Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14689 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lubis, Ashari
Depok: Universitas Indonesia, 1991
TA29
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 1992
TA78
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Telah dibuat sebuah modul galvanometer untuk eksperimen pengukuran
resistansi dengan metode jembatan wheatstone berbasis mikrokontroler. Modul
eksperimen galvanometer ini terdiri dari dua blok yaitu blok analog dan blok digital.
Modul eksperimen ini menggunakan dasar teori jembatan wheatstone. Dari 4 buah
resistor pada jembatan wheatstone mempunyai nilai hambatan yang sama, satu
diantaranya akan disusun secara seri dengan kawat konduktor yang akan diukur nilai
hambatannya. Sehingga jembatan wheatstone tidak bernilai nol. Keluaran dari
jembatan wheatstone akan terhubung dengan rangkaian instrumentasi amplifier
sebagai pengkondisi sinyal. Tegangan keluaran dari pengkondisi sinyal berupa
tegangan analog yang harus diubah menjadi tegangan digital dengan menggunakan
rangkaian ADC yang ada pada minimum sistem mikrokontroller. Modul eksperimen
galvanometer ini akan ditampilkan secara digital dengan menggunakan tampilan
berupa LCD. Tampilan yang ditampilkan adalah nilai resistansi dari kawat konduktor
yang diukur, yang telah diubah nilainya dari besaran tegangan menjadi besaran
resistansi oleh mikrokontroller."
[Universitas Indonesia, ], 2007
S29220
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Victor H.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1983
S16959
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suranto
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37222
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dexsa Syafrani
"Pengeringan adalah operasi pemisahan cairan dari dalam suatu bahan dengan cara mengeluarkan air yang terkandung dalam bahan ke lingkungannya. Pemisahan tersebut dilakukan dengan cara menguapkan cairannya, dan ini membutuhkan energi. Semakin banyak energi yang dapat digunakan untuk menguapkan, maka akan semakin mudah penguapan tersebut terjadi. Pengeringan vakum adalah salah satu operasi pengeringan dengan cara menurunkan tekanan lingkungan di sekitar benda yang dikeringkan. Pemvakuman mempercepat pengelingan karena menurunkan titik didih dari cairan tersebut dan menimbulkan perbedaan tekanan antara bahan dan lingkungan. Olakan udara juga mempercepat penguapan karena energi dari olakan udara dapat digunakan untuk membantu penguapan bahan Masalah yang dikaji pada tugas akhir ini adalah mengenai fenomena-fenomena yang teljadi pada saat proses pengeringan berlangsung Dari hasil pengujian pengeringan yang telah dilakukan dengan melakukan pengukuran terhadap penunman massa, perubahan kelembaban nisbi, dan menganalisa pengaruh olakan udara terhadap penguapan, temyata didapatkan bahwa ketika tekanan diturunkan (dengan proses vakum), maka pengurangan massa akan lebih besar dari pada jika tidak divakumkan pada waktu dan kondisi temperatur sama. Didapatkan juga hasil bahwa pengaruh olakan udara dalam ruang vakum memang membantu proses penguapan pada batas-batas tertentu.

Drying is a process of separating liquid from inside a product by removing the liquid to the surrounding. The removing is done by evaporating the liquid, which it uses energy. The more energy used for evaporation, the easier it is to evaporate. Vacumm drying is a dryinproces by decreasing the pressure surrounding the product. Vacumming inside all isolated room. The separation in drying process is an activity, changing a pecimen from its original phase as a solid, semi-solid, or liquid, become a solid product by taking the water that is contained by the specimen out of the specimen, into is surrounding. So, the focus of the result of drying process is a solid product. Matter that is discussed in this book is about the phenomena that occur when the vacuum drying process is running. From the data that has been gained by experiments. Dealing with mass, humidity relativity and temprature, we can see that if the pressure decreases because of the vacuming. Th e relative huminity decreases too. The decreasing of relative humidity is the factor that influences the rate of drying. So, rate of drying is not influenced directly by the decreasing of pressure, but by the decreasing of relative humidity."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S37494
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Supriyadi
Yogyakarta: FT - Universitas Muhammadiyah , 2000
624.2 BAM j
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Struyk, H.J.
Jakarta: Pradnya Paramita, 1984
624.2 STR j
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Irpan Hidayat
"Tesis ini membahas mengenai perhitungan pembangunan secara bertahap berdasarkan ketergantungan waktu (time dependent) jembatan cable stayed dengan studi kasus Jembatan Suramadu. Adapun hasil yang akan diperoleh pada penelitian ini yaitu mengevaluasi perilaku struktur pada saat pelaksanaan bertahap menggunakan metode kantilever seperti besarnya gaya-gaya kabel, tegangan elemen struktur, dan lendutan gelagar yang terjadi pada setiap tahapan konstruksi. Teknik analisa yang digunakan yaitu forward assemblage analysis dan backward disassemblage analysis. Dimana untuk teknik menggunakan forward assemblage analysis pelat dimodelkan sebagai non komposit dan komposit serta menggunakan standar CEB-FIP dan ACI untuk mengetahui seberapa pengaruh nilai lendutan kedua standar tersebut.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terjadi penurunan besaran lendutan gelagar sebesar 19 % dan gaya kabel sebesar 22 % setelah 10 hari pengecoran pelat dilakukan (sudah terjadi efek struktur komposit), dari asumsi pelat dimodelkan sebagai beban luar menjadi pemodelan struktur komposit. Dengan menggunakan standar CEB-FIP dan ACI diperoleh hasil bahwa nilai lendutan pada awal penempatan pelat (sudah terjadi struktur yang komposit) lebih kecil jika menggunakan code ACI. Hal ini disebabkan karena efek ACI pada awal terjadi struktur yang komposit memberikan nilai efek kekuatan material yang lebih besar dibandingkan dengan CEB-FIP. Sedangkan pada akhir-akhir pelaksanaan konstruksi nilai lendutan gelagar menggunakan CEB-FIP memperoleh hasil yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan ACI. Hasil perbandingan analisa antara forward assemblage analysis dan backward disassemblage analysis menggambarkan bahwa untuk nilai lendutan gelagar, terjadi perbedaan hasil rata-rata sebesar 3 % sedangkan untuk nilai gaya kabel terjadi variasi perbedaan antara 1 - 4 %.

This thesis discuss the construction calculation in stages based on the dependence of time (time dependent) cable stayed bridge, using Suramadu Bridge as a case study. Results that will be obtained in this study are to evaluate the behavior of structures during the implementation stages by using cantilever method such as the cable forces, tension structural element, and girder deflection that occurs in each stage of construction. The analysis technique that used in this thesis are the forward assemblage analysis and backward disassemblage analysis. Where the forward assemblage analysis technique modeled the plate as a non-composite and composite form by using CEB-FIP and ACI standards to determine the influence of the deflection.
The result showed that there are decreasing deflection around 19% and cable force by 22% after 10 days of casting plate done (already in composite structure), from the assumption, the plate is modeled as external loads into composite structures model. By using standard CEB-FIP and ACI showed the value of deflection in initial placement of the plate (in composite structure) is smaller when using the ACI code. This is because the effect of ACI in the early composite structure gives the material strength in a greater value than the CEB-FIP. In contrary, at the end of the construction stages, the girder deflection that using CEB-FIP gives smaller deflection compared to ACI. The comparison analysis between the forward assemblage analysis and disassemblage analysis illustrates that there was an average difference of 3 % while for the cable force variations the differences are between 1 - 4 %.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T29844
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Subhan Maulana Syifa; Yusmansyah
"ABSTRAK
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meni ngkat tercermin dalam beberapa indikator, salah satu indikator tersebut adalah peningkatan lalu-1intas bai k manusia maupun barang antar daerah maupun i ntra daerah. Distri busi barang dan jasa yang berlangsung terus menerus menimbulkan kebutu-han transportasi yang semakin cepat, murah dan aman.
Salah satu atat pengawasan transportasi bermotor ini ialah sarana jembatan tirnbang yang secara lengkapnya mempun-yai fungsi, pertama perlindungan terhadap jalan, kedua perlindungan terhadap kendaraan, ketiga sebagai pengumpul data arus kendaraan, jenis dan berat barang dan keempat mengurangi jumlah kecelakaan di jalan raya .
Tahun 1982 atas perintah Pangkopkamtib seluruh jembatan timbang ditutup dan hanya boleh melakukan uji petik karena ditunding rnenyebabkan ekonomi biaya tinggi.
Untuk membantu Pemerintah dalam hal jembatan timbang ini suatu pemi kiran dari pihak swasta untuk berpartisipasi secara aktif yaitu dengan jalan memperbaiki sistim perangkat keras dari jembatan timbang sekaligus perangkat lunaknya yang berupa sistim informasi manajemen, sehingga layaknya* suatu revenue center, dapat dilakukan kontrol yang memadai yang pada gilirannya memberikan service yang baik dan rneng-
hindari terjadinya "ekonomi biaya tinggi" angkutan truk.
Pendekatan yang dilakukan adalah model BOT, bun 1d, operate and transfer. Dari pembahasan yang telah dilakukan terl ihat bahwa proyek kornputerisasi jembatan timbang dengan asurnsi biaya retribusi sebesar Rp 1.500,- kalau dianalisa dengan metode Payback Period , akan kembali dalam jangka waktu 3 tahun 1 bulan. Perhitungan dengan alat analisa kedua yaitu Net Present Value menunjukkan bahwa proyek tersebut mempunyai NPV sebesar Rp. 18,891 juta , sedangkan dengan metode analisa ketiga yang digunakan adalah "Internal rate of Return" , proyek komputerisasi jembatan timbang ternyata rnenghasi 1 kan IRR 49.75% dibandingkan dengan biaya modal yang diasumsikan sebesar 30%. Metode analisa yang keempat Cost Benefit Ratio, untuk proyek komputerisasi jembatan timbang menghasilkan Gross B/C ratio sebesar 1.15 sedang Net B/C sebesar 1.43.
Alat analisa terakhir^untuk mengevaluasi apakah proyek ini dapat dijalankan atau tidak adalah dengan menggu-nakan Sensitivity analisis, dari penurunan arus kas masuk sebesar 15 % ternyata terjadi perubahan yang menyolok dalam Net Present Value, Internal Rate of Return dan Net B/C ratio
yang kami anggap ketiga cara ini menggambarkan kadaan kese-
* luruhan analisa. NPV sesudah terjadi perubahan, nilainya
menjadi sebesar Rp. 9,442 juta jadi ada penurunan sebesar
Rp. 9,449 juta atau sebesar 50 %., sedangkan pada IRR peru-bahannya dari 49.75 % rnenjadi 38.12 % ada penurunan sebesar 23 %, pada Net B/C ratio berubah dari 1.43 menjadi 1.21.
Disamping itu analisa pulang pokok menunjukan bahwa pada bi'aya retribusi sebesar Rp. 1,107,- terjadi 'break even point'.
Dari hasil analisa diatas dapat disimpulkan bahwa proyek kornputerisasi Jembatan Timbang feasible untuk dilak-sanakan."
1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>