Ditemukan 134971 dokumen yang sesuai dengan query
Andi Muhammad Raihan Rasyidi
"Komitmen karyawan pada dasarnya didefinisikan sebagai kekuatan yang timbul dan mengikat seorang individu untuk suatu tindakan tertentu yang relevan untuk target tertentu. Sehingga karyawan yang memiliki komitmen yang tinggi adalah karyawan yang lebih stabil dan lebih produktif dalam hal yang berkaitan dengan kinerja yang mereka miliki. Pada dasarnya, penelitian ini menjelaskan tentang dua variabel dalam hal ini komitmen karyawan dan kinerja. Dimana penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan pengaruh komitmen karyawan terhadap kinerja karyawan tetap non manajerial PT. Bank Sulselbar Kantor Cabang Utama Makassar. Selanjutnya, dalam mengukur pengaruh yang timbul dari kedua variabel tersebut maka digunakan teori-teori untuk mengujinya. Variabel Komitmen Karyawan pada penelitian ini menggunakan teori Mayer dan Allen (1997), sedangkan untuk variabel kinerja digunakan teori Bernardin dan Russel (1993) sebagai teori utamanya Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey yang menggunakan teknik total sampling terhadap seluruh karyawan tetap non manajerial PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen karyawan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan.
Employee commitment is basically defined as a force that arises to an individual to do a specific action that is relevant to a particular target. So that employees who are highly committed to the organization, that employees are more stable and more productive relating to their performance. Originally, this study explains two variables, the variables were employee commitment and employee performance. The purpose of this study is to explain the effect of employee commitment on fixed employee non managerial performance in PT. Bank Sulselbar Makassar head office. Furthermore, this study will be used a theory, in order to measure the effects arising from the two variables. Employee Commitment variables using the commitment theory from Mayer and Allen (1997), and for the employee performance variables using performance theory by Bernardin Russel (1993). This study used the quantitative approach with survay method that used total sampling technique to all fixed employee non managerial in PT. Bank Sulselbar Makassar head office. The result from this study showed that employee commitment had a significant effect on employee performance."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S53766
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fitrah Lestari
"Dewasa ini, masalah antara pihak perusahan dan karyawan semakin bervariasi yang berakibat pada pemberhentian karyawan baik dari kemauan karyawan sendiri ataupun kemauan dari perusahaan. Pemberhentian/perpindahan karyawan atau yang sering disebut turnover merupakan masalah umum bagi perusahaan. Turn over karyawan merupakan penyebab dikarenakan tidak adanya rasa engaged (terikat) karyawan terhadap perusahaan. Untuk mendapatkan karyawan yang terikat maka faktor kepuasan kerja karyawan juga harus dipenuhi. Adapun tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap employee engagement pada karyawan tetap non manajerial Bank BRI Kantor Wilayah Jakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini yaitu penelitian eksplanatif yaitu memberikan pengaruh kepuasan kerja terhadap employee engagement. Kemudian data kuesioner dibagikan kepada seluruh responden dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa terdapat pengaruh dan hubungan antara kepuasan kerja dengan employee engagement pada karyawan tetap non manajerial Bank BRI Kantor Wilayah Jakarta I.
Today, the problems between the company and employees increasingly varied which resulted in the dismissal of employees from either the employee’s own volition or the will of the company. Termination / transfer of employees or turnover are often called a general problem for the company. Employee turnover is a caused by there is no sense engaged (bound) to the company's employees. To obtain the bound employee job satisfaction factors must fulfilled. The purpose of this study is to determine the effect of job satisfaction on employee engagement on non- managerial permanent employees of Bank BRI Jakarta Regional Office I. This research is a quantitative study. The purpose of this research is to explanative impact of job satisfaction on employee engagement. Then the data questionnaire distributed to all respondents using total sampling technique. The results of this study is to prove that there are significant and the relationship between job satisfaction and employee engagement on a non- managerial permanent employees of Bank BRI Jakarta Regional Office I."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S53712
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Atika Amalia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara reward terhadap prestasi kerja karyawan tetap non manajerial pada kantor pusat PT. XXX dengan menggunakan teori reward dari jurnal Aktar, Sachu dan Ali dan mengembankan dengan menggunakan teori Ivancevich,Konopaske, dan Matteson, sedangkan untuk variabel prestasi kerja menggunakan teori Dharma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 86 karyawan tetap kantor pusat PT. XXX di seluruh direktorat. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan KMO Bartlett dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach, sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel reward memiliki korelasi positf dengan variabel prestasi kerja yang artinya reward memiliki hubungan yang cukup kuat dengan prestasi kerja para karyawan tetap non manajerial PT. XXX.
This study aims to determine the effect of rewards on employee performan non managerial head office of PT. XXX that used theory from journal Aktar, Sachu and Ali and develop theory from Ivancevich, Konopaske, and Matteson, while for the variable performance used Dharma theory. This study uses a quantitative approach, involving 86 non managerial permanent employees of PT. XXX in all directorates. Validity in this study using the KMO and Bartlett and test of reliability using Cronbach alpha, whereas the analytical techniques used simple regression analysis and hypothesis test. From the results of this research note that the variable of reward has a positive correlation with employee performance variables, it means that reward has a strong enough relationship with employee performance non managerial permanent head office at PT. XXX."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S47459
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Vibrianie Padmaswari Rachmawati
"Penelitian ini menjelaskan tentang dua variabel yaitu kompetensi dan kinerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan tetap non manajerial divisi customer service PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM), Tbk Jakarta dan mengetahui dimensi kompetensi yang memiliki hubungan paling kuat dengan kinerja karyawan. Teori yang digunakan untuk menguji variabel kompetensi adalah teori kompetenci Spencer & Spencer. Sedangkam variabel kinerja sendiri akan diuji menggunakan teori kinerja oleh Gomez. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey yang menggunakan teknik total sampling terhadap seluruh karyawan divisi customer service TELKOM Jakarta yang berjumlah 33 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil lain yang didapat adalah dimensi knowledge pada kompetensi memiliki hubungan yang paling kuat dengan kinerja karyawan dibandingkan dengan dimensi yang lainnya.
This study explains two variables, the variables were competency and employee performance. This study aimed to examine the influence of competency on performance of employee in PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) division of Customer Service Jakarta and to know which competency?s dimension that give the strongest relationship with variable performance. This study used Spencer & Spencer Theory to assess variable of competency. While, performance were assesser using performance theory by Gomez. This study used the quantitive approach with survey method that used total sampling technique to all employee in TELKOM Jakarta division customer service which held to 33 rspondents. The result from this study showed that competency had a significant effect on employee?s performance. The other result from this study showed that knowledge dimension from competency has the strongest relationship with employee performance compare the other dimension."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Sitorus, Yohanes Herbert
"Inovasi merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi kinerja karyawan di suatu perusahaan terutama perusahaan jasa, inovasi yang mempengaruhi kinerja karyawan terbagi menjadi dua indikator yaitu inovasi eksplorasi dan inovasi eksploitasi. Inovasi eksplorasi dikaitkan lebih terobosan dan ide terbarukan, inovasi eksploitasi mengacu untuk eksistensi dan perbaikan untuk pelayanan yang ada. Disamping itu penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa pengaruh inovasi eksplorasi terhadap kinerja karyawan dan inovasi eksploitasi terhadap kinerja karyawan di PT. Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Utama Rawamangun. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 68 orang responden yang terdiri dari Teller BNI Kantor Cabang Utama Rawamangun beserta cabang pembantu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi eksplorasi dan inovasi eksploitasi adalah memiliki pengaruh nyata terhadap kinerja karyawan di BNI Kantor Cabang Utama Rawamangun.
Innovation is one aspect that affects the performance of employees in a company primarily services company, innovations that affect the employee's performance is divided into two indicators of innovation exploration and exploitation of innovation. More breakthrough innovations associated exploration and renewable ideas, innovation exploitation refers to the existence and improvement of existing services. Besides, this study aims to measure the effect of innovation exploration on employee performance and innovation exploits the performance of employees at PT. Bank Negara Indonesia Main Branch Office Rawamangun. Data obtained by distributing questionnaires to 68 respondents consisting of Teller BNI Main Branch Office Rawamangun and its branches. These results indicate that innovation is the exploration and exploitation of innovation has a significant effect on the performance of employees in BNI Main Branch Office Rawamangun."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62524
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Jellyta Puja Putri
"Kepemimpinan memainkan peran yang penting dalam menciptakan kepercayaan karyawan. Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan adanya korelasi signifikan antara servant leadership dengan kepercayaan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servant leadership terhadap kepercayaan karyawan berdasarkan persepsi karyawan non?manajerial pada PT. Blue Bird. Servant leadership diukur berdasarkan teori Laub (1999) dan kepercayaan karyawan diukur berdasarkan teori Podsakoff et.al (1990).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik cluster sampling. Regresi linier sederhana digunakan untuk menganalisis data terhadap 174 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servant leadership memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan karyawan.
Leadership plays an important role in creating employee trust. Results from several studies showed a significant correlation between servant leadership and employee trust. This study aims to examine the influence of servant leadership on employee trust based on the perception of non–managerial employee at PT. Blue Bird. Servant leadership measured based on the theory of Laub (1999) and Employee Trust measured based on the theory of Podsakoff et. al (1990). This study uses a quantitative approach with a survey method and using cluster sampling. Simple linear regression was used to analyze data from 174 respondents. The result showed that servant leadership has a significant influence to employee trust."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S53981
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Lidia Widiasworo
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan. Lingkungan kerja fisik diukur dengan menggunakan teori dari Nitisemito (1996), lingkungan kerja non fisik diukur dengan menggunakan teori Sedarmayanti (2001), dan kinerja karyawan diukur dengan menggunakan teori dari Ivancevich (2001). Penelitian ini dilakukan di kantor PT Tokopedia dengan jumlah responden sebanyak 65 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survey dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengen menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan menggunakan program aplikasi SPSS 17.0. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat dan positif antara lingkungan kerja dengan kinerja karyawan.
This study aim to analyze the influence of work environment on employee's performance. Physical work environment measured by theory of Nitisemito (1996), Non physical work environment measured by theory of Sedarmayanti (2001), and employee's performance measured by theory of Ivancevich (2001). This research was conducted at the PT Tokopedia with the total of 65 employees as the respondents of this research. The method of data collection is done through a survey using a questionnaire. The data obtained were analyzed using simple linear regression techniques using the SPSS 17.0 program. The results uncovered that there was a strong positive correlation between work environment and employee’s performance."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S57316
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Diana Marsya Amanda
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini mengambil studi pada PT. Lambang Agro Plantation dengan seluruh karyawannya yang berada di Head Office Jakarta sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teori lingkungan kerja, disiplin kerja, dan kinerja karyawan untuk mengkaji permasalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei penyebaran kuesioner menggunakan total sampling terhadap karyawan di Head Office PT. Lambang Agro Plantation yang berjumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi, uji t, uji F, uji korelasi, dan uji koefisien deteminasi. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif antara variabel lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, dan terdapat pengaruh signifikan dan positif antara variabel disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Selain itu terdapat juga pengaruh signifikan dan positif antara variabel lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan.
This study aims to analyze the effect of work environment and work discipline on employee performance. This research takes a study at PT. Lambang Agro Plantation with all of employees at the Jakarta Head Office as the object of research. This study uses the theory of work environment, work discipline, and employee performance to assess problems. The data technique used in this research is quantitative research with a questionnaire survey method using total sampling of employees at the Head Office of PT. Lambang Agro Plantation which assessed 100 respondents. This study uses regression analysis method, t test, F test, correlation test, and the coefficient of determination test. The results show that there is a significant and positive influence between work environment variables on employee performance, and there is a significant and positive influence between work discipline variables on employee performance. In addition, there is also a significant and positive influence between work environment variables and work discipline on employee performance."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Maya Mazaya Kiasatina
"Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana pengaruh kepemimpinan terhadap sense of belonging karyawan non manajerial divisi Piping PT. Inti Karya Persada Tehnik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 102 karyawan non manajerial yang bekerja pada divisi Piping. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi sederhana.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sense of belonging karyawan non manajerial divisi Piping. Angka 46,8% sense of belonging dapat dijelaskan dengan menggunakan variabel kepemimpinan sedangkan sisanya, yaitu 53,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor penyebab lainnya.
The objective of this research is to analyze how the effect of leadership toward sense of belonging non managerial employee in piping division at PT. Inti Karya Persada Tehnik. This research applied quantitative approach. The sample of this research is 102 non managerial employees ini piping division. Researher used probability sampling method with Total Sampling. This research used questionaire as research instrument and analyzed with simple regression. The result of this research is indicate that leadership have a effect toward sense of belonging. The effect is strong. Leadership effect sense of belonging equal to 46,8% and the residue equal to 53,2% effected by other factors."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S52865
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sendy Puspaatmaja
"
ABSTRAKPenelitian bertujuan meneliti peran dukungan organisasi sebagai mediator pada partisipasi karyawan terhadap kepuasan kerja dan komitmen pada karyawan non manajerial. Penelitian dilakukan pada 211 karyawan non manajerial yang berlokasi di Pabrik PT Unilever Indonesia Tbk, Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi adanya dukungan organisasi mampu memediasi secara penuh dan positif pengaruh partisipasi karyawan dalam pengambilan keputusan terhadap kepuasan kerja dan komitmen afektif karyawan. Dengan demikian, partisipasi karyawan dalam pengambilan keputusan akan efektif dalam meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen afektif karyawan jika adanya dukungan dari organisasi terhadap karyawannya.
ABSTRACTThe research aimed to examine the role of organization support as mediator between employee participation towards job satisfaction and commitment to non managerial employees. The study was conducted on 211 non managerial employees who is located at PT Unilever Indonesia Tbk factory, Jababeka Industri Area, Cikarang, using Structural Equation Modeling SEM method. The results showed that perceived organizational support is capable of full and positive mediation for the effect of employee participation in decision making towards job satisfaction and affective commitment to employees. Thus, participation in decision making will be effective in improving job satisfaction and affective commitment of employees if there is a form of support from the organization to its employees. "
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50326
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library