Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 131528 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Seperti diketahui bahwa keberadaan keluarga merupakan dukungan yang sangat berarti
bagi setiap individu, termasuk dalam hal pencapaian prestasi belajar. Tujuan dari
penelitian ini adalah mengotahui adanya hubungan antara keberadaan keluarga dengan
prestasi belajar mahasiswa Program Ekstensi angkatan 2004 di Fakultas Ilmu
Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI). Responden pada penelitian ini berjurnlah
133 orang yang terdiri dari 65 mahasiswa Program Ekstensi Pagi dan 68 mahasiswa
Program Ekstensi sore. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi
dengan alat ukur kuisioner dan daftar nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) selama
semester I dan II dari mahasiswa Program Ekstensi angkatan 2004 FIK UI. Analisis data
yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan Chi-square unruk menganalisis
hubungan antara variabel. Hasil penelitian ini menyimpulkan ada hubungan yang
bormakna antara keberadaan keluarga dan prestasi belajar mahasiswa Program Ekstensi
angkatan 2004 FIK-UI (0,01

agar setiap individu sebagai anggota keluarga dan keluarga pada umumnya Iebih
mengoptimalkan pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga sebagai wujud dukungan positif
bagi perkembangan setiap anggota keluarganya."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5507
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"lndeks prestasi mahsiswa FIK-UI Program Ekstensi Pagi 2004 pada semester Il 79%
mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan cara dan
kesiapan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Ekstensi FIK-UI, 2005. Penelitian
ini dilakukan di kampus FIK-UI dengan jumlah responden 61 orang. Desain penelitian
yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu
kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi, distribusi proporsi,
dan uji chi-kuadrat untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini
menyimpulkan tidak ada hubungan bermakna antara cara belajar dengan prestasi belajar
(p value 0,062; a = 0,05). Tidak ada hubungan yang bermakna antara kesiapan belajar
dengan prestasi belajar (p value 2,07; a = 0,05). Penelitian ini merekomendasikan pada
mahasiswa untuk lebih mengenali karakteristik cara belajar yang dimiliki secara benar
dan meningkatkan belajar agar diperoleh prestasi belajar yang maksimal."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005
TA5459
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5509
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmi Amalia
"Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor ekstemal. Salah satu faktor eksternal yang memengaruhi adalah fungsi afektif keIuarga. Pada mahasiswa asal daerah, kemungkinan besar mereka mengalami hambatan-hambatan dalam pemenuhan fungsi afektif keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fungsi afektif keluarga dengan prestasi belajar pada mahasiswa reguler FIK Ul asaI daerah. Penelitian ini melibatkan 70 responden dengan teknik stratified random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif.
Hasil penelitian menunjukkan 30 responden (47,6%) memiliki fungsi afektif keluarga yang adekuat dengan IPK sangat memuaskan. Sementara 33 responden (52,4%) dengan fungsi afektif keluarga yang tidak adekuat juga memperoleh IPK yang sangat memuaskan, sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan koIerasi antara fungsi afektif keIuarga dengan prestasi belajar (p value = 0,467 ; α = 0,05).

Learning achievement is influenced by two factors, namely factors internal and external factors. One of the external factors that influence is a function family Affective. In the student from country side, most likely they experienced barriers in the fulfillment function family affective. This study aims to determine the relationship between family function affective with student achievement in the regular study FIX UI comes from country side. This study involved 70 respondents with a stratified random sampling technique. Descriptive correlative design usedin this research.
Research shows 30 respondents (47.6%) have a family affective function correlative with IPK adequate and have a very satisfactory IPK. While for 33 respondents (52.4%) with the families affective function who do not adequate also obtain a very satisfactory GPA, so that there can be no the relationship between family function affective with learning achievement (p value = 0.467, α = 0.05).
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5770
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Manik, Febryani Dwilista
"Fungsi afektif keluarga berupa dukungan dan kasih sayang dapat mendukung gaya belajar mahasiswa. Gaya belajar yang dibahas dalam penelitian ini meliputi visual (belajar melalui apa yang dilihat), auditorial (belajar melalui apa yang didengar) dan kinesterik (belajar melalui gerak dan sentuhan). Peneiitian ini merupakan penelitian korelatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pola/gaya belajar dengan fungsi afektif keluarga dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah 96 mahasiswa regular angkatan 2008 FIK UI. Teknik sampling yang digunakan adalah random sederhana. Diperoleh bahwa fungsi afektif keluarga untuk mendukung gaya belajar mahasiswa adekuat pada 55 orang mahasiswa dan 41 orang mahasiswa tidak adekuat.
Dari penelitian disimpulkan tidak ada hubungan pola belajar dengan fungsi afektif keluarga pada mahasiswa reguler angkatan 2008 (p = 0,145). Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dan keluarga terkait gaya belajar. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah memperluas area penelitian.

The form of family affection function are support and affection. It can support the learning style of student Learning style which is discussed in this research are visual leaming, auditorial learning and kinestetik Ieaming. This research was a correlative researched and used cross sectional design which has a purpose to know relation between learning style and family affection function of student in Faculty of Nursing University of Indonesia 2008. The sample in this research was 96 student in Faculty of Nursing University of Indonesia 2008. Sampling technique which is used in this research was simple nandom. The result is that family affection function to support the student?s learning style student is adekuat of 55 student and 41 student do not adekuat.
The conclusion from this research, there was not a relation between learning style and family affection function of student in Faculty of Nursing University of Indonesia 2008 (p=0,145). The result from this research can be used for give knowledge to student in college and family from learning style. Recommend for next researcher research area become wider.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5872
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ruby Larasaty
"ABSTRAK
Tingkat stres pada mahasiswa dapat mempengaruhi kualitas tidur dan mempengaruhi munculnya
gangguan tidur seperti sleep paralysis. Penelitian ini membahas mengenai hubungan tingkat stres
dengan kejadian sleep paralysis pada mahasiswa FIK UI Angkatan 2008. Penelitian menggunakan
desain deskriptif korelatif. Sampel berjumlah 107 mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas
Indonesia angkatan 2008. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Responden
mengisi kuesioner berupa data demografi, 18 pernyataan yang merujuk kepada Depression Anxiety Stress
Scales (DASS), dan 8 pernyataan mengenai sleep paralysis yang disusun peneliti berdasarkan penelitian
Cheyne et al (1999). Melalui hasil analisis chi square menunjukkan terdapat hubungan antara tingkat stres
dengan kejadian sleep paralysis. Faktor yang mempengaruhi timbulnya kejadian sleep paralysis adalah
tingkat stres pada individu (p value 0,015; α 0,05). Hasil menunjukan mahasiswa dengan tingkat stres
sedang dan mengalami sleep paralysis (95,2%); mahasiswa dengan tingkat stres tinggi dan mengalami
sleep paralysis (95,2%); dan mahasiswa dengan tingkat stres ringan dan mengalami sleep paralysis
(78,66%). Saran bagi penelitian selanjutnya adalah memperluas topik penelitian seperti meneliti
perbedaan jenis halusinasi tiap budaya di Indonesia serta menggunakan teknik pengambilan data total
sampling sehingga terlihat gambaran kejadian secara keseluruhan dalam suatu populasi.

ABSTRACT
This study used descriptive correlative design which aimed to identify the relationship between
stress levels and the incidence of sleep paralysis. This research was using sample amounted 107
students come from Faculty of Nursing University of Indonesia. Researcher also used accidental
sampling. Respondents were given questionnaires which was consists of 3 statements about
demographic data, 18 statements about the level of stress which was refers to the Depression
Anxiety Stress Scales (DASS), and 8 statement of sleep paralysis which was composed by
researchers based on research from Cheyne et al (1999). The result showed there was bound
relationship between stress levels and the incidence of sleep paralysis (p value 0.015; α 0,05).
Results showed students with moderate levels of stress experienced sleep paralysis (95.2%);
students with high stress levels and experienced sleep paralysis (95.2%); and students with mild
stress levels and experienced sleep paralysis (78,66%). Researcher suggests for next research to
extend topic area (such as identifying different types of hallucinations in each region in all over
Indonesia). Researcher also suggests for using total sampling because it will probably describe
whole population."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43113
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Angelina Roida Eka
"Mahasiswa keperawatan mengalami kecemasan saat melakukan praktik klinik. Kecemasan tersebut terjadi karena mereka bersentuhan langsung dengan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat kecemasan dengan tingkat keberhasilan saat melakukan intervensi memberikan obat melalui infus. Penelitian ini dilakukan kepada 40 orang mahasiswa yang tengah melaksanakan mata ajar Praktik Keperawatan Dewasa di rumah sakit pada bulan Mei 2012. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang memuat 15 pertanyaan tentang kecemasan dan 13 pertanyaan tentang keberhasilan.
Dari penelitian didapat bahwa mahasiswa yang mengalami kecemasan ringan sebanyak 92,5 %, mahasiwa yang mengalami kecemasan sedang sebanyak 7,5% dan tidak ada mahasiswa yang mengalami kecemasan berat. Pada mahasiswa yang mengalami kecemasan ringan, sekitar 97,5% berhasil melakukan intervensi dan 2,5% tidak berhasil melakukan intervensi. Sedangkan 100% mahasiswa yang mengalami kecemasan sedang berhasil melakukan intervensi memberikan obat melalui infus.
Hasil uji korelasi Chi Square didapat bahwa tidak ada hubungan antara tingkat kecemasan dengan tingkat keberhasilan memberikan obat pada mahasiswa mata ajar PKD FIK UI angkatan 2010 (pvalue = 1,00, nilai α = 0,05). Untuk penelitian selanjutnya meneliti intervensi yang lebih kompleks.

Nursing students frequently experience anxiety during clinical practices. The anxiety happened because for the first time they taking care of patients directly. The aim of this research is to observe the influence of nursing students? anxiety to the success of clinic intervention in the process of injecting the medicine via infuse. This research is done on 40 nursing students who are performing the subject of Adult Nursing Practice Profession at hospitals on May 2012. The researcher uses correlative descriptive method. The data are collected from questionnaire consists of 15 on anxiety and 13 question on the success of giving medicine via infuse.
Researcher found that there were 92,5 % students who experiencing mild anxiety, 7,5% students experienced moderate anxiety and no one experienced severe anxiety. The result described that 97,5% of the students experiencing mild anxiety did the intervention successfully, and 2,5% of the students failed, meanwhile all the students experiencing moderate anxiety did the intervention successfully.
The result shows that there is no relation between anxiety level and the success of intervention in injecting medicine via infuse tube. (pvalue = 1,00 and α = 0,05). For future research study could include more difficult intervention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S42018
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gracia Lestari T.
"Setiap jenjang usia memiliki tahap perkembangan masing-masing. Mahasiswa FIK UI reguler 2003 berada pada tahap perkembangan dewasa muda. Salah satu dari tugas pekembangan yang seorang dewasa muda penuhi untuk memenuhi tugas perkembangan merencanakan karir. Merencanakan karir adalah sebuah proses dimana seorang individu menetapkan tujuan-tujuan karir dan mengetahui bagaimana mencapainya. Fokus utama dari perencanaan karir harus disesuaikan oleh tujuan pribadi seorang individu dan kesempatan yang tersedia. Abraham Maslow dalam teori hirarki kebutuhannya rnenyatakan jika seseorang memilki kebutuhan maka akan muncul dalam dirinya sebuah dorongan untuk melakukan sesuatu demi mencapai hal tersebut. Dorongan itu disebut motivasi. Untuk mendapatkan sebuah karir yang baik tentunya seseorang harus membuat perencanaan karir yang baik. Salah satu persiapan yang baik adalah dengan mendapatkan komptensi dan kapabilitas yang baik yang dibutuhkan pada lapangan karir yang diinginkan.
Untuk mencapai kompetensi tersebut maka seseorang harus mempcrsiapkan diri dengan baik secara kognitii psikomotor afektif dan lain sebagainya. Melalui penelitian yang menggunakan desain kolerasi ini peneliti mencoba mencari hubungan antara merencanakan karir sebagai seorang perawat dengan motivasi belajar mahasiswa FIK Ul reguler 2003. Dengan menggunakan rumus chi-square peneliti menganalisis data dan mendapatkan hasil nilai P sebesar 0,172 sedangkan nilai a 0,05. Sehingga penelitian ini tidak berhasil membuktikan bahwa ada hubungan yang hermakna antara merencanakan karir dengan motivasi belajar mahasiswa. Hal tersebut disebabkan oleh banyak Faktor antara lain ternyata memang ada banyak mahasiswa keperawatan yang ternyata tidak merencanakan karir sebagai seorang perawat dan juga informasi yang kurang mengenai profesi keperawatan."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5301
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aisyah Azzahra
"Pengetahuan dan penerapan prinsip-prinsip mekanika tubuh selama asuhan keperawatan sangat penting untuk menghindari cedera ergonomi selama bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap mahasiswa keperawatan dalam menerapkan prinsip mekanika tubuh selama asuhan keperawatan. Penelitian ini melibatkan 101 orang mahasiswa profesi ners menggunakan desain cross sectional dengan teknik stratified random sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan masih banyak mahasiswa profesi ners yang memiliki pengetahuan kurang tentang prinsip mekanika tubuh (86,1%). Walaupun demikian sikap terhadap penerapan mekanika tubuh mayoritas positif (50,1%). Penelitian ini juga menunjukan terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap dalam menerapkan prinsip mekanika tubuh pada mahasiswa profesi ners FIK UI angkatan 2015 (p value = 0,001). Penelitian lebih jauh tentang penerapan prinsip mekanika tubuh perawat dibutuhkan untuk penelitian berikutnya.

Knowledge and application the principles of body mechanics for nurses is essential to avoid ergonomic injured. The aim of this research is to determine the relationship between knowledge and attitude of nursing students in applying the principles of body mechanics during nursing care. This research involved 101 clinical nursing student of Universitas Indonesia class of 2015 using cross sectional design with stratified random sampling technique.
These results indicate there are many clinical nurse students who have poor knowledge about the principles of body mechanics (86,1%). The attitude towards the application of body mechanics is positive (50,5%). This result also indicates that there is a significant relationship between knowledge and attitude in applying the principles of body mechanics in clinical nursing student (p value = 0,001). Any further research on the application of body mechanics principles in nursing is needed.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
S64662
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nicky Anelia
"Pendidikan profesi merupakan proses yang harus dilalui mahasiswa keperawatan untuk menjadi seorang perawat profesional. Selama menjalani masa ini mahasiswa dapat mengalami berbagai kesulitan yang dapat memicu munculnya stres. Respon terhadap stres dikenal dengan mekanisme koping. Setiap individu memiliki mekanisme koping yang bervariasi tergantung pada tingkat stres dan kondisi yang dialami.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan mekanisme koping pada mahasiswa reguler program profesi ners FIK UI tahun akademik 2011/2012. Desain dalam penelitian ini adalah deskriptif korelatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat stres dengan mekanisme koping. Penelitian ini memberikan gambaran kepada institusi pendidikan keperawatan, FIK UI, untuk dapat memperhatikan pelaksanaan pendidikan profesi ners serta memperkenalkan dan mengakrabkan mahasiswa dengan lingkungan klinik sebelum melakukan praktik klinik.

Professional education is a process that nursing students have to pass in order to become a professional nurse. During this time nursing students may find out many difficulties which trigger stress. Response to stress is known as coping mechanism. Each individual has a various coping mechanism that depends on the level of stress and conditions experienced.
The aim of this study was to determine the relationship between the level of stress with the coping mechanism on regular students of nurses profession program at FIK UI academic year 2011/2012. The design in this research was descriptive correlative. Sample was taken with total sampling. Number of sample in this study is 86 people.
The results showed that there is a relationship between the level of stress with coping mechanism. This study gave overview to the nursing education institutions, FIK UI, to give more attention to the implementation of professional education nurses, introduce and familiarize students with the clinical environment before they do clinical practice.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43722
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>