Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 143646 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Luthfi Aditia
"Penelitian ini mengkaji aspek ergonomis pada desain kabin kokpit pesawat perintis berpenumpang 19 bermesin dua dalam model Virtual Environment. Tujuannya adalah untuk menghasilkan usulan rekomendasi desain kabin kokpit pada pesawat perintis yang ergonomis, sesuai dengan hasil uji nilai PEI. Dihasilkan 9 bbuah konfigurasi yang akan dianalisis. Analisa postur menggunakan software Jack 6.1. Pendekatan metode yang digunakan adalah metode Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan analisis dari tiga metode analisis yang terdapat pada Task Analysis Toolkits yang ada pada software Jack 6.1, yaitu : Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis System, dan Rapid Upper Limb Assessment. Hasil penelitian ini yaitu usulan konfigurasi desain dengan jarak tuas kemudi 25 cm dari instrument panel dan titik koordinat lever thrust pada x = 22 cm dan z = 426 cm pada center console.

This research studies the ergonomics aspect from cockpit design of Double Engined 19-Passenger STOL (Short Takeoff and Landing) Utility Aircraft in Virtual Environment. The purpose of this research was to make ergonomic designs recommendation for flight deck of 19-passenger STOL Utility Aircraft according to the PEI test result. Jack 6.1 was used to analyze the posture. Posture Evaluation Index (PEI) was an approach that integrated the results of these three analysis methods which were contained in Task Analysis Toolkits. Those three methods are: Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis System, and Rapid Upper Limb Assessment. The result was the configuration with range of yoke at 25 cm from panel instrument, 11o angle of the torso for the pilot, and change of coordinat point from thrust lever in center console at x = 22 cm and z = 426 cm.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47798
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anselma Basuki,author
"[ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji aspek ergonomis desain pesawat perintis berpenumpang 19 berdasarkan aktivitas egress darurat pilot untuk menghasilkan rekomendasi desain pesawat perintis ergonomis yang mendukung aktivitas egress darurat pilot. Dihasilkan usulan konfigurasi dari pintu darurat, handle di bagian kokpit, serta foot step di bagian kokpit dan di bawah pintu darurat yang akan dianalisis. Pendekatan metode yang digunakan adalah metode digital human modelling dengan sistem penilaian PEI yang mengintegrasikan tiga metode yaitu Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis System, dan Rapid Upper Limb Assessment. Hasil penelitian ini yaitu usulan konfigurasi desain pintu darurat dengan tinggi 85.24 cm dan lebar 46.64 cm; konfigurasi foot step di bawah pintu darurat dengan ukuran panjang 26.6 cm, lebar 20 cm dan tinggi 10 cm; konfigurasi foot step di bagian luar badan kokpit berukuran panjang 10 cm dan lebar 22 cm; serta didapatkan juga hasil konfigurasi handle terbaik dari sisi ergonomi dengan ukuran tinggi 20 cm dan panjang 10 cm.
ABSTRACT
This research studies the ergonomics aspect 19-Passenger STOL (Short Takeoff and Landing) Utility Aircraft based on activities egress emergency pilot to get the recommendation of an ergonomic aircraft design that supports activities egress emergency pilot according to the Posture Evaluation Index (PEI) result. Researcher proposed configuration tools from emergency exit door, handle in the cockpit, foot step in the cockpit and below the emergency exit door to be analyzed, where the configuration of this tool is able to assist the pilot emergency egress. Posture Evaluation Index (PEI) was an approach that integrated the results of these three analysis methods Lowback Analysis, Ovako Working Posture Analysis System, and Rapid Upper Limb Assessment. This research has some results, they are a configuration of emergency exit door with a height of 85.24 cm and wide of 46.64 cm; a configuration of foot step under the emergency exit door with a length of 26.6 cm, a width of 20 cm and a height of 10 cm; a configuration of foot step outside the cockpit with a length of 10 cm and a width of 22 cm; and also obtained the best results for a configuration of an ergonomic handle is 20 cm in height and a length is 10 cm., This research studies the ergonomics aspect 19-Passenger STOL (Short Takeoff and Landing) Utility Aircraft based on activities egress emergency pilot to get the recommendation of an ergonomic aircraft design that supports activities egress emergency pilot according to the Posture Evaluation Index (PEI) result. Researcher proposed configuration tools from emergency exit door, handle in the cockpit, foot step in the cockpit and below the emergency exit door to be analyzed, where the configuration of this tool is able to assist the pilot emergency egress. Posture Evaluation Index (PEI) was an approach that integrated the results of these three analysis methods Lowback Analysis, Ovako Working Posture Analysis System, and Rapid Upper Limb Assessment. This research has some results, they are a configuration of emergency exit door with a height of 85.24 cm and wide of 46.64 cm; a configuration of foot step under the emergency exit door with a length of 26.6 cm, a width of 20 cm and a height of 10 cm; a configuration of foot step outside the cockpit with a length of 10 cm and a width of 22 cm; and also obtained the best results for a configuration of an ergonomic handle is 20 cm in height and a length is 10 cm.]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S62140
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renalda Krissalam
"Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji aspek ergonomis pada desain Tactical Commander Console (TACCO) pada pesawat jarak menengah bermesin dua dalam virtual environment. Analisis dilakukan dengan menggunakan software Jack 6.0. Metode evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan hasil analisis dari tiga buah metode: Lower Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS), dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA).
Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi desain aktual Tactical Commander Console (TACCO) dan mencari konfigurasi desain ulang paling ergonomis ditinjau dari jarak panel, kemiringan panel, dan tinggi kursi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain Tactical Commander Console (TACCO) yang ergonomis adalah jarak panel sebesar 10 cm, kemiringan panel sebesar 60˚, dan tinggi kursi sebesar 29,5 cm.

This study is done to examine ergonomic aspect on the design of Tactical Commander Console (TACCO) in the virtual environment of medium-ranged twin-engined aircraft. The analysis conducted using Jack 6.0 software. The evaluation method being used in this study is the Posture Evaluation Index (PEI) method which integrates the results of analysis from three methods: Lower Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS), and Rapid Upper Limb Assessment (RULA).
The purpose of this study is to evaluate the actual design of Tactical Commander Console (TACCO) and to search the most ergonomic design configuration; which reviewed from the distance and the tilt angle of panel and the height of chair. The result of this study shows that the ergonomic design of Tactical Commander Console (TACCO) are: panel with the distance of 10 cm and the tilt angle by 60˚, and the chair height of 29,5 cm.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46125
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aldi Witjaksono
"Kegiatan mendorong troli merupakan jenis kegiatan pushing tasks pada ilmu ergonomi. Kegiatan mendorong troli dengan diberikan sejumlah beban dorong menimbulkan resiko gangguan muskuloskeletal dan ketidaknyamanan dalam pada tubuh. Penelitian ini mencoba untuk mempelajari rangkaian gerakan mendorong troli dan aspek ergonomi yang mempengaruhi postur pengguna troli dengan menggunakan metode simulasi pada lingkungan virtual.
Penelitian dilakukan terhadap lima jenis troli dengan dimensi ukuran yang berbeda untuk mendapatkan jenis troli mana yang ideal bagi pekerja. Penilaian postur kerja dilakukan dengan mengevaluasi Postur Evaluation Index (PEI) untuk masingmasing troli. PEI tersebut akan mengintegrasikan hasil penilaian RULA, OWAS, dan LBA dari task analysis toolkit yang terdapat pada sofware Jack 6.1 ke dalam suatu skor penilaian yang dapat memberikan gambaran kondisi aktual seseorang menggunakan troli.
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih troli dengan dimensi seperti apa yang benar-benar ada di dunia ini yang sesuai dengan aspek ergonomi tubuh orang Indonesia.

On the science of ergonomics, pushing trolley activity is the type of pushing tasks. Pushing the trolley activities with a given number of load on it raises the risk of musculoskeletal disorders and discomfort in the body. This study tried to study a series of movements of pushing trolleys and study the ergonomic aspects that affect the posture of the trolley user using simulation in virtual environments.
The study was conducted on five types of trolleys with the differences on size dimensions. The goal of this study is to get the kind of trolley which is ideal the operators. Valuation of the work posture done by evaluate the Posture Evaluation Index (PEI) for each trolley. PEI will integrate the assessment results of RULA, OWAS, and the LBA from the task analysis toolkits contained in the Jack 6.1 software into a score that can give you the actual condition of a person while using the trolley.
The results of this study can be used as consideration in choosing trolleys with types and dimensions that really exists in this world that according to the ergonomic aspects of the Indonesian human body.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51762
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gagas Hariseto Pratomo
"Seorang penembak dalam kendaraan tempur pengangkut personil akan bekerja dalam posisi setengah berdiri pada keadaan statis dan dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut beresiko menyebabkan terjadinya WSDM. Penelitian ini mengevaluasi dan meredefinisi postur kerja penembak dalam lingkungan virtual dengan menggunakan software simulasi ergonomi, Jack 6.1.
Redefinisi postur kerja dilakukan pada penambahan kursi dan pijakan kaki, dengan penyesuaian pada tinggi kursi dan sudut pijakan untuk mendapatkan konfigurasi kursi yang ideal bagi tentara. Postur duduk yang terbentuk dari seluruh konfigurasi yang diujikan dinilai dengan menggunakan metode Posture Evaluation Index (PEI). Hasil penelitian berupa usulan kursi yang ergonomis bagi tentara Indonesia.

A gunner in an Armoured Personnel Carrier Vehicle are positioned in a half- standing static posture in a long period of time, with the risks of WMSD. This study evaluates and redesigns the working posture of a gunner in the virtual environment, using an ergonomics software simulation, Jack 6.1.
Working posture redefinition is made by adding seat and foot support, with adjustments on the height of seat, and inclination of foot support to obtain the ideal configuration for the soldiers. Sitting posture which is formed from all the tested configurations is assessed using the method of Posture Evaluation Index (PEI). The result from this study is to design an ergonomic seat passenger models for Indonesian Soldiers.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S44721
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Coudillo, Andrea
"Penelitian ini mengkaji aspek ergonomis pada desain pintu kabin penumpang kendaraan tempur Armoured Personnel Carrier (APC) dalam Virtual Environment. Tujuannya adalah mengevaluasi desain aktual pintu kabin penumpang kendaraan tempur dan menentukan konfigurasi paling ergonomis ditinjau dari tinggi pintu dan posisi pijakan. Dihasilkan 6 buah konfigurasi yang akan dianalisis. Pengambilan data gerakan dilakukan dengan menggunakan Vicon System dan dianalisis dengan menggunakan software Jack 6.2.1.
Pendekatan yang digunakan adalah Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan analisis dari tiga metode analisis: Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, dan Rapid Upper Limb Assessment. Hasil penelitian ini yaitu adanya perubahan tinggu pintu sejauh 10 cm ke atas dan diberikan pijakan dengan jarak dari dasar pintu sejauh 30 cm serta dengan sudut 50°.

This research studies the ergonomic aspect from passenger cabin door of combat vehicle Armoured Personnel Carrier (APC) in Virtual Environment. The purpose of this project was to evaluated the actual design from passenger cabin door of combat vehicle and determine the most ergonomic configuration that concern at door high and tread position. Vicon System was used to capture motion and Jack 6.2.1 was used to analyze it.
Posture Evaluation Index was an approach that integrated the results of these tree methods: Low Back Analysis, Ovako Working Analysis System, and Rapid Upper Limb Analysis. The results suggest that the most ergonomic design is with door high increase 10 cm above and put on the tread 30 below the door with 50° angle.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S376
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"[Pesawat merupakan alat transportasi penting untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia. PT Dirgantara Indonesia menjawab permintaan masyarakat akan penerbangan perintis yang semakin meningkat dengan melakukan pengembangan pada pesawat perintis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability dari desain instrumen kokpit pesawat perintis yang sedang dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia. Metode yang digunakan adalah performance measurement, Retrospective Think Aloud (RTA), System Usability Scale (SUS), dan Questionnaire for User Interaction Satisfaction. Berdasarkan hasil evaluasi, dilakukan proses perbaikan untuk meningkatkan usability desain instrumen kokpit dengan menggunakan teknik paper prototyping. Hasil penelitian ini adalah usulan perbaikan desain instrumen kokpit pesawat perintis yang dapat meningkatkan kenyamanan pilot saat melakukan tugas., Pesawat merupakan alat transportasi penting untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia. PT Dirgantara Indonesia menjawab permintaan masyarakat akan penerbangan perintis yang semakin meningkat dengan melakukan pengembangan pada pesawat perintis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability dari desain instrumen kokpit pesawat perintis yang sedang dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia. Metode yang digunakan adalah performance measurement, Retrospective Think Aloud (RTA), System Usability Scale (SUS), dan Questionnaire for User Interaction Satisfaction. Berdasarkan hasil evaluasi, dilakukan proses perbaikan untuk meningkatkan usability desain instrumen kokpit dengan menggunakan teknik paper prototyping. Hasil penelitian ini adalah usulan perbaikan desain instrumen kokpit pesawat perintis yang dapat meningkatkan kenyamanan pilot saat melakukan tugas.]"
[, Fakultas Teknik Universitas Indonesia], 2015
S61934
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunika Harinda Putri
"Penelitian ini mengkaji aspek ergonomi sepeda motor bebek dalam virtual environment. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software Jack 6.1 dengan pendekatan Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan hasil analisis tiga buah metode, yaitu Lower Back Analysis (LBA), Ovako Working Analysis (OWAS), dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi desain aktual sepeda motor dan mencari konfigurasi redesain paling ergonomis ditinjau dari tinggi stang dan jarak jok-stang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain sepeda motor bebek yang paling ergonomis bagi pengendara wanita adalah desain yang memiliki tinggi stang 16cm dan jarak jok - stang sebesar 20cm yang memiliki nilai PEI terendah yaitu 1,45.

This research tried to study ergonomic aspect of motorcycle in virtual environment. This research were conducted by using Jack software 6.1 with Posture Evaluation Index (PEI) approach which can integrated the results of three methods: Lower Back Analysis (LBA), Ovako Working Analysis (OWAS) and Rapid Upper Limb Assessment (RULA). The objectives are evaluating existing motorcycle design and determining the most ergonomic redesign that concern at handlebar height and distance between motorcycle' seat and handlebar. The result showed that the most ergonomic design of motorcycle for female rider is motorcycle that has 16cm handlebar height and 20cm distance between motorcycle' seat and handlebar, which have 1,45 of PEI score."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51997
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Pito Ananda Risya
"Penelitian ini mengkaji aspek ergonomi pada desain tas ransel militer dalam model Virtual Environment. Tujuannya adalah mengevaluasi desain aktual tas ransel militer dan menentukan konfigurasi yang paling ergonomis ditinjau dari lebar tas, tinggi tas, dan beban maksimum yang dapat diangkat oleh prajurit yang didasarkan pada antropometri prajurit tentara nasional Indonesia. Analisa desain ergonomi dilakukan dengan menggunakan metode Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan analisisdari tiga metode analisis: Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS), dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Hasil dari penelitian berupa ukuran panjang dan lebar tas ransel militer yang ergonomis beserta berat maksimum yang dapat dibawa oleh prajurit berdasarkan antropometri prajurit tentara nasional Indonesia.

This research studies the ergonomic aspect of military backpack design using virtual environment model. The purposeof this study is to evaluate the actual design of military backpack and determine the most ergonomic configuration which concerns on width of the backpack, height of the backpack, and maximum load that can be lifted by a soldier who was based on anthropometry Indonesian national army soldiers. Actual postures of military personnel are being observed and reconstructed on virtual environment using Jack software task analysis toolkits which are Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, and Rapid Upper Limb Assessment. The results of the research is the length and width of an ergonomic military backpack with the maximum weight that can be carried by a soldier based anthropometry Indonesian national army soldiers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44496
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>