Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 185666 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Noni Elysa N
"ABSTRAK
Kemajuan Teknologi Internet saat ini telah berkembang dengan pesat. Kemajuan tersebut dapat dirasakan oleh penggguna internet, yang menjadikan segala aktifitas pekerjaan dapat dilakukan pada Teknologi Internet sebagai media utamanya. Salah satu Teknologi Internet tersebut adalah Teknologi Cloud Computing. Teknologi cloud belum banyak diaplikasikan di jaringan real. Private Cloud Computing merupakan pemodelan Cloud Computing yang hanya memberikan layanan kepada pengguna tertentu. Pembuatan Cloud Computing
pada skripsi ini dilakukan dengan membuat simulasi nyata dengan menggunakan Ubuntu Enterprise Cloud (UEC) yang metode instalasi telah disesuaikan dengan topologi yang disarankan. Kemudian dapat dilakukan pengukuran Quality of Service (QoS) dengan menggunakan parameternya pada saat dilakukan uji coba pengiriman data. Selisih nilai delay untuk file ukuran 5MB, yaitu 3,382 ms; video ukuran 20,5MB, yaitu 5,646 ms; video ukuran 103MB, yaitu 6,837 ms. Selisih
nilai throughput untuk file ukuran 5MB, yaitu 500 kBps; video ukuran 20,5MB, yaitu 2000 kBps; video ukuran 103MB, yaitu 5000 kBps. Selisih nilai packet loss untuk file ukuran 5MB, yaitu 0,87%; video ukuran 20,5MB, yaitu 0,708%; video ukuran 103MB, yaitu 0,915%.

ABSTRACT
The advancement of current Internet Technology has grown rapidly. The progress can be felt by internet user, which makes the activities of the work can be done on the Inter net Technology as the main media. One of the Internet Technology is Cloud Computing. Cloud Computing has not been widely applied in real networks. Private Cloud Computing is the modeling of Cloud Computing in small scope to provide services to specific users. In this thesis, the Cloud Computing network is done by making a real simulation using the Ubuntu Enterprise Cloud (UEC) which installation method has been adapted to the recommended topology.
Quality of Service (QoS) can be measured by using the parameters at the time of trial data delivery. The difference in delay values for the file size of 5MB is 3,382 ms; video size of 20,5MB is 5,646 ms; video size of 103MB is 6,837 ms. The difference in throughput values in file size of 5MB is 500 kBps; video size of 20,5MB is 2000 kBps; video size of 103MB is 5000 kBps. The difference in packet loss values in file size of 5MB is 0, 87%; video size of 20,5MB is 0,708%; video size of 103MB is 0,915%.
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42646
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dyani Mustikarini
"Skripsi ini berisi mengenai konsep dasar, perancangan dan implementasi enkripsi data dengan RSA yang diterapkan pada private cloud Infrastucture as a Service (IaaS). Tujuan dari skripsi ini menganalisa keamanan pengiriman data dan waktu dari implementasi kriptografi RSA pada sistem Eucalyptus private cloud. Pengiriman data pada sistem virtualisasi private cloud membutuhkan enkripsi untuk mengantisipasi serangan dari man-in-the-middle sehingga penyerang tidak mengetahui isi data dengan mudah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu eksekusi program RSA dipengaruhi oleh ukuran data dan nilai kunci RSA yang dibangkitkan. Peningkatan ukuran data akan mempengaruhi peningkatan waktu eksekusi program RSA. Peningkatan waktu eksekusi untuk format .txt sebesar 31,44%, untuk format .doc sebesar 24,83% dan untuk format .pdf sebesar 24,85%. Nilai d untuk kunci privat RSA yang besar akan sangat mempengaruhi waktu eksekusi karena membutuhkan waktu dekripsi yang lebih lama.
Sedangkan nilai e yang besar untuk kunci publik RSA tidak terlalu signifikan mempengaruhi waktu enkripsi menjadi lebih lama namun tetap berkontribusi terhadap waktu eksekusi RSA. Keamanan pengiriman data pada sistem private cloud dibutuhkan terutama dengan RSA 2048 bit dan sistem padding, namun pada skripsi ini hanya digunakan enkripsi plain RSA.

This thesis contains about fundamental concept, the design and the implementation of data encryption using RSA which is applied on private cloud Infrastucture as a Service (IaaS). The purposes of this thesis are to analyze the the data transfer security and the time of RSA cryptography appliance on Eucalyptus private cloud system. Secret data transfer on private cloud virtualization requires encryption in order to anticipated the attack from man-in-the-middle so that the attacker won?t know the contents of data easily.
The result of this research prove that RSA execution time influented by the size of data and the value of the generated RSA keys. Data size increment will influence the execution times of RSA. The increment time for .txt is 31,44%, increment time for .doc is 24,83%, and increment time for .pdf is 24,85%. Large values of d for RSA private key greatly affect the execution time because need a longer decryption time.
However, the large value of e for public keys isn?t influence the encryption time significantly but still contributes the execution time. The security of data transfer on private cloud system is needed especially using RSA 2048 bit and padding system appliance,however this thesis only implement plain RSA encryption.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43449
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
R. Hendra Kusumawardhana
"Kemajuan teknologi internet saat ini sangat pesat. Salah satu teknologi pada pengembangan jaringan internet adalah Cloud Computing. Private Cloud Computing merupakan permodelan cloud yang diterapkan di jaringan lokal. Pembuatan Cloud computing pada skripsi ini dilakukan dengan membangun infrastruktur fisik cloud dimana infrastruktur yang dipakai adalah Eucalyptus. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengukur dan menganalisa performa jaringan eucalyptus private cloud terhadap banyaknya pengguna. Kemudian dalam pengujiannya dilakukan uji coba unggah data, unduh data, serta video streaming. Besar rata-rata delay pada proses unggah adalah 0,24 ms untuk 1 klien dan 2,82 ms untuk 3 klien; pada proses unduh adalah 1,37 ms untuk 1 klien dan 19,47 ms untuk 3 klien; pada proses video streaming adalah 11,36 ms pada bit rate 400 kbps, 11,43 ms pada bit rate 1200 kbps, 11,69 ms pada bit rate 2000 kbps ms untuk 1 klien dan 13,89 ms pada bit rate 400 kbps, 16,71 ms pada bit rate 1200 kbps, 17,53 ms pada bit rate 2000 kbps ms untuk 3 klien. Besar rata-rata throughput pada proses unggah adalah 4094,04 packets/s untuk 1 klien dan 355,03 packets/s untuk 3 klien; pada proses unduh adalah 739,08 packets/s untuk 1 klien dan 57,10 packets/s untuk 3 klien; pada proses video streaming adalah 88,04 packets/s pada bit rate 400 kbps, 87,47 packets/s pada bit rate 1200 kbps, 85,51 packets/s pada bit rate 2000 kbps ms untuk 1 klien dan 72,14 packets/s pada bit rate 400 kbps, 59,98 packets/s pada bit rate 1200 kbps, 57,20 packets/s pada bit rate 2000 kbps untuk 3 klien.

The advances of Internet technology is increase rapidly. One of internet technology which increase is Cloud Computing. Private Cloud Computing is a cloud model which applied in a local network. Cloud computing in the this thesis was build in the physical cloud which used Eucalyptus infrastructure. The purpose of this paper is to quantify and analyze the effects of the network performance using eucalyptus private cloud towards the number of users. The test whichhas been taken is data uploading, data downloading, and video streaming. The average delay in the upload process is 0,24 ms for 1 client and 2,82 ms for 3 clients; in the download process is 1,37 ms for 1 client and 19,47 ms for 3 clients; in the streaming video process is 11,36 ms at a bit rate of 400 kbps, 11,43 ms at bit rate 1200 kbps, 11,69 ms at bit rate 2000 kbps for 1 client and 13,89 ms at bit rate 400 kbps, 16,71 ms in bits rate 1200 kbps, 17,53 ms at bit rate 2000 kbps for 3 clients. The average throughput on the upload process is 4094.04 packets/s for 1 client and 355,03 packets/s for 3 clients: in the download process is 739,08 packets/s for 1 client and 57,10 packets/s for 3 clients; in the streaming video process is 88,04 packets/s at bit rate 400 kbps, 87,47 packets/s at bit rate 1200 kbps, 85,51 packets/s at bit rate 2000 kbps for 1 client and 72,14 packets/s at bit rate 400 kbps, 59,98 packets/s at bit rate 1200 kbps, 57,20 packets/s at bit rate 2000 kbps for 3 clients."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46233
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Made Dwi Warsiani
"Private Cloud merupakan pemodelan teknologi Cloud Computing yang hanya memberikan layanan kepada pengguna tertentu. Kebutuhan akan performa server yang baik, tentunya mempengaruhi layanan yang ditawarkan suatu provider cloud kepada penggunanya. Oleh karena itu, pembuatan Cloud Computing dengan memilih layanan Private Cloud pada skripsi ini dilakukan dengan membuat simulasi nyata pada jaringan fisik menggunakan CentOS dengan Eucalyptus di dalamnya. Metode instalasi menggunakan konfigurasi Cloud in a Box. Lima pengujian diimplementasikan untuk mengetahui performa server Private Cloud ini. Instances dibuat sibuk seolah-olah menjalankan sebuah aplikasi sehingga terlihat kinerja dari server cloud. Parameter pengujian yang digunakan untuk pengukuran performa server adalah Load Average, CPU Usage dan Memory Usage.
Dari hasil pengukuran menunjukkan bahwa parameter Load Average dengan load tertinggi sebesar 4,35 satuan proses dan CPU Usage tertinggi mencapai nilai 95,04% ketika seluruh instance aktif menjalankan aplikasi. Memory usage server mencapai 4740,95 MB dan untuk seluruh instance menggunakan memori sebesar 29,37% dari penggunaan memori pada server. Tiga parameter di atas menunjukkan kesesuaian server cloud dalam menangani pengguna pada jaringan privat IaaS ini dengan konsep Cloud IaaS pada umumnya.

Private Cloud is a technology model of Cloud computing that only provide service to a particular user. Requirement for a good server performance, of course, affect the service offered to the user of a cloud provider. Therefore, making cloud computing by choosing a Private Cloud service in this thesis was to create a simulation of the real physical network using CentOS with Eucalyptus in it. Installation method using configuration Cloud in a Box. Five tests are implemented to determine the performance of the server's Private Cloud. Instances kept busy as running an application and visible the performance of the server cloud. Testing parameters used to measure the performance of the server is the Load Average, CPU Usage and Memory Usage.
From the measurement results indicate that the parameter Load Average with the highest load of 4.35 units and the highest CPU usage reaches 95.04% when all active instances running the application. Memory usage of server and to achieve 4740.95 MB memory instances amounting to 29.37%. Three parameters above indicates suitability of cloud servers to handle the user's private network to the concept of Cloud IaaS IaaS in general.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52589
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdiansyah
"Cloud Computing merupakan suatu perubahan besar yang terjadi di dunia komputasi dan internet. Teknologi Cloud kini sudah banyak diaplikasikan pada jaringan riil salah satunya yaitu Private Cloud. Pembuatan Cloud Computing dengan memilih layanan Private Cloud dengan membuat simulasi nyata pada jaringan fisik menggunakan Eucalyptus dengan sistem operasi CentOS 6.4. Pengujian dilakukan suatu variasi terhadap jumlah pengguna yaitu satu dan tiga pengguna. Selain jumlah penggunanya, besaran ukuran file juga diuji yaitu 100 MB, 200 MB, dan 300 MB dengan perbandingan sebelum dan setelah penyerangan Denial of Service (DoS) untuk proses data upload dan download. Hasil penelitian didapat bahwa dengan melakukan pengukuran Quality of Service (QoS) dengan menggunakan packet loss, delay, dan throughput yang dilakukan pada saat uji coba pengiriman data menggunakan aplikasi File Transfer Protocol (FTP). Hasil pengukuran menunjukan bahwa serangan DoS cukup berpengaruh untuk pertukaran data untuk proses upload terutama untuk 1 user daripada 3 user dengan masing-masing penambahan packet loss, delay, dan pengurangan throughput terbesar memiliki persentase 169.57%, 22.79%, dan 20.08%. Kemudian pengujian berdasarkan proses download, serangan DoS cukup berpengaruh untuk 3 pengguna dengan persentase penambahan packet loss sebesar 36.51%, penambahan delay sebesar 148.48% dan untuk penurunan throughput didapat pada pengujian 1 user dengan persentase sebesar 21.25%. Dari persentase ini dapat disimpulkan bahwa proses download memiliki sedikit pengaruh terhadap serangan DoS.

Cloud Computing is a big change happening in the world of computing and the Internet. Cloud technology is now widely applied to real networks one of which is Private Cloud. Development of Cloud Computing with select the Private Cloud services make a real simulation of the physical network using Eucalyptus with operating system of CentOS 6.4. Testing is done with the variation of the number of users is one and three users. In addition to the number of users, scale file size also tested is 100 MB, 200 MB, and 300 MB with comparison before and after the Denial of Service (DoS) attack to process data upload and download. The results found that by measuring Quality of Service (QoS) by using packet loss, delay, and throughput is conducted at the time of trial data transmission using File Transfer Protocol (FTP) application. Based on upload process, measurement results showed that the DoS attack is quite powerful for data transmission one user than three users with additional packet loss, delay, and reduction of throughput have a percentage of 169.57%, 22.79%, and 20.08% with a file size of 300 MB. Then testing based on download process, DoS attack quite influential for 3 users with percentage with additional packet loss in athe amount of 36.51%, increase delay time is 148.48% and for reduction of throughput obtained on 1 user testing with percentage is 21.25%. With this percentage we can get conclusion that download process have a few influence with DoS attack."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47601
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdiansyah
"Cloud Computing merupakan suatu perubahan besar yang terjadi di dunia komputasi dan internet. Teknologi Cloud kini sudah banyak diaplikasikan pada jaringan riil salah satunya yaitu Private Cloud. Pembuatan Cloud Computing dengan memilih layanan Private Cloud dengan membuat simulasi nyata pada jaringan fisik menggunakan Eucalyptus dengan sistem operasi CentOS 6.4. Pengujian dilakukan suatu variasi terhadap jumlah pengguna yaitu satu dan tiga pengguna. Selain jumlah penggunanya, besaran ukuran file juga diuji yaitu 100 MB, 200 MB, dan 300 MB dengan perbandingan sebelum dan setelah penyerangan Denial of Service (DoS) untuk proses data upload dan download. Hasil penelitian didapat bahwa dengan melakukan pengukuran Quality of Service (QoS) dengan menggunakan packet loss, delay, dan throughput yang dilakukan pada saat uji coba pengiriman data menggunakan aplikasi File Transfer Protocol (FTP). Hasil pengukuran menunjukan bahwa serangan DoS cukup berpengaruh untuk pertukaran data untuk proses upload terutama untuk 1 user daripada 3 user dengan masing-masing penambahan packet loss, delay, dan pengurangan throughput terbesar memiliki persentase 169.57%, 22.79%, dan 20.08%. Kemudian pengujian berdasarkan proses download, serangan DoS cukup berpengaruh untuk 3 pengguna dengan persentase penambahan packet loss sebesar 36.51%, penambahan delay sebesar 148.48% dan untuk penurunan throughput didapat pada pengujian 1 user dengan persentase sebesar 21.25%. Dari persentase ini dapat disimpulkan bahwa proses download memiliki sedikit pengaruh terhadap serangan DoS.

Cloud Computing is a big change happening in the world of computing and the Internet. Cloud technology is now widely applied to real networks one of which is Private Cloud. Development of Cloud Computing with select the Private Cloud services make a real simulation of the physical network using Eucalyptus with operating system of CentOS 6.4. Testing is done with the variation of the number of users is one and three users. In addition to the number of users, scale file size also tested is 100 MB, 200 MB, and 300 MB with comparison before and after the Denial of Service (DoS) attack to process data upload and download. The results found that by measuring Quality of Service (QoS) by using packet loss, delay, and throughput is conducted at the time of trial data transmission using File Transfer Protocol (FTP) application. Based on upload process, measurement results showed that the DoS attack is quite powerful for data transmission one user than three users with additional packet loss, delay, and reduction of throughput have a percentage of 169.57%, 22.79%, and 20.08% with a file size of 300 MB. Then testing based on download process, DoS attack quite influential for 3 users with percentage with additional packet loss in athe amount of 36.51%, increase delay time is 148.48% and for reduction of throughput obtained on 1 user testing with percentage is 21.25%. With this percentage we can get conclusion that download process have a few influence with DoS attack."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ansar Fitria
"Cloud computing adalah teknologi baru hasil pengembangan dari sistem berbasis Internet dengan sumber daya komputasi dalam skala besar yang disediakan melalui Internet untuk pengguna. Aplikasi multimedia pada cloud membutuhkan Quality of Service (QoS) seperti bandwidth, delay, dan lain-lain. Penyediaan QoS merupakan tantangan pada multimedia cloud computing.
Penelitian ini mengusulkan sistem QoS MEC, sebuah sistem QoS cloud computing dengan kombinasi teknologi Hadoop dan metode Load Balancing berbasis Eucalyptus untuk aplikasi multimedia. Hadoop merupakan platform yang bersifat open source digunakan untuk data berukuran besar yang diproses secara terdistribusi dan paralel. Load balancing merupakan metode untuk membagi beban kerja server.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa terjadi percepatan response time dan peningkatan throughput, terbesar terjadi pada saat jumlah koneksi per detik 5000. Persentase percepatan response time video ukuran 58,4 MB, adalah 20,42 %; video ukuran 137 MB, adalah 21,36%; video ukuran 249 MB, adalah 21,51%. Persentase peningkatan throughput video ukuran 58,4 MB, adalah 12,52%; video ukuran 137 MB, adalah 13,39%; video ukuran 249 MB, adalah 14,09%.

Cloud computing is a new technology development results of Internet-based systems with computing resources on a large scale are provided via the Internet to the user. Multimedia application in the cloud requires Quality of Service (QoS) such as bandwidth, delay, and others. Provision of QoS is a challenge on a multimedia cloud computing.
This research proposed a QoS MEC system, a QoS cloud computing system with technology combination of Hadoop and Load Balancing method based Eucalyptus for multimedia applications. Hadoop is an open source platform which is used for large data that is distributed and processed in parallel. Load balancing is a method to divide the workload of the server.
The test results show that there is accelerated response time and increased throughput and largest occurred when the number of simultaneous access is 5000. Percentage of acceleration response time for video size of 58.4 MB is 20.42%; video size of 137 MB is 21,36%; and video size of 249 MB is 21,51%. The increased percentage of throughput for video size of 58.4 MB is 12,52%; video size of 137 MB is 13,39%; and video size of 249 MB is 14,09%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35100
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rani Kumalasari
"Quality of service (QoS) merupakan kemampuan suatu jaringan untuk memberikan layanan yang berbeda dari tingkat traffic yang berbeda dan tipe aplikasi yang berbeda. Di sisi lain, cloud computing merupakan suatu tren teknologi dimana penggunanya semakin meningkat setiap tahunnya. Cloud computing berpotensi untuk mengurangi biaya penggunaan sumber daya fisik dan juga meningkatkan produktivitas dari sumber daya yang ada. Terdapat banyak jenis layanan multimedia yang berjalan di atas cloud, dimana salah satunya adalah video streaming. Sebagai salah satu jenis aplikasi multimedia yang dikirimkan secara real time, maka diperlukan suatu sistem manajemen QoS yang dapat menjaga parameter nya sesuai dengan SLA ataupun standar yang ada. Pada Tesis ini akan dibangun suatu sistem manajemen QoS untuk aplikasi video streaming yang berjalan di atas jaringan multimedia cloud computing. Pada manajemen QoS ini terdapat beberapa komponen pendukung di dalamnya, seperti bandwidth allocation, application priority, streaming priority, packet scheduling, dan monitoring. Pengujian manajemen QoS ini dilakukan dengan tiga kali jenis skenario uji coba, pertama dibandingkan dengan sistem tanpa manajemen QoS, kedua ketika terdapat aplikasi lain yang berjalan di atas jaringan multimedia private cloud computing, dan ketika user mengakses dua jenis video secara bersamaan. Dari skenario uji coba satu, nilai delay rata-rata 0.0219s, nilai packet loss 1.35%, dan nilai throughput 63.18KBps. Pada skenario uji coba dua, nilai delay rata-rata 0,0192s, packet loss 0.20%, dan throughput 56.49KBps. Terakhir pada skenario uji coba ketiga, nilai delay rata-rata MP4 0.0219s dan FLV 0.0155s, packet loss MP4 1.35% dan FLV 1.51%, dan throughput MP4 63.18KBps, dan FLV 63.154KBps. Dari nilai parameter yang didapatkan di tiga skenario uji coba ini membutikan bahwa nilai-nilai tersebut dapat memenuhi standar maksimum delay yaitu 1s dan standar maksimum packet loss yaitu 4%.

Quality of service (QoS) is the ability of a network to provide different services from different traffic levels and different types of applications. On the other hand, cloud computing is a technology trends which its user increasing every year. Cloud computing has potential to reduce the cost of physical resource usage and also increase the productivity of existing resources. There are many multimedia application types that run above cloud computing, one of which is video streaming. As one kind of multimedia transmission real time, we need a QoS management system that can keep video streaming in accordance with SLA parameters or standars. This Thesis will build a QoS management system for video streaming applications that run on top of private cloud computing multimedia networks. In the QoS management, there are a few supporting components, such as bandwidth allocation, application priority, streaming priority, packet scheduling, and monitoring. This QoS management testing was conducted with three types of test scenarios, the first compared with system without QoS management, second when there are other applications that run on top of private cloud computing multimedia networks, and last when the users accesses two types of video simultaneously. From the first scenario, the value of average delay 0.0219s, packet loss 1.35%, and throughput 63.18KBps. In the second scenario, the average delay value 0.0192s, packet loss 0.20%, and throughput 56.49KBps. The last scenario, the average delay value for MP4 and FLV are 0.0219s and 0.0155s, packet loss 1.35% and 1.51%, and throughput 63.18KBps and 63.154KBps. From the parameters value obtained in this three scenarios proved that this management QoS can meet standard of maximum delay and maximum packet loss values which is 1s and 4%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35533
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laili Gita
"Data kehadiran adalah data yang penting baik di lingkup sekolah, universitas, maupun perkantoran untuk karyawan. Presensi yang berupa tandatangan dapat dipalsukan oleh siapa saja dan kapan saja. Sehingga dibutuhkan sebuah perangkat yang dapat mempermudah proses absensi sekaligus mendeteksi keterlambatan siswa/pegawai sebelum memasuki ruangan. Skripsi ini mengembangkan Smart Presence System berbasis Face Recognition dengan machine learning yang dirancang dengan komputasi pada awan (Cloud Computing) dan komputasi pada sebuah node/titik (Fog Computing). Skripsi ini melakukan perbandingan performa Smart Presence System yang dibangun dengan Cloud Computing menggunakan layanan AWS Face Rekognition dan Fog Computing yang ditulis menggunakan bahasa Python dengan library OpenCV yang menggunakan perangkat Raspberry Pi sebagai titik komputasi. Penulis telah melakukan pengujian perbandingan waktu komputasi, penggunaan memori, serta penggunaan biaya antara Cloud Computing dan Fog Computing. Pengujian waktu komputasi dilakukan dengan menggeser router/titik uji sejauh 3 meter, 5 meter dan 7 meter dari sensor kamera. Pengujian waktu komputasi pada Cloud Computing didpat sebesar 11.02 detik, 2.99 detik dan 3.02 detik dengan total penggunaan memori sebesar 0.0042 MB dan total biaya yang diperlukan untuk membangun rancangan Cloud Computing sebesar Rp2.819.516 dalam penggunaan 12 bulan. Dan rata-rata waktu untuk komputasi pada fog sebesar 0.723 detik, 0.99 detik, 1.94 detik dengan total penggunaan memori sebesar 540MB dan total biaya untuk membangun rancangan ini sebesar Rp2.220.00 dalam penggunaan 12 bulan.

Attendance document is an important thing in schools, universities, and offices for employees. Attendance is usually done by giving a signature on a piece of paper, and it can be forged by anyone. In school, attendance is usually done manually by the teacher and it takes time. So we need a device that can simplify the attendance process and can not be forged. This thesis has developed a Smart Presence System with machine learing designed with Cloud Computing and Fog Computing. This Thesis compared the performance of The Smart Presence System that built with Cloud Computing using AWS Rekognition and Fog Computing that built in Raspberry pi and written in python and library Opencv. The author has tested the comparison of Cloud Computing and Fog Computing in Computing Time, Memory usage and Cost. Computing time testing is done by shifting the router/test point as far as 3 meters, 5 meters, and 7 meters. The computing time on Cloud Computing were 11.02s, 2.99s, and 3.02s with total memory usage of 0.0042MB and the total cost is Rp.2.819.516 in 12 months of use. And The computing time on Fog Computing were o.72s, 0.99s, and 1.94s with the total memory usage of 540MB and the total cost to build this architecture is Rp2.220.000 in 12 months of use.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elmansyah
"Bring Your Own Device (BYOD) merupakan sistem e-learning yang memanfaatkan perangkat teknologi berupa laptop, netbook, smartphone/handhelds, tablet yang dimiliki sendiri oleh mahasiswa maupun dosen dalam proses belajar mengajar melalui jaringan Internet. Penelitian ini mengembangkan dan menganalisa sistem kelas pengajaran Bring Your Own Device (BYOD) berbasis cloud computing pada teknologi mobile smartphone Android. Pengembangan sistem terdiri dari perancangan aplikasi perangkat lunak berbasis Android, cloud computing menggunakan eucalyptus dan membangun aplikasi berbasis Web menggunakan moodle.
Hasil penelitian didapatkan melalui tiga skenario pengujian yang diikuti oleh 31 responden. Pada pengujian fungsional didapatkan hasil bahwa setiap menu dan fitur yang terdapat pada aplikasi yang dirancang dapat berjalan dengan baik. Pada pengujian User Acceptance Test, 86% responden menyetujui sistem ini mudah digunakan.
Dari pengujian unjuk kerja sistem, didapatkan hasil bahwa peningkatan jumlah pengguna saat mengakses sistem kelas pengajaran BYOD tidak mempengaruhi kinerja sistem cloud computing namun mempengaruhi mesin virtual Web server. Peningkatan jumlah pengguna menyebabkan penurunan performa mesin virtual web server sebanyak 55% pada saat beban server tinggi. Saat pengguna berjumlah lima orang beban kinerja mesin virtual Web server adalah 36%. Saat pengguna berjumlah lima belas orang beban kinerja mesin virtual Web server adalah 42%. Saat pengguna berjumlah tiga puluh satu orang beban kinerja mesin virtual Web server adalah 45%.

Bring Your Own Device (BYOD) refers to e-learning system technology devices, such as laptop, netbook, smartphone/handhelds, tablet which is utilizes by students or teachers for the purpose of learning through the Internet. This research developing and analysis of Bring Your Own Device (BYOD) teaching class system based on cloud computing using smartphone technology. This development system consist of software application design based on Android smartphone, cloud computing using Eucalyptus and Web based application using Moodle.
The results obtained through three scenarios of evaluation which is followed by 31 of respondents. Functional evaluation indicates that menu and fitures in applications is running well. User Acceptance Test evaluation shows that 86% of respondents stated that this application is easy to use.
Performance evaluation indicates that increase of users when accessing BYOD teaching class system was not affecting cloud computing performance. However it was affecting the performance of virtual machine Web server. An increase of users causes of virtual machine web server performance decrease of 55% on high load conditions. With five users, the load server is 36 %. With fifteen users, the load of server is 42 %. With thirty one users, the load server is 45 %.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T32609
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>