Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9728 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
R 621.07 MAK II
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
R 621.07 MAK I
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Depok: Departemen Teknik Mesin FT-UI, 2008
620 UNI s I;620 UNI s II
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Johartien Ramona-Siswoto
"Penelitian mengenai perilaku pencarian informasi staf pengajar ini telah dilakukan bulan Januari ski Februari 2002 di lingkungan kampus Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI), Depok. Khususnya pada 61 (enampuluh satu) orang responden yang terdiri dari staf pengajar FKMUI yang aktif mengajar dan melakukan penelitian pada tahun ajaran semester ganjil 2001 12002. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses, kebutuhan, tindakan atau perilaku dan hambatan yang dihadapi staf pengajar dalam pencarian informasi dalam rangka melakukan kegiatan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara dengan responden.Hasilnya menunjukkan bahwa perilaku bertanya kepada kepala perpustakaan dan atau staf bagian pelayanan perpustakaan merupakan urutan pertama yang dilakukan pada saat mengunjungi perpustakaan dalam rangka mencari informasi. Setelah koleksi sendiri maka perpustakaan FKMUI dan kolega atau teman sejawat adalah sumber informasi yang diandalkan staf pengajar FKMUI dalam setiap tahapan pencarian literatur. Sedangkan browsing di internet juga merupakan tindakan dalam pencarian informasi, terutama pada tahap pembuatan laporan. Diantara variable usia, jenis kelamin dan pendidikan maka yang menunjukkan gejala mempengaruhi perilaku staf pengajar dalam pencarian informasi adalah tingkat pendidikan. Pengajar dengan pendidikan S2 memiliki kecenderungan lebih aktif mencari informasi dibandingkan dengan S3. Mereka lebih mengandalkan perpustakaan FKMUI dan teman sejawat sebagai sumber informasi. Sementara yang S3 lebih mengandalkan koleksi sendiri. Kunjungan staf pengajar ke perpustakaan FKMUI sebagian besar hanya satu bulan sekali dan terdapat sekitar 30% responden yang dalam enam bulan terakhir tidak sekalipun berkunjung ke perpustakaan FKMUI. Mereka yang berkunjung, berpendapat bahwa koleksi khususnya buku dan majalah ilmiah di perpustakaan ini masih terbatas dan yang ada sudah banyak yang out of date. Seratus persen responden dalam wawancara, menyatakan bahwa ruang perpustakaan FKMUI harus dipindahkan dan atau dibuat ruang/gedung baru, karena sudah tidak memadai lagi sebagai perpustakaan fakultas. Sementara itu fasilitas ruangan perlu ditingkatkan, terutama penerangan, karena kurang memadai. Pada umumnya staf pengajar puas dengan kinerja pustakawan perpustakaan FKMUI yang dalam pelayanannya berorientasi pada pemakai. Mengenai jumlah dan ketrampilan SDM perlu ditingkatkan melalui pendidikani, kursus/training, seminar, dan kunjungan studi banding ke perpustakaan lain baik di Indonesia maupun ke Iuar negeri."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S15405
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luki Wijayanti
"Yang melatarbelakangi dilakukan penelitian tentang kebutuhan dan perilaku pencarian informasi staf pengajar Fakultas Sastra Universitas Indonesia ini adalah bahwa pemanfaatan Perpustakaan FSUI oleh staf pengajar sangat rendah. Padahal sebagai anggota civitas academica, mereka pasti melakukan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang pasti memerlukan informasi. Pertanyaan penelitian ini adalah motivasi apa yang mendorong staf pengajar FSUI untuk melakukan penelitian, apa kebutuhan informasi mereka, bagaimana perilaku pencarian informasi mereka dan hambatan apa yang dihadapi oleh staf pengajar dalam melakukan pencarian informasi Model operasional penelitian ini adalah gabungan A Model of the Gross-Information Seeking Strategis yang diperkenalkan oleh Wilson dan Behavioral Model of Information Seeking Strategies yang diperkenalkan ole David Ellis. Gabungan kedua model ini mengamati seorang pencari informasi sejak sebelum munculnya kebutuhan informasi, di samping mengamati konteks kebutuhan informasi dan hal-hal yang menjadi pengbambatnya serta tahap-tahap yang mereka lalui ketika mereka melakukan pencarian informasi, yakni starling, chaining, extracting, verifying dan ending. Peneltian ini merupakan penelitian deskriptif interpretif yang menggunakan metode kualitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 16 orang staf pengajar biasa Fakultas Sastra Universitas Indonesia Pemilihan sampel pertama pads penelitian ini menggunakan teknik maximum variety sampling.dari 28 orang staf pengajar yang melakuikan penelitian pada tahun 2000 yang dibiayai oleh Lembaga Penelitian UI. Data dikumpulkan dengan cara wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara. Analisis dilakukan dengan tiga alur kegiatan yatu: reduksi data, analisis dan interpretasi, clan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) motivasi staf pengajar melakukan penelitian adalah untuk memenuhi kebutuhan dasarnya yakni memahami suatu masalah yang pada gilirannya bermanfaat untuk bahan pengajarannya, 2) subjek kajian wanita merupakan subjek yang banyak diperlukan, dan topik topik yang dipilih adalah topik yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat, 3) buku merupakan bahan yang paling banyak dibutuhkan yang kemudian diikuti oleh artikel jurnal, 4) tidak hanya terbitan terbaru saja yang diperlukan, tetapi terbitan lama diperlukan oleh staf pengajar FSUI, 5) Perpustakaan Fakultas Sastra UI masih merupakan lokasi perolehan informasi, meskipun perolehannya tersebut diperoleh melalui perantara (pustakawan), 6) tahap yang diperkenalkan oleh Ellis merupakan tahapan yang dilalui oleh staf pengajar, meskipun pengajar yang meneliti tentang kesusastraan biasanya tidak melalui tahap verifying, 7) hambatan yang dihadapai adalah hambatan yang berasal dari lingkungan. Agar dapat memenuhi kebutuhan informasi staf pengajar FSUI, Perpustakaan FSUI perlu 1) memulai upaya menyediakan informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perilaku pencarian informasi staf pengajar, seperti misalnya menyediakan gate-keeper dan intermediaries profesional, 2) merevisi kebijakan pengembangan koleksi dengan mempertimbangkan keberadaan Internet sebagai sarana perolehan informasi, 3) membina hubungan baik dengan pihak-pihak atau lembaga yang disebut-sebut sebagai tempat perolehan informasi staf pengajar.

The library of Faculty of Letters is set up to provide information for their users, the students and the teaching staff who have to carry out Tridharma Perguruan Tinggi, namely teaching, research and providing services for public. In carrying out these three activities, it is assumed that they would make use of the library. But the usage of the Library of Faculty of Letters by the teaching staff is very low. For this reason this study is carried out. Research question of this thesis are 1) what motivates their research activity, what kinds of information they need for their research, 3) how are their seeking behaviors, and 4) what variables interfere their information seeking activities. Operational model of this research is the combination of Wilson's model called A Model of The Gross Information Seeking Behavior and Ellis' Behavioral Model of Information Seeking Strategies, which is revised by Wilson. Wilson `s model suggests how information needs arise and what may prevent the actual search of information, while Ellis' model elaborates the different behaviors in information seeking, i.e. starting, chaining, extracting, verifying and ending. This research is qualitative descriptive interpretive. The data was collected by means of deep interview. The respondents consist of 16 teaching staff, the first sample of which is selected by using maximum variety sampling technique. The following are the research results: 1) the motivation of the teaching staff in doing the research is to fulfill their basic needs especially the need to understand actual problems they faced in the society which will be useful for their teaching activity, 2) one of the most interesting topic for the 2000 research is women studies, the teaching staff use books more compared to journals, 4) recently published books as well as the old ones are needed by the teaching staff, 5) teaching staff make use of intermediaries to find information they need, 6) the teaching staff pass the stages introduced by Ellis, except the ones who study literatures do not pass verifying stage, 7) environmental barriers are the intervening variables of the information seeking. In order to satisfy their users, especially the teaching staff, the Library of Faculty of Letters should: I) provide services which are really in need by the teaching staff, 2) revise collection development policy and considering Internet as the tools of information provision by its users, 4) build network with the libraries mentioned by the teaching staff as the locations of information provision."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2001
T12477
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yendri Buharma
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis bahan pustaka yang paling dibutuhkan staf pengajar FKUI dalani penelitian. Untuk mengetahui apakah layanan dan fasilitas perpustakaan FKUI sudah efektif untuk tujuan penelitian, maka kepada mereka juga ditanyakan tingkat kepuasan mereka terhadap layanan dan fasilitas perpustakaan. Dari hasil penelitian dikelahui jenis bahan yang paling penting bagi mereka dalam kegiatan penelitian adalah artikel majalah ilmiah. Sebagai saluran akses informasi, staf pengajar FKUI menempatkan perpustakaan bagian mereka sebagai saluran yang paling penting. Perpustakaan FKUI sendiri hanya menempati urutan keempat, di bawah perpustakaan pribadi dari perpustakaan sub-bagian mereka. Data tentang penggunaan pun menunjukkan bahwa perpustakaan FKUI belum dimanfaatkan sccara maksimal oleh responden, karena frekuensi kunjungan mereka ke perpustakaan masih relatif rendah. Penelitian tentang pendapat mereka terhadap layanan dan fasilitas perpustakan juga menunjukkan bahwa layanan dan fasilitas perpustakaan belum elektif memenuhi kebutuhan mereka. Indikasi tersebut dapat dilihat dari rendahnya tingkat kepuasan mereka terhadap layanan dan fasilitas perpustakaan. antara lain: 1. Koleksi. Semua jenis bahan pustaka yang ada dalam koleksi perpustakaan FKUI belum memberikan tingkat kepuasan maksimal kepada staf pengajar."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15518
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luki Wijayanti
"Perpustakaan perguruan tinggi sebagai salah satu unit pelaksana teknis suatu perguruan tinggi, mempunyai tugas dan kewajiban untuk menyediakan kebutuhan-kebutuhan informasi bagi sivitas akademika di lingkungannya. Tugas ini berkaitan erat dengan misi perguruan tinggi yakni Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan/pengajaran, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat. Sejauh ini belum diketahui dengan jelas cara pencarian informasi yang dilakukan oleh staf pengajar di lingkungan Fakultas Sastra UI untuk memenuhi kebutuhan informasi guna mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Pada penelitian ini penulis melakukan penelitian mengenai perilaku pencarian informasi staf pengajar Fakultas Sastra UI. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk:
a. Mengetahui perilaku pencarian informasi staf pengajar Fakultas Sastra UI dalam menunjang pelaksanaan kegiatan pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.
b. Alasan pemilihan sumber-sumber informasi
c. Cara pemenuhan kebutuhan informasi dengan mengetahui urutan tempat/cara pemenuhan kebutuhan informasi, waktu yang dihabiskan untuk mencari informasi, serta seberapa jauh peran pustakawan di lingkungan Perpustakaan Fakultas Sastra UI dalam membantu staf pengajar FakuItas Sastra UI dalam mencari informasi yang diperlukan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan metode penelitian yang digunakan adalah metode survai. Yang menjadi populasi penelitian ini adalah 251 staf pengajar tetap di Fakultas Sastra UI, dengan sampel berjumlah 117 responden, dengan metode pengambilan sampel simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini adalah bahwa:
- Sumber informasi yang dianggap penting dan sangat diminati responden semua strata pendidikan dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan/pengajaran adalah buku teks terbitan dalam negri, buku teks terbitan luar negri, majalah ilmiah terbitan luar negri, majalah ilmiah terbitan dalam negri, tesis/disertasi serta buku pegangan.
- Sumber informasi penting untuk mendukung kegiatan penelitian, menurut responden adalah majalah ilmiah terbitan dalam negri, majalah ilmiah terbitan luar negri, serta buku teks terbitan luar negri.
- Hubungan dengan sesama staf pengajar FSUI merupakan sumber informasi yang dianggap penting dalam mendukung kegiatan pengabdian pada masyarakat.
- Alasan utama akan pemilihan sumber informasi adalah kemudahan akses dan mudah digunakan, sedangkan alasan ketepatan merupakan alasan yang paling sedikit dipilih.
- Sebagian besar responden meluangkan waku anara 5 - 10 jam setiap minggu untuk mencari informasi.
- Prioritas cara pemenuhan kebutuhan informasi adalah koleksi pribadi, menyusul kemudian koleksi Perpustakaan jurusan. Bagi responden sarjana konsultasi dengan senior merupakan pilihan ke tiga, sedangkan responden magister dan doktor akan pergi ke toko buku sebagai pilihan ke tiga.
- Perpustakaan FSUI belum menjadi pilihan penting bagi responden untuk memenuhi kebutuhan informasinya.
- Pustakawan Perpustakaan jurusan dinilai sangat membantu responden semua strata pendidikan dalam mencari informasi yang dibutuhkannya, sedangkan pustakawan Perpustakaan fakultas dianggap cult-up nembantu responden sarjana maupun doktor, sedangkan responden magister menyatakan tidak pernah minta bantuan pustakawan Perpustakaan fakultas. Responden dari semua strata pendidikan menyatakan bahwa pustakawan UPT Perpusakaan Pusat UI cukup membantu mereka dalam menemukan informasi.
- Perilaku pencarian informasi staf pengajar Fakultas Sastra Universitas Indonesia dipengaruhi oleh strata pendidikan serta akifitas yang dilakukan (pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat).
- Perpustakaan FSUI belum menjadi pilihan penting bagi responden untuk memenuhi kebutuhan informasinya.
- Pustakawan Perpustakaan jurusan dinilai sangat membantu responden semua strata pendidikan dalam mencari informasi yang dibutuhkannya, sedangkan pustakawan Perpustakaan fakultas dianggap cult-up nembantu responden sarjana maupun doktor, sedangkan responden magister menyatakan tidak pernah minta bantuan pustakawan Perpustakaan fakultas. Responden dari semua strata pendidikan menyatakan bahwa pustakawan UPT Perpusakaan Pusat Ul cukup membantu mereka dalam menemukan informasi.
- Perilaku pencarian informasi staf pengajar Fakultas Sasra Universitas Indonesia dipengaruhi oleh strata pendidikan serta akifitas yang dilakukan (pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2000
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Bandung: Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB -Program Studin Teknik mesin, 2006
Mes
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>