Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 84297 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gina Najjah Hajidah
"Tesis ini merupakan evaluasi bahan ajar berjudul Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik (ABY) sebagai bahan ajar bahasa Arab di salah satu lembaga bahasa asing di Depok (LBA). Tolak ukur yang digunakan dalam mengevaluasi bahan ajar ini adalah kriteria evaluasi hasil sintesis dari beberapa pakar. Kriteria tersebut adalah (1) Aims, (2) content, (3) exercises, (4) Audience, dan (5) Physical Make Up. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahan ajar ABY memiliki kelebihan dan kekurangan. Secara spesifik terdapat 3 hasil evaluasi seperti yang diungkapkan Litz (2005), yaitu quality, usefullnes, dan appropriateness for the context and people with whom they are being use. Secara kualitas, materi, kegiatan, dan latihan dalam ABY sudah sesuai dengan tujuan lembaga. Menarik, beragam, dan mencakup seluruh kemahiran bahasa. Kosa kata dalam ABY pun tersusun secara sistematis. Adapun kekurangannya adalah kualitas tampilan bahan ajar, kurangnya asas kebermanfaatan bagi pengguna, dan kekurangsesuaian dengan pengguna bahan ajar (peserta kursus). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ABY boleh digunakan pada program bahasa Arab di LBA Depok dengan memodifikasi dan merevisi terhadap kekurangan yang ditemukan dalam penelitian ini.

This thesis is an evaluation of teaching materials entitled of Al-'Arabiyyah Baina Yadaik (ABY/Arabic in Front of You) as an Arabic language teaching materials in one foreign language institute in Depok (FLI). The benchmarks used in evaluating of the teaching materials are the evaluation criteria resulted by the synthesis of several experts. Those criteria are (1) Aims, (2) Content, (3) Exercises, (4) Audience, and (5) Physical Make Up. The findings of this study point out that there are advantages and disadvantages of ABY teaching materials have. Specifically, there are three results of evaluation as Litz described (2005), that are the quality, usefulness, and appropriateness for the context and people with whom they are being use. In quality, the materials, activities, and exercises in ABY are in accordance with the institution objectives. It is interesting, diverse, and covers the entire language proficiency. The containing vocabularies in ABY is also arranged systematically. As for its weakness are concerning with the display quality of teaching materials, lack of usefulness principle to users, and less appropriateness for materials users (course participants). Thus, it can be concluded that the ABY teaching materials can be used in the Arabic language course at FLI to modify and revise the weakness found in this study."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T39121
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Theya Wulan Primasari
"Sesuai dengan Permendikbud Nomor 27 tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Lulusan
(SKL) BIPA, pengajaran BIPA untuk keterampilan membaca tingkat mahir
diimplementasikan dalam bentuk genre teks yang terdapat dalam buku BIPA. Hal ini
sejalan dengan indikator lulusan yang menyatakan bahwa pemelajar diharapkan mampu mengidentifikasi tujuan dari berbagai teks baik fiksi maupun nonfiksi. Namun penelitian tentang analisis genre teks dalam buku BIPA tingkat mahir masih sangat minim. Dengan demikian, makalah ini memilih fokus penelitian pada aspek teks yang menginvestigasi genre dan kesesuaiannya dengan SKL BIPA serta tingkat keterbacaan teks pada buku
BIPA untuk pemelajar BIPA tingkat mahir. Analisis genre teks menggunakan kerangka
teori yang dikembangkan oleh Rose & Martin (2012) dan Rose (2019). Rumus penghitungan tingkat keterbacaan teks menggunakan grafik Raygor (1977). Hasil analisis
pada penelitian ini menunjukkan bahwa pemetaan genre telah sesuai dengan SKL BIPA.
Hasil penghitungan juga menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan teks telah sesuai untuk pemelajar BIPA tingkat mahir. Namun ditemukan bahwa tidak semua teks di dalam buku ini dapat digolongkan sebagai teks yang baik. Beberapa teks memilliki struktur generik tumpang tindih dan mengindikasikan beberapa tujuan sosial dalam satu bacaan. Implikasi
dari ditemukannya beberapa teks tersebut adalah meskipun keterbacaan teks dan SKL
telah sesuai, pemelajar dapat berpotensi mengalami kesulitan jika genre teks cenderung tidak teratur. Hal ini dapat berdampak pada sulit tercapainya indikator kelulusan yang ditetapkan.

In line with the Regulation of Minister of Education and Culture of Indonesia Number 27 in 2017 concerning BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing or Indonesian Language for Foreign Speakers) Graduate Competency Standard (Standar Kompetensi Lulusan/SKL), BIPA teaching materials for advanced level reading skills are implemented in a form of text types in textbooks. This is in accordance with the SKL which states that students are expected to be able to identify the purpose of various types
of texts, including fiction and non-fiction. Studies focusing on analysis of text genres in advanced level BIPA books however are scarce. This study aims to examine BIPA SKL suitability and the genre of the reading texts. The analysis of genre is conducted based on a theoretical framework developed by Rose & Martin (2012) and Rose (2019). In addition
to this, the readability of the text is measured by using the Raygor chart (1977). Results indicate that the genres found in the book follow the expected BIPA SKL and the readability of all texts is appropriate for advanced level BIPA learners. However, not all
the reading texts can be categorized to meet the appropriate generic structures. Several complex texts with unclear generic structures, or indicated with more than one genre, are found in several reading texts. The implication of the finding is that despite meeting the appropriate SKL and the readability level, students can still potentially face difficulties in
accessing the unstructured texts. This can lead to difficulties in achieving the SKL
indicators.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sinta Anggoro Utari
"Salah satu bentuk pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) adalah melalui penggunaan foto sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran. Namun dalam penggunaannya pertanyaan tentang keberterimaan penggunaan foto dan efektivitasnya dalam kegiatan pembelajaran BIPA belum banyak dibahas secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi potensi penggunaan foto sebagai bagian dari bahan ajar bagi pembelajar dan pemelajar BIPA. Penelitian ini mengggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan melalui sejumlah analisis yang berkaitan dengan semiotika pendidikan seperti analisis komposisi tata letak halaman, analisis gramatika visual dan intersemiosis foto. Selain itu, penyebaran kuesioner juga dilakukan untuk mendapatkan pandangan pengguna bahan ajar sebagai pilihan data. Terdapat beberapa temuan penting dalam penelitian ini. Pertama, pola tata letak elemen dalam tiap halaman beragam. Kedua, foto ditemukan pada kegiatan pembelajaran menyimak, berbicara dan membaca namun tidak ditemukan dalam kegiatan menulis. Ketiga, terdapat lima jenis relasi intersemiosis yang ditemukan dan dua relasi yang paling banyak ditemukan adalah concurence-exemplification dan concurence-clarification. Keempat, pengguna memberikan pendapat positif terhadap foto-foto pada bahan ajar ini dalam membantu pembelajaran. Kelima, pengguna bahan ajar memiliki preferensi untuk menggunakan foto terlebih dahulu dibandingkan teks tertulis pada saat memulai pembelajaran. Beberapa kesimpulan dari temuan tersebut antara lain elemen pada halaman dalam bahan ajar ini disusun dengan cara beragam, foto dan tulisan dalam bahan ajar ini dibangun melalui 5 jenis relasi, dan pengguna bahan ajar memiliki pendapat positif terhadap foto pada bahan ajar dalam membantu pembelajaran. Sejumlah rekomendasi berdasarkan kesimpulan tersebut menekankan pada pentingnya pembuatan kerangka tata letak pada penyusunan bahan ajar BIPA, penyeimbangan jenis foto dan komposisi partisipan, serta penggunaan foto dengan relasi complementarity-augmentation dan concurrence-clarification dalam pembelajaran.

The involvement of photos as part of learning activities in Indonesian language teaching materials for foreign speakers (BIPA) is indicated as an important progress. However, studies on the effectiveness of using photos in Indonesian language for foreign speakers’ teaching material have not been widely carried out. The purpose of this study is to investigate the potential use of photos as part of teaching materials for BIPA teachers and learners. This study employed a qualitative method to examine use of photos and users’ perspectives. The use of photos was examined using educational semiotics frameworks, involving page layout composition, visual grammar and intersemiosis of photos. The viewpoint of the users was obtained through the distribution of questionnaires. The results showed several findings. First, the diverse patterns of layout of elements were found on each page. Second, the photos were only found on three learning activities such as listening, speaking and reading. Third, there were five relationships of photos and written text built in this book. Fourth, the positive viewpoint showed from the user concerning of the photos on this teaching material in scaffold learning. Finally, the users prefer to use photos at the beginning of learning. It can be concluded that, among others, the elements on the pages in this teaching material are structured in a different way, the photos and verbal texts in these teaching materials are built through five types of relationships, and most users of the lesson material have a positive viewpoint for use of photos which is felt to scaffold their learning. It is thus recommended that photos in in BIPA teaching materials are designed based on a specific layout framework, the composition of photo type and participant is balanced, and photos with complementary-augmentation and concurrence-clarification types of visual and verbal relations are used."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Winasti Rahma Diani
"ABSTRAK
Pembelajaran bahasa asing yang memperhatikan dimensi interkultural bertujuan menjadikan pelajar sebagai penutur interkultural. Dengan menguasai kompetensi interkultural, pelajar diharapkan mahir menggunakan bahasa asing dan mampu menempatkan diri berdasarkan latar belakang budaya asal dan budaya yang dipelajarinya dalam situasi interkultural. Peneliti tertarik untuk melihat bagaimana pembelajaran interkultural dilakukan dalam kursus Bahasa Indonesia bagi Pelajar Asing BIPA tingkat pemula. Dalam penelitian ini, peneliti melihat pembelajaran interkultural melalui buku ajar, observasi kelas dan program budaya, serta asesmen yang digunakan di lembaga X. Dari hasil analisis, diketahui bahwa buku ajar memuat tema-tema pembelajaran interkultural untuk kebutuhan bertahan hidup pelajar tingkat pemula. Hasil observasi kelas pun menunjukkan pembelajaran interkultural dilaksanakan dengan baik. Namun, hasil observasi field trip yang merupakan bagian dari program budaya menunjukkan bahwa kegiatan tersebut tidak terintegrasi dengan pembelajaran bahasa. Terakhir, hasil analisis asesmen menunjukkan bahwa buku latihan dan tes yang digunakan belum memperhatikan aspek interkultural. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan untuk pembelajaran interkultural di kursus BIPA, khususnya tingkat pemula.
ABSTRACT
Foreign language teaching that promotes the intercultural dimension aims to make learners to be intercultural speakers. By mastering intercultural competencies, students are expected to master foreign languages and be able to position themselves based on the background of their origin culture and the culture they learn in intercultural situations. Researcher is interested in seeing how teaching intercultural competencies conducted in the course of Indonesian as a Foreign Language BIPA , especially at beginner level. In this study, the researcher looked at intercultural teaching through textbooks, classroom observations, cultural program, and assessments used in Institution X in a beginners course. The results of the analysis show that the textbooks used contain themes of intercultural learning for the survival needs of the novice students. The results of class observations also show that intercultural teaching was well executed. However, the result of the field trip observations that were part of the cultural program show that the activities were not integrated with language learning. In addition, the result of the assessment analysis also indicates that the exercise book and the test used have not considered the intercultural aspects. Therefore, this research is expected to provide input for intercultural teaching in BIPA courses, especially at beginner level."
2018
T51313
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Rinaldi Kurniawan
"Tesis ini membahas sistem evaluasi guru yang dilaksanakan oleh sebuah lembaga pendidikan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara spesifik tentang bagaimana pelaksanaan evaluasi guru di lembaga itu. Setelah mendeskripsikan bagaimana evaluasi guru dilaksanakan, peneliti mengevaluasi sistem evaluasi guru yang telah dilaksanakan. Aspek yang akan dievaluasi meliputi keandalan (reliability) dan kesahihan (validity). Selain itu, peneliti juga akan melihat bagaimana evaluasi guru di lembaga X mampu memenuhi tujuan evaluasi secara formatif, yaitu sebagai pengembangan kualitas guru. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa hal. Pertama, prinsip pengajaran yang digunakan sebagai acuan standar evaluasi guru di lembaga itu belum dirumuskan secara jelas. Kedua, evaluasi guru di lembaga itu tidak andal karena tidak ada persamaan persepsi dari masing-masing supervisor terhadap kriteria penilaian yang digunakan. Ketiga, evaluasi guru yang dilaksanakan oleh lembaga itu sudah mengarah pada tujuan evaluasi secara formatif. Namun, pelaksanaannya masih perlu dimaksimalkan lagi. Terakhir, pelatihan bagi para supervisor di lembaga itu perlu diadakan untuk memaksimalkan pelaksanaan kegiatan evaluasi guru. Berdasarkan hasil itu, peneliti mengusulkan rancangan perbaikan untuk evaluasi guru di lembaga X. Rancangan perbaikan yang diusulkan meliputi beberapa hal, yaitu merevisi prinsip pengajaran lembaga, menyusun lembar penilaian observasi yang baru, memperbaiki pelaksanaan observasi kelas, dan melibatkan siswa dalam evaluasi guru.

This study discusses a teacher evaluation system conducted in an English language center. This study is aimed at finding a clear description of how the system is conducted. After describing the system, the writer investigates the quality of the system. The analysis focuses on reliability and validity. The writer also examines how the system functions as formative evaluation, which the purpose of the evaluation is for teacher development. The result of this study reveals several things. Firstly, teaching principles served as a standard for teacher evaluation are not formulated clearly. Secondly, the teacher evaluation system in that language center is not reliable due to inconsistent interpretation of standard by each supervisor. Thirdly, the teacher evaluation system has fulfilled the developmental purpose. However, the implementation still needs to be done effectively. Lastly, the language center needs to conduct training for the supervisors to improve teacher evaluation. Therefore, based on the results, the writer proposes the improvement plan for the teacher evaluation system. The improvement encompasses the key areas such as revising the teaching principles, creating a new observation form, developing the class observation system, and involving students in the evaluation process."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T42404
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yoan Ramadhan
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang tokoh Bustami Abdul Gani dan strategi pengajaran bahasa Arab yang digunakannya dalam penerapan metode langsung. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan historis dan studi pustaka. Pendekatan historis digunakan untuk menelusuri riwayat hidup Gani yang sudah meninggal. Studi pustaka digunakan untuk menganalisis sumber dengan mengandalkan buku atau jurnal penelitian yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gani adalah seorang ahli dan pengajar bahasa Arab yang telah menaruh perhatian pada pengembangan pengajaran bahasa Arab di Indonesia. Semangatnya dalam mengajar dan mengembangkan metode pengajaran bahasa Arab harus diteruskan oleh generasi setelahnya. Suatu metode dalam pengajaran bahasa Arab tidak dapat diterapkan pada semua lembaga pendidikan. Banyak faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu metode pengajaran bahasa Arab. Untuk mencapai keberhasilan tersebut, Gani mengemukakan sebuah strategi yang dapat dilakukan oleh pengajar bahasa Arab dalam penerapan metode langsung. Metode langsung adalah metode pengajaran bahasa Arab dengan cara guru langsung menerapkan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar tanpa menggunakan bahasa ibu. Dengan digunakannya strategi tersebut, diharapkan pengajaran bahasa Arab di Indonesia menjadi semakin baik.

This research aims to explain the figure of Bustami Abdul Gani and the Arabic teaching strategy he used in applying the direct method. This research uses qualitative descriptive analysis method with historical approach and literature study. The historical approach is used to trace the life history of the deceased Gani. Literature study is used to analyze sources by relying on related books or research journals. The results show that Gani was an Arabic language expert and teacher who had paid attention to the development of Arabic language teaching in Indonesia. His passion in teaching and developing Arabic teaching methods should be continued by the generation after him. A method in teaching Arabic cannot be applied to all educational institutions. Many factors affect the success or failure of an Arabic language teaching method. To achieve this success, Gani suggests a strategy that can be done by Arabic language teachers in the application of the direct method. The direct method is a method of teaching Arabic by means of the teacher directly applying Arabic as the language of instruction without using the mother tongue. With the use of this strategy, it is hoped that Arabic language teaching in Indonesia will be better."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Zulfani Al Mahlufi
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang gambaran mengenai simbol binatang anjing pada
peribahasa Arab yang terdapat di dalam kamus Munjid. Peneliti menggunakan
metode deskriptif analisis serta pendekatan struktur untuk memahami maksud dari
peribahasa yang menggunakan simbol anjing. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat delapan belas peribahasa yang menggunakan simbol binatang
anjing di dalamnya. Enam di antaranya mengandung gambaran positif dan dua
belas mengandung gambaran negatif binatang anjing. Struktur yang ditemukan
dalam peribahasa tersebut adalah: 1) lima kalimat verba, 2) tiga kalimat nomina,
3) dua kalimat persyaratan, 4) tujuh kalimat komparatif dan 5) satu kalimat
imperatif. Gambaran anjing dalam peribahasa mampu mewakili penggambaran
karakter dari masyarakat Arab.

ABSTRACT
This research observes the image of dogs as the animal symbol of the Arabic
proverbs from the dictionary Munjid. Researcher using descriptive methods of
analysis and structural approach to understand the purpose of the using dogs
symbol on Arabic proverbs. The results showed that there were eighteen proverbs
that use dog symbols in it. Six of them contain positive images and twelve of them
contain negative images of dog. Structures found in the proverbs are: 1) five verb
sentences, 2) three noun sentences, 3) two requirement sentences, 4) seven
comparative sentences and 5) an imperative sentence. Image of dog in the
proverbs is able to represent the character of Arab society."
2014
S53879
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bakalla, M.H.
Jakarta: Hardjuna Dwitunggal, 1990
492.7 BAK p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Salman Al Farizi
"Tesis ini membahas renjana dan urgensinya dalam praktik mengajar bahasa Prancis sebagai bahasa asing di SMA di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Renjana yang termasuk ke dalam ranah psikologi merupakan faktor yang paling penting dalam menentukan keberhasilan belajar pemelajar. Renjana dan motivasi saling memengaruhi. Semakin tinggi motivasi, semakin kuat renjana yang dimiliki. Meskipun keduanya penting, sedikit penelitian yang membahas renjana dan motivasi mengajar. Semua terfokus pada motivasi siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berapa banyak dari pembelajar bahasa Prancis se-Jabodetabek yang memiliki renjana mengajar, menjelaskan bagaimana praktik mengajar mereka di dalam kelas, dan membahas faktor apa yang memengaruhi renjana dan motivasi mereka untuk mengajar. Penelitian ini menggunakan ancangan kualitatif dengan desain studi kasus eksplanatori. Data didapatkan dari grup MGMP Bahasa Prancis Jabodetabek yang berisi 37 pembelajar bahasa Prancis di SMA dan data itu dikumpulkan melalui kuesioner, lembar refleksi diri untuk pembelajar, dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pembelajar bahasa Prancis yang memenuhi semua kriteria bagi pembelajar yang memiliki renjana mengajar. Namun, terdapat tiga guru yang mendekati kriteria renjana mengajar dan menunjukkan efektivitas pembelajaran, bahkan mendapat penilaian cukup baik dari pemelajarnya. Selain itu, terdapat korelasi positif antara kualitas motivasi ekstrinsik yang mereka miliki dan evaluasi pemelajar. Akan tetapi, korelasi itu tergolong lemah atau tidak signifikan. Alhasil, hubungan antara keduanya tidak meyakinkan. Oleh sebab itu, pembelajar, sekolah, dan institusi kependidikan sangat perlu menjadikan renjana mengajar sebagai suatu hal yang harus ditumbuhkan, dipertahankan, dan dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan pembelajar karena mengajar pada hakikatnya merupakan kegiatan yang muncul dari tekad dalam hati atau panggilan hati, bukan dari gaji, liburan panjang, dan status sosial. Untuk menumbuhkan dan mempertahankannya, beberapa kiat dan faktor yang memengaruhi renjana disajikan, baik dari dalam (internal) maupun dari luar diri pembelajar (eksternal).

This paper talks about passion and its urgency in teaching French as foreign language at senior high school in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi (Jabodetabek). Passion that belongs to the field of psychology is the most important factor of students learning success. In fact, passion and motivation influence each other. The higher motivation is, the more powerful passion is. Though these are important in teaching, little work has been done into passion and motivation to teach. Instead, most studies have focused on students motivation to learn. Therefore, this paper aims to identify how many of them have the passion to teach and to explain how teaching practices would be like for those passionate teachers in the classroom, as well as to discuss the factors that affect their passion and motivation to teach. This study uses a qualitative approach with an explanatory case study design. Data were obtained from MGMP Bahasa Prancis Jabodetabek Group containing of 37 French teachers at senior high school and data were collected through questionnaires, teacher self-reflection, and semi-structured interviews. The results show that no French teacher in Jabodetabek who has all of the criteria to claim himself/herself as someone who has the passion to teach. However, there are three teachers who reach almost all of the criteria needed to claim themselves as passionate teachers and they show an effectiveness of teaching. They even got a quite good assessment from their learners. In addition, there is a positive correlation between the quality of extrinsic motivation they have and the students assessment. However, the correlation is classified as weak or insignificant. As a result, its correlation is inconvincing. Therefore, teachers, schools, and educational institutions strongly need to make the passion for teaching something that must be grown, sustained, and incorporated into the educational curriculum because teaching is essentially an activity that comes from the heart or as a call, not from the level of pay, long holidays, and status. To grow and maintain it, several tips and factors affecting the passion are presented, both from within (internal) and from outside the teacher (external)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T55137
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>