia paham atau tidak system mbpj, (kelompok IPA, AKP (L I) I) = 70,75 dibandingkan AKP (1,0) 28.82; AKP (0,1) = 61,65 dibandingkan AKP (0,0) = 21,15; kelompok IPS, AKP (1,1) = 64,41 dibandingkan AKP (1,0) = 33,16; AKP (0,1) = 54,95 dibandingkan MCP (0,0) = 25).
Uji lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang dapat digunakan sebagai prediktor kemampuan siswa di saat spmb (causal model for directly observed variables) dilakukan dengan Lisrel 8.30. Uji multivariat regression ini menghasilkan nilai koefisien regresi yang cukup baik sehingga dapat disimpulkan bahwa prediktor yang dikembangkan Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri dapat dipakai calon peserta spmb untuk meramalkan kemampuannya saat mengikuti ujian, Seperti yang dapat dilihat pada angka-angka indeks di bawah ini
1. Berdasarkan masing-masing bidang studi:
? Kelompok IPA: (hari pertama); = 0,67 x1 + 0.49 x2+ 0,73 x3+ 0,24 x4 +027x5;+0,27x6+0,53x7+ 0,44x8+ S dan(hari kedua):y2= 0,53x1 + 0.17x2 + 0,10 x3 +0,38x4+ 0,57x5 +0,76x6 +0,63 x7+ 0,67,x8 + S
? Kelompok IPS: (hari pertama): y, = 0,67 x1 + 0.69 x2 + 0,65 x3 + 0,29 x4 + 0,32 x5 + 0,23 x6 + 0,55x7 + dan (hari kedua); y2 = 0.13 x1 + 0,44 x2 + 0 ,11 x3 + 0,37x4+0,56x5 +0,80 x6,+0,46x7 + S
2. Berdasarkan kelompokan bidang studi:
? Kelompok IPA: (hari pertama); y1 = 0,52 x1 + 0.66 x2 + 0,39 x3 + S dan (hari kedua); y2 = 0,49 x1 + 0,13 x2 + 0,65 x3 + S
? Kelompok IPS (hari pertama): y1 = 0,72 x1 + 0.66 x2 + 0,33 x3 + S dan
(hari kedua) y2 = 0,12x1 + 0,21 x2 + 0,60 x3 + S"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T18753
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kurnia Fitra Utama
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S6981
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Kurniadi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya perusahaan dan etika kerja Islami melalui komitmen organisasi sebagai mediasi terhadap intensi meninggalkan organisasi karyawan. Penelitian menunjukan bahwa budaya perusahaan dan etika kerja Islami memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi karyawan, dan sebagai akibatnya memiliki pengaruh negatif terhadap intensi meninggalkan organisasi karyawan. Penelitian ini mengambil objek penelitian pada Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri dan karyawan yang bekerja penuh waktu sebagai subjek penelitian.

The objective of this study is to analyze the impact of corporate culture and Islamic work ethic through organizational commitment as mediator towards employee turnover intention. The study shows that corporate culture and Islamic work ethic is positively and significantly affect employee organizational commitment, and consequently brings negatively affect toward employee turnover intention. The object of this study is BKB Nurul Fikri, a learning guidance company and the subject is fulltime employee of this company.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46402
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>