Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 62886 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Iswanda Fauzan Satibi
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang evaluasi layanan referensi e-mail perpustakaan
Universitas Indonesia. Aspek evaluasi adalah luaran (output) yang mengukur
efektivitas dan efisiensi penggunaan layanan, yang meliputi pengguna layanan,
jenis pertanyaan, sumber yang digunakan untuk menjawab pertanyaan, format
yang diinginkan pengguna, serta efektivitas dan efisiensi layanan. Pendekatan
penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik
pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara
semiterstruktur. Analisis dilakukan terhadap 366 tranksrip referensi e-mail selama
September 2011 hingga Oktober 2013 dan wawancara terhadap empat orang
mahasiswa UI. Hasil penelitian menunjukkan; 1) pengguna layanan referensi email
Universitas Indonesia berjumlah 347 selama periode September 2011 hingga
Oktober 2013 dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu pengguna mahasiswa UI,
Dosen UI, dan pengguna yang berasal dari luar sivitas akademik UI dengan; 2)
pertanyaan referensi yang diterima melalui e-mail periode September 2011-
Oktober 2013 berjumlah 366 dengan rata-rata 15 pertanyaan per bulan. 3)
pertanyaan yang terjawab periode September 2011 sampai Oktober 2013 sebesar
40% dan pertanyaan tidak terjawab sebesar 60%; 4) sebanyak 95% pengguna
layanan referensi e-mail perpustakaan UI melakukan transaksi satu kali selama
periode September 2011 sampai Oktober 2013; dan 5) Rata-rata jawaban terhadap
pertanyaan referensi e-mail diberikan 83 jam setelah pertanyaan tersebut diterima.

ABSTRACT
This study discusses the evaluation of e-mail reference service in University of
Indonesia librarys’. The evaluations criteria are depend on the transactions outputs
to measures the effectiveness and efficiency of the use of the service by users.
Such as, users of e-mail reference service, types of questions received, sources
used to answer the questions, the format of resources that requesterd by users, and
the effectiveness and efficiency of the service. This is quantitative research using
survey method. Data colected by documents analysis and in-dept-interview.
Analysis conducted on 366 e-mail reference transcripts during September 2011 –
October 2013 and interviews with four UI’s students. The results showed: 1) the
e-mail reference services users are amounted to 347 during the period September
2011 to October 2013 can be categorized into three categorize: UI’s students, UI’s
Lecturer, and users from outside the UI’s academic community members; 2)
reference questions received via e-mail period September 2011 - October 2013
totaled 366 with an average of 15 questions per month. 3) questions unanswered
period September 2011 to October 2013 amounted to 40 % and the questions are
not answered by 60 %; 4) 95% of users using once transactions time during the
period September 2011 until October 2013 , and 5) the average response to the
question of e - mail reference given 83 hours after the question is received."
2014
S54374
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hani Kusumaningsih
"ABSTRAK
United Nations Information Centre (UNIC) menyediakan layanan referensi e-mail. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis pertanyaan yang sering diajukan penggunan layanan referensi e-mail perpustakaan dan efektivitas dan efisiensi layanan referensi e-mail yang digunakan perpustakaan UNIC dalam memenuhi kebutuhan informasi penggunanya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen. Pengguna layanan referensi e-mail perpustakaan UNIC dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu pengguna mahasiswa dan non-mahasiswa. Jumlah pengguna layanan referensi e-mail perpustakaan UNIC periode Maret 2014 sampai dengan Maret 2016 berjumlah 45 pengguna. Sedikitnya jumlah e-mail yang masuk memberi gambaran bahwa UNIC dalam memberikan informasi telah menjalani fungsinya sebagai pusat informasi bagi masyarakat sehingga pengguna tidak butuh lagi menghubungi pustakawan untuk menemukan sebuah. Pertanyaan referensi yang diterima melalui e-mail Selama bulan Maret 2014 sampai Maret 2016 adalah sebanyak 45 pertanyaan referensi. Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna adalah pertanyaan research questions. Tidak adanya pertanyaan mengenai bibliographic verification dikarenakan seluruh website UN merupakan sumber yang sudah terpercaya, sehingga apabila ada pengguna yang mencari data langsung dari website resmi UN semua data tersebut adalah orisinil. Layanan referensi e-mail perpustakaan UNIC sudah efektif dan efisien bila dilihat dari parameter pelayanan referensi digital berdasarkan Guidelines for Behavorial Performance of Reference and Information Services Providers tahun 2013 yang diterbitkan RUSA.

ABSTRACT
United Nations Information Centre (UNIC) provides email reference service. The purpose of this study is to identify the type of the questions that are frequently asked by the e-mail reference service of the library and the effectiveness and efficiency of email reference service that is used in UNIC library in meeting the information needs of its users. The method used is quantitative and using document analysis for the data collection techniques. User's e-mail reference service in UNIC library can be categorized into two, the students and non-students. The number of users that use e-mail reference library of UNIC in the period of March 2014 until March 2016 reached to 45 users. The least amount of incoming emails illustrate that the method that UNIC in providing information has been undergoing its function as an information center for the community, so that users no longer need to find a contact librarian. Reference questions received via e-mail during the month of March 2014 to March 2016 is as much as 45 reference questions. Questions that are frequently asked by users is the question of research questions. The absence of a question about bibliographic verification is because all UN website is a source that is reliable. E-mail reference service in UNIC library are already effective and efficient viewed from the digital reference service parameters based on the Guidelines for Behavorial Performance of Reference and Information Services Providers in 2013, published by RUSA.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64938
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feby Elita
"Penelitian ini membahas mengenai Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia, khususnya layanan referensi lantai 4. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana tingkat kualitas Layanan Referensi Lantai 4 Perpustakaan Universitas Indonesia berdasarkan dimensi kualitas layanan LibQual+TM. Dimensi-dimensi tersebut diantaranya, yaitu Affect of Service (kinerja pustakawan), Information Control (kualitas koleksi), dan Library as Place (perpustakaan sebagai tempat). Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 80 sampel. Penentuan sampel, yaitu dengan cara accidental sampling.
Analisis menunjukkan bahwa secara umum seluruh kualitas layanan berada pada zone of tolerance, atau memenuhi harapan minimum pengguna. Namun, keseluruhan layanan tersebut belum dapat dikatakan sebagai layanan yang unggul (superior service). Hal ini dikarenakan keseluruhan dimensi layanan tidak ada yang memenuhi harapan yang benarbenar diinginkan oleh para pengguna.

The focus of this study is about the reference service at the University of Indonesia. The purpose of this study is to analyze the quality of the reference service, especially the reference service at the 4th floor, based on the service quality dimension of LibQual+TM. The dimensions are Affect of Service, Information Control, and Library as Place. This is a quantitative study with questionnaire as a data collection tool. The sample used were 80 respondents who are determined based on population of the reference services visitors.
The result shows that all the dimensions of quality service are within users zone of tolerance, or in other words have met the minimum expectaition of users. However, the overall dimensions of the services cannot be said as a superior service. This is because there is no services that meet with the maximum expectation of the users.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57457
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lailatur Rahmi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pandangan pustakawan terhadap pemanfaatan sumber daya informasi referensi, perkembangan layanan referensi dan konsepnya, pemanfaatan media komunikasi dalam perkembangan layanan referensi serta mengungkapkan mitos dari perubahan paradigma pustakawan dalam perkembangan layanan referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, menggunakan analisis semiotik dalam analisis hasil wawamcara yang mengacu pada semiologi Roland Bathes signifikasi dua tahap denotasi dan konotasi sehingga dapat mengungkapkan mitos.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan layanan referensi diberikan dengan konsep yang lebih inovatif, melalui berbagai inovasi kegiatan layanan, yaitu Layanan Penelusuran Informasi, Layanan Referensi Elektronik, Layanan Electronic Delivery Services (EDS), Layanan Website Perpustakaan, Layanan Literasi Informasi (IL), Layanan Roadshow Perpustakaan, Layanan Digital Literasi Program (DLP), dan Layanan K-ATM. Pengembangan ini juga turut merubah paradigma pustakawan untuk lebih mendekatkan diri kepada pemustaka, mitos yang terungkap bahwa pustakawan bukan sekedar mengarahkan pengguna dalam telusur informasi (refer) bahkan menyampaikan kepada pemustaka informasi terbaru melalui pengiriman berbagai artikel up-date (deliver).

This research aims to analyze the paradigm of librarians on the development of reference services and to analyze further the use of communications media in the development of reference services at the Library of Indonesia University. This research uses descriptive qualitative method and uses semiotic analysis refers to Semiology of Roland Bathes about the significance of two stages denotation and connotation in analyzing the results of interviews.
The results show that the reference librarians strive to be more actively close to the users of library, not only direct them in searching of information (refer), but also deliver the information by sending them various update articles (deliver). The development of library reference services, especially at college, through the transformation of information technology seems to be one of the competitive need to accompany the evelopment of science and library collections in the future.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T49321
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irwin Pratama Putra
"Penelitian ini membahas mengenai apakah layanan referensi yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Indonesia dapat dijadikan sebagai representasi dari perpustakaan perguruan tinggi. Representasi ini dilihat berdasarkan persepsi pengguna terhadap layanan tersebut dan juga dilihat dari strategi yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Indonesia dalam meningkatkan kualitas layanan referensi mereka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan referensi Perpustakaan Universitas Indonesia dapat dijadikan sebagai representasi dari perpustakaan perguruan tinggi karena Perpustakaan Universitas Indonesia berhasil membuat layanan referensi mereka menjadi lebih aktif dengan menghadirkan berbagai inovasi di dalamnya untuk lebih mendekatkan diri dengan pengguna. Selain itu pendapat pengguna terkait layanan referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia juga semakin menguatkan tujuan dari penelitian ini.

This study discusses about whether the reference services in the University of Indonesia Library can be used as a representation of the college library. This representation views based on user perception of reference services and the strategies undertaken by the University of Indonesia Library in improving the quality of their reference services. This study is a qualitative research with case study method.
These results indicate that the reference services of University of Indonesia Library can be used as a representation of the college library because the University of Indonesia Library makes their reference services to become more active by presenting a variety of innovations to get closer to the user. Additionally, related user opinions about reference services in University of Indonesia Library also reinforce the goal of this research.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67458
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Widowati
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas layanan referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan kegiatan
layanan referensi oleh pustakawan referensi di Perpustakaan UI. Penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil dari
penelitian ini adalah gambaran layanan referensi di Perpustakaan UI dengan
berbagai jenis kegiatan referensi yang dilakukan oleh empat orang pustakawan
referensi. Jenis kegiatan referensi yang dilakukan yaitu penelusuran informasi dan
bimbingan penelusuran, program pelatihan literasi informasi, dan menjawab
pertanyaan baik secara langsung ataupun tidak langsung.

ABSTRACT
This research is about the reference services at the UI Library. The objective of
this research is to describe the implementation of reference service actitivities that
are conducted by the reference librarians of the UI Library. This is a qualitative
research using a case study method. The result of this research is the description
of activities of various reference services at the UI Library that are conducted by
four reference librarians. The reference services provided for users consist of
information searching and searching assistance, information literacy training
program, and answering direct as well as indirect reference questions."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42294
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nurintan Cynthia Tyasmara
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Syuman Permana
"Tujuan penelitian ini adalah untuk melaksanakan perancangan Sistem Layanan Referensi Virtual (LRV) Berbasis Web yang memenuhi persyaratan serta tepat untuk diimplementasikan di Perpustakaan Nasional. Metode yang diterapkan dalam perancangan sistem dalam penelitian ini ialah System Development Life Cycle (SDLC) yang pelaksanaannya terdiri dari beberapa tahap yaitu analisis terhadap layanan referensi virtual yang saat ini sedang berjalan di Perpustakaan Nasional berdasarkan investigasi awal yang dilanjutkan dengan penentuan persyaratan sistem yang akan dibangun sampai kepada desain Sistem LRV Berbasis Web. Investigasi awal berupa studi kelayakan dilaksanakan dengan cara observasi, studi literatur dan wawancara dengan berbagai pihak terkait. Selanjutnya dilakukan penyiapan spesifikasi yang rinci mengenai persyaratan yang dibutuhkan oleh Sistem LRV Berbasis Web dengan memperhatikan landasan teori dalam perancangan sistem layanan referensi virtual. Tahap desain yang dilakukan meliputi desain awal (konseptual) dan desain terinci (fisik). Desain awal (konseptual) meliputi pembuatan System Flow, Data Flow Diagram (DFD) yang terdiri dari Diagram Konteks, DFD Level 0, dan DFD Level 1. Desain terinci (fisik) terdiri dari desain output, desain input dan desain data. Desain data menggunakan Entity- Relationship Diagrams (ERD). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Perancangan Sistem Layanan Referensi Virtual Berbasis Web yang memenuhi persyaratan sebagai suatu sistem layanan referensi virtual merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai solusi untuk meningkatkan layanan kepada pemustaka jarak jauh.

The purpose of this research is to design a Web-based Virtual Reference Service System that meets the requirements of a virtual reference service system and is appropriate for implementation at Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. The method applied in system design in this study is the System Development Life Cycle (SDLC), which implementation consists of several stages, that is analysis of virtual reference service that currently running at the Perpustakaan Nasional Republik Indonesia based on initial investigations followed by determining the system requirements to be built until to the design of the Web- Based VRS System. The initial investigation was carried out by means of literature study, observation, and interviews. Furthermore, a preparation is carried out regarding the system requirements required by the Web-based LRV system build upon the theoretical basis in designing a virtual reference service system. The design phase includes the initial design (conceptual) and detailed design (physical). The initial design (conceptual) includes the creation of a System Flow Diagram and Data Flow Diagram (DFD). Detailed design (physical) consists of output design, input design and data design using Entity-Relationship Diagrams (ERD). The result of the study conclude that designing a web-based virtual reference service system that meets the requirements as a virtual reference service system is one way that can be done as a solution for library to improve service to remote users."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifni Raihana
"Penelitian ini adalah penelitian tentang layanan referensi di perpustakaan perguruan tinggi khususnya di perpustakaan Institut Pertanian Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan layanan referensi, jenis layanan dan peran pustakawan referensi di perpustakaan Institut Pertanian Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil dari penelitian ini adalah adanya dari enam kegiatan layanan referensi dengan delapan jenis layanan referensi serta peran pustakawan referensi di perpustakaan Institut Pertanian Bogor. Perpustakaan Insitut Pertaninan Bogor melaksanakan layanan referensi dengan baik dan pustakawan referensi melakukan pekerjaannya sesuai dengan perannya.

This research is about reference services at academic library, especially reference services at Bogor Agricultural University Library. The purpose of this research is to describe the realization of reference services, the type of reference services and the role of the reference librarians at Bogor Agricultural University library. This research is qualitative research with case study method.
The research result shows that there are six reference services activities, eight type of reference services, and reference librarians of Bogor Agricultural University library takes a very good role in the services.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67221
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Irnadia Permatasari Febrina
"Penelitian ini membahas mengenai layanan rujukan instant messaging (IM) di perpustakaan PDII-LIPI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan memberikan gambaran mengenai layanan rujukan IM yang sudah diterapkan di perpustakaan PDII-LIPI. Lebih jauh lagi penelitian ini juga dilakukan untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangan dari layanan rujukan IM di perpustakaan. Penelitian ini merupakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara informan, observasi lapangan, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan rujukan IM di perpustakaan PDII-LIPI belum berjalan dengan baik karena kurangnya sumber daya manusia (SDM) untuk menjalankan layanan rujukan IM.

The focus of this research is the evaluation of instant messaging (IM) reference service at PDII-LIPI library. The purpose of this research is to understand and provide an overview of IM reference service that has been implemented at PDIILIPI library. Furthermore, this research is also conducted to evaluate the advantages and disadvantages of IM reference service at PDII-LIPI library. This is a qualitative approach with case study method. The data was collected by interviewing informants, field observation, and document analysis. This research concluded, IM reference service not working properly because lack number of human resources to operating IM reference service."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42322
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>