Ditemukan 155977 dokumen yang sesuai dengan query
Arief Muliawan
"Artikel ini berisi tentang representasi kehidupan bangsawan Rusia yang digambarkan oleh Anton Čhekhov melalui kedua tokoh yaitu; Anna Sergeyevna dan Dmitri Dmitritch Gurov yang sarat akan intrik perselingkuhan. Metode yang digunakan untuk meneliti dalam artikel ini adalah metode deskriptif-analitis dengan penerapan teori Kesusasteraan dari Alan Swingewood, Renee Wellek dan Austin Warren. Hasil penelitan menjelaskan bahwa kehidupan bangsawan Rusia yang gemar berselingkuh. Pernikahan tanpa dasar cinta yang membawa masyarakat Rusia terbiasa dengan adanya hubungan terlarang.
This article contains a representation of the life of the Russian aristocrats described by Anton Čhekhov with two figures which they are Anna Sergeyevma and Dmitri Gurov Dmitritch with intrigue-laden affair. The method used to examined this article is descriptive-analytical method with the application of the theory of Literature. Research results explained that the life of the Russian aristocrats who love to make an affair. Marriage without a base of love that brings Russian people familiar with the forbidden relationship."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Kumara Anggita
"Makalah ini membahas tentang bagaimana perempuan menjadi monster dalam dua Cerpen Lyudmila Petrushevskaya yang berjudul Ðимн CемÑе (1999) atau Hallelujah Family dan оÑÐµÑ Ð¸ маÑÑ (1988) atau Father andMother. Metode yang digunakan adalah metode analisis teks. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa monsterisasi yang dihadirkan oleh Petrushevskaya adalah upaya untuk menantang sistem patriarki yang dianut oleh masyarakat Rusia. Masalah ini dibongkar melalui konsep The Monstrous-Feminine (2007) dari Barbara Creed. Hasil analisis menunjukkan bahwa tokoh-tokoh perempuan monster dalam cerpen adalah wujud dari ibu yang mengebiri serta femme castratrice yang mematikan. Tokoh tersebut dapat dijadikan sebagai representasi perempuan kontemporer di Rusia yang penuh dengan tekanan karena ideologi sosialisme tidak benar-benar mampu menyelesaikan masalah perempuan atau the woman question (zhenskii vopros). Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa cerpen-cerpen ini adalah bentuk perlawanan terhadap sistem pemerintahan Rusia yang patriarki sejak Uni Soviet hingga Rusia Modern.
This study discusses how women become monsters in two of Lyudmila Petrushevskaya's short stories entitled Ðимн CемÑе (1999) atau Hallelujah Family and Father and Mother (1988). The method used in this study is the text analysis method. The purpose of this study is to prove that the monsterization presented by Petrushevskaya is an attempt to challenge the patriarchal system adopted by Russian society. This problem is analysed through the concept of The Monstrous-Feminine (2007) by Barbara Creed. The results of the analysis show that the female characters of monsters in short stories are the embodiment of a castrated mother and a deadly "femme castratrice". This figure can be used as a representation of contemporary women in Russia who are full of pressure because the ideology of socialism is not able to solve the problems of women or "the woman question" (zhenskii vopros). Thus, it can be interpreted that these short stories are a form of resistance against the patriarchal system of the Russian government, since the age of the Soviet Union to Modern Russia."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia;, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Tasya Nandynanti Demautami
"Jurnal ini membahas cinta tokoh utama dalam t iga cerita pendek (cerpen) karya Anton Pavlovich Chekov: В Цирульне/ V Ciru l‟nye/Di Tempat Cu kur, Трагик/Tragik/Tragis dan Супруга/Supruga/Belahan Jiwa . Penelit ian ini menggunakan metode deskriprif analisis sedangkan pengambilan data dilakukan dengan metode studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelit ian ini adalah cerpen karya Anton Checkov ber-genre romantisme. Analisis terhadap cerpen tersebut dilakukan dengan menggunakan teori psikologi sastra, teori tokoh dan penokohan serta teori segitiga cinta. Dari hasil penelitian menggunakan ketiga teori tersebut, didapat kesimpulan bahwa cinta yang dimiliki tokoh Makar Kuzmitch Blyostkin dalam cerpen В Цирульне/V Cirul‟nye/Di Tempat Cukur termasuk ke dalam kategori Intimacy; perasaan cinta yang dimiliki oleh tokoh Masha Sidoretskaya dalam cerpen Трагик/Tragik/Tragis termasuk ke dalam kategori Companionate Love; dan perasan cinta tokoh Nikolay Yevgrafitch dalam cerpen Супруга/Supruga/Belahan Jiwa termasuk ke dalam kategori Fatuous Love.
This journal discusses about the main character love in three Anton Pavlovich Chekhov short stories V Cirul'nye At The Barber's, Tragik Tragic and Supruga The Helpmate. This research uses analitical descriptive method, whereas literature study method is used for collecting data. Data source for this research are Anton Chekhov romantic short stories. Literature Psychology theory, character and characterization theoryand triangular of love theory are used to analyze the data. The results are Makar Kuzmitch Blyostkin's love in V Cirul'nye At The Barber's included in Intimacy category Masha Sidoretskaya's love in Tragik Tragic included inCompanionate Love and Nikolay Yevgrafitch's love in Supruga The Helpmate included in Fatuous Love."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Ivana Kristiastuti
Analisis tokoh dan penokohan dalam cerpenДом с Мезонином (1896) /dom s mezoninom/, rumah berloteng; У знакомых (1898) /uznakomykh/, mengunjungi teman-teman; Ионыч (1898) /Ionyč/, Ionych; О любви (1898) /O ljubvi/, tentang cinta; dan Дама с собачкой (1899) /dama s sobačkoj/, wanita dengan anjing kecil; karya Anton Pavlovich Chekhov = Character and characterization analysis of Дом с Мезонином (1896) /dom s mezoninom/, house with the mezzanine; У знакомых (1898) /uznakomykh/, A visit to friends; Ионыч (1898) /Ionyč/, Ionych; О любви (1898) /O ljubvi/, about love; and Дама с собачкой (1899) /dama s sobačkoj/, the lady with the dog; short stories by Anton Pavlovich chekhov
"Skripsi ini membahas tentang analisis tokoh dan penokohan dalam cerpen Дом с Мезонином (1896) /Dom s Mezoninom/, Rumah Berloteng; У знакомых (1898) /Uznakomykh/, Mengunjungi Teman-Teman; Ионыч (1898) /Ionyč/, Ionych; О любви (1898) /O Ljubvi/, Tentang Cinta; dan Дама с собачкой (1899) /Dama s sobačkoj/, Wanita dengan Anjing Kecil; karya Anton Čehov melalui teori tokoh dan penokohan yang didukung dengan teorisosiologi sastra. Hasil analisis tokoh utama dalam tiap cerpen membuktikan bahwa kelima cerpen tersebut memiliki tema akhir yang sama yakni cinta yang tidak berakhir dengan bahagia. Kesamaan tema yang ada memiliki hubungan dengan latarbelakang Anton Čehov dalam masa penulisan cerpen.
This research discusses the character and characterization analysis of five short stories from Anton Chekhov: Дом с Мезонином (1896) /Dom s Mezoninom/, House With The Mezzanine; У знакомых (1898) /Uznakomykh/, A Visit To Friends; Ионыч (1898) /Ionyč/, Ionych; О любви (1898) /O ljubvi/, About Love; and Дама с собачкой (1899) /Dama s sobačkoj/, The Lady With The Dog; through character and characterization theory. Despite having different factors that affect the end of each story, the analysis result of five main characters in each short story shows that those five short stories have the same theme at the end of the story which is unhappy ending love. The similarity is caused by Čehov’s background during the time of writing."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45725
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Herlina Anca S.
"Penelitian ini berisi tentang pengkaijan analisis tokoh dan penokohan Акакий Акакиевич/Akakij Akakievič/ dalam cerita pendek Шинель /Šinel’/ ‘Baju Mantel’ karya Николай Васильевич Гоголь /Nikolaj Vasil’evič Gogol’/.
Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis dan penulis menganalisisnya dengan teori sastra yang digunakan untuk membahas unsur-unsur karya sastra yang akan diteliti, yaitu unsur tokoh dan penokohan. Tokoh adalah individu yang menyebabkan atau menimbulkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam cerita rekaan. Segi-segi penokohan terbagi menjadi tiga, yaitu: asal-usul, keadaan lahiriah dan perwatakan tokoh pada karya sastra.
This research contains analysis of character and characterization Акакий Акакиевич /Akakij Akakievič/ in the short story Шинель /Šinel’/ ‘Baju Mantel’ by Николай Васильевич Гоголь/Nikolaj Vasil’evič Gogol’/. The method used was a descriptive analytical and writers analyzed with literary theory is used to discuss the elements of literature to be researched, the character elements and characterizations. The character is individuas who cause or give rise to the events that occur in the fictional story. Aspects of the characterizations are divided into three, namely: the origins, physical circumstances and disposition to literary character."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Nury Susilowati
"Penelitian ini membahas cerita pendek Кольцо, Поцелуй, и karya N.V Baranskaia/ i Ko elek/dan Dompet karya Natalia Vladimirovna Baranskaia. Pembahasan di fokuskan pada karakter tokoh utama dari ketiga cerita tersebut, yang dianalisis dengan menggunakan teori ginokritik oleh Elaine Showalter, yang bercerita tentang perempuan, untuk perempuan dan berdasarkan pengalaman perempuan untuk menunjukan keadilan bagi perempuan. Teori ini digunakan sebagai pemahaman untuk identitas perempuan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisa deskriptif analisis. Hasil analisis penelitian ini menyatakan bahwa ketiga tokoh utama dari karya-karya Baranskaia dapat dikatakan ke dalam karakter feminis sebagai representasi sastra feminis.
This study discusses the short stories of Kol co Ring, Poceluj Kissing, i Ko elek, i Ko elek and Wallet by Natalia Vladimirovna. The discussion is focused on the main character of the third stories, analyzed by using Elaine Showalter is gynocritic theory, tells a story about women, for women and based on women's experiences to show justice for women. This theory is used to understand can be as representation of feminist characters. Qualitative method is used with descriptive analysis. The results the three main character of the analysis shows that in literary criticism feminist."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Denys Rizkiana
"
ABSTRACTSkripsi ini membahas peran prefiks pada kata kerja bahasa Rusia. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitis dengan menggunakan sumber data berupa cerpen ? ? Hozjain I Rabotnik lsquo;Majikan dan Pelayan rsquo; dan Nabeg karya Leo Tolstoy. Teori yang digunakan adalah teori pembentukan kata kerja oleh Svedova dalam Akademi Nauk, 1980, Popov 1986, dan Rozental 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran prefiks pada kata kerja bahasa Rusia. Hasil penelitian menunjukan bahwa prefiks pada kata kerja bahasa Rusia memiliki tiga peran yang ditemukan dalam sumber data. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa setiap prefiks memiliki makna yang berbeda-beda.
ABSTRACTThis thesis discusses about role of prefixes in russian verb. This research is analitical descriptive method. Data obtained from short stories, Hozjain I Rabotnik lsquo Master and Man rsquo and Nabeg lsquo The Raid rsquo .The analysis uses theory of word formation by Svedova 1980, Popov 1986, and Rozental 2010. This study aims to describe role of prefixes in russian verb. The results of research shows that there are three roles of prefixes in Russian verbs founded in these short stories. Futhermore, the meaning of prefixes can be different each others. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nur Gina Hasanah
"Artikel ini berisi tentang analisis tokoh dan penokohan dalam cerpen Месть/Dendam dalam kumpulan cerpen Жила-была женщина которая хотела убить ребенка своей соседки/Alkisah Seorang Perempuan yang Mencoba Membunuh Bayi Tetangganya karya Lyudmila Petrushevskaya yaitu Raya dan Zina. Metode yang digunakan untuk meneliti dalam artikel ini adalah metode deskriptif-analitis dengan penerapan teori penokohan dan pendekatan psikologi sastra. Hasil penelitan menjelaskan bahwa keseluruhan tema cerita pendek ini adalah tentang iri dengki dan pembalasan dendam dengan sisi psikologis tokoh yang berbeda-beda. Baik tokoh Raya maupun Zina memiliki watak yang berbeda dan memiliki alasan psikologis masing-masing dalam perilaku mereka, yaitu Raya yang berbuat jahat karena merasa iri kepada Zina dan Zina yang membalas perbuatan Raya dengan diam-diam. Tokoh Raya dapat diklasifikasikan sebagai tokoh atasan dan antagonis, sedangkan tokoh Zina adalah tokoh bawahan dan protagonis.
This article contains the character and characterization analysis of the short story Месть/Dendam in the short stories collection Жила-была женщина которая хотела убить ребенка своей соседки/Once a Woman Tried to Kill Her Neighbor's Baby by Lyudmila Petrushevskaya, namely Raya and Zina. The method used to research in this article is a descriptive-analytical method with the application of characterization theory and a literary psychology approach. The results of the research explain that the overall theme of this short story is about envy and revenge with different psychological sides of the characters. Both Raya and Zina have different characters and have psychological reasons for their behavior, Raya who does evil because she feels jealous of Zina and Zina who secretly repays Raya's actions. Raya's character can be classified as a superior and antagonist character, while Zina's character is a subordinate character and protagonist."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Chekhov, Anton Pavlovich, 1860-1904
New York: The Modern Library, [c1932]
891.733 CHE s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Natasha Premaswari
"Karya sastra bukan hanya menjadi buah imajinasi seorang penulis, melainkan juga sebagai jembatan aspirasi penggambaran fenomena sosial nyata. Cerpen Feizao ditulis pada tahun 1924, merupakan sebuah karya yang lahir dari buah pemikiran seorang intelektual revolusioner, Lu Xun, yang identik dengan karya sastra realisme kritisnya. Cerpen Feizao memiliki tiga tokoh perempuan pendamping yang membentuk sebuah representasi perempuan pada saat itu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan representasi tiga tokoh perempuan yang dibangun dalam kisah ini. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif analisis dan metode intrinsik penokohan pada tokoh. Hasil dari penelitian ini memaparkan adanya penggambaran perempuan tradisional dan modern yang berusaha diungkapkan Lu Xun melalui tindak dan tutur tokoh-tokoh dalam cerpen.
A Literary works is not only as the result of an authors imagination, but also as an aspiration to portray real social phenomenon. Feizao is a short story that written in 1924 by a revolutionary intellectual, Lu Xun, who was identical with his critical realism works. Feizao short story has three additional women characters that configured a representation of women at that time. The purpose of this study is to reveal the representation of three women characters that created in this story. The research method used by the author is descriptive analysis and intrinsic approach. The results of this study revealed that there is a representation of traditional and modern women that Lu Xun tried to express through actions and dialogues of the characters in the story."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library