Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2558 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Biafore, Bonnie
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009
658.404 BIA ot
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Gentri Adiningtyas
"Sudah menjadi hal yang wajar pada fase terakhir manajemen proyek, kemudian akan diserahkan pada tim operasional. Merupakan hal yang sangat penting dalam memastikan manajemen perubahan yang terintegrasi antara tim proyek dengan tim operasional berjalan baik. Karya Akhir ini mengupas bermacam faktor-faktor keberhasilan dalam implementasi manajemen proyek yang terintegrasi dengan Business as Usual (BaU). Penelitian dilaksanakan di sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang Fast-Mover Consumer Goods (FMCG) yang telah mengimplementasikan manajemen proyek terintegrasi dengan operasional BaU sebagai wujud manajemen pelayanan TI. Studi ini mengadopsi rancang bangun PMBOK dan ITIL, serta penelitian terdahulu, dan mendapatkan informasi data melalui wawancara dan survei perbandingan berpasangan. Kemudian data dianalisa dengan Analytic Hierarchy Process (AHP) guna mendapatkan peringkat faktor keberhasilan. Penelitian ini akan memperkaya literatur yang berkaitan dengan manajemen proyek dan pelayanan TI. Hasil dari penelitian, dapati tujuh faktor penting dalam implementasi manajemen proyek yang terintegrasi dengan BaU. Tiga peringkat teratas ialah komitmen dan keterlibatan karyawan yang tepat, dukungan top management, serta tujuan dan keuntungan perubahan terhadap bisnis. Namun, didapati juga beberapa aspek yang masih bisa dikembangkan oleh perusahaan agar mencapai hasil yang lebih maksimal.

At the last phase of an IT project, it will transfer to the operations team. It is critical to ensure the change management process integrated between project and operations is working smoothly. The study highlights success factors from implementing project management integrated with Business as Usual (BaU). This research is conducted on a multinational Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) company that has already implemented project management integrated with IT Service Management. The study adopts PMBOK and ITIL frameworks, previous studies, guided interviews, and pairwise comparison surveys. Then, data analysis was conducted using the Analytic Hierarchy Process (AHP) in order to get a list of ranking success factors. This research can enrich existing literature, especially regarding IT project management and service areas. The study concludes that implementing project management integrated with BaU has seven success factors. The top three success factors are employees’ commitment and involvement, top management support, goals, and benefits of change towards business. Still, the company can make some improvements to achieve better outcomes."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Elex Media Komputindo, 1996
005.756 5 LOC (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Cox, Joyce
"Shows how to use Microsoft Office 2007's programs Access, Excel, Outlook, PowerPoint, and Word, providing step-by-step instructions and screen images, and includes a CD-ROM containing files for practicing the book's lessons, a searchable electronic version of the book, and other resources."
Redmond, WA: Microsoft Press, 2007
005COXS001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Hinkle, Deborah A.
New York: Glencoe McGraw-Hill, 1998
005.5 HIN w
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Redmond: Microsoft Press, 2007
005.5 STE
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Lientz, Bennet P.
San Diego: Academic Press , 2000
658.404 LIE b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Parikenan
"Saat ini kepuasan pelanggan bukan hanya dilihat dari sisi fungsionalitas sistem, namun dilihat juga dari sisi stabilitas dan kualitas produk perangkat lunak terhadap fault dan error pada sistem. Kualitas perangkat lunak juga dapat didefinisikan sebagai sekumpulan karakter dan fitur dari suatu perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berdasarkan konsep tersebut ditemukan bahwa kualitas suatu proyek dapat berhubungan dengan kualitas dari permintaan. pengguna. Oleh karena itu dibutuhkan manajemen perangkat lunak untuk mengelola teknologi, pengetahuan, dan kebutuhan pengguna terhadap perangkat lunak.

Penelitian ini mencoba untuk mengetahui tingkat kematangan manajemen proyek dan rekomendasi perbaikan yang dapat diterapkan di PT XYZ. Penelitian ini meggunakan framework CMMI-DEV sebagai pengukuran manajemen proyek yang menghasilkan nilai daru suatu level managemen proyek. Setelah itu didapat kesenjangan antara hasil penngukuran saat ini dengan level berikutnya. Untuk memberikan rekomendasi dilakukannya pemetaan terkait hasil pengukuran CMMI-DEV kepada model PMBOK, sehingga dapat memberikan rekomendasi yang diharapkan perusahaan.

Dari hasil penelitian ini didapat tingkat kematangan perusahaan masih pada tingkat 1. Penulis memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan pada tingkat kematangan 2 CMMI-DEV dan dipetakan dengan model PMBOK.


Nowadays customer satisfaction is not only looking for in terms of system functionality, but also in terms of stability and quality of software products against faults and errors in the system. Software quality can also be defined as a set of characters and features of a software that suits the needs of users. Based on this concept it is found that the quality of a project can be related to the quality of demand. the user. Therefore software management is needed to manage technology, knowledge, and user requirements for the software.

This study tries to determine the level of project management maturity and recommendations for improvement that can be applied at PT XYZ. This study uses the CMMI-DEV framework as a measurement of project management that generates value from a level of project management. After that, there is a gap between the results of the current measurement and the next level. To provide recommendations to do mapping related to measurement results of CMMI-DEV to the PMBOK model, so that it can provide recommendations expected by the company.

The result of this study is the company’s maturity level is still at level 1. The author provides recommendations for improvement based on the CMMI-DEV maturity level 2 and is mapped with the PMBOK model.

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Widyaningrum
"PT. Kreatif Dinamika Integrasi merupakan perusahaan yang menyediakan solusi industri, aplikasi bergerak dan solusi lainnya. Implementasi solusi yang telah disepakati oleh pelanggan memerlukan waktu pengerjaan yang berbeda-beda dalam suatu proyek. Tingkat keberhasilan proyek diukur dari kesesuaian batasan ruang lingkup, ketepatan waktu, sesuai anggaran, kualitas, sumber daya dan risiko yang disepakati. Perubahan lingkup dan permintaan perubahan yang tidak dikontrol menyebabkan proyek tidak selesai tepat waktu yang berdampak pada anggaran yang dikeluarkan dan mengganggu aliran kas dari perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang ada, penelitian ini diharapkan menghasilkan mekanisme kontrol terhadap lingkup dan perubahan pada proyek. Penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan adaptif. PMBOK digunakan untuk melakukan analisis pada mekanisme yang sudah ada sehingga ditemukan area-area yang dapat diperbaiki. Hasil dari analisa ditemukan bahwa perusahaan belum memiliki standar prosedur mengenai mekanisme manajemen lingkup dan mekanisme permintaan perubahan serta kurang maksimalnya proses pemantauan lingkup proyek, sehingga penulis membuat usulan model manajemen lingkup dan mekanisme permintaan perubahan berdasarkan kebutuhan dan masalah organisasi dengan melakukan kustomisasi dari praktik terbaik menjadi rekomendasi mekanisme manajemen lingkup perusahaan, selain itu peneliti juga melakukan usulan penggunaan tools untuk membantu memantau progres dari detail lingkup yang ada selama proyek.

PT Kreatif Dinamika Integrasi is a company that provides industrial solutions, mobile applications and other solutions. Implementation of the solution agreed upon by the customer requires different processing times for a project. The level of success of the project is measured by the suitability of the scope, time, budget, quality, resources and risks. Changes in scope that are not controlled cause the project is not completed on time which impact on the budget issued and disrupts cash flow from the company. Based on the existing problems, this research expected to produce a control mechanism for management scope. Research using qualitative methodology with adaptive approach. PMBOK 6th is used to analyze existing mechanisms so that areas that can be improved can be found. The results of the analysis found that the company does not yet have a standard procedure regarding the scope management mechanism and the change request mechanism and lack of monitoring scope project, so the authors make a proposed scope management model and the change request machanism based on the needs and problems of the organization by customizing the best practices into the recommendations of the company’s scope management mechanism. The author also proposes the use of tools to help monitor the progress of the detailed scope available during the project. 

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Suhanto
"

Keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan strategisnya tergantung dari banyak faktor, di antaranya adalah

manajemen portofolio proyek, terutama untuk organisasi yang bertipe proyek. PT XYZ sebagai salah satu
organisasi vendor pengembang perangkat lunak yang bertipe proyek, pada tahun 2018/2019 memiliki target profit
sebesar Rp 3 milyar, tetapi mengalami kerugian finansial sebesar Rp 9 milyar. Dalam karya akhir ini dianalisis
penyebab kerugian finansial PT XYZ yang terdiri atas permasalahan multidimensional dari tinjauan teori segitiga
strategis sistem informasi. Permasalahan manajemen portofolio proyek TI termasuk dalam dimensi strategi
organisasi dan terdiri atas komponen-komponen yang mengatur tata kelola proyek. Penelitian ini menggunakan
desain kualitatif dengan model manajemen portofolio proyek TI yang mengacu pada kerangka kerja Management
of Portfolios
(MoP) dari Axelos. Wawancara dilakukan terhadap lima pakar dengan spesifikasi sebanding sebagai
bahan masukan untuk melakukan perancangan. Setelah penelitian dilakukan, sebuah rancangan manajemen
portofolio proyek TI proyek yang cocok untuk PT XYZ bisa direkomendasikan yang meliputi dimensi: keselarasan
tujuan strategis, tata kelola, prinsip acuan, siklus hidup & proses, peran PMO, struktur organisasi, budaya
organisasi, dan
tools. Harapannya dengan menerapkan manajemen portofolio proyek TI proyek sesuai dengan
usulan solusi dari penelitian ini, PT XYZ diharapkan bisa mencapai target finansialnya.

 


The success of an organization in achieving its strategic objectives depends on many factors, including project

portfolio management (PPM). PT XYZ as one of the vendors of software development organization, in 2018/2019
had financial target of Rp 3 billion but suffered financial loss of Rp 9 billion. In this final paper, the analysis of
the causes of financial losses of PT XYZ consists of multidimensional problems from the review of information
systems strategic triangle theory. PPM issues are included in the dimension of organizational strategy. So, to solve
the root problems at PT XYZ, portfolio management needs to be designed in accordance with guidelines of
international best practices. This study uses a qualitative design with a PPM model that refers to Management of
Portfolios (MoP) from Axelos. Interviews have been conducted with five experts with reputable qualification.
After the research is done, a PPM design was proposed for PT XYZ that consist of the following dimensions:
strategic objective alignment, governance, principles, life cycle & processes, PMO role, organization structure,
organization culture, and tools. Hopefully, by implementing the project portfolio management in accordance with
the proposed solutions from this study, PT XYZ can achieve its financial targets.
 

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>