Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 116119 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Paulus Pool Aliandoe
"Peran periklanan dewasa ini yang semakin memegang kunci utama atau menjadi ujung tombak dalam penyanapaian informasi dan proses persuasi, khususnya dalam menunjang kegiatan pemasaran untuk memperkenalkan dan menawarkan sejumlah produk yang akan dilemparkan ke pasaran, menyebabkan lahirnya persaingan yang sangat ketat diantara berbagai biro atau perusahaan periklanan yang ada dan semakin menjamur. Namun biro atau perusahaan perildanan manakah yang mampu memberikan pelayanan secara profesional dalam cara kerjanya, maksudnya mampu menciptakan pesan-pesan iklan yang membangkitkan kesegaran, keunikan, atau menjadi jalan yang efektif dalam menginformasikan produk tanpa mengabaikan kaidah-kaidah etika yang berlaku, masih menjadi pertanyaan besar. Sehingga untuk menjawabnya dibutuhkan suatu evaluasi yang cermat. Begitupun penelitian dalam skripsi ini, dimaksudkan untuk menggambarkan dan menganalisa cara kerja dalam lingkup bagian kreatif di PT Citra Lintas Indonesia, khususnya menyangkut proses pengembangan pesan perildanannya, melalui penciptaan sebuah naskah perencanaan kreatif atau copy platform sebagai rencana kerja atau checklist untuk menuntun pengolahan pesan iklan produk obat Gelusil II. Sekaligus sebagai sasaran penelitian dan membatasi daerah penelitian. Data-data yang diperoleh digunakan untuk mendeskripsikan penyusunan isi copy platform ini yang terdiri dari elemen per elemen yang sating berkaitan erat di dalamnya, kemudian data-data tersebut diolah dengan jalan mengkajinya secara praktis, disesuaikan dengan strategi-strategi tepat yang telah direkomendasikan dalam teori Komunikasi Pemasaran dan FCB Planning Model, serta Ketentuan Etika yang berlaku sebagai alat analisisnya atau irtdikator yang mengukur ketepatan penyusunan atau penciptaan copy platform bersangkutan. Sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dan tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui jalan wawancara menclalam, Focus Group Disscussion (FGD), serta studi kepustakaan. Setelah dilakukan suatu penelitian dan evaluasi, ternyata hasil-hasil atau temuan-temuan yang diperoleh adalah ada segi atau elemen dalam copy platform iklan Gelusil II ini yang masih menyimpang dari alat analisis di atas. Disamping ada segi atau elemen lain yang memang telah sesuai. Jadi dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan pesan periklanan dalam menyusun sebuah copy platform untuk menciptakan iklan produk obat Gelusil II oleh PT Citra Lintas Indonesia belum sepenuhnya tepat. Sehingga perlu diadakan beberapa perbaikan untuk menyempurnakannya."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996
S4183
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Kusmardiani Kosim
"Mengiklankan sebuah produk obat adalah pekerjaan yang memerlukan perhatian lebih. Produsen dan biro iklan harus menciptakan pesan yang menarik, informatif dan tidak menyesatkan. Iklan dengan informasi yang tidak jelas sangat mungkin menimbulkan salah persepsi yang kemudian bisa saja berdampak lebih besar bagi masyarakat. Mengingat pentingnya kesehatan manusia membuat beberapa institusi memperhatikan produk-produk yang diiklankan lewat media secara lebih khusus.
Ada beberapa produk obat baru yang saat ini digolongkan sebagai produk obat tradisional yakni Fitofarmaka. Produk-produk ini sudah dibuat, dipasarkan dan diiklankan di media di mana beberapa di antaranya menciptakan kontroversi. Permasalahan yang dimunculkan dari iklan-iklan tersebut adalah anggapan menyesatkan atau tidak etis.
Untuk mengetahui faktor-faktor yang memegang peranan penting dalam penentuan iklan, penelitian ini menggunakan model hirarki dari Shoemaker & Reese. Kondisi realitas masyarakat Indonesia dan karakterisitik iklan juga menjadi kajian utama yang dilihat untuk memahami penyebab timbulnya ketidaksesuaian antara iklan dengan masyarakat luas.
Ada beberapa institusi terlibat dalam proses pembuatan ikian. Dalam kasus ini, peranan mereka sangat penting sebagai penilai dan penyensor. Keberadaan mereka adalah untuk melindungi masyarakat di antaranya dari kesalahan informasi. Bagaimanapun, mereka belum berhasil mengurangi kontroversi dari iklan-iklan yang ditonton masyarakat dan hal ini terjadi karena kurangnya koordinasi antara mereka semua.
Pada akhirnya bagaimana pun kreativitas, perlindungan konsumen dan juga masalah komersial merupakan hal-hal yang harus dipertahankan dalam setiap iklan. Untuk itulah sangat diperlukan koordinasi secara memadai antara seluruh komponen dalam sistem ini demi sebuah titik temu agar kepentingan seluruh pihak terlindungi.

Deciding TV Commercial Process: Describing the Roles of Related Elements in Traditional Medical AdvertisingAdvertising a medical product is a delicate work. Producers and advertising agencies should create a message which is attractive, informative and yet, not misleading. Advertising with vague information on the media could create misperception, which later could cause a greater impact in the society. Owing to the importance of people's well being, some institutions give special attention to the medical products advertised in the media.
Some manufacturers of medical products produce some new traditional medicine which can be put in the category of Fitofarmaka. Several products from this category have been manufactured, marketed, and advertised in the media. However, some media campaign has created controversy. This controversy happens because the messages seem to be misleading or unethical.
To look the factors that play important roles in creating a commercial, this research used the Shoemaker & Reese's hierarchical of model. The reality of Indonesian people and commercial's characters are also the main concern to understand the reasons for this controversy. Some institutions are involved in the process of creating a commercial message. In the case of Fitofarrnaka products, these institutions play important roles as filters. Their existence is meant to protect the public from being misinformed. However, the institutions involved have not succeeded in reducing controversial commercials that people see on TV and this happens because of the lack of coordination among them.
Creativity, consumer protection and commercial values should somehow be maintained in every commercial. To realize this, the institutions involved in the process of creating a commercial break should have strong coordination among them. Hence, the misperception of message by consumers could be minimized and people become better informed about the product being advertised."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
T 3844
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4933
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Pattikawa, Grace Rubeka Yuliana
"Laporan magang ini mengevaluasi proses pengembangan sistem yang dilakukan oleh PT PFO untuk PT MNO. PT MNO merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolahan air bersih. Hasil dari evaluasi proses pengembangan sistem yang dilakukan oleh PT PFO, secara umum telah sesuai dengan pendekatan waterfall[reviu1] , akan tetapi PT PFO belum menggunakan alat bantu seperti REA Model data dan Diagram E-R dalam proses membuat data modeling. Selain itu, laporan magang ini juga akan membahas mengenai hasil refleksi diri dari penulis selama menjalani masa magang.

In this internship report, the system development process that PT PFO carried out for PT MNO is discussed and evaluated. PT MNO is A company that processes dirty water to clean water. The results of the evaluation of the system development process at PT PFO generally follow the waterfall approach, but PT PFO did not use tools like REA data models and E-R diagrams while developing data modeling. The results of the author's self-reflection during her internship at PT PFO will also be covered in this internship report."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
S4800
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996
R 659.1 Kam
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jefkins, Frank William
Jakarta: Erlangga , 1996
659.1 JEF p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Oktaria Putri
"Penelitian ini membahas tentang pemaknaan pengguna media sosial saat menyaksikan iklan naratif secara vertikal. Studi ini bertujuan untuk memahami pengalaman pengguna yang memiliki latar belakang pada bidang periklanan dan kreatif dalam memahami pesan Film X & Y di TikTok. Film pendek vertikal tersebut menjadi pengalaman baru dan unik karena pada awalnya pengguna terbiasa menyaksikan video narasi melalui format horizontal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam kepada empat orang informan yang berusia 20-23 tahun. Studi ini menemukan bahwa pengguna dapat mengelaborasi iklan naratif dari pesan implisit, orientasi gambar sinematik, kualitas akting, latar musik, serta potensi film vertikal di masa depan. Studi selanjutnya dapat menjelaskan pengguna media sosial yang mempunyai beragam latar belakang, minat, dan rentang umur untuk melihat pemaknaan khalayak terhadap iklan naratif vertikal lebih luas.

This research examines social media users’ understanding of watching vertical narrative advertising. The study aims to acknowledge users’ experience who have advertising and creative background in understanding messages of Film X & Y on TikTok. The vertical short film encouraged new and unique experiences in terms of users’ habit of watching narrative video in horizontal format. This study uses a qualitative approach with in-depth interviews with four participants aged 20-23 years old. The research shows that social media users can elaborate on vertical narrative advertising based on its implicit message cognitively, cinematic orientation, acting performance, soundtrack, and the future of vertical web series. Future research could explain social media users’ who have various background, interest, and age range to examine the audiences broaden understanding of watching vertical narrative advertising.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi terhadap proses pengembangan organisasi dan pembuatan alur pelaporan pada PT ABY, yang bergerak dalam industri fast moving consumer goods (FMCG) di Indonesia. Untuk proses pengembangan organisasi, evaluasi dilakukan dengan membandingkan tahapan yang dilakukan oleh PT ABY dengan teori organization development process. Sedangkan untuk pembuatan alur pelaporan, evaluasi dilakukan dengan membandingkan tahapan yang dilakukan oleh PT ABY dengan teori tahapan pembuatan flowcharts dan penggunaan simbol yang digagas oleh Romney. Lingkup pembahasan mencakup mulai dari bagaimana PT ABY menjalankan tahapan yang ada di dalam teori organization development process yaitu mulai dari entering into an organizational development relationship, diagnosing organizations, collecting and analyzing diagnostic information, designing interventions, hingga institutionalizing organization development interventions. Selain itu pembahasan juga mencakup evaluasi penggunaan 4 kategori simbol dalam flowchart yaitu, input/output symbols, processing symbols, storage symbols, dan flow and miscellaneous symbols beserta tahapan pembuatan flowchart yang seharusnya dilakukan. Berdasarkan evaluasi, meskipun PT ABY telah menjalankan mayoritas dari aktivitas dan langkah-langkah yang ada pada kedua teori, terdapat beberapa hal yang harus ditingkatkan oleh PT ABY dengan tujuan berhasilnya proses pengembangan organisasi dan pembuatan alur pelaporan yang mereka lakukan. Oleh karena itu, terdapat serangkaian rekomendasi yang telah dirumuskan penulis agar dapat dijadikan pertimbangan oleh PT ABY dengan tujuan keberhasilan proses pengembangan organisasi dan pembuatan alur pelaporan yang mereka lakukan.

This internship report discusses the evaluation of the organizational development process and reporting flow at PT ABY, which is engaged in the fast moving consumer goods (FMCG) industry in Indonesia. For the organizational development process, the evaluation is carried out by comparing the stages carried out by PT ABY with the theory of the organization development process. As for the reporting flow, the evaluation is carried out by comparing the stages carried out by PT ABY with the theory of the stages of making flowcharts and the use of symbols initiated by Romney. The scope of the discussion covers starting from how PT ABY carries out the stages in the theory of the organization development process, starting from entering into an organizational development relationship, diagnosing organizations, collecting and analyzing diagnostic information, designing interventions, to institutionalizing organization development interventions. In addition, the discussion also includes an evaluation of the use of 4 categories of symbols in the flowchart, namely, input/output symbols, processing symbols, storage symbols, and flow and miscellaneous symbols along with the stages of making a flowchart that should be carried out. Based on the evaluation, although PT ABY has carried out the majority of the activities and steps contained in both theories, there are several things that must be improved by PT ABY with the aim of making the organizational development process and reporting flow successful. Therefore, there are a series of recommendations that have been formulated by the author so that PT ABY can consider it with the aim of succeeding in the organizational development process and making the reporting flow that they do."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>