Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6263 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Germany: Kugelfischer Georg Schafer & co., [date of publication not identified]
621.218 2 DES
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Catur Isminarto
"Dewasa ini dengan semakin berkembangnya dunia industri, penggunaan bantalan (bearing) sebagai pembantu penggerak antar komponen dengan gesekan sekecil mungkin semakin meningkat aplikasinya seperti untuk aplikasi motor, alat-alat mesin, otomotif, pesawat terbang, konstruksi, dan lain-lain. Dalam penelitian ini dilakukan pembuatan material bantalan peronggu Cu-Sn-Zn-C (bronze bearing) dengan metode metalurgi serbuk mulai dan tahapan karakterisasi serbuk, pencampuran serbuk, kompalisi, sampai sintering (pemanasan). Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh variabel temperatur sinter terhadap nilai kekerasan, keausan, densitas/porositas, kuat tekan, dan struktur mikro. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dengan meningkatnya temperatur sinter mulai dari 700℃, 750℃, sampai 800℃ nilai kekerasan, idensitas, ketahanan aus, dan kuat ekdn semakin meningkat, sebaliknya nilai porositas semakin menurun. Sedangkan oada temperature 825℃, 850℃, 875℃, sampai 900℃ nilai kekerasan, densitas, ketahanan, dan kuat tekan mengalami oenurunan, sebaliknya nilai porositas mengalami kenaikan. Hal ini karena pada temperature mulai dari 825℃, 850℃, 875℃, sampai 900℃ terjadi difusi cepat dari Sn dan Zn ke Cu grafit yang kemudian meningkatkan pori yang besar (swelling). Jadi, nilai sifat mekanik optimum terjadi pada temperature 800℃ dengan nilai kekerasan, keausan, densitas, porositas, dan kuat tekan adalah berturut-turut 52 BHN, 4,76 x 10 -6 mm3/mm, 7,08 gr/cm3, 18,23 % dan 440 MPa."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S41792
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Fauzi Makarim
"

Komponen dorsiflexion assist orthotic ankle joint fleksibel adalah salah satu komponen pada jointed ankle-foot orthosis (AFO) yang digunakan menghabilitasi pasien yang memiliki kelainan drop foot. Total biaya fabrikasi jointed AFO masih mahal karena belum ada pemanufaktur lokal untuk komponen joint fleksibel ini sehingga masih beralih pada komponen impor. Rekayasa balik dilakukan pada komponen impor yang paling banyak digunakan agar dapat dirancang ulang dan dimanufaktur dengan teknologi 3D printing. Optimalisasi desain dimulai dengan analisis finite element untuk mengobservasi material dan momen dorsifleksor berian dari komponen. Selanjutnya dibangun sebuah rancangan bentuk geometri yang dapat dimodifikasi agar: (1) dapat menyesuaikan besar momen dorsifleksor yang diberikan dan (2) menyesuaikan dengan material yang digunakan saat fabrikasi 3D printing.


A flexible dorsiflexion assist orthotic ankle joint is one of the components of a jointed ankle-foot orthosis (AFO). A jointed AFO is typically used to habilitate a patient who diagnosed with drop foot. Locally, the total cost of fabricating a jointed AFO is relatively high due to lack of local manufacturer, hence buying the imported ones. A reverse engineering to the most popular imported component is done to later be re-designed and manufactured using 3D printer. Optimization of the design begins with a finite element analysis to observe the material and the dorsiflexor moment assistance from the component. Hereinafter, a customizable design for its geometrical shape is created in order to: (1) adjust its dorsiflexion moment assistance, and (2) optimizes it with the 3D printing material.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wednesson Lawijaya
"Cerobong adalah struktur yang tinggi yang terdiri dari Inner Flue dan Windshield. Mekanisme penahan gempa struktur ini dapat diraih dengan memasang bantalan karet elastomer. Riset ini memperlihatkan bahwa semakin besar kapasitas leleh karet elastomer, semakin serupa responya dengan struktur berperletakkan sendi. Kapasitas leleh dan kekakuan geser yang rendah menghasilkan gaya geser dasar yang sangat rendah. Bantalan karet elastomer dapat mereduksi simpangan struktur sebesar 67.4%, Gaya geser dasar sebesar 72.16%, Tegangan elemen tulangan S22 dan S11 sebesar 75.6% dan 73.7%, tegangan elemen beton S22 dan S11 sebesar 55.7% dan 74.6%, Dengan ini tulangan baja pada struktur terhindar dari kelelehan dan mereduksi tegangan akibat gempa yang terkonsentrasi pada daerah bawah dan 1/3 dari ketinggian struktur.

Chimney is a tall tubular structure consisting inner flue and windshield. Its earthquake resistance mechanism can be achieved by installing rubber isolator, such as, the elastomeric rubber bearing. This research shows the higher the yield capacity of the rubber isolator the more resemblance its response with pin supported structure. Lower yield capacity and shear stiffness produces the lowest base shear. Elastomeric rubber bearing can reduce structure drift up to 67.4%, base shear up to 72.16%, bar element S22 and S11 stresses up to 75.6% and 73.7%, concrete element S22 and S11 stresses up to 55.7% and 74.6% respectively. Thus, preventing reinforcing bar from yielding and reduces the overall earthquake induced stresses that is concentrated around the bottom and 1/3 of its elevation. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48911
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hyundianto Arif Gunawan
"studi untuk mengetahui pengaruh perubahan variasi parameter lead rubber bearing (lrb) base isolator pada pondasi bangunan nuklir cyclotron telah dilakukan. desain bangunan nuklir cyclotron harus mampu menahan beban gempa tanpa mengalami kerusakan. bangunan nuklir cyclotron selain berfungsi sebagai bangunan struktur juga berfungsi sebagai shielding radiasi sehingga ketahanan terhadap gaya dari luar dalam hal ini gempa harus ditingkatkan. solusi yang bisa dipakai meningkatkan ketahanan bangunan terhadap beban gempa adalah pengunaan base isolator tipe lead rubber bearing (lrb) pada pondasi. analisis numerik telah dilakukan dengan melakukan perubahan variasi parameter dalam hal ini tebal lapisan karet, tebal plat steel dan diameter inti lead untuk melihat pengaruhnya terhadap kekakuan horizontal, kekakuan vertikal serta nilai damping dari isolasi lrb. dilanjutkan dengan analisi dinamik untuk mengetahui effektivitas penggunaan sistem base isolator lrb.
hasil penelitian diperoleh bahwa perubahan diameter inti lead, tebal lapisan karet dan tebal plat steel akan mempengaruhi nilai transmibilitas gaya yang diteruskan dari beban gempa ke bangunan dan penggunaan lrb meningkatkan periode getaran bangunan atau dengan cara menurunkan frekuensi natural. hal ini meningkatkan rasio frekuensi yang akan membuat rasio respon pembesaran getaran bangunan menjadi sangat kecil. analisis numerik menggunakan fem abaqus dan solidwork mengungkapkan bahwa penggunaan lrb membuat respon getaran bangunan nuklir cyclotron akibat beban gempa mengalami beban yang kecil baik dalam pergerakan lateral bangunan maupun percepatannya.

a study to determine the effect of changes in the variation of lead rubber bearing (lrb) base isolator parameters on the cyclotron nuclear building foundation has been conducted. cyclotron nuclear building design must be able to withstand earthquake loads without experiencing damage. cyclotron nuclear buildings in addition to functioning as structural buildings also function as radiation shielding so that resistance to external forces in this case the earthquake must be increased. the solution that can be used to increase building resistance to earthquake loads is the use of lead rubber bearing (lrb) type base isolators on the foundation. numerical analysis has been done by changing the parameter variations in this case the thickness of the rubber layer, thickness of the steel plate and the core diameter of the lead to see its effect on horizontal stiffness, vertical stiffness and damping value of lrb isolation. followed by dynamic analysis to determine the effectiveness of the use of lrb base isolator systems.
results of the study was found that changes in lead core diameter, thickness of rubber layer and thickness of steel plate will affect the value of force transmittance transmitted from earthquake loads to buildings and the use of lrb increases the period of building vibration or by decreasing natural frequency.this increases the frequency ratio which will make the buildings vibration-response response ratio very small. numerical analysis using fem abaqus and solidwork revealed that the use of lrb made the vibrational response of the cyclotron nuclear building due to the earthquake load experience a small burden both in the lateral movement of the building and its acceleration.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T55179
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Agung Saputra
"Tanah merupakan hasil dari pelapukan batuan dalam proses geologi yang dapat digali langsung dengan peralatan penggalian. Di daerah tambang batubara ada lapisan penutup yang harus dipindahkan agar bisa mendapatkan lapisan batubara. Lapisan tanah penutup tersebut, meliputi : Top Soil, Overburden (OB) dan Interburden (IB). Untuk memindahkan material penutup digunakan alat berat Excavator untuk menggali material danDump Truck untuk memindahkan material ke area penumpukan material. Tanah mempunyai kekuatan untuk menahan beban yang ada diatasnya, untuk mengetahuinya diperlukan pengujian/pengetesan Dynamic Cone Penetrometer (DCP). Pengujian/pengetesan DCP akan menghasikan nilai Cone Index (CI) dengan satuan % CBR (California Bearing Ratio). Selain data daya dukung tanah, data teknis Dump Truck Komatsu HD785-7 diperlukan pada proses analisis studi kelayakan landasan kerja dump truck Komatsu HD785-7. Penulis menerapkan metodologi Praktik Keinsyuran, yaitu merupakan prosedur standar seorang insinyur dalam melaksanakan proyek, dari perencanaan, menentukan tujuan, prosedur pengumpulan data, prosedur pengelolaan proyek, pengujian/pengetesan, analisis, rekomendasi kesimpulan dan saran. Sebagai Insinyur ada tiga komponen utama sebagai pondasi untuk menjalankan Praktik Keinsinyuran, yaitu : Profesionalisme, Kode Etik Insinyur (KEI), serta Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan (K3L).

Soil is the result of rock weathering in geological processes that can be excavated directly with excavation equipment. In the coal mining area there is overburden that must be removed in order to get the coal seam. The overburden layer includes: Top Soil, Overburden (OB) and Interburden (IB). To move the overburden material, excavators are used to excavate the material and dump trucks to move the material to the material stacking area. Soil has the strength to withstand the load that is on it, to find out it requires testing / testing the Dynamic Cone Penetrometer (DCP). DCP testing/testing will produce a Cone Index (CI) value in % CBR (California Bearing Ratio) units. In addition to soil carrying capacity data, technical data for the Dump Truck Komatsu HD785-7 is required in the feasibility study analysis process for the working foundation of the Komatsu HD785-7 dump truck. The author applies the Engineering Practice methodology, which is a standard procedure for an engineer in carrying out projects, from planning, determining objectives, data collection procedures, project management procedures, testing/testing, analysis, recommendations to conclusions and suggestions. As an Engineer there are three main components as the foundation for carrying out Engineering Practices, namely: Professionalism, Engineer Code of Ethics (KEI), and Health, Safety and Environment (K3L)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nuringtyas Rahwinarni
"[ABSTRAK
Korosi pada tubing baja karbon merupakan masalah serius bagi eksplorasi dan produksi minyak dan gas. Perilaku korosi baja paduan rendah 3%Cr (3Cr) dan baja karbon J55 dalam lingkungan air formasi diinvesitigasi dengan menggunakan pengujian tafel polarisasi potensiodinamik, electrochemical impedance spectroscopy (EIS) dan pengamatan metalografi. Komposisi dan morfologi dari produk korosi kedua baja dianalisa dengan energy dispersive spectroscopy (EDS) dan scanning electron microscopy (SEM). Hasil pengujian memperlihatkan adanya korosi lokal pada baja J55 dengan struktur mikro pro-eutektoit ferit dan perlit, dan tidak terlihat pada baja 3Cr dengan struktur mikro martensit temper dikarenakan terbentuknya lapisan produk korosi kaya-Cr yang padat, kontinyu dan melekat dengan baik ke permukaan baja. Lapisan produk korosi yang bercelah dan tidak kontinyu pada baja J55 menyediakan jalan bagi ion-ion agresif untuk masuk dan menimbulkan korosi lokal pada permukaan baja.
ABSTRACT
Corrosion of carbon steel tubings is a serious problem for oil and gas wet exploration and production. Corrosion behaviour of low bearing 3%Cr (3Cr) alloy steel and J55 carbon steel in produced water were investigated by polarisation potentiodynamic tafel, electrochemical impedance spectroscopy (EIS) and metallography observation. The composition and morphology of corrosion products were analyzed by energy dispersive spectroscopy (EDS) and scanning electron microscopy (SEM). The results show that there was localized corrosion was observed in J55 carbon steel with pro-eutectoid ferrite and pearlite microstructure, which did not exist in 3Cr steel with tempered martensite microstructure due to formation of a dense, continuous and adherent Cr-rich scale on surface steel. Many pits in the less adherent corrosion scale of J55 carbon steel could build up ion-diffusion channels which would degrade the protective capabilities of the product films and aggravate localized corrosion.
;Corrosion of carbon steel tubings is a serious problem for oil and gas wet exploration and production. Corrosion behaviour of low bearing 3%Cr (3Cr) alloy steel and J55 carbon steel in produced water were investigated by polarisation potentiodynamic tafel, electrochemical impedance spectroscopy (EIS) and metallography observation. The composition and morphology of corrosion products were analyzed by energy dispersive spectroscopy (EDS) and scanning electron microscopy (SEM). The results show that there was localized corrosion was observed in J55 carbon steel with pro-eutectoid ferrite and pearlite microstructure, which did not exist in 3Cr steel with tempered martensite microstructure due to formation of a dense, continuous and adherent Cr-rich scale on surface steel. Many pits in the less adherent corrosion scale of J55 carbon steel could build up ion-diffusion channels which would degrade the protective capabilities of the product films and aggravate localized corrosion.
;Corrosion of carbon steel tubings is a serious problem for oil and gas wet exploration and production. Corrosion behaviour of low bearing 3%Cr (3Cr) alloy steel and J55 carbon steel in produced water were investigated by polarisation potentiodynamic tafel, electrochemical impedance spectroscopy (EIS) and metallography observation. The composition and morphology of corrosion products were analyzed by energy dispersive spectroscopy (EDS) and scanning electron microscopy (SEM). The results show that there was localized corrosion was observed in J55 carbon steel with pro-eutectoid ferrite and pearlite microstructure, which did not exist in 3Cr steel with tempered martensite microstructure due to formation of a dense, continuous and adherent Cr-rich scale on surface steel. Many pits in the less adherent corrosion scale of J55 carbon steel could build up ion-diffusion channels which would degrade the protective capabilities of the product films and aggravate localized corrosion.
, Corrosion of carbon steel tubings is a serious problem for oil and gas wet exploration and production. Corrosion behaviour of low bearing 3%Cr (3Cr) alloy steel and J55 carbon steel in produced water were investigated by polarisation potentiodynamic tafel, electrochemical impedance spectroscopy (EIS) and metallography observation. The composition and morphology of corrosion products were analyzed by energy dispersive spectroscopy (EDS) and scanning electron microscopy (SEM). The results show that there was localized corrosion was observed in J55 carbon steel with pro-eutectoid ferrite and pearlite microstructure, which did not exist in 3Cr steel with tempered martensite microstructure due to formation of a dense, continuous and adherent Cr-rich scale on surface steel. Many pits in the less adherent corrosion scale of J55 carbon steel could build up ion-diffusion channels which would degrade the protective capabilities of the product films and aggravate localized corrosion.
]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62103
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Dalam instalasi explorasi minyak, peralatan yang digunakan untuk menyalurkan minyak mentah dari sumur minyak ke tangki - tangki penampungan melalui pipa distribusi. Dimana untuk membagi ke masing-masing tanki penampungan pada pipa distribusi unit penyaluran minyak yang dibuat dapat berputardengan menggunakan roll bearing.
Pada penelitian ini telah diamati kerusakan yang terjadi pada roll bearing di suatu instalasi explorasi minyak yang mengakibatkan kebocoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab utama kerusakan pada roll bearing karena adanya serangan korosi sumuran (pitting corrosion).
Pada bagian dalam bearing pada kondisi beroperasi selalu bersentuhan langsung dengan cairan I minyak secara terus menerus yang mengandung air dan elemen-elemen yang bersifat korosif. Dalam keadaan demikian maka clearence pada bearing akan membesardan pada akhirnya akan timbul kebocoran. Pemeriksaan dan pengujian yang dilakukan terhadap roll bearing, meliputi : pemeriksaan fraktografi dan metalografi, uji kekerasan, analisa komposisi kimia, serta pemeriksaan dengan SEM dan EDAX. Data dari hasil pemeriksaan dan pengujian tersebut kemudian di analisa untuk mengetahui penyebab terjadinya kebocoran pada roll bearing tersebut."
MKK 11:2 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Denny Lesayuti
"Tanah ekspansif merupakan tanah dengan potensi kembang susut yang besar. Oleh karena itu, diperlukan suatu proses stabilisasi guna memperbaiki sifat-sifat yang tidak menguntungkan. Dalam skripsi ini, stabilisasi dilakukan dengan menggunakan campuran semen-pasir dan kapur-pasir. Bahan stabilisasi semen, kapur, dan pasir merupakan material yang umum digunakan dalam stabilisasi tanah. Untuk menguji kekuatan tanah, dilakukan uji California Bearing Ratio (CBR) dan Dynamic Cone Penetrometer (DCP).
Penelitian dilakukan di Laboratorium Mekanika Tanah FTUI dengan menggunakan sampel tanah yang diperoleh dari Cikarang, Jawa Barat. Hasil data uji CBR dan DCP dikorelasikan sehingga didapat persamaan nilai korelasi CBR-DCP dalam fungsi logaritma. Persamaan yang didapat kemudian dibandingkan dengan persamaan nilai korelasi CBR-DCP pada tanah lempung ekspansif yang tidak distabilisasi.

The expansive soil has potential for developing large shrinkage. Therefore, we need a process of stabilization in order to improve its properties that are not profitable. In this paper, the stabilization is done by using a mixture of cement 'sand and lime' sand. Stabilization material of cement, lime, and sand are material that commonly used in soil stabilization. California Bearing Ratio (CBR) and Dynamic Cone Penetrometer (DCP) test was conducted to observe the soil strength.
Research was conducted at the Laboratory of Soil Mechanics FTUI by using soil samples that taken from Cikarang, West Java. From the result of CBR and DCP test, we can get the equation of the correlation in the logarithmic function. The equation obtained is compared with the correlation equation CBR - DCP on expansive soil that is not stabilized.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S50710
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>