Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 42981 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
TA2664
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Suwardoyo
"Anti Lock Brake Systems (ABS) bertujuan untuk menghasilkan seoptimal mungkin gaya pengereman, tetapi selama proses pengereman roda kendaraan tidak terkunci sehingga kendaraan tetap terkendali.
Pada pengendalian ABS, untuk rnendapatkan hasil yang optimal maka diperlukan pengendali yang mampu menjaga besar torsi optimum yang diperkenankan sebelum teljadjnya penguncian pada roda kendaraan. Torsi optimum yang dimaksud adalah torsi pengereman pada saat equilibrium point.
Pengendalian ini dihadapkan pada pennasalahan berubah-ubahnya kondisi jalan, yang mengakibatkan besarnya torsi pengereman yang diberikan harus disesuaikan dengan kondisi jalan. Agar dapat diberikan besar torsi pengereman yang sesuai di perlukan slip ratio sebagai pembanding antara kondisi jalan yang berbeda. Karena itu dibutuhkan sensor untuk mendeteksi kecepatan putar roda yang kemudian data dan sensor tersebut digunakan umuk memperoleh slip ratio.
Pada skripsi ini untuk membedakan kondisi pemaukaan jalan digunakan decision logic (metode elemen hingga). Metode elemen hingga membedakan kondisi permukaan jalan dengan cara membandingkan besar torsi pengereman yang diberikan dengan slip ratio yang terukur.
Keluaran dan metode elemen hingga merupakan masukan bagi pengendali logika fuzzy. Masukan berupa informasi kondisi permukaan jalan menyebabkan pengendali Iogika dapat memutuskan untuk memberikan sinyal kendali yang sesuai dengan kondisi pemiukaan jalan kepada servovalve sehingga torsi pengereman optimum dapat diberikan selama terjadinya proses pengereman.
Output dan simulasi berupa bentuk-bentuk grafik yang merupakan tanggapan slip ratio terhadap waktu, tanggapan torsi pengereman terhadap waktu, tanggapan kecepatan terhadap waktu sehingga dapat diamati tanggapan sistem secara keseluruhan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39913
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muadzin Furqanul Jihad
"ABSTRAK
Pada Tugas Skripsi ini dibuat simulasi suatu sistem kendali untuk mengendalikan gerak longitudinal pesawat terbang. Sistem ini bekenja mengendalikan gerakan pitch pesawat (gerakan naik-turun hidung pesawat). Ini dilakukan dengan pengaturan sudut elevator (sirip pada sayap belakang horisontal). Dalam simulasi ini digunakan metode Runge-Kulta orde empat.
br>
Dalam Tugas Skripsi ini digunakan pengendali berbasis logika fuzzy yaitu
pengendali umpan balik yang mendasarkan pengendaliannya pada teori Iogika fuzzy.
Tujuan penerapan logika fhzzy tersebut adalah untuk memperbaiki tanggapan waktu
sistern kendali dalam mencapai kestabilannya.
Dalam analisa respons keluaran sistem dipakai parameter tanggapan waktu,
yaitu rise time, settling lime, percent overshool. dan steady state error. Hasil analisa
menunjukkan bahwa penerapan pengendali logika dapat memperbaiki tanggapan
waktu sistem kendali gerak pitch pesawat terbang.

"
1996
S38783
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Sudarmaji
"Pada tesis ini dibuat program simulasi pengendalian temperatur dan tinggi level air pada wadah pencampur. Wadah ini diasumsikan memiliki luas penampang 1200 cm². Pengendalian dilakukan dengan mengatur debit air panas dan dingin yang diatur katup yang memiliki luas pembukaan 1,3272 cm². Sistem ini dikendalikan oleh pengendali logika fuzzy. Respon pengendalian dibandingkan dengan pengendali PID. Sistem ini memiliki struktur multivariabel.

In this tesis a simulation program for temperature and water level control on mixer is proposed. This mixer is assumed to have a base area 1200 cm². To control temperature and water level, the hot and cold water flow rates are varied. A valve with erosscctirm area 1.3272 cm² is used to varied those flow rates. The system is controlled with fuzzy logic controller. This system has multivariable structure. The respon of this system is compared to the respon of a PID controlled system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T8126
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Beberapa tahun belakangan ini, pengendali logika fuzzy berkembang dengan pesat karena kefleksibelannya dalam pengambilan aksi kendali untuk sistem dengan model matematis yang sulit sekalipun, Sejalan dengan perkembangan itu, ditemukan suatu metode untuk mengidentifikasi pemodelan pengendali logika fuzzy, yaitu dengan menggunakan jaringan adaptif. Hai ini sangat membantu, terutama jika sistem yang akan dikendalikan sedemikian kompleksnya sehingga penalaan sistem inferensi fizzynya sulit untuk dilakukan secara manual. Pengendali fuzzy yang menggunakan jaringan adaptif dalam mekanisme belajar untuk menala sistem inferensinya disebut ANFIS (Adaptive Network-Based Frizzy hTerence System). DaIam Tugas Skripsi ini dibuat simulasi penggunaan ANFIS untuk mengidentifikasi model sistem inferensi fuzzy yang akan digunakan dalam pengendalian gerak pitch pesawat terbang, serta simulasi penerapannya dalam pengaturan sudut elevator (sirip pads sayap beiakang horisontal). Tujuan penerapan metode ANFIS tersebut adalah agar sistem yang dikendalikan memiliki tanggapan yang sama seperti sistem yang dijadikan acuan. Dalam hal ini berarti memperbaiki tanggapan sistem tersebut, yaitu dengan mempercepat kestabilan sistem dan menghilangkan lonjakan awal. Dalam anabsis tanggapan sistem digunakan parameter tanggapan waktu, yaitu waktu naik, waktu puncak, waktu tetap, persentase lonjakan, dan kesalahan galat tunak. Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem inferensi fuzzy hash penalaan metode ANFIS dapat mengeluarkan sinyal kendali yang membawa tanggapan sistem yang dikendalikan menuju tanggapan yang diinginkan, yaitu tanggapan sistem dengan wal.-tu tetap lebih keeil atau sama dengan 6 detik dan tidak mengalami lonjakan."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S38738
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andre Yogi Yuniarto
"ABSTRAK
Dalam skripsi ini akan dibahas salah satu aplikasi logika fuzzy dalam sistem kendali, yaitu pengendali suspensi aktif mobil. Melalui suatu proses perancangan dan data-data dari operator atau hasil percobaan sistem, besarnya sinyal pengendali yang mempengaruhi jalannya proses pada suatu sistem atau plant, dapat ditentukan secara linguistik dan tidak kaku seperti jika menggunakan logika digital biasa.
Metode pada logika fuzzy yang digunakan adalah metode mamdani dengan operasi maximum-minimum pada fuzzyfikasi dan metoda sentroid pada defuzzyfikasi untuk menghasilkan sinyal pengendali yang diinginkan. Dalam skripsi ini akan dikendalikan peredaman gaya yang timbul pada suspansi akibat dari berbagai masukan jalan.
Serangkaian percobaan akan dilakukan untuk mengamati pengaruh bentuk jalan pada dinamika pergerakan body mobil dan pergerakan suspensi mobil. Kemudian akan ditentukan nilai-nilai dari fungsi keanggotaan dan basis aturan pada pengendali fuzzy dari hasil percobaan yang dilakukan untuk mendapat hasil yang diinginkan. Semua proses perancangan dan simulasi menggunakan perangkat lunak MATLAB versi 5.3.

"
2000
S39681
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S38681
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ariadi Hendrawan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S39412
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudi Lifiandri
"Pengendali logika fuzzy biasa mampu memperbaiki tanggapan waktu suatu sistem kendali. Keberhasilan pengendali logika fuzzy biasa ini, sangat dipengaruhi oleh pengetahuan seorang operator ahli dalarn menentukan nilai-nilai aturan fuzzy, fungsi keanggotaan masukan dan keluaran fuzzynya. Kendala tersebut dapat diatasi dengan menerapkan jaringan syaraf buatan (intelligent neural ntwork) ke dalam perancangan pengendali logika fuzzy. Pada tugas sloipsi ini mencoba menerapkan sualu struktur jaringan syaraf buatan pada perancangan pengendali Iogika fuzzy untuk mengendalikan suatu sistem kendali yang selanjutnya disimulasikan dengan suatu perangkat lunak sederhana (visual basic 3.0). Struktur jaringan syaraf buatan tersebut adalah struktur normalized fuzzy neural network (NT-NN). Pengendali yang dirancang disebut pengendali NFNN. Dalam pengendalian suatu sistem, pengendali NFNN ini membutuhkan suatu identifikasi. Identifikasi disini berfungsi untuk memperoleh perubahan sinyal keluaran plant terhadap perubahan sinyal masukan plant. Dengan kemampuan belajar dari jaringan syaraf buatannya, pengendali NFNN ini mampu memperbaharui nilai aturan fuzzy, fungsi keanggotaan masukan dan fungsi keanggotaan keluaran dalam usaha memperbaiki keluaran suatu sistem kendali. Dengan demikian, pengendali NFNN ini mengurangi kerja operator ahli dalam menentukan nilai aturan-aturan fuzzy, timgsi keanggotaan masukan dan keluaran fuzzy. Hasil simulasi yang dilakukan dengan menggunakan pengendali NFNN ini diperoleh perbaikan pada rise time, settling time, dan kesalahan tunak suatu sistem yang dikendalikan."
Depok: Universitas Indonesia, 1996
S38768
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S39594
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>