Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 95685 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Saleh Iskandar
"Teknologi aplikasi berbasis web pada masa kini sudah semakin maju, tidak hanya mampu menampilkan format berbasis teks namun juga telah mendukung penggunaan file-file multimedia berupa audio, maupun video. Sehingga seharusnya tren dalam e-learning pun mengikuti perkembangan ini. Portal Elearning seharusnya menggunakan file-file multimedia termasuk videoconference, dimana antar pengajar dan pembelajar dapat bertatap muka secara realtime untuk menambah ketertarikan, dan juga pemahaman peserta didik pada pembelajaran jarak jauh melalui Internet. Salah satu sistem e-learning yang mempunyai fitur videoconference ini adalah Dokeos LMS 1.8.5.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa traffik yang dihasilkan oleh fitur videoconference tersebut. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan resolusi web camera yang bervariasi (0.3MP, 1.3MP, dan 2.0MP) pada sisi client.
Hasil penelitian menunjukan jika resolusi web camera yang digunakan client semakin besar maka traffik yang dihasilkan akan semakin besar, baik pada fitur virtual classroom maupun virtual meeting. Throughput pada virtual classroom maupun throughput virtual meeting adalah relatif sama jika menggunakan resolusi web camera yang sama. Paket data videoconference pada fitur virtual meeting lebih banyak yang mengalami delay daripada fitur virtual classroom, sehingga kualitas videoconference virtual classroom lebih baik. Namun besar delay videoconference kedua fitur tersebut (sekitar 40ms ) masih memenuhi rekomendasi G.114 ITU-T.

Web-based application technology today are more and more advanced, not only capable of displaying text-based format but also has supported the use of multimedia files such as audio, and video. So, The trend in e-learning should follows the development of web technology. E-learning portal should use multimedia files including videoconference in where between teachers and learners can look each other in real-time to add interest, and also increase students comprehension on distance learning via the Internet. One of the e-learning systems that have videoconference feature is Dokeos LMS 1.8.5.
This study aims to analyze the traffic that is produced by videoconference features on Dokeos. The approach used in this research is to use web camera vary in resolution (0.3MP, 1.3MP, dan 2.0MP) on the client side.
The research shows that the greater web-resolution camera that is used at the client side, the greater traffic will be produced. Throughput on virtual classroom feature and throughput from virtual meeting feature is relatively same if web camera resolution that is used is same. There are many packet data of virtual meeting that experience more delay than virtual classroom packet data, so that the quality of service from virtual classroom feature is better than virtual meeting. But both of videoconference features has delay (about 40ms) that still meet the ITU-T G.114 recommendation.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51379
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lindenberg, Stacy
"Contents :
- The benefits of an LMS
- Selecting the right LMS
- Narowing the vendor selection
- Implementing and migrating the new LMS
- A good LMS eases the learning process
- References & resources
- Job aid: LMS requirements checklist"
Alexandria, Virginia: American Society for Training & Development, 2012
e20442073
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Benny Syahputra Pratama
"Perkembangan di bidang komunikasi dan informasi dewasa ini mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali ?Pendidikan?. Perkembangan tersebut dapat dilihat terutama dengan dikenalkannya internet yang memberi pengaruh kuat terhadap cara pembelajaran. Electronic Learning atau biasa disebut juga e-learning, merupakan sistem pembelajaran yang mengubah cara belajar konvensional yang telah dikenal sebelumnya.
Penelitian ini merupakan implementasi dan pengembangan konten multimedia interaktif dari sistem e-learning, dengan segala kemudahan dan fleksibilitasnya, yang diterapkan pada model pendidikan di pesantren. Konten-konten tersebut meliputi Al-Qur'an flash, audio Qur'an, dan hadits digital.
Selanjutnya konten-konten tersebut melalui serangkaian pengujian load testing dan usability testing, yang memberikan hasil bahwa untuk konten-konten hadits digital dan audio Qur'an 100% request dapat ditangani oleh server dan sesuai dengan acuan response time 10 detik. Namun untuk beberapa kasus, yaitu konten Al-Qur'an flash terdapat request error mulai 2.5% sampai 21.4%.

The evolution in communications and information currently affect many aspects of life, education is no exception. It can be seen especially with the introduction of internet that gives a strong influence on the ways of learning. Electronic learning changes the way of learning that has been known previously.
This research is a development and implementation of multimedia interactive based contents of e-learning system, like flash Qur'an, audio Qur'an, and digital hadits, which is applied to a pesantren. Furthermore, these contents through load and usability testing.
A satisfied result give by the contents of digital hadits and audio Qur'an, 100% request can be handled by the server which following the standard of 10 seconds response time. But for some cases, especially the content of Al-Qur'an flash, there are some requests errors between 2.5% until 21.4%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S67
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Yoga Mahendra
"Moodle merupakan sebuah open-source Learning and Course Management System yang sering digunakan sebagai media pembelajaran hybrid dan daring penuh pada berbagai jenjang pendidikan. Salah satu keunggulan Moodle adalah fitur kuis yang mendukung asynchronous submission. Sebuah infrastruktur real time stream processing dikembangkan oleh Murtito untuk melaksanakan kuis atau ujian secara daring pada Moodle. Infrastruktur tersebut memungkinkan pengawasan kuis atau ujian untuk dilakukan secara real time dengan memanfaatkan fitur asynchronous submission. Namun sayangnya, hasil evaluasi sistem tersebut menunjukkan bahwa infrastruktur tersebut terkendala oleh isu performa, yaitu failure rate yang tinggi. Di sisi lain, terdapat isu reliabilitas yang diduga memiliki keterkaitan dengan isu performa tersebut, sehingga menyebabkan nilai response time yang sangat tinggi. Penelitian ini mencoba untuk melakukan pengetesan, pemantauan performa, dan analisis terhadap infrastruktur untuk menemukan penyebab dari kedua isu tersebut. Setelahnya, penelitian ini mengusulkan rancangan serta implementasi solusi untuk menyelesaikan isu tersebut. Solusi ini juga dites, dipantau, dan dianalisis untuk kemudian dibandingkan dengan infrastruktur Murtito. Harapannya, solusi yang diusulkan pada penelitian ini mampu menyelesaikan isu yang ada di infrastruktur Murtito.

Moodle is an open-source Learning and Course Management System widely used as means of hybrid and fully online learning in different levels of education. One example of Moodle’s advantage is the Quiz feature which allows for asynchronous submission. Murtito developed a real time stream processing infrastructure to execute quizzes and exams online using Moodle. The infrastructure enables real time proctoring with the use of asynchronous submission. Unfortunately, the infrastructure system’s evaluation shows that the infrastructure is constricted by performance issue, that is high failure rate. On the other side, there is also reliability issue which is suspected as an contributing factor in the performance issue, which causes high response time. This research tries to test, monitor performance and conduct analysis on the infrastructure to identify the root cause of said issue. After that, this research will propose solution designs and implementations to solve the issues. This same solution will also be tested, monitored and analyzed the same way as Murtito’s infrastructure, then both results would be compared. This research hopes that the proposed solution would solve the issues that exists in Murtito’s infrastructure."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Pauliana
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S39120
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abel Ganindra
"Penelitian ini didasari oleh tampilan antarmuka aplikasi LMSKU sebagai platform edukasi keuangan yang masih memiliki sejumlah permasalahan dari segi usability. LMSKU merupakan learning management system (LMS) yang dimiliki oleh lembaga negara dan dirancang dengan tujuan untuk menyediakan edukasi keuangan untuk masyarakat Indonesia. Meskipun LMSKU memiliki kapabilitas yang cukup signifikan, platform ini masih menghadapi sejumlah permasalahan yang berkaitan dengan usability. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kegunaan usability LMSKU dan memberikan rekomendasi perbaikan antarmuka dengan tujuan meningkatkan usability aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode user-centered design dengan dua iterasi yang masing-masing menghasilkan desain high-fidelity. Berdasarkan kuesioner daring (n = 65) dan wawancara, baik daring maupun luring (n = 19), terdapat 42 kelompok masalah usability yang dipetakan sesuai dengan prinsip-prinsip Usability Heuristic. Selanjutnya, hasil pengembangan solusi desain iterasi pertama dievaluasi dengan moderated usability testing (UT) dan penyebaran kuesioner System Usability Scale (SUS) secara daring serta iterasi kedua hanya dengan moderated usability testing (UT) saja. Hasil akhir evaluasi kuantitatif UT menunjukan rata-rata keberhasilan responden menyelesaikan skenario dengan sempurna dengan nilai 91% untuk iterasi pertama dan 96% untuk iterasi kedua. Penting untuk dicatat bahwa persentase ini tidak dapat dibandingkan langsung karena skenario telah mengalami perubahan. Hasil tersebut juga didukung oleh nilai SUS sebelum dan sesudah perbaikan dari 52,42 menjadi 84,58 yang artinya terjadi peningkatan kualitas desain yang dapat diterima pengguna. Hasil akhir evaluasi kualitatif UT menunjukan bahwa mayoritas responden merasa lebih mudah memanfaatkan fitur-fitur yang ada dengan tampilan yang baru. Dengan demikian, penelitian ini mampu meningkatkan usability dari desain aplikasi dan dapat menjadi rekomendasi untuk perbaikan sekaligus sebagai landasan untuk penelitian selanjutnya.

This research is based on the user interface of the LMSKU application, a financial education platform that still has several usability issues. LMSKU is a learning management system (LMS) owned by a governmental institution, designed to provide financial education to the Indonesian public. Despite its significant capabilities, the platform faces various usability challenges. Therefore, this study aims to evaluate the usability of LMSKU and provide interface improvement recommendations to enhance the application's usability. The research employs the user-centered design method with two iterations, each resulting in high-fidelity designs. Based on an online questionnaire (n = 65) and interviews, both online and offline (n = 19), 42 usability problem groups were identified and mapped according to Usability Heuristic principles. The first iteration's design solutions were evaluated through moderated usability testing (UT) and the online distribution of the System Usability Scale (SUS) questionnaire, while the second iteration was evaluated solely through moderated usability testing (UT). The final quantitative evaluation of UT showed an average respondent success rate of 91% for the first iteration and 96% for the second iteration. It is important to note that these percentages cannot be directly compared due to changes in the scenarios. These results were also supported by the SUS scores, which increased from 52.42 to 84.58 before and after the improvements, indicating an improvement in user-acceptable design quality. The final qualitative evaluation of UT indicated that the majority of respondents found it easier to use the features with the new interface. Thus, this research successfully improved the application's usability and can serve as a recommendation for further improvements and as a foundation for future research."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jason Widodo
"Penelitian ini didasari oleh tampilan antarmuka aplikasi LMSKU sebagai platform edukasi keuangan yang masih memiliki sejumlah permasalahan dari segi usability. LMSKU merupakan learning management system (LMS) yang dimiliki oleh lembaga negara dan dirancang dengan tujuan untuk menyediakan edukasi keuangan untuk masyarakat Indonesia. Meskipun LMSKU memiliki kapabilitas yang cukup signifikan, platform ini masih menghadapi sejumlah permasalahan yang berkaitan dengan usability. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kegunaan usability LMSKU dan memberikan rekomendasi perbaikan antarmuka dengan tujuan meningkatkan usability aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode user-centered design dengan dua iterasi yang masing-masing menghasilkan desain high-fidelity. Berdasarkan kuesioner daring (n = 65) dan wawancara, baik daring maupun luring (n = 19), terdapat 42 kelompok masalah usability yang dipetakan sesuai dengan prinsip-prinsip Usability Heuristic. Selanjutnya, hasil pengembangan solusi desain iterasi pertama dievaluasi dengan moderated usability testing (UT) dan penyebaran kuesioner System Usability Scale (SUS) secara daring serta iterasi kedua hanya dengan moderated usability testing (UT) saja. Hasil akhir evaluasi kuantitatif UT menunjukan rata-rata keberhasilan responden menyelesaikan skenario dengan sempurna dengan nilai 91% untuk iterasi pertama dan 96% untuk iterasi kedua. Penting untuk dicatat bahwa persentase ini tidak dapat dibandingkan langsung karena skenario telah mengalami perubahan. Hasil tersebut juga didukung oleh nilai SUS sebelum dan sesudah perbaikan dari 52,42 menjadi 84,58 yang artinya terjadi peningkatan kualitas desain yang dapat diterima pengguna. Hasil akhir evaluasi kualitatif UT menunjukan bahwa mayoritas responden merasa lebih mudah memanfaatkan fitur-fitur yang ada dengan tampilan yang baru. Dengan demikian, penelitian ini mampu meningkatkan usability dari desain aplikasi dan dapat menjadi rekomendasi untuk perbaikan sekaligus sebagai landasan untuk penelitian selanjutnya.

This research is based on the user interface of the LMSKU application, a financial education platform that still has several usability issues. LMSKU is a learning management system (LMS) owned by a governmental institution, designed to provide financial education to the Indonesian public. Despite its significant capabilities, the platform faces various usability challenges. Therefore, this study aims to evaluate the usability of LMSKU and provide interface improvement recommendations to enhance the application's usability. The research employs the user-centered design method with two iterations, each resulting in high-fidelity designs. Based on an online questionnaire (n = 65) and interviews, both online and offline (n = 19), 42 usability problem groups were identified and mapped according to Usability Heuristic principles. The first iteration's design solutions were evaluated through moderated usability testing (UT) and the online distribution of the System Usability Scale (SUS) questionnaire, while the second iteration was evaluated solely through moderated usability testing (UT). The final quantitative evaluation of UT showed an average respondent success rate of 91% for the first iteration and 96% for the second iteration. It is important to note that these percentages cannot be directly compared due to changes in the scenarios. These results were also supported by the SUS scores, which increased from 52.42 to 84.58 before and after the improvements, indicating an improvement in user-acceptable design quality. The final qualitative evaluation of UT indicated that the majority of respondents found it easier to use the features with the new interface. Thus, this research successfully improved the application's usability and can serve as a recommendation for further improvements and as a foundation for future research."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kezia Putri Yusika
"Penelitian ini didasari oleh tampilan antarmuka aplikasi LMSKU sebagai platform edukasi keuangan yang masih memiliki sejumlah permasalahan dari segi usability. LMSKU merupakan learning management system (LMS) yang dimiliki oleh lembaga negara dan dirancang dengan tujuan untuk menyediakan edukasi keuangan untuk masyarakat Indonesia. Meskipun LMSKU memiliki kapabilitas yang cukup signifikan, platform ini masih menghadapi sejumlah permasalahan yang berkaitan dengan usability. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kegunaan usability LMSKU dan memberikan rekomendasi perbaikan antarmuka dengan tujuan meningkatkan usability aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode user-centered design dengan dua iterasi yang masing-masing menghasilkan desain high-fidelity. Berdasarkan kuesioner daring (n = 65) dan wawancara, baik daring maupun luring (n = 19), terdapat 42 kelompok masalah usability yang dipetakan sesuai dengan prinsip-prinsip Usability Heuristic. Selanjutnya, hasil pengembangan solusi desain iterasi pertama dievaluasi dengan moderated usability testing (UT) dan penyebaran kuesioner System Usability Scale (SUS) secara daring serta iterasi kedua hanya dengan moderated usability testing (UT) saja. Hasil akhir evaluasi kuantitatif UT menunjukan rata-rata keberhasilan responden menyelesaikan skenario dengan sempurna dengan nilai 91% untuk iterasi pertama dan 96% untuk iterasi kedua. Penting untuk dicatat bahwa persentase ini tidak dapat dibandingkan langsung karena skenario telah mengalami perubahan. Hasil tersebut juga didukung oleh nilai SUS sebelum dan sesudah perbaikan dari 52,42 menjadi 84,58 yang artinya terjadi peningkatan kualitas desain yang dapat diterima pengguna. Hasil akhir evaluasi kualitatif UT menunjukan bahwa mayoritas responden merasa lebih mudah memanfaatkan fitur-fitur yang ada dengan tampilan yang baru. Dengan demikian, penelitian ini mampu meningkatkan usability dari desain aplikasi dan dapat menjadi rekomendasi untuk perbaikan sekaligus sebagai landasan untuk penelitian selanjutnya.

This research is based on the user interface of the LMSKU application, a financial education platform that still has several usability issues. LMSKU is a learning management system (LMS) owned by a governmental institution, designed to provide financial education to the Indonesian public. Despite its significant capabilities, the platform faces various usability challenges. Therefore, this study aims to evaluate the usability of LMSKU and provide interface improvement recommendations to enhance the application's usability. The research employs the user-centered design method with two iterations, each resulting in high-fidelity designs. Based on an online questionnaire (n = 65) and interviews, both online and offline (n = 19), 42 usability problem groups were identified and mapped according to Usability Heuristic principles. The first iteration's design solutions were evaluated through moderated usability testing (UT) and the online distribution of the System Usability Scale (SUS) questionnaire, while the second iteration was evaluated solely through moderated usability testing (UT). The final quantitative evaluation of UT showed an average respondent success rate of 91% for the first iteration and 96% for the second iteration. It is important to note that these percentages cannot be directly compared due to changes in the scenarios. These results were also supported by the SUS scores, which increased from 52.42 to 84.58 before and after the improvements, indicating an improvement in user-acceptable design quality. The final qualitative evaluation of UT indicated that the majority of respondents found it easier to use the features with the new interface. Thus, this research successfully improved the application's usability and can serve as a recommendation for further improvements and as a foundation for future research."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Adhitya Akbar
"Perkembangan jaringan wireless internet sangat mengagumkan selama beberapa dekade ini. Hal ini mendorong pertumbuhan hotspot di tempat-tempat umum. Dibalik kemudahannya, terdapat ancaman yang sangat berbahaya, salah satu bentuk ancaman terbesarnya adalah Rogue Access Point (RogueAP). Evil-twin-attack merupakan sebuah proof-of-concept ancaman dari RogueAP. User biasa akan mudah tertipu dan terhubung ke akses poin palsu tersebut. Ketidakpahaman mendalam mengenai network oleh user semakin mempermudah aktifitas hacker. Dibutuhkan suatu sistem yang tepat untuk mengetahui keberadaan RogueAP ini. Metode yang diusulkan juga bermacam-macam seperti pendekatan wired-side, wireless-side dan gabungan keduanya. Pada tulisan ini akan memberikan gambaran dua metode tersebut yaitu analisa trafik RTT dan WIDS sensor. Pada skenario 1 dan 2, kenaikan RTT Ping berkisar rata-rata 7.5% dari RTT Legitimate Access Point. Response time pendeteksian RAP di WIDS sensor tergantung pada jarak dan kekuatan sinyal antara WIDS dengan RogueAP. Pendeteksian WIDS Sensor mencapai keakuratan hingga 100% mendeteksi RogueAP dalam jangkauannya akan tetapi masih berbasiskan identitas mac address. Pada Area 1 dan 2 rata-rata response time berkisar 1-2 detik sedangkan pada Area 3 sebesar 3.7 detik dan Area 4 (1%-24%) sekitar 10.4 detik. Analisa trafik RTT sangat berpotensi menjadi alternatif pendeteksian Rogue Access Point.

The development of wireless data networks are very impressive for several decades. This encourages the growth of hotspots in public area. Behind the simplicity, there is a very dangerous threat, one of the greatest threats is the Rogue Access Point. Evil-twin-attack is a proof-of-concept threat of RogueAP. Regular user would be easily fooled and wil be connected to the fake access point. Not understanding the depth of the network by the user enhances the threat from hackers. Therefore we need a proper system for the presence of Rogue Access Point. The proposed method as well as a variety approaches of wired-side, wireless-side and a combination of both (hybrid). In this paper will provide an overview of two methods, namely the analysis of RTT traffic and WIDS sensor. In scenario 1 and 2, average increasing ranged Ping RTT is 7.5% of the RTT Legitimate AP. Response time detection of RAP in WIDS sensor depends on the distance and signal strength between the WIDS with Rogue Access Point. WIDS detection sensor reaches up to 100% accuracy in detecting RogueAP range but still based on the identity of the mac address. Average response time Area 1 and 2 ranges from 1-2 seconds while in Area 3 of 3.7 seconds and Area 4 (1% -24%) at about 10.4 seconds. RTT traffic analysis is a potential alternative to Rogue Access Point detection."
2012
S42677
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Doni Estu Anggoro
"Pertumbuhan sepeda motor belakangan ini telah membawa fenomena yang menarik terhadap lalulintas di Indonesia. Kondisi sepeda motor yang umumnya memiliki ukuran kecil, memiliki fleksibilitas dalam bermanufer, mampu dan lincah dalam menerobos kemacetan, kemudahan untuk parkir, dan harganya yang terjangkau menjadi faktor pendorong untuk memiliki jenis kendaraan ini.. Pertumbuhan sepeda motor tentu berpegaruh terhadap sistem jaringan jalan. Sistem jaringan jalan terdiri dari 2 (dua) komponen utama yaitu ruas (link) dan persimpangan (node). Salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan dalam analisa lalu lintas campuran, ditandai oleh beragam kendaraan, komposisi berubah, kurangnya disiplin jalur, dll. dapat dimodelkan dengan simulasi mikro adalah aplikasi PTV Vissim 11. Model Vissim itu sendiri pada dasarnya merupakan given atau terdapat pengaturan yang telah di atur oleh penciptanya dengan karakteristik negara asalnya, yakni negara Jerman sehingga perlu di kalibrasi karena karakteristik driving behavior Jerman dan Indonesia yang jauh berbeda.  Parameter Car Following Model dengan tipe Wiedemann 74 yaitu average standstill distance, additive part of safety distance dan multiplicative part of safety distance merupakan parameter yang penting dalam Vissim. Selain itu melihat karakteristik perilaku mengemudi di simpang bersinyal dimana kendaraan terutama sepeda motor yang perlahan bergerak di antara kendaraan yang lain untuk dapat lokasi antraian di depan dekat dengan garis berhenti sehingga perlu adanya perubahan parameter kalibrasi pada Lateral Parameter yaitu Nilai: Collision Time = 0.5 seconds, Minimum Longitudinal Speed = 0 m/s untuk sepeda motor. Dengan variasi parameter baru, aktivitas lateral kendaraan pada kecepatan rendah dapat ditingkatkan secara eksplisit.

Motorcycle growth has brought an interesting phenomenon to traffic in Indonesia. The condition of motorbikes that generally have a small size, have flexibility in maneuvering, are capable and agile in breaking through traffic jams, ease of parking, and affordable prices are the driving factors for this type of vehicle.. The growth of motorbikes certainly affects the road network system. The road network system consists of 2 (two) main components, namely links and intersections. One software that can be used in mixed traffic analysis, is characterized by various vehicles, changing compositions, lack of line discipline, etc. can be modeled with micro simulations is the PTV Vissim application 11. The Vissim model itself is basically given or there are arrangements that have been set by the creator with the characteristics of the country of origin German so it needs to be calibrated because of the driving behavior of Germany and Indonesia different. Parameter Car Following Model with type Wiedemann 74 is the average stand distance, additive part of safety distance and multiplicative part of safety distance are important parameters in Vissim. Besides looking at the characteristics of driving behavior in signalized intersections where vehicles, especially motorcycles, slowly move between other vehicles to get the location of the front in front of the stop line so that there needs to be a change in calibration parameters on the Lateral Parameters, namely: Collision Time = 0.5 seconds, Speed = 0 m/s for motorcycle. With variations in new parameters, lateral activity of vehicles at low speeds can be increased explicitly."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53381
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>