Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 74576 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
Aisyah Nurdianingsih P A
"ABSTRAK
Dalam pembelajaran keterampilan menulis teks narasi bahasa Inggris, siswa kelas 4 mengalami kesulitan untuk memulai kegiatan menulis karena mereka tidak mampu mengungkapkan ide mereka dengan baik terkait topik yang harus mereka tulis. Mind-mapping dianggap dapat memberikan solusi atas masalah ini karena mind-mapping merupakan cara mencatat secara efektif dan kreatif dengan memetakan ide secara terorganisir. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif teknik pengajaran keterampilan menulis teks bahasa Inggris yang lebih menarik dan kreatif khususnya untuk siswa sekolah dasar melalui penerapan teknik mind-mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode kombinasi antara kuantitatif dan kualitatif. Desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan merupakan penelitian kolaborasi antara peneliti dan guru bahasa Inggris yang bekerja sama dalam perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, kuesioner, wawancara, dan tes menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mind-mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks narasi bahasa Inggris siswa. Penggunaan gambar berwarna dalam mind -mapping efektif meningkatkan antusiasme siswa dalam tahap pengembangan topik dan pemodelan teks. Penggunaan mind-mapping sebagai strategi pramenulis pada tahap penyusunan dan penulisan teks berhasil membantu siswa mengungkapkan ide mereka dengan baik sehingga siswa mampu menghasilkan teks narasi dengan isi dan struktur teks yang tepat. Penelitian ini juga mengemukakan respon positif persepsi siswa terhadap penggunaan mind-mapping. Kata kunci: keterampilan menulis, mind-mapping, siswa muda, teks narasi bahasa Inggris

ABSTRACT
In writing English narrative texts, 4th grade students as young learners had difficulties in expressing ideas related to topics assigned by teachers. Mind mapping was considered to solve the problem because it was a way of taking note effectively and creatively by mapping organized ideas. This study aimed to provide an alternative teaching techniques of English text writing skills that were more interesting and creative especially for elementary school students through the application of mind mapping techniques. This study was a classroom action research using a combination of quantitative and qualitative methods. The design was a collaborative study between the researcher and English teacher who worked together in planning, implementing, observing, and reflecting on the implementation of mind mapping. Data were collected through classroom observations, questionnaire, interview, and writing activities. The results showed that mind mapping was effective in improving the students rsquo ability to write English narrative texts. The use of colorful pictures was effective to enhance students rsquo enthusiasms in topic development and text modelling. The use of mind mapping as a prewriting strategy at the stage of composing and writing text successfully helped students express ideas so that they could produce narrative texts with appropriate content and structure. This study also revealed that students rsquo perceptions towards mind mapping were positive. Keywords writing skills, young learners, mind mapping, English narrative texts"
2018
T50959
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Nursid Sumaatmadja
Bandung: Alumni, 1984
371.3 NUR m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Meifaliana Osman
"Penelitian ini membahas proses penyampaian dan penerimaan pesan dalam kegiatan belajar-mengajar, melihat bagaimana cara yang dilakukan guru ketika memberikan berbagai informasi kepada siswanya. Melalui penjelasan yang terarah, guru dapat memperkecil kesalahpahaman atau ketidakmengertian siswa dalam menerima/menguasai materi pelajaran yang dapat menghambat prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan melalui metode Pengamatan dan Wawancara dengan tipe penelitian kualitatif deskriptif. Melalui komunikasi dua arah, Interaksi guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, dapat mengetahui sejauhmana materi pelajaran dapat diterima dan dimengerti siswa. Analisis data dilakukan terhadap cara penyampaian materi pelajaran oleh guru dan proses penerimaan materi yang diberikan kepada siswa. Berdasarkan hasil analisis tersebut, harapan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu dapat memperkecil kesalah pahaman antara pesan yang disampaikan dan interpretasi pesan yang diterima siswa. Proses Belajar Mengajar (PBM) sebagai media dalam proses penyampaian dan penerimaan pesan dimana guru bertindak sebagai sumber informasi/komunikator dan siswa sebagai penerima informasi/komunikan. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini, cara yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran adalah sama (ceramah/instruksional) tetapi perbedaan sikap guru mempengaruhi proses penerimaan pesan bagi siswa.
Hasil penelitian dari pengamatan dan wawancara dengan guru dan siswa, dapat disimpulkan sebagai berikut:
Dari cara dan sikap guru dalam menyampaikan materi pelajaran, pada dasarnya cara yang dilakukan guru "lama" yaitu ceramah/ instruksional. Bila cara yang dilakukan guru lebih variatif dalam penyampaiannya serta sikap guru lebih menyenangkan dan memotivasi siswa untuk berpikir kreatif ( tidak textbook) maka siswa dapat lebih konsentrasi dalam proses penerimaan pesan/materi pelajaran. Pada tingkat pemahaman materi, penyampaian materi yang abstrak dijelaskan ke dalam hal yang lebih kongkrit. Penggunaan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti (memperjelas kata-kata kiasan), membantu siswa untuk lebih memahami materi. Sehingga kesalahpahaman atau ketidak mengertian siswa dalam menjawab pertanyaan guru, bukan karena siswa mempunyai kemampuan menghafal.
Dari hasil penelitian ini, dapat direkomendasikan untuk diadakan penelitian lanjutan mengenai kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat, ide atau gagasan yang lebih kreatif baik di tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama maupun di Sekolah Menengah Atas/ umum untuk lebih mengembangkan diri dan mempunyai kemampuan berkomunikasi."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T12139
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Nike Kurniadewi
"Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan keaktifan siswa selama kegiatan pembelajaran IPS dengan kompetensi dasar membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga; 2) Meningkatkan prestasi belajar IPS; 3) Menghasilkan media pembelajaran IPS inovatif yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Media ini dilatarbelakangi penguasaan siswa terhadap materi pelajaran rendah, keaktifan siswa selama proses pembelajaran sangat kurang, siswa kurang tertarik pada metode dan media yang digunakan peneliti, terbukti saat mengikuti kegiatan pembelajaran peserta didik seperti terbebani dan terpaksa. Karya inovasi ini terdiri dari dua jenis media yaitu Roda Putar dan Puzzle Pintar. Roda Putar ini bahan bakunya menggunakan besi dan plat bekas parabola. Sedangkan Puzzle Pintar ini dibuat dari styrofoam dan kertas asturo. Roda Putar akan berhenti mengarah pada suatu negara untuk disusun puzzle pintarnya oleh siswa. Adapun hasil yang diperoleh dalam aplikasi praktis media ini dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas VI materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga. Terbukti pada siklus I dari 33 siswa yang mencapai tuntas belajar 16 siswa atau 48,5% dengan nilai rata-rata 68,2. Kemudian siswa tuntas meningkat lagi pada siklus kedua menjadi 28 siswa atau 84,9% dengan nilai rata-rata 77,6 yang mencapai target pencapaian indikator sebesar 70. Berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran masuk kategori baik."
Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2019
371 TEKNODIK 23:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Annisaa Paradisa
"Siswa EFL sering mengalami kesulitan dalam memahami teks bahasa Inggris. Kasus ini dialami oleh siswa kelas enam di sebuah sekolah swasta di Bogor. Concept Mapping adalah alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami apakah Concept Mapping dapat digunakan sebagai alat pembelajaran untuk siswa kelas enam untuk meningkatkan pemahaman bacaan mereka. Penelitian ini juga bertujuan untuk menyelidiki persepsi siswa terhadap penggunaan Concept Mapping. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif yang menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Data untuk penelitian dikumpulkan dalam tiga siklus selama sembilan minggu yang melibatkan kelas 17 siswa EFL kelas enam SD. Pada setiap siklus, siswa menggunakan Concept Mapping dengan strategi scaffolding yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan menggunakan catatan lapangan, lembar pengamatan, tes pemahaman membaca, kuesionner, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis interpretif. Penelitian ini menunjukkan penggunaan Concept Mapping dengan strategi scaffolding tertentu dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Semakin banyak dan konsisten scaffolding yang diberikan, semakin meningkat pemahaman membaca siswa. Siswa juga merespon secara positif terhadap penggunaan concept mapping.

AbstractEFL students often have difficulties in comprehending English texts. Such case is experienced by a class of sixth grade students in a private school in Bogor. Concept mapping is a tool that can be used to improve students rsquo reading comprehension. This study aims to understand whether Concept Mapping can be utilized as a learning tool for sixth graders to improve their reading comprehension. It also aims to investigate students rsquo perceptions toward the use of Concept Mapping. This is a quantitative and qualitative study that uses a classroom action research design. Data for the study was collected in three cycles for nine weeks involving a class of 17 sixth grade EFL students. Field notes, observation sheets, reading comprehension tests, questionnaires and interview questions are used as research instruments to collect data. The data are analyzed using descriptive statistics and interpretive analysis. Based on the results of the reading comprehension tests, the study finds that students made a slight improvement in comprehending texts. Moreover, the test scores mean shows that there is a progress after the implementation of Concept Mapping, which means these young students are able to utilize it. They also respond positively toward the use of Concept Mapping. However, they require a certain scaffolding strategy to use it.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T50259
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>