Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154342 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ma Rifatul Amalia
"Skripsi ini membahas tentang faktor-faktor yang menyebabkan permasalahan dalam penerapan sistem sentralisasi pengelolaan keuangan di Universitas Indonesia, dengan studi kasus di Fakultas Ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan wawancara mendalam. Hasil analisis menyimpulkan bahwa terdapat empat faktor penyebab permasalahan dalam penerapan sistem sentralisasi pengelolaan keuangan di UI, yakni: aspek ketepatan konsep sentralisasi, aspek proses desain sistem, aspek metode implementasi sistem, dan aspek dokumentasi prosedur pelaksanaan. Adapun faktor penyebab permasalahan dalam penerapan sistem sentralisasi pengelolaan keuangan di FE ada tiga, yakni: aspek dasar hukum pelaksanaan sentralisasi, aspek proses desain sistem, dan aspek dokumentasi prosedur pelaksanaan. Sistem sentralisasi pengelolaan keuangan di UI sebaiknya dilanjutkan dengan penyempurnaan-penyempurnaan sehingga tetap mampu menjamin efektivitas sistem dan menjaga kelancaran dana.

The purpose of the study is to describe factors which caused problems in implementation of financial centralization in Universitas Indonesia, and the case study in Faculty of Economics. This research uses qualitative analysis and indepth interview to collect the data. The conclusion is there are four factors that caused problems in implementation of financial centralization in UI, such as: rightness of centralization concept, aspect of system design process, aspect of system implementation method, and aspect of procedures documentation. There are also three factors caused problems in implementation of financial centralization in FE, such as: legal aspect of the system, aspect of system design process, and aspect of procedures documentation. Financial centralization system in UI should be continued with some evaluation and improvement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55930
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fahmi Lathifia
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai sistem tanggap darurat di Rumah Sakit UI pada fase sebelum, saat, dan setelah terjadi keadaan darurat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sistem tanggap darurat di Rumah Sakit UI berdasarkan WHO Hospital Emergency Response Checklist (2011). Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penulis melakukan analisis data menggunakan metode in depth analysis melalui wawancara yang dilakukan secara online dan telaah dokumen terkait Sistem Tanggap Darurat di Rumah Sakit UI. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa presentase kesesuaian sistem tanggap darurat di Rumah Sakit UI berdasarkan WHO Hospital Emergency Response Checklist (2011) adalah sebesar 56% telah terpenuhi, 29% masih dalam proses pemenuhan (terpenuhi sebagian), dan 15% diantaranya perlu dilakukan peninjauan (tertunda). Hal ini menunjukkan bahwa Rumah Sakit UI sudah baik dalam menerapkan WHO Hospital Emergency Response Checklist (2011). Meskipun hasilnya telah baik, namun pihak rumah sakit perlu meninjau dan meningkatkan perencanaan terkait sistem tanggap darurat di rumah sakit yang lebih komprehensif.

ABSTRACT

This research analyzes about emergency response system at University of Indonesia Hospital in pre disaster phase, on disaster phase, and after disaster phase. The purpose of this study is to analyze the implementation of the emergency response system implementation in University of Indonesia Hospital based on WHO Hospital Emergency Response Checklist (2011). This research uses the descriptive method with a qualitative approach. The author analyzes the data using in-depth analysis by online interview and documents analysis about emergency response system at University of Indonesia Hospital. From this study, it can be concluded that the percentage conformity of the emergency response system implementation based on WHO Hospital Emergency Response Checklist (2011) is 56% completed, 29% in progress, and 15% due for review. This shows that University of Indonesia Hospital has a good implementation of WHO Hospital Emergency Response Checklist (2011). Although the result is good, but the company is required to review and improve the emergency response system planning to be more comprehensive."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vika Amalia Rahman
"ABSTRAK
Dalam skripsi ini dilakukan evaluasi otomasi di Perpustakaan UI. Lontar (Library
Online and Digital Archive) merupakan obyek penelitian dengan cakupan masalah
penelitian berupa penerapan serta kendala teknis. penelitian kualitatif dengan
metode observasi dan studi kasus ini, mencakup evaluasi sistem otomasi yaitu
pada Modul Pengolahan, Modul Akses Katalog Online, dan Modul Sirkulasi, serta
Modul Keanggotaan. Hasil evaluasi memperlihatkan bahwa 3 modul utama sistem
Lontar telah sesuai dengan standar sistem otomasi perpustakaan.

ABSTRACT
This thesis discuss about the evaluation of automation system in UI library.
Lontar (Library Online and Digital Archive) is the research object with research
questions that include descriptions of implementation and its problems. This
qualitative research use observation and case study method to evaluate the
automation system on cataloging module; online catalog access module;
circulation control module and description of membership module. The
conclusion is the three modules that Lontar system used are suitable with standard
system of library automation.
"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S54290
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saifuloh
"Penelitian ini mengenai penerapan sistem tata persuratan Universitas Indonesia pada tiga fakultas. skripsi ini akan membahas tentang penerapan Sistem Tata Persuratan UI dan hubungannya dengan sistem pemberkasan pada unit kerja di tiga fakultas. Tujuannya ialah untuk mendapatkan gambaran mengenai penerapaan Sistem Tata Persuratan UI dengan pemberkasan dokumen pada unit kerja di tiga fakultas yang dilakukan oleh staf sekertaris fakultas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif dengan metode studi kasus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa staf sekertaris fakultas masih melakukan kegiatan tata persuratan mengikuti kebiasaan yang mereka lakukan selama ini. Staf sekertaris fakultas yang menangani persuratan secara teknis yang berhubungan langsung dengan surat keluar dan masuk pada sekertaris fakultas belum memiliki pengetahuan secara mendalam di bidang kearsipan. Maka perlu dilakukan sosialisasi bagi para staf berupa pelatihan yang berkesinambungan.

This research is about the application of correspondences system in three faculties at University of Indonesia (UI). This thesis will discuss about the implementation of UI correspondences system and its relation to filing system in work units at three faculties. The purpose of this thesis is to get an overview about the application of UI correspondences system and its relation to filing system in work units at three faculties which are done by the secretary staff of the faculty. This research is a qualitative research with descriptive design of case study method.
The result showed that the secretary staff of the faculty is still doing correspondences activities by following correspondences procedures habits which they have done so far. The secretary staff of the faculty who is handling technical correspondences that related to incoming letters and outgoing letters in secretariat faculty still not have deep knowledgeable in archives management. Therefore, it is necessary to give socialization such as continuing training for all staff.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S459
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alvina Callista Putri
"Jumlah penduduk di Jakarta mencapai 10,56 juta jiwa pada bulan September 2020. Maka dari itu, dibutuhkan gedung-gedung bertingkat sebagai pemenuh kebutuhan dari masyarakat. Dengan banyaknya limbah konstruksi yang dihasilkan oleh proyek konstruksi gedung tingkat tinggi, diperlukan adanya pengelolaan limbah konstruksi untuk meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan. Melalui fakta tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kondisi eksisting di Indonesia dan beberapa negara luar serta hambatan yang dihadapi oleh kontraktor terkait penerapan sistem pengelolaan limbah konstruksi oleh di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis arsip, serta survei wawancara dan kuisioner kepada para ahli kontraktor proyek konstruksi bangunan tingkat tinggi di Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tindakan pengelolaan limbah konstruksi yang paling banyak diterapkan di Indonesia adalah tindakan pembuangan dan yang cukup minim diterapkan adalah tindakan pemulihan. Penerapan sistem pengelolaan limbah konstruksi di Indonesia lebih baik daripada Malaysia, akan tetapi masih kurang apabila dibandingkan dengan negara Hongkong dan Spanyol. Hambatan yang dihadapi oleh kontraktor selama penerapan sistem pengelolaan limbah konstruksi di Indonesia dilihat melalui aspek ekonomi, aspek organisasi, aspek kebijakan, dan aspek teknis.

The population in Jakarta reached 10.56 million people in September 2020. Therefore, high-rise buildings are needed to meet the needs of the community. With the large amount of construction waste generated by high-rise building construction projects, it is necessary to have construction waste management to minimize the negative impacts. Based on these facts, this research was conducted with the aim of analyzing the existing conditions in Indonesia and several foreign countries as well as the obstacles faced by contractors regarding the implementation of construction waste management systems in Indonesia. The research method used is archive analysis, as well as interview surveys and questionnaires to experts in high-rise building construction project contractors in Indonesia. The results of this study indicate that the most widely applied construction waste management action in Indonesia is a disposal and the least applied is recovery action. The implementation of the construction waste management system in Indonesia is better than in Malaysia, but still lacking when compared to Hong Kong and Spain. The obstacles faced by contractors during the implementation of the construction waste management system in Indonesia are seen through economic aspects, organizational aspects, policy aspects, and technical aspects."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisa Larasati
"ABSTRACT
Perubahan sistem pengelolaan sampah di Universitas Indonesia telah dilaksanakan seperti kegiatan pemilahan sampah tingkat fakultas dan pendirian UPS UI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan sampah masing-masing fakultas dan efektivitas UPS UI dalam mengolah sampah organik yang dihasilkan oleh fakultas dan unit menjadi pupuk kompos. Penelitian dilakukan pada 14 titik kumpul sampah di Universitas Indonesia dan UPS UI. Peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada petugas pemilah sampah, koordinator petugas kebersihan, koordinator/manajer fakultas, dan pekerja di UPS UI. Kegiatan pengelolaan sampah di fakultas terdiri dari pemilahan dan pewadahan sedangkan pengangkutan dan pengolahan sampah organik dilakukan oleh pihak universitas. Jumlah sampah makanan yang diolah menjadi pupuk kompos pada tahun 2017 mencapai 148.652 kg dengan tingkat efektivitas pengolahan mencapai 99.35. Penggunaan APD pada petugas pemilah sampah berupa sarung tangan sebesar 71, masker 50, penutup kepala 64, dan sepatu boot 79. Riwayat gangguan kesehatan pada petugas pemilah sampah antara lain pilek dan batuk 67 dan demam sebesar 41. Hasil pengukuran kualitas sumber air di UPS UI menunjukan jumlah bakteri koliform sebanyak 72 koloni dan Eschericia coli sebanyak 15 koloni. Perbaikan sistem monitoring dan evaluasi perlu dilakukan untuk meningkatkan sistem pengelolaan sampah di tingkat fakultas dan universitas.

ABSTRACT
Waste management system in the campus has been implemented by Solid Waste Handling Facility of Universitas Indonesia UPS UI. The main purpose of this study, therefore, is twofold that are to describe the current status of waste management in each faculty and to assess the effectiveness of organic solid waste processing in the Solid Waste Handling Facility of the campus. This study is based on the survey in 14 waste rallying points of the campus. In this study we observe and interview sorting waste workers, coordinators of each point, workers and the manager in the Solid Waste Handling Facility. Questions of interview include the waste management system, the use of Personal Protective Equipment APD and history of health problems. Activities of waste management in the faculties consist of sorting and packaging. Moreover, activities of organic waste transportation and processing involve the university. The results show that from organic solid waste amount of compos fertilizer is approximately 148.652 kg and the effectiveness of processing is about 99.35 in 2017. Workers in the sorting unit are around 50 using maskers, 71 using gloves, 64 using helmets, and 81 using boots. Furthermore, the history of health problems of workers in the sorting unit shows around 67 of them have suffered from flu and 41 of them have suffered from cough. Finally, the result of water quality in the UPS UI shows that there are 72 colonies of bacteria of coliform and 15 colonies of Escherichia coli. The improvement of monitoring dan evaluation system is needed for enhancement of waste management both in the faculty and university level."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pungkas Budhi Santoso
"Penelitian ini mengkaji strategi PT KSEI dalam implementasi sentralisasi data investor dan berbagi data Customer Due Diligence (CDD) melalui sistem CORES.KSEI. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menjadi peluang dan ancaman bagi PT KSEI, mengevaluasi kapasitas dan kemampuan perusahaan dalam mengoptimalkan strategi sentralisasi data dan berbagi data CDD, serta mengusulkan strategi yang dapat diterapkan untuk optimasi tersebut. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengevaluasi lingkungan internal dan eksternal PT KSEI melalui matriks EFE – IFE, kemudian strategi perusahaan dirumuskan mellaui matriks IE dan analisa SWOT. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa PT KSEI memiliki peluang signifikan untuk memperkuat posisi pasar berkat dukungan regulasi yang kuat, kemajuan teknologi informasi, dan pertumbuhan investor yang baik. Namun, KSEI perlu menyelesaikan tantangan seperti ketergantungan tinggi pada vendor TI eksternal, rendahnya adopsi kebiasaan baru dan kebutuhan akan sosialisasi yang lebih efektif oleh stakeholder, dan risiko kapasitas dan keamanan. Penelitian ini merekomendasikan strategi sosialisasi dan edukasi yang lebih komprehensif, peningkatan kapasitas dan kapabilitas infrastruktur teknologi dan sumber daya manusia, dan pengembangan kolaborasi industri untuk meningkatkan penerapan dan efektivitas sistem CORES.KSEI. Penting bagi PT KSEI untuk selalu melakukan pendekatan inovatif dan selalu adaptif terhadap dinamika teknologi dan pasar.

This study examines PT KSEI's strategies for implementing investor data centralization and customer due diligence (CDD) data sharing through the CORES.KSEI system. The primary objective of this research is to identify factors that can present opportunities and threats to PT KSEI, evaluate the company's capacity and capabilities in optimizing data centralization and CDD data sharing strategies, and propose strategies for such optimization. Through a qualitative approach, this study assesses the internal and external environment of PT KSEI using EFE - IFE matrices and formulates the company's strategies through IE matrices and SWOT analysis. The results indicate that PT KSEI has significant opportunities to strengthen its market position due to intense regulatory support, advancements in information technology, and positive investor growth. However, PT KSEI must address challenges such as its high dependency on external IT vendors, the low adoption of new habits of share CDD data, the need for more effective stakeholder socialization, and data capacity and security risks. This study recommends more comprehensive socialization and education strategies, enhancement of technological infrastructure and human resource capacity and capabilities, and development of industry collaborations to improve the implementation and effectiveness of the CORES.KSEI system. It is crucial for PT KSEI to continually adopt innovative approaches and remain adaptable to technological and market dynamics."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Aulia
"Penelitian ini adalah Penerapan Sistem Kearsipan Universitas Indonesia. Permasalahan yang dimunculkan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Sistem Kearsipan Universitas Indonesia tetap berjalan di Pusat Administrasi Universitas Indonesia (PAUI), bagaimana prosedur dan pelaksanaannya, serta apakah kendala-kendala yang muncul dalam penerapan sistem ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif berbentuk studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada 7 (tujuh) orang informan yaitu pengembang sistem, pengguna sistem dan pelaksana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Sistem Kearsipan Universitas Indonesia di Pusat Administrasi Universitas Indonesia telah diterapkan dengan variasi sesuai dengan kebutuhan di masing-masing unit di PAUL. Manfaat menggunakan sistem ini sudah dapat dirasakan oleh pengguna sistem dan pelaksana adalah pekerjaan dapat lebih teratur dan penemuan kembali rekod dapat dengan cepat ditemukan. Sementara kendala yang dirasakan adalah pada sumber daya manusia (SDM) yang ada dirasakan kurang karena SDM yang ada merupakan pegawai yang tidak memiliki latar belakang pendidikan kearsipan. Selain itu sarana dan prasarana untuk pemeliharaan arsip dan sosialisasi yang tidak mencapai target dan sudah lama tidak diadakan lagi. Dengan demikian, hendaknya sosialisasi dapat dilaksanakan lebih menyeluruh baik kepada pimpinan maupun pelaksana secara berkesinambungan. Selain itu sebaiknya diupayakan untuk memiliki SDM khusus yang memiliki latar belakang pendidikan kearsipan untuk mengelola arsip yang ada di PAUI."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
S15721
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rudi Darussalam
"Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu pelanggan besar PLN sejak tahun 1987 dengan kapasitas daya tersambung 6300 kVA pada Tegangan Menengah 20 kV. UI memiliki 13 gardu listrik yang terhubung dengan jaringan listrik tegangan menengah melalui kabel bawah tanah. Gardu listrik tersebut berfungsi untuk menurunkan tegangan menengah menjadi tegangan rendah 380 Volt.
Sebagai konsumen energi listrik, UI berkewajiban untuk menjaga dan merawat peralatan kelistrikan yang ada dalam area tanggung jawab pihak UI. Untuk menjaga tingkat keamanan dan kualitas daya listrik, maka peralatan kelistrikan yang sudah beroperasi lebih dari 20 tahun harus di regenerasi atau diganti. Agar lebih efektif dan efisien hal tersebut dapat dilakukan dengan cara berubah langganan energi listrik sistem terpusat menjadi langganan energi listrik sistem terpisah.

University of Indonesia is one of the big subscribe PLN since 1987 with power capacity 6300 kVA in medium voltage 20 kV. UI have 13 power stations which connected medium feeder voltage through underground cable. The Function of power station is to transform from medium voltage to low voltage 380 Volt.
As the consumer, UI must maintain electric equipment in the area. To keep safety and power quality UI must regenerate the equipment higher than 20 years old. For better, effective and efficient UI must change electric subscribe from central system to distribute system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51415
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Yusyawiru
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengendalian internal terkait pengelolaan persediaan di Universitas Riau serta bertujuan memberikan rekomendasi untuk menghadapi masalah yang terjadi. Laporan audit BPKP menyatakan bahwa UR belum melaksanakan kegiatan pengendalian dengan tepat dan memadai. Metode dalam penelitian ini merupakan analisis deskriptif berupa studi kasus. Data telah diperoleh melalui analisis dokumen, observasi, serta wawancara mendalam terhadap informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kelemahan universitas dalam melaksanakan kegiatan pengendalian atas pengelolaan persediaan. Kelemahan yang ditemukan seperti pada pengendalian fisik aset, ditemukannya kegiatan yang belum memiliki SOP serta flowchart pada SOP yang sangat sederhana atas proses penerimaan, penyimpanan dan pendistribusian barang. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada universitas terkait kelemahan atas kegiatan pengendalian tersebut, seperti SOP baru dan rekomendasi lain dalam upaya mengatasi masalah yang ada. Kelemahan penelitian ini adalah tidak adanya data terkait audit report dari Tim SPI serta data audit atas sistem informasi akuntansi.

ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze internal control system related to inventory management at University of X and aims to provide a recommendation to manage problems that occurred. Audit report from State Development Audit Agency stated that the university has not conducted proper and adequate control activities. The method in this research is descriptive analysis in the form of case study. Data have been obtained through document analysis, observation, and in-depth interviews with informants. The results show that there are weaknesses of university in conducting control activities on inventory management. The weakness that has been found such as, at physical control of asset, where there is an activity that does not have a SOP and an unsophisticated flowchart for standard SOP on accepting, saving and distributing goods. The recommendation obtained from this study to organization related to control activities such as new SOP and other recommendation that can be applied to solve existing problems. The limitations of this study are the absence of audit reports from the university's internal audit team and the audit results of the accounting information system.

"
2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>