Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 124465 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cynthia Nikopama
"Uap logam merupakan agen penyebab atopi golongan berat molekul rendah yang menyebabkan terjadinya Metal Fume Fever(MFF). Adanya mekanisme alergi pada MFF belum diketahui dengan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran atopi dan faktor lain yang mempengaruhi terjadinya MFF. Desain potong lintang dengan analisis komparatif digunakan untuk mengetahui hubungan atopi serta faktor lain terhadap terjadinya MFF pada pekerja las.Subjek penelitian adalah 234 pekerja las di industri suku cadang otomotif PT X di Bekasi, Indonesia.Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, pemeriksaan klinis, uji tusuk kulit, serta pengukuran arus puncak ekspirasi. 108 dari 234 sampel (46%) mengalami MFF.Tidak ditemukan adanya perbedaan proporsi yang bermakna antara subjek dengan atopi dan subjek tanpa atopi terhadap terjadinya MFF. Berdasarkan RRsuaian dengan melakukan penyesuaian antar variabel yaitu atopi, masa kerja dan APD tidak diperoleh adanya variabel yang merupakan faktor determinan, walaupun pada perhitungan RRkasar ditemukan masa kerja > 5 tahun dan tidak menggunakan APD meningkatkan risiko MFF dengan masing-masing RRkasar (1.46, 95%IK=1.03-2.09) dan (1.5, 95%IK=1.05-2.15). Sebagai simpulan yaitu prevalensi MFF pada pekerja las sebesar 46%. Tidak terdapat perbedaan secara statistik antara proporsi subjek dengan faktor atopi untuk mengalami MFF dengan subjek tanpa faktor atopi.

Metal fume is low molecular weight atopy agent which cause Metal Fume Fever (MFF). The allergic mechanisms of MFF is still unclear. This study aims to determine role of atopy and other factors influence MFF.This was a cross-sectional study with a comparative analysis to determine assosiation between atopy and other influencing factors with occurrence of MFF on welder. Subjects were 234 workers in PT X an automotive sparepart industry in Bekasi, Indonesia. Data collected through questionnaires, clinical examination, skin prick test and peak expiratory flow measurements. 108 of 234 samples (46%) experienced MFF. There were no significant differences proportion between subjects with atopy and non atopy to the occurrence of MFF. Based on adjusted Relative Risk (adjusted RR) by making adjustments between variables atopy, working period and usage of PPE, this study wasn?t obtained the existance of a variable which act as determinant factor. Although crude relative risk analysis was found work period over 5 years and not using PPE increases the risk of MFF, which for working periode (RRcrude=1.46; 95%CI=1:03-2:09) and a habit of not using Personal Protective Equipment (PPE) (RRcrude =1.5; 95%CI=1:05-2:15).The prevalence of MFF on welder was46%. No statistic significant differance between proportion of subjects with atopy and subjects without atopy for experiencing MFF."
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muchamad Panji
"ABSTRAK
Penelitian ini mempelajari efek arus pengelasan dan kecepatan pengelasan terhadap geometri las, distorsi, kekuatan tarik dan mikrostruktur pada proses pengelasan Tungsten Inert Gas (TIG). Bahan yang digunakan dalam percobaan ini adalah pipa baja karbon A36. Dimensi spesimen pipa memiliki diameter luar 114,3 mm dan ketebalan 6 mm. Logam tambah yang digunakan adalah ER70-S 6 dengan sambungan Las V-Groove. Variasi parameter pengelasan adalah arus pengelasan dan kecepatan pengelasan. Distorsi diukur dengan menggunakan mikrometer luar sebelum dan setelah proses pengelasan.
Untuk geometri Las diukur dengan menggunakan mikroskop digital. Sedangkan kekuatan tarik diukur dengan mesin uji tarik dan mikrostruktur diukur dengan mikroskop. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan meningkatkan arus las dapat memperlebar manik las dan
meningkatkan distorsi. Sementara dengan meningkatkan kecepatan, hanya memberikan sedikit efek pada manik las dan distorsi. Pengelasan parameter dengan arus las 170 A dan kecepatan pengelasan 0,9 mm/s menghasilkan manik luar terluas, taper terbesar dan distorsi. Selain itu, hasil taper dan distorsi pada arah aksial lebih besar dari arah melintang
dari pipa. Geometri las menunjukan bahwa pada bagian pipa di 0˚ cenderung cekung dan
pada 180˚ cenderung cembung. Berdasarkan hasil uji tarik spesimen pengelasan,
kekuatan tarik paling tinggi adalah 502,80 MPA dengan pengelasan berarus 170 A dan
kecepatan pengelasan 0,9 mm/s di posisi 270˚. Foto mikroskop pada hasil pengelasan
memperlihatkan adanya equiaxed dendrit.

ABSTRACT
In this study, the effects of welding current and welding speed on the weld geometry, distortion, tensile strength and microstructure in the TIG welding process was studied. The material used in this experiment was A36 mild steel pipe. The dimensions of pipe specimens were 114.3 mm of outer diameter and 6 mm of thickness. The wire feeder used was ER70S 6 with a V-groove joint. The welding parameters varied were the welding current and welding speed. The distorsion was measured by using an micrometer before and after the welding process. The weld geometry was measured using a digital microscope, the tensile strength was measured by the using tensile test machine, and the microstructure was measured by a microscope. The results show that by increasing the
welding current, the weld bead and distortion increase. While by increasing the speed, it has little effect on the weld bead and distortion. Welding parameters with a welding current of 170 A and a welding speed of 0.9 mm/s produce the widest outer bead and the biggest tapers and distortion. In addition, the results of tapers and distortion in the axial direction were bigger than the transverse direction of the pipe. In addition, the taper results and distortion in the axial direction are bigger than in the transverse direction of the pipe. The weld geometry shows the pipe parts at 0° tend to concave and at 180° tend to be convex. Based on the results of the tensile test of the welding specimen, the higher tensile strength is 502.80 MPa with welding current of 170 A, and welding speed of 0.9 mm/s on the 270° welding position. And from the microscope observation, it is shown the presence of equiaxed dendrite."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Shafwan Muldya
"Micro Resistance Spot Welding (MRSW) merupakan metode pengelasan yang banyak digunakan di industri manufaktur dikarenakan prosesnya yang cepat, efisien secara ekonomi, dapat diotomatisasi, dan dapat digunakan untuk pelat dengan ketebalan rendah. Pelat paduan aluminium dan brass, yaitu AA 1100 dan CuZn30 dengan ketebalan rendah merupakan bahan yang dewasa ini banyak digunakan dalam industri manufaktur dikarenakan sifatnya yang ringan dengan kekuatan mekanis yang baik. Belum terdapat penelitian yang membahas mengenai parameter optimum dari mRSW untuk pengelasan AA 1100 dan CuZn30. Dalam penelitian ini, dilakukan pengelasan terhadap pelat AA 1100 dan CuZn30 dengan dimensi 19 mm x 76 mm x 0,4 mm menggunakan instrumen pengelasan micro resistance spot welding (MRSW) otomatis dengan variabel cycle time pengelasan secara berturut-turut sebesar 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 siklus. Karakterisasi hasil las dilakukan lewat analisis pengujian tarik. Pengujian tarik menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai shear stress pada siklus/cycle time yang lebih besar.

Micro Resistance Spot Welding (MRSW) is a welding method that is widely used in the manufacturing industry due to its fast, economically efficient, automable process and can be used for low thickness plates. Aluminum and brass alloy plates, namely AA 1100 and CuZn30 with low thickness are materials that are currently widely used in the manufacturing industry due to their lightweight nature with good mechanical strength. There are no studies that discuss the optimum parameters of micro resistance spot welding (MRSW) for welding AA 1100 and CuZn30. In this study, welding was carried out on the AA 1100 and CuZn30 plates with dimensions of 19 mm x 76 mm x 0.4 mm using an automatic mRSW welding instrument with a variable welding cycle time respectively 3, 4, 5, 6, 7, 8, , 9, 10 cycles. The characterization of welds was carried out through tensile testing. The tensile test shows that there is an increase in the value of shear stress at a greater cycle / cycle time."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Nyoman Suarjana
"Pengelasan dissimilar banyak dilakukan untuk mengoptimalkan kebutuhan aplikasi dan rekayasa dengan pertimbangan ekonomi. Sifat-sifat mekanis dan ketahanan terhadap korosi sambungan las sangat dipengaruhi oleh jenis, ukuran, orientasi dan distribusi struktur mikro sambungan las tersebut. Pengaruh dan perubahan struktur mikro akan dipelajari pada pengelasan dissimilar antara baja karbon A36 dan SS 304 untuk posisi pengelasan 1G, 2G, 3G dengan variasi ketebalan 6 mm, 8mm, 10 mm, 12 mm.
Hasil pengelasan menunjukan bahwa posisi pengelasan dan ketebalan sambungan las mempengaruhi struktur mikro baik pada HAZ maupun inti las-lasan (weld metal). Ukuran, distribusi dan orientasi struktur mikro menjadi lebih halus dan merata dengan naiknya ketebalan sambungan las-lasan. Pada HAZ baja karbon memperlihatkan struktur GB ferrite dominan untuk posisi pengelasan 1G sedangkan untuk posisi 2G dan 3G memperlihatkan adanya struktur widmanstaten ferrite, martensite dan bainit. Pada daerah dekat fusion line dan inti las terjadi perubahan komposisi kimia akibat proses agitasi, konveksi, difusi dan terjadinya makrosegregasi karena penetrasi cairan logam induk baja karbon kedalam inti las (weld metal) dan pembekuan cepat.
Hasil pengujian sifat-sifat mekanik memperlihatkan tegangan tarik putus terjadi pada sisi logam induk baja karbon, hasil test bending menunjukan tegangan yang sangat tinggi pada sambungan las hingga mencapai 887 Mpa dan pengujian kekerasan Vickers menunjukan distribusi kekerasan meningkat pada inti las dan HAZ hingga mencapai nilai HVN 296.9 yakni pada fusion line baja SS 304. Ketahanan korosi khususnya korosi micro-pitting sangat masif terjadi pada bagian inti las khususnya untuk posisi pengelasan 1G dan ketebalan 6 mm dan kurang masif pada HAZ yang secara visual dari foto mikro mengindikasikan pembentukan dan sebaran karbida yang lebih sedikit. Korosi seragam (uniform corrosion) secara galvanik terjadi sangat agresif pada bagian baja karbon.

Dissimilar metal welding was mostly done to optimize the application and engineering requirements with economic considerations. Mechanical properties and corrosion resistance of welded joints were greatly influenced by weld microstructures. Influences and changes in the microstructure will be studied in the welding of dissimilar metals between carbon steel A36 and stainless steel SS304 with variation of welding position 1G, 2G, 3G and weld thickness of 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm.
Welding results shown that welding position and thickness of the welded joints influenced the microstructure both in HAZ and weld metal. Size, distribution and orientation of microstructure were finer and more uniform with increasing of welding joint thickness. In HAZ carbon steel, GB ferrite was dominant especially for 1G welding position while for position of 2G and 3G shown other structures such as widmanstaten ferrite, martensite and bainite. In the region near the fusion line and weld metal, the chemical composition changes due to the agitation, convection, diffusion and makrosegregasi caused by penetration of liquid metal carbon steel into the weld pool and quick freezing.
The test results showed the mechanical properties of tensile breaking point occurs in the parent metal of carbon steel, bending test results showed a very high stress on the welding joint up to 887 MPa and Vickers hardness testing showed hardness distribution trend increase in the weld metal and HAZ to achieve value for HVN 296.9 at the fusion line of steel SS 304. Corrosion resistance, especially micro-pitting corrosion occurs denser in the weld metal, especially for welding positions 1G and thickness 6 mm and less dense in the HAZ which visually indicates in micro-photographs, the formation and distribution of carbides is much less. Uniform corrosion by galvanic process happens very aggressive on the carbon steel side.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T31482
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nastiti Ekasari
"ABSTRAK
Latar belakang: Industri Baja dan Aluminium terbukti mempengaruhi kejadian Metal Fume Fever akibat banyaknya pajanan debu logam yang dihasilkan dari teknik pengelasan, pemotongan logam berat. Banyak kandungan metal berbahaya dalam industri baja dan Aluminium yang dapat berpontensi menimbulkan keluhan Metal Fume Fever ketika pekerja terpajan fume dan gas yang dihasilkan dalam proses industri. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa kejadian Metal Fume Fever pada pekerja industri baja dan Aluminium, serta faktor yang mempengaruhinya. Banyaknya keluhan flu like syndrome yang dialami pekerja yang ingin ditelaah apakah ini termasuk Metal Fume Fever terkait pajanan debu logam di lingkungan pabrik.Metode: Penelitian cross sectional dilakukan pada pekerja pabrik baja dan Aluminium di Cibitung. Data yang diperoleh dari wawancara dan kuesioner, anamnesis dan pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan kadar debu logam di lingkungan pabrik. Dalam menegakkan diagnosa Metal Fume Fever digunakan tujuh langkah diagnosis okupasi.Hasil: Pada penelitian ini didapatkan pengukuran kadar debu logam Al,Cr,Fe,Pb di bawah NAB. Dan dari 63 pekerja, terdapat 27 pekerja 42,8 yang mengalami Metal Fume Fever. Pada penelitian ini terdapat beberapa variabel yang diteliti antara lain variabel umur, patuh APD, riwayat merokok dan masa kerja. Dari empat variabel tersebut, variabel umur >40 tahun yang lebih berisiko untuk terjadinya Metal Fume Fever. OR: 6,49, p= 0,018, 95 CI=1,38-30,42 Kesimpulan: Pada penelitian ini didapatkan pengukuran kadar debu logam Al,Cr,Fe,Pb dibawah NAB namun demikian proses produksi terus berlangsung dan pekerja terus menghirup debu logam juga terkait dengan proses sensitisasi dan imunitas pekerja yang berhubungan dengan keluhan Metal Fume Fever. Didapatkan juga bahwa variabel umur >40 tahun lebih berisiko untuk terjadinya Metal Fume Fever.Kata kunci: Metal Fume Fever, debu logam

ABSTRACT
Background: Steel and aluminum industry proven influential to the occurrence Metal Fume Fever due to the large exposure to metal dust generated from welding technique, cutting heavy metals. Many hazardous metal content in the steel and aluminum industries which may cause Metal Fume Fever symptoms when workers exposed to fume and gas produced in industrial processes. This study was conducted to analyze the incidence of Metal Fume Fever among steel and aluminum industry workers, and the factors that influence it. The number of complaints flu like syndrome experienced by workers who wish to be explored whether this includes Metal Fume Fever associated metal dust exposure. Methods The cross sectional study was conducted on the steel and aluminum factory workers in Cibitung. Data obtained from interviews and questionnaires, the anamnesis and physical examination and also inspection of metal dust levels in the factory environment. In the diagnosis of Metal Fume Fever, use a seven step diagnosis of occupational. Results In this study, measurement of metal dust Al, Cr, Fe, Pb below the TLV. And of 63 workers, there are 27 workers 42.8 with Metal Fume Fever. In this study, there are several variables studied include age, obedient PPE, smoking history and tenure. Of the four variables, the variables age 40 years who are more at risk for the occurrence of Metal Fume Fever. OR 6,49, p 0,018, 95 CI 1,38 30,42 Conclusion In this study, measurement of metal dust Al, Cr, Fe, Pb under NAB however, the production process continues and workers continue to inhale metal dust is also related to the process of sensitization and immune related complaints worker Metal Fume Fever. It was found also that the variables age 40 years are more at risk for the occurrence of Metal Fume Fever. Keywords Metal Fume Fever, metal dust "
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Nugroho
"Pegas adalah suatu komponen yang berfungsi untuk menerima beban dinamis dan memberikan kenyamanan dalam berkendara. Permasalahan yang sering dialamai leh pegas daun adalah patah akibat beban lebih atau kondisi jalan yang kurang baik. Penanganan pada hal seperti ini adalah penyambungan menggunakan shielded metal arc welding (SMAW). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi arus pengelasan terhadap kekuatan impak, kekerasan dan struktur mikro. Jenis las yang digunakan adalah las SMAW. Variasi arus pengelasan yan digunakan adalah 100 Ampere, 120 Ampere dan 140 Ampere. Jenis kampuh yang digunakan adalah jenis kampuh V. Hasil uji kekuatan impak tertinggi diperoleh pada variasi arus 100 Ampere yaitu sebesar 1,698 J.mm2. Hasil uji kekerasan tertingg diperoleh pada variasi arus 140 Ampere yaitu sebesar 355,338 HVN. Struktur mikro pada daerah las memiliki ukuran buturan yang semakin besar dan struktur perlit yang semakin banyak untuk variasi arus 140 Ampere."
Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P3M) STTA, 2017
620 JIA 9;2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Fauzan
"Torch brazing adalah salah satu metode brazing berdasarkan sumber panas. Metode ini dalam proses penyambungan logam tergolong liquid-solid state thermochemical dan pada umumnya digunakan dalam penyambungan pipa. Proses brazing ini memanaskan logam pengisi hingga mencapai titik leleh tanpa melampaui titik leleh logam dasar yang akan disambung. Logam pengisi akan memberikan sambungan yang kuat pada logam dasar setelah mengalami pendinginan. Pemberian tekanan dan panjang lap joint pada proses brazing akan berpengaruh pada kualitas sambungan. Pada penelitian ini akan diketahui pengaruh tekanan dan panjang lap joint terhadap kekuatan sambungan baja BJ DD2 dan tembaga C12000. Konfigurasi yang paling optimal antara tekanan dan panjang lap joint akan diketahui dari hasil beban tarik dan jarak antar sambungan. Beban tarik dan jarak antar sambungan adalah faktor yang mempengaruhi kekuatan dari sambungan brazing. Semakin besar beban tarik dan semakin kecil jarak antar sambungan akan meningkatkan kekuatan sambungan. Hasil penelitian menunjukkan tekanan memiliki pengaruh lebih besar daripada panjang lap joint terhadap logam tak sejenis menggunakan torch brazing.

Torch brazing is one method of brazing based on the heat source. This method as the process of joining metals in classified as liquid-solid state thermochemical and generally used in the joining pipe. This process heats the brazing filler metal until it reaches the melting point without exceeding the melting point of the base metals to be joined. The filler metal will give strong joining to the base metal after cooling. Giving pressure and length of lap joint in the brazing process will affect the quality of the joining. This research will investigate the effect of pressure and length of lap joint to joint strength of BJ DD2 steel and C12000 copper. The most optimal configuration between pressure and length of lap joint will be known from the result of shear load and joint clearance, which are the factors that affect joint strength of brazing. The bigger shear load and the smaller joint clearance will increase of joint strength. The result shows that the pressure have effect bigger than length of lap joint for dissimilar metal using torch brazing."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S58753
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deca Mirsandy
"Latar belakang: Pekerja pengelasan berisiko mengalami fotokonjungtivitis akibat dari pajanan radiasi sinar ultraviolet yang dihasilkan dari proses pengelasan. Dibutuhkan alat pelindung diri terutama kacamata las untuk mengurangi risiko terjadinya fotokonjungtivitis. Penelitian bertujuan untuk mengetahui insiden fotokonjungtivitis dan mengetahui hubungan perilaku penggunaan kacamata las dengan insiden fotokonjungtivitis serta mengetahui hubungan faktor-faktor risiko dengan insiden fotokonjungtivitis pada pekerja pengelasan.Metode: Desain penelitian menggunakan kohort prospektif tanpa pembanding. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 37 orang diambil secara total sampling. Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Februari 2017 di sebuah pabrik otomotif di Jakarta. Variabel yang diteliti adalah perilaku penggunaan kacamata las, umur, status pernikahan, status gizi, visus, lama pajanan, jarak pengelasan dan masa kerja.Hasil: Insiden fotokonjungtivits pada pekerja pengelasan sebesar 18,9 . Hasil analisis bivariat didapatkan hubungan bermakna antara perilaku penggunaan kacamata las dengan insiden fotokonjungtivitis p=0,000; RR=16,000 , faktor lain yang memiliki hubungan bermakna dengan insiden fotokonjungtivitis yaitu status pernikahan p=0,015; RR=5,714 , lama pajanan p=0,033; RR=7,059 , jarak pengelasan p=0,016; RR=6,188 dan masa kerja p=0,027; RR=4,833 . Hasil analisis multivariat didapatkan perilaku penggunaan kacamata las merupakan faktor risiko yang paling dominan yang mempengaruhi insiden fotokonjungtivitis p = 0,036 dan RR kesesuaian = 13,847 .Kesimpulan: Insiden fotokonjungtivitis pada pekerja pengelasan sebesar 18,9 . Perilaku penggunaan kacamata las memiliki hubungan signifikan dengan insiden fotokonjungtivitis.

Background Welders at risk of photoconjunctivitis due to ultraviolet exposure derived from the welding process. It takes personal protective equipment, especially welding goggles to reduce the risk of photoconjunctivitis. This study aims to determine the incidence of photoconjunctivitis and determine association between behavior of use welding goggles with incidence photoconjunctivitis and to determine the association of risk factors with incidence photoconjunctivitis among welders.Method This study used a non comparison cohort prospective design study. The number of samples in the study were 37 people taken by total sampling. The study was conducted in January to February 2017 at an automotive factory in Jakarta. The variables studied were behavior use of welding goggles, age, marital status, nutritional status, visus, duration of exposure, welding distance and work period.Result Incidence of photoconjunctivitis among welders was 18,9 . Bivariat anlysis results showed significant association between behavior use of welding goggles with incidence of photoconjunctivitis p 0,000 RR 16,000 , other factors that have a significant association with incidence of photoconjunctivitis ie marital status p 0,015 RR 5,714 , duration of exposure 0.033 RR 7.059 , welding distance p 0.016 RR 6.188 and work period p 0.027 RR 4.833 . The result of multivariate analysis showed that the most dominant risk factor was the behavior use of welding goggles p 0,036 RR adjusted 13,847 .Conclussion Incidence of photoconjunctivitis among welders was 18,9 . Behavior use of welding goggles had association significant with incidence of photoconjunctivitis. "
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2017
T57664
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Edison
"Las titik adalah salah satu proses sambungan las yang banyak digunakan dalam industri otomotif. Penggunaan parameter las titik yang tidak tepat akan mengakibatkan kerusakan dalam bentuk patah, retak, perubahan bentuk atau perubahan sifat mekanisnya. Telah dilakukan penelitian terhadap pengaruh parameter las titik terhadap sifat mekanik sambungan las baja karbon rendah, agar diketahui kombinasi variabel las yang paling tepat untuk mendapatkan hasil las yang baik.
Dalam penelitian ini, untuk tebal plat 1 mm arus yang digunakan adalah: 2 kA, 4 kA, 6 kA, 8 kA dan 10 kA, gaya elektroda 2 kN, 2,4 kN, 2,8 kN, 3,2 kN dan 3,6 kN dan waktu las 20 detik, 30 detik, 35 detik, 40 detik dan 45 detik. Untuk tebal plat 3 mm arus yang digunakan adalah dari 8 kA, 9 kA, 10 kA, 11 kA dan 12 kA, gaya elektroda dari 2 kN , 2,4 kN, 2,6 kN 3,2 kN dan 3,6 kN, waktu las dari 20 detik, 30 detik, 40 detik, 50 detik dan 57 detik. Pengujian sifat mekanik yang dilakukan meliputi pengujian kekerasan dengan metode Vickers, pengujian kekuatan geser sambungan dengan metode uji tarik, sedangkan pengujian metalografi dilakukan dengan menggunakan mikroskop optik.
Dari hasil uji tarik memperlihatkan untuk tebal plat 1 mm, apabila arus di bawah 4 kA tidak terjadi sambungan las, jika arus di atas 6 kA kekuatan geser sambungan las mulai turun. Untuk tebal plat 3 mm, jika arus di bawah 8 kA tidak terjadi sambungan las, tetapi jika arus di atas 10 kA kekuatan geser sambungan las mulai turun. Demikian juga waktu las dan gaya elektroda, apabila semakin tinggi dapat menurunkan kekuatan geser sambungan las, hal ini diduga karena arus listrik, waktu las dan gaya elektroda yang tinggi dapat menimbulkan rekristalisasi dan perubahan butir yang dapat menurunkan kekuatan sambungan las logam.
Hasil uji kekerasan memperlihatkan, bahwa semakin besar arus listrik, waktu las dan gaya elektroda, maka kekerasan logam makin besar, hal ini terjadi karena jika parameter las makin besar akan mengakibatkan rekristalisasi dan perubahan fasa pada logam, kejadian ini akan mengakibatkan kenaikan kekerasan logam.
Hasil pengujian struktur mikro memperlihatkan bahwa material mempunyai ferit, perlit dan martensit. Dengan demikian dari penelitian ini didapat hasil untuk pelat tebal 1 mm kombinasi yang terbaik adalah arus 6 kA, waktu las 30 detik dan gaya elektroda 2 kN. Untuk tebal plat 3 mm arus 10 kA, waktu las 20 detik, gaya elektroda 3,6 kN.

Welding is one of joining process that commonly used in automotive industry. An inaccurate choice of welding parameters may cause damage to the welding in form of broken, crack, and mechanical properties deterioration. Research on the effect of welding spot variables on mechanical properties of low carbon steel welding join had been done.
The research was focused on determining the best combination of welding parameters to get the best welding result. The welding 1 mm plate width was performed with varying the current of 2 kA, 4 kA, 6 kA, 8 kA, and 10 kA, electrode force of 2 kN, 2,4 kN, 2,8 kN, 3,2 kN and 3,6 kN, and welding time of 20 seconds, 30 seconds, 40 seconds 50 seconds. The welding of 3 mm plate width was done with varying the current of 8 kA, 9 kA, 10 kA, 11 kA, and 12 kA, electrode force of 2 kN, 2,4 kN, 2,8 kN, 3,2 kN and 3,6 kN, and welding time of 20 seconds, 30 seconds, 40 seconds, 50 seconds, 57 seconds. Test of mechanical properties performed includes hardness test using Vickers method, welded movement strength test using stretching test, whereas metallurgical test was performed using optical microscope.
The stretching test result showed that, for 1 mm width plate, if the current was less than 4 kA the welding did not occur, however, if the current is greater than 6 kA the movement strength of join started decreasing. Furthermore, for 3 mm plate width, if the current less than 8 kA the welding did not also occur and if the current was greater than 10 kA the movement strength of joint was decreasing. As for welding time and electrode force, if those parameters become high the movement strength of welding joint may be also decreased. This decreasing was foreseen because those can cause recristalization of grain that that may weaken the welded strength of metal.
Hardness test result showed that the higher the current, welding time and electrode force, the harder the metal. This phenomenon occurs since the higher the welding variables can cause recristalization and change the phase of metal that heightening the hardness of metal.
Microstructure test result showed that the material contain ferrite, perlite and martensite. As a final result it can be concluded that for 1 mm plate, the best combination of variables is 6 kA of current, 2 kN of electrode force, and welding time of 30 seconds, and for 3 mm plate width is 10 kA of current, 20 seconds of welding time and 3,6 electrode force.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Buyung Nul Hakim
"[ABSTRAK
Pipa jenis API 5L adalah yang sering dipakai untuk sistem transportasi tersebut. Dari berbagai peraturan yang terkini masih terdapat kegagalan pada sambungan pipa tersebut sehingga sering timbulnya terjadi kebakaran akibat tumpahnya minyak dari kegagalan sambungan las. Pada saat proses pengelasan yang berdasarkan peraturan atau rekomendasi seperti prosedur pengelasan (Welding Procedure Specification - WPS) sering kali tidak dapat diikuti secara benar sehingga akan mempengaruhi struktur mikro daerah terpapar panas lasan (Heat Affected Zone - HAZ). Pada penelitian ini akan diperbandingkan perbedaan Heat Input terhadapan ketangguhan dan kekuatan sambungan las. Kemudian dilakukan pengujian tidak merusak (Non Destructive Test-NDT) seperti Radiographic Test yang berguna untuk mengetahui cacat yang mungkin timbul dalam las-lasan. Kemudian pengujian merusak (Destructive Test-DT) seperti uji ketangguhan, uji keluluhan, uji impact, uji Crack Tip Open Displacement-CTOD untuk mengetahui kekuatan dan ketangguhan dari sambungan las. Dari hasil pengujian diatas Heat Input adalah unsur utama yang harus diperhatikan dalam proses pengelasan.

ABSTRACT
API 5L pipe is type of pipe very often used for the transportation system. From various current regulations there are still failures in the pipe joint, the frequent occurrence of a fire occurs due to the oil spill from the failure of the welded joint. During the welding process based on rules or recommendation such as welding procedures (Welding Procedure Specification - WPS) found cannot be followed correctly and will impact to the microstructure of the weld area exposed to heat (Heat Affected Zone - HAZ). This research will be compared to the difference Heat Input with toughness and strength of welded joints. Then Non-Destructive Test (NDT) as Radiographic Test useful to know the defects that may arise in the welding-weld. Then destructive testing (Destructive Test-DT) such as toughness test, impact test, test Crack Tip Open Displacement-CTOD to determine the strength and toughness of the welded joint. The result showed Heat Input is one of the elements that must be considered in the welding process.;API 5L pipe is type of pipe very often used for the transportation system. From various current regulations there are still failures in the pipe joint, the frequent occurrence of a fire occurs due to the oil spill from the failure of the welded joint. During the welding process based on rules or recommendation such as welding procedures (Welding Procedure Specification - WPS) found cannot be followed correctly and will impact to the microstructure of the weld area exposed to heat (Heat Affected Zone - HAZ)
This research will be compared to the difference Heat Input with toughness and strength of welded joints. Then Non-Destructive Test (NDT) as Radiographic Test useful to know the defects that may arise in the welding-weld. Then destructive testing (Destructive Test-DT) such as toughness test, impact test, test Crack Tip Open Displacement-CTOD to determine the strength and toughness of the welded joint.
The result showed Heat Input is one of the elements that must be considered in the welding process., API 5L pipe is type of pipe very often used for the transportation system. From various current regulations there are still failures in the pipe joint, the frequent occurrence of a fire occurs due to the oil spill from the failure of the welded joint. During the welding process based on rules or recommendation such as welding procedures (Welding Procedure Specification - WPS) found cannot be followed correctly and will impact to the microstructure of the weld area exposed to heat (Heat Affected Zone - HAZ)
This research will be compared to the difference Heat Input with toughness and strength of welded joints. Then Non-Destructive Test (NDT) as Radiographic Test useful to know the defects that may arise in the welding-weld. Then destructive testing (Destructive Test-DT) such as toughness test, impact test, test Crack Tip Open Displacement-CTOD to determine the strength and toughness of the welded joint.
The result showed Heat Input is one of the elements that must be considered in the welding process.]"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44300
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>