Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 43107 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
TA2296
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Faiz Fairussani Albananiy
"Dalam skripsi ini bahas mengenai pengendalian perangkat listrik yang ada dirumah dengan menggunakan metode logika fuzzy. Pengendalian perangkat listrik di rumah ini mencangkup fungsi-fungsi otomatisasi rumah (home automation) berdasarkan masukan-masukan dari sensor-sensor yang ada. Dari masukan-masukan tersebut diolah dengan menggunakan logika fuzzy, sehingga dihasilkan keluaran yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Untuk mengimplementasikan rancangan, dibuat prototype sistem otomatisasi rumah untuk obyek pengendalian berupa lampu-lampu penerangan rumah dan top kontak yang dikendalikan melalui relay-relay. Sebagai alat bantu, digunakan perangkat lunak fuzzy TECH 5.12 Professional untuk melakukan simulasi sistem. Sedangkan perangkat keras pengendali menggunakan rangkaian elektronik berbasis mikrokontroler AVR AT mega 16. Dengan prototype tersebut dilaksanakan ujicoba dan analisis terhadap pengendalian langsung dan pengendalian dengan masukan sensor.
Ujicoba yang dilakukan telah memberikan hasil yang memuaskan. Pada mode pengendalian otomatis, sistem dapat melakukan tindakan sesuai dengan masukan dari sensor-sensor. Begitu pula pada mode pengendalian manual, sistem dapat melaksanakan pengendalian sesuai dengan perintah dari pengguna."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40183
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Waspodo Bayu Aji
"Dalam sistem tenaga listrik, frekuensi sistem hams dapat dijaga pada standar operasi dari setiap mesin pembangkit daya ( 50 Hz). Masalah utama pada saat pembangkitan tenaga listrik adalah jika sistem mengalami gangguan ketidakseimbangan daya sistem sehingga menyebabkan tejadinya penurunan frekuensi sistem.
Penurunan frekuensi sistem ini sangat berbahaya sebab bila tidak teramati dengan baik dan segera dilakukan tindakan penyelamatan akan dapat menyentuh batas bawah frekuensi sistem terinterkoneksi yang masih dapat bertahan (47.5 Hz) sehingga akibat fatal yang terjadi adalah pemadaman total (black out).
Tesis ini membahas mengenai bagaimana mengatasi penurunan frekuensi sistem akibat beban berlebih dengan melakukan pelepasan beban otomatis pada sistem Jawa-Bali dengan menerapkan teknologi Fuzzy. Aturan-aturan berbasis pengetahuan para pakar atau data yang menjadi rule base fuzzy ternyata dapat diterapkan untuk menghasilkan nilai besar keputusan pelepasan beban yang tepat seperti hasil perhitungan rumus matematika

In the case of the electrical energy, the system frequency has to be maintained at the operational standard of every energy producing set of 50 Hz. The main problem which may arise at the electrical energy production is when there is problem due to the energy system equilibrium which will eventually cause the lessening in the system frequency.
The lessening in the system frequency will create serious problem, because if that remains well unnoticed and no safety action is soon be taken, this may eventually touch the base limit at the interconnection system frequency, which, so far is still able to stand (at 47,5 Hz) and so that a fatal consequences may follow, which is the total black out.
This thesis basically discuss the way how to overcome in any way the lessening of the system frequency as a result of the excess burden by releasing automatic burden in the in the Java-Ball systems and by making use of the fuzzy logic technology.
All the rulings which are based on the expert knowledge and data which so far have been parts of ttie rule base fuzzy, all prove to be applicable to produce outstanding function in the decision of releasing the right amount of burden just in line with application of the mathematical formula.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T284
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simanulang, Ridwan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38542
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irma Furaida
"Dalam penelitian ini aplikasi kendali logika fuzzy digunakan pada pengendalian posisi untuk pengaturan kecepatan motor dc. Kendali logika fuzzy diimplementasikan pada Personal Computer (PC) dan programnya dibuat dengan bahasa visual basic 6.0. Komunikasi yang digunakan adalah komunikasi parallel antara PC dengan device yang digunakan. Pengaturan kecepatan motor dc dilakukan dengan menggunakan metode Pulse Width Modulation (PWM). Sistem logika fuzzy mempunyai 2 crisp input yaitu error dan perubahan error dan mempunyai 1 crisp output. Metode defuzzifikasi yang digunakan adalah mean of maxima. Jumlah label dari membership function adalah 7 label. Respon sistem ditampilkan dalam bentuk grafik antara Setting Point (SP), Process Variable (PV), dan Manipulated Variable (MV). Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem telah bekerja dengan baik walaupun SP berubah-ubah."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007
TA482
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Sudarmaji
"Pada tesis ini dibuat program simulasi pengendalian temperatur dan tinggi level air pada wadah pencampur. Wadah ini diasumsikan memiliki luas penampang 1200 cm². Pengendalian dilakukan dengan mengatur debit air panas dan dingin yang diatur katup yang memiliki luas pembukaan 1,3272 cm². Sistem ini dikendalikan oleh pengendali logika fuzzy. Respon pengendalian dibandingkan dengan pengendali PID. Sistem ini memiliki struktur multivariabel.

In this tesis a simulation program for temperature and water level control on mixer is proposed. This mixer is assumed to have a base area 1200 cm². To control temperature and water level, the hot and cold water flow rates are varied. A valve with erosscctirm area 1.3272 cm² is used to varied those flow rates. The system is controlled with fuzzy logic controller. This system has multivariable structure. The respon of this system is compared to the respon of a PID controlled system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T8126
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Suwardoyo
"Anti Lock Brake Systems (ABS) bertujuan untuk menghasilkan seoptimal mungkin gaya pengereman, tetapi selama proses pengereman roda kendaraan tidak terkunci sehingga kendaraan tetap terkendali.
Pada pengendalian ABS, untuk rnendapatkan hasil yang optimal maka diperlukan pengendali yang mampu menjaga besar torsi optimum yang diperkenankan sebelum teljadjnya penguncian pada roda kendaraan. Torsi optimum yang dimaksud adalah torsi pengereman pada saat equilibrium point.
Pengendalian ini dihadapkan pada pennasalahan berubah-ubahnya kondisi jalan, yang mengakibatkan besarnya torsi pengereman yang diberikan harus disesuaikan dengan kondisi jalan. Agar dapat diberikan besar torsi pengereman yang sesuai di perlukan slip ratio sebagai pembanding antara kondisi jalan yang berbeda. Karena itu dibutuhkan sensor untuk mendeteksi kecepatan putar roda yang kemudian data dan sensor tersebut digunakan umuk memperoleh slip ratio.
Pada skripsi ini untuk membedakan kondisi pemaukaan jalan digunakan decision logic (metode elemen hingga). Metode elemen hingga membedakan kondisi permukaan jalan dengan cara membandingkan besar torsi pengereman yang diberikan dengan slip ratio yang terukur.
Keluaran dan metode elemen hingga merupakan masukan bagi pengendali logika fuzzy. Masukan berupa informasi kondisi permukaan jalan menyebabkan pengendali Iogika dapat memutuskan untuk memberikan sinyal kendali yang sesuai dengan kondisi pemiukaan jalan kepada servovalve sehingga torsi pengereman optimum dapat diberikan selama terjadinya proses pengereman.
Output dan simulasi berupa bentuk-bentuk grafik yang merupakan tanggapan slip ratio terhadap waktu, tanggapan torsi pengereman terhadap waktu, tanggapan kecepatan terhadap waktu sehingga dapat diamati tanggapan sistem secara keseluruhan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39913
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
P. Hendarwan Budiarta
"Sistem simulasi yang diketengahkan dalam Tugas Akhir ini menggunakan algoritma pengaturan berbasis logika fuzzy. Logika fuzzy digunakan untuk mengatasi kesulitan pengendalian pada sistem yang memiliki sifat non-linieritas tinggi, di antaranya adalah pengemudian mobil. Akan dijelaskan model asli model yang disederhanakan, serta penentuan model fuzzy Takagi-Sugeno mobil. Sebagai pengendali digunakan kontroler fuzzy yang dioptimasi dengan persamaan Riccati. Dibahas juga pengujian kestabilan pengendalian. Dalam hal ini, logika fuzzy tidak hanya digunakan pada pengendali (kontroller) tetapi juga untuk memodelkan mobil (model fuzzy Takagi-Sugeno). Pada bagian akhir diberikan flowchart program simulasi dan Basil-hasil simulasi pada beberapa kondisi untuk menunjukkan pengaruh - kecepat:an, waktu cuplik, panjang mobil, dan besainya state feedback gain, K terhadap kinerja pemarkiran."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S38856
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>