"Selama tahun 2004, tayangan reality show ajang pencarian bakat telah menjadi tren dan
menempati rating tertinggi slot acara pertelevisian Indonesia. Berdasarkan fenomena
tersebut, peneliti terdorong untuk mengetahui pengaruh tayangan reality show berjenis
pencarian bakat terhadap identitas diri remaja perkotaan. Tujuannya adalah untuk
mengidentifikasi sikap remaja yang terpapar tayangan tersebut sehingga dapat diketahui
kualitas identitas diri mereka, dan mengidentifikasi mekanisme koping yang biasa dipakai
kelompok remaja tersebut Desain penelitian menggunakan jens korelasi sederhana.
Perhitungan sampel dilakukan terhadap 34 responden remaja dalam rentang usia 14 - 17
tahun di sekolah SL Maria Monika dengan menggunakan metode acak sederhana Data
diolah dengan uji statistic Chi Square. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh
atau hubungan antara menonton tayangan reality show ajang pencarian bakat terhadap
pembentukkan identitas diri remaja perkotaan."