Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15119 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Woods, Donald R.
Canada: Waterdown, 1994
378.1 WOO p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Woods, Donald R.
Canada: Waterdown, 1999
378.1 WOO p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Azer, Samy
Sydney: Elsevier, 2008
378.17 AZE n
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Washinton, DC: American Psychological Association, 2004
153.43 SOC
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Alfons Taryadi
Jakarta: Gramedia, 1989
121 ALF e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Tarr, Graham.
New York: Wiley, 1973
658.403 TAR m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nurasiatun Israini
"Individu harus memiliki keterampilan melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi masalahnya sehari-hari. Agar dapat melakukan pemecahan masalah secara efektif dan efisien seseorang hams menguasai tingkahlaku-tingkahlaku tertentu yang disebut sebagai tingkah laku inteligetL Pendidikan bertujuan akhir mengajarkan siswa untuk mampu melakukan pemecahan masalah dalam berbagai bidang kehidupan. Namun saat ini, hasil pendidikan belum sepenuhnya dapat mencapai tujuan tersebut.
Selama ini metode pengajaran yang paling sering diterapkan adalah metode ceramah Metode ini teibukti kurang efektif untuk meningkatkan keterampilan siswa memecahkan masalaL Oleh karena itu perlu diterapkan metode pengajaran lain yang lebih efektif. Belajar dalam kelompok (belajar secara kolaboratit) yang mengajak siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses belajar diyakim dapat memberikan hasil yang lebih baik. Dalam kegiatan belajar kolaboratif mi tingkah laku inteligen, yang menentukan keterampilan seseorang memecahkan masalah, dapat berkembang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterkaitan antara kegiatan belajar kolaboratif dengan keterampilan siswa melakukan pemecahan masalah melalui gambaran tingkah laku inteUgen yang tampil selama berlangsungnya kegiatan belajar kolaboratif. Selain itu, ingin dilihat pula hal-hal yang kiranya beipengamh pada tingkah laku inteligen yang ditampilkan siswa selama berlangsungnya proses kegiatan belajar kolaboratif.
Untuk itu satu kelompok siswa diminta melakukan kolaborasi untuk memecahkan masalah Selama berlangsungnya proses tersebut dilakukan perekaman terhadap percakapan-percakapan yang teijadi antar siswa, Percakapan yang terekam itu kemudian dikategorisasi ke dalam indikator tingkah laku inteligen yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama berlangsungnya kegiatan belajar kolaboratif, tingkah laku inteligen yang paling sering tampil adalah tingkah laku bertanya, mendengar, dan keinginan imtuk mencapai hasil keija yang akurat. Sementara itu, kreativitas siswa hampir tidak muncul selama berlangsungnya kegiatan tersebut Situasi tertentu, yaitu kehadiran pakar, guru, dan jangka waktu pelaksanaan sesi kegiatan belajar kolaboratif tampak memepengaruhi pola tampilnya tingkah laku inteligen siswa."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1998
S2758
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Vrooman, Rona J.
"Building effective, high-performance teams that solve problems and make decisions is an essential strategy for most organizations. This issue will show you how to improve small-group problem solving and decision making dramatically. You will find practical methods of motivating, energizing and focusing teams as well as tips on clarifying problems, setting priorities, generating solutions and evaluating outcomes."
Alexandria, VA: [American Society for Training & Development Press, American Society for Training & Development Press], 2000
e20435472
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>