Ditemukan 113789 dokumen yang sesuai dengan query
Martin, George H.
New York: McGraw-Hill, 1982
621.811 MAR k
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Martin, George
Jakarta: Erlangga, 1982
621.811 Mot k
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Martin, George H.
Jakarta: Erlangga, 1992
621.811 MAR kt
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Martin, George H.
Jakarta: Erlangga, 1985
621.811 MAR kt
Buku Teks Universitas Indonesia Library
621.811 Mar k
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Putu Prama Widhiasmara
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S37727
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
TA3027
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Nadya Ansharah Rammon
"
ABSTRACTRancangan Roda Pendarat Pesawat Komuter ini dikembangkan dari model sebelumnya dengan tujuan membawa penumpang yang lebih banyak. Beban total dari pesawat akan bertambah seiring bertambahnya kapasitas penumpang. Dengan beragamnya landasan terbang yang ada di Indonesia, maka diperlukan performa roda pendarat yang cukup baik untuk pendaratan di landasan beraspal dan tidak beraspal. Dalam tugas akhir ini, performa rancangan roda pendarat dianalisa melalui metode kinematika dan dinamika, hal yang menjadi perhatian adalah kemampuan shock absorber roda pendarat, dan aktuator penggerak mekanisme ekstensi dan retraksi. Dari hasil analisa, disimpulkan bahwa rancangan roda pendarat mampu mendarat pada landasan beraspal dan tak beraspal dengan pertambahan ukuran shock absorber dan akutator.
ABSTRACTLanding Gear Design of this commuter aircraft was developed from its previous model, with the aim of carrying more passengers. The total load of the aircraft will increase as passenger capacity increases. With a variety of runways in Indonesia, it is necessary to have a good landing gear performance for landing on a paved and non-paved runway. In this final project, the performance of landing gear design is analyzed through kinematics and dynamics methods, the concern is the ability of the landing gear shock absorber, and the actuator drive extension mechanism and retraction. The analyze conclude, the landing gear design was capable during landing on paved and unpaved runway, with an increase of the shock absorber and actuator design."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sutarto
"Simulasi dinamika aliran multifase telah dilakukan untuk sistem gelembung udara tunggal di dalam air, butiran air jatuh di permukaan air, dan kolom gelembung. Untuk mengklarifikasi hasil simulasi, eksperimen gelembung udara tunggal di dalam air dilakukan dengan menggunakan sensor Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT) 4D. Simulasi gelembung tunggal dan butiran air jatuh dilakukan dengan persamaan Navier-Stokes. Metode medan fase digunakan untuk melakukan penjejakan lapisan antar muka gelembung udara-air dan butiran air-udara. Metode medan fase kurang stabil dalam memodelkan lapisan antar muka gelembung udara di dalam air. Selain hilangnya massa fase, persamaan medan fase juga tidak dapat mengendalikan deformasi gelembung udara sehingga menghasilkan evolusi gelembung yang tidak alamiah. Dengan menambahkan viskositas efektif udara, kehilangan massa dapat diminimalisir menjadi 0,15% sedangkan deformasi gelembung udara sangat teratur dan sesuai dengan data eksperimen. Dengan menggunakan besaran-besaran fisis standar, metode medan fase ternyata menunjukkan performa yang baik ketika digunakan untuk memodelkan butiran air jatuh di permukaan air. Ketidak-stabilan yang muncul pada pemodelan gelembung udara di dalam air dipengaruhi oleh faktor lapisan antar muka dan gaya tegang permukaan yang bekerja padanya. Model turbulen k? digunakan untuk mensimulasikan aliran gelembung pada kolom gelembung. Hasil simulasi menunjukkan munculnya sirkulasi air dan aliran gelembung yang koheren. Hasil simulasi menunjukkan kesesuaian dengan data eksperimen yang diambil menggunakan sensor ECVT 4D.
A Series of transient simulations for multiphase flow system had been done for a single bubble rising through stagnant water, a single water droplet falling down to a liquid, and in bubble column reactor. Experimental studies also performed to clarify the simulation results using Electrical 4D Capacitance Volume Tomography (ECVT) with 16 Electrodes. Navier-Stokes was employed to simulate the single bubble rising and water droplet system. Phase field model is used to track the interface of the two phases but the bubble shape's deformation shows unnatural behavior indicating that the phase field method could not hold the bubble-water interface. Moreover, the phase field method could not prevent the mass loss of the gas phase in quite significant amount. Different series of simulations had been done to clarify the problem by adding the so-called effective bubble's viscosity constant. 4D ECVT experimental result shows good agreement with the simulations results. The unnatural behavior of the bubble rising maybe caused by an interface controlling parameter and the surface tension which is directly connected to the surface tension coefficient. In water droplet system, using standard physical properties of air and water, the phase field method shows an excellent performance. It is also found that water droplet system has laminar behavior rather than turbulence. Transient simulation for the bubble column using k? turbulence model revealed water circulation and coherent bubble plume flows. Qualitatively, the simulations of the bubble column had shown well agreement with experimental data."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010
T28821
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Revi Winarni
"Permasalahan dinamo kinematika ialah permasalahan untuk menyelesaikan persamaan induksi dimana suatu aliran v diberikan dan persamaan induksi diselesaikan untuk medan magnet B Untuk suatu aliran v diberikan ingin mengetahui apakah medan magnet B terus berkembang atau meluruh saat waktu menuju tak hingga Hasil ini akan digunakan untuk memprediksi mekanisme yang membangkitkan medan magnet bumi Secara umum persamaan induksi diselesaikan menggunakan metode numerik Dalam skripsi ini dibahas beberapa metode numerik yang digunakan dalam menyelesaikan persamaan induksi dan mengimplementasikan penyelesaian numerik terhadap permasalahan dinamo kinematika dengan aliran Dudley James serta aliran Bullard Gellman.
The kinematic dynamo problem is a problem to solve induction equation where a flow v is specified and induction equation is solved for the magnetic field B For a given flow v it will show whether magnetic field B is growing or decaying as time goes to infinity This result will be used to predict earth's magnetic field generating mechanism In general induction equation is solved using numerical method This skripsi explains some numerical methods used to solve induction equation and implementations of numerical solution of the kinematic dynamo problem using Dudley James flow and also Bullard Gellman flow "
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2013
S52731
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library