Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 141426 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Heni
"Persaingan dalam industri media semakin berkembang di indonesia, terutama ketika Indonesia memasuki era reformasi yang memacu kebebasan pers yang lebih meluas. Perubahan menciptakan kesempatan bagi parusahaan untuk melalrukan redesign koru;ep bisnis baik secara kaseluruhan atau sebagian, sehingga perusahaan dapat terus bertahan dan menang dalam parsaingan pasar. Dibawahi oleh sebuah perusahaan grup yang bergerak di bidang keuangan, perusabaan ini tumbuh menjadi sebuah perusahaan yang unlk diantara perusahaan lain di grupnya. Perusabaan ini menjalankan bisnisnya tanpa koru;ep dan strategi bisnis. Mayoritas kegiatannya dilalrukan dengan konsep 'learning by doing'. lni adalah alasan mengapa parusabaan ini tidak dapat berkembang dengan signifikan. Sedangkan pesaing baru datang dan parusahaan madia terus mengembengkan diri, perusahaan ini masih dalam posisi awal menghadapi 'kematian menyadari situasi yang berbahaya ini perusahaan harus berubah, Tetapi parubaltan tidaklah semudah yang dipikirkan, itu membutuhkan sumber daya, nang, dan waktu, Orang-orang cenderung malas untuk berubah karena banyak alasan, seperti kenyamanan, kurang pengetahuan, kurang parcaya diri, dll. Untuk menciptakan perubahan yang optima~ perusahaan membutuhkan parencanaan dengan pendekatan Change Management. Dengan pendekatan ini, perusahaan tidak hanya membuat perubahan tetapi juga membuat perubahan itu bekerja. Penelitian ini menghasilkan usulan kepada perusahaan untuk melakakan parubaltan transformational karena perusahaan ini memiliki parmasalahan dengan konsep bisnis yang bersifat fundamental. Tanpa adanya pondasi yang baik, perusahaan ini tidak akan bergerak kemanapun. Berdasarkan analisa data, perusahaan ini siap untuk melakukan parubahan. Beberapa perubahan yang harus dilakukan perusahaan ini adalah implementasi visi, misi, dan core values, evaluasi sistem reward, evaluasi prosedur perusahaan, serta pembentukan change agent, Untuk tahap implementasi, penulis juga menyediakan roadmap untuk menerapkan parubahan berdasarkan metode Kotter.

Nowadays competition in Indonesia's media industry becomes tighter than before, especially when Indonesia entered refonnation era. Media business grows rapidly since press freedom is opened widely. Since changes create the opportunity for companies to redesign their overall or part of business concepts, they help companies survive and become leader in business market. Holding by a company group which run financing field, this company grows to a unique company between its groups. This company runs its business without concept and business Jitrategies. Most of its activities are "done based on 1leaming by do[ng' concepts. These are the reason why this company can not develop its business significantly. While new competitors come and other media companies develop themselves rapidly, this company is still in its position facing 'death'. Knowing this dangerous situation, oompany must change. But change is not as easy as we think, it need resource, money, and time. People tend to reluctant to change because many reasons such as complacencies, lacking knowledge, Jacking confidence, etc. To make an optimal change companies need planning with change management approach. With this approach. companies not only make changes but also make those changes work. This research generates suggestion for this company to do transformational change because this company have problem with its fundamental business concept. Without making good foWldation, this company won't move anywhere. Based on data assessment, this company is ready doing change. Some important changes which should be done by this company are vision, mission, and core values implementation, reward system evaluation, company procedures eva:Iuation, and change "gent building. For the implementation phase, writer also provides company with roadmap for implementing change which is based on Kotter's method,"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S49972
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifki Zaini
"Di dalam era globalisasi setiap perusahaan dituntut untuk senantiasa mengembangkan usahanya sehingga dapat bertahan dan unggul di dalam persaingan yang semakin ketat. Pengetahuan sebagai aset intelektual merupakan aset yang sangat penting di samping aset-aset fisik lainnya. Pengelolaan pengetahuan yang dikenal dengan Knowledge Management (KM) memegang peranan penting di dalam memberikan nilai kompetitif suatu perusahaan.
Pada penelitian ini dirancang suatu sistem KM pada departemen Automation PT. BFM, dengan metode langkah implementasi KM yang dikembangkan oleh Amrit Tiwana: KM Tool Kit. Perancangan dimulai dengan dua macam identifikasi, yaitu identifikasi awal dan identifikasi strategi. yang merupakan langkah di dalam menciptakan cetak biru sistem yang akan dikembangkan. Sistem tersebut nantinya akan memiliki suatu KM Tool yang sesuai dan dapat diterapkan perusahaan.
Hasil perancangan KM tool di dalam penelitian ini adalah berupa KM intranet, yaitu suatu portal (berbasis web) yang dapat diaplikasikan melalui teknologi intranet. Dengan KM intranet diharapkan perusahaan dapat secara efektif dan efisien menjelankan proses KM sehingga terjadi iklim pembelajaran untuk menghasilkan individu dan organisasi yang produktif dan inovatif.

In globalization era, every organization is expected to develop its business all the time so could be survived and leading in the hard competition. Knowledge as intellectual asset is the most important thing beyond the other physical assets. Knowledge management (KM) is the key to give competitive advantage to an organization.
This research designs a knowledge management system at Automation department PT. BFM, with reference of Amrit Tiwana's 10 road map of KM implementation: KM Tool Kit. The design was started by doing two kind identifications as step to build a blue print of system to be developed, that will use suitable KM tool for company.
The result of KM tool design is KM intranet. KM intranet is a portal (web based) in which could be implemented by intranet technology. By KM intranet, company can run KM process effectively and efficiently to create productive and innovative knowledge worker.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S51888
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Meisuchi Naisuty
"Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang logistik pangan pokok. Bulog memiliki peran sebagai alat perekonomian negara yang bersifat mandiri untuk memperkuat
perekonomian negara dalam mengelola logistik pangan secara nasional baik dalam bentuk pelayanan terhadap masyarakat ataupun yang bersifat komersial. Perum Bulog membutuhkan sistem ERP untuk mencapai visi organisasinya. Namun, Perum Bulogtidak siap menerapkannya karena manajemen perubahan yang tidak matang. Oleh karena itu, Perum Bulog membutuhkan perumusan pendekatan strategi manajemen perubahan dari sisi manusia yang sebaiknya digunakan dalam penerapan ERP di Perum Bulog. Pendekatan strategi manajemen perubahan yang digunakan pada penelitian ini merupakan strategi manajemen perubahan dasar dan umum dalam melakukan perubahan
pada sisi manusia yaitu rational empirical approach, normative reeducation approach,
power coercive approach, dan environmental adaptive approach. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, dokumen organisasi, dan tinjauan literatur yang diolah dengan analisis tematik. Pada studi kasus Perum Bulog, pendekatan strategi manajemen perubahan yang sebaiknya digunakan dalam penerapan ERP adalah kombinasi antara rational empirical approach,power coercive approach, dan environmental adaptive approach. Ketiga kombinasi pendekatan manajemen perubahan ini mewakili pendekatan strategi manajemen perubahan dari sisi top-down dan bottom-up. Kombinasi pendekatan strategi perubahan ini mampu mendukung perubahan pada tingkat organisasi untuk menunjang kesuksesan proyek ERP di Perum Bulog dari sisi manusia.

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) is a State-Owned Enterprise (BUMN) which is engaged in the field of basic food logistic. As an independent national economic tool, Perum Bulog strengthen the national economy by providing services to the public and commercial to manage national food logistics. Perum Bulog needs ERP system to achieve its organizational vision. However, Bulog is not ready to implement it due to immature change management. Therefore, Bulog requires formulation of change management approach by human perspective that should be used in implementing ERP at Bulog. The change management strategy in this research is basic and general change management strategy for making changes by human perspective such as rational empirical approach, normative reeducation approach, power coercive approach, and environmental adaptive approach. This research methodology is qualitative method to collect data through interviews, organizing documents, and literature reviews. In the Perum Bulog case study, change management strategy approach in implementing ERP should use combination of rational empirical approach, power coercive approach, and environmental adaptive approach. These three combinations of change management methods represent top-down and bottom-up approach in change management strategy. This change strategy combination may support changes by human perspective in organizational level to support ERP project success at Perum Bulog.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Winardi
Jakarta: KIecana, 2006
658 Win m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
J. Winardi
Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010
658.406 WIN m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sukma Indar Kurniawan
"STMIK Indonesia menyadari akan kebutuhan terhadap implementasi e-learning, namun pengalaman akan kegagalan implementasi e-learning menjadi pertimbangan perlunya suatu strategi manajemen perubahan dalam implementasi e-learning. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja system thinking dalam menyusun strategi manajemen perubahan.Langkah selanjutnya strategi manajemen perubahan tersebut dipetakan ke dalam 8 (delapan) langkah Kotter, kemudian dilakukan prioritasi dengan menggunakan analytic hierarchy process.
Penelitian ini dilakukan untuk menyusun strategi manajemen perubahan dengan studi kasus STMIK Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah strategi manajemen perubahan yang sudah diprioritaskan, yang dapat dijadikan dasar untuk memastikan implementasi e-learning di STMIK Indonesia berjalan sesuai dengan keinginan.

STMIK Indonesia realized the need for the implementation of e-learning, but the experience of the failure of the implementation of e-learning into consideration the need for a change management strategy in the implementation of e-learning. This research uses the framework of system thinking to createthe change management strategy. In the next step, the change management strategy that have been created will be mapped into 8 (eight) steps Kotter, and then will be prioritized by analytic hierarchy process.
The purpose of this research is create change management strategy in STMIK Indonesia. The result of this research is change management strategy that have been prioritized, which is it can be reference to make sure implementation of e-learning in STMIK Indonesia work smoothly as the hope.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Antania Hanjani Lestari
"ABSTRAK
Kebutuhan yang besar akan produk dan layanan berbasis teknologi informasi TI membuat jumlah proyek TI semakin meningkat. Sangat disayangkan, pada kenyataannya pada tahun 2016 terdapat 47 implementasi proyek TI di Indonesia yang berjalan tidak sesuai harapan. Beberapa diantaranya disebabkan oleh oleh faktor perubahan. Beberapa penelitian mengatakan bahwa manajemen perubahan menjadi solusi yang dapat diterapkan dalam menghadapi fenomena tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen perubahan pada implementasi proyek TI dan faktor-faktor manajemen perubahan yang dapat menunjang kesuksesan dalam implementasi proyek TI. Metode kuantitatif digunakan untuk mengambil intisari dari hasil kuesioner. Sebanyak 34 responden yang memiliki keterlibatan hingga tahap implementasi proyek berpartisipasi pada penelitian ini. Tahap Analisis dilakukan dengan membandingkan hipotesis dan hasil dari kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif antara manajemen perubahan dan kesuksesan implementasi proyek TI. Disimpulkan bahwa manajemen perubahan dapat berpengaruh terhadap kesuksesan implementasi proyek TI dengan meningkatkan urgensi perubahan, membentuk kelompok pemandu perubahan mengkomunikasikan visi perubahan dan mengatasi rintangan perubahan.

ABSTRACT
The huge need for IT products and services increased the number of IT projects. Unfortunately, in fact in 2016 there are 47 implementation of IT projects in Indonesia runs not as expected. Some of them are caused by changes. Some studies say that change management becomes a workable solution in the face of the phenomenon. This study aims to analyze the effect of change management on IT project implementation and change management factors that can support success in the implementation of IT projects. Quantitative methods are used to extract the essence of the questionnaire results. A total of 34 respondents involved until the implementation phase participated in this research. Stage Analysis is done by comparing the hypothesis and the results of the questionnaire. Based on the results of the study, the authors conclude there is a positive relationship between change management and the success of IT project implementation. Based on the results of this study it can be concluded that change management affects the successful implementation of IT projects by increasing the urgency of change, forming change guiding groups communicating vision changes and overcoming barriers to change. It was concluded that change management affects the successful implementation of IT projects by increasing the urgency of change, forming change guiding groups communicating vision changes and overcoming barriers to change"
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Eunike Chrisnawati
"Studi kasus ini menyajikan eksplorasi perkembangan pesat FinTech (kependekan dari financial technology) yang merupakan industri global yang relatif baru yang melibatkan penyampaian layanan keuangan yang menggunakan teknologi dan inovasi terbaru untuk bersaing dengan metode keuangan tradisional dunia. Dua tujuan utama dari studi ini adalah untuk memeriksa kepemimpinan strategis dan praktik manajemen perubahan di perusahaan FinTech Indonesia dan menguji tantangan strategi kepemimpinan pada praktik manajemen perubahan di perusahaan FinTech Indonesia. Kajian yang dilakukan melalui studi kasus ini terutama berfokus pada dinamika manajemen perubahan dan praktik kepemimpinan strategis, yang berisi tentang cara menentukan dan mengatasi tantangan dari pihak eksternal dan internal, serta mengimplementasikan solusi dan teknologi FinTech untuk meningkatkan dan mengembangkan layanan, serta mendapatkan sikap kompetitif yang lebih baik. Dengan menerapkan wawancara semi terstruktur, data dikumpulkan dari responden. Temuan penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis konten untuk memenuhi tujuan penelitian.

This case study presents an exploratory of the rapid development of FinTech (short for financial technology) which is a relatively new global industry that involves the delivery of financial services that use the latest technology and innovation to compete with the world's traditional financial methods. Two main objectives of this study are to examining strategic leadership and change management practices in an Indonesian FinTech company and examining the leadership strategies challenges on change management practices in an Indonesian FinTech company. This study was carried out through this case study mainly focusing on the dynamics of change management and strategic leadership practice, containing how to determine and overcome challenges from external and internal parties, and implementing FinTech solutions and technologies in order to improve and develop services, as well as gaining an improved competitive stance. By applying a semi-structured interview, data were collected from the respondent. The research findings were then analyzed using content analysis to meet the objectives of the study.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"Sepeda motor sebagai alat transportasi semakin banyak diminati oleh
masyarakat. PT. AHM sebagai produsen tunggal pemegang merek sepeda motor
Honda, tidak luput berusaha memenuhi permintaan masyarakat tersebut. Hal ini
dilakukan dengan cara meningkatkan kapasitas produksi unit sepeda motor.
Pengadaan part-part juga disesuaikan dengan peningkatan kapasitas, baik dengan
meningkatan kapasitas pabrik (in-plant) dan juga memperbanyak part-part dari
subkontraktor (outsourcings). Subkontraktor yang ditunjukpun dituntut untuk dapat
menyediakan barang tepat pada waktunya dan dapat mengikuti standar kualitas PT. AHM.
Untuk itu dalam menentukan pemilihan subkontraktor pada pengerjaan suatu
part diperlukan suatu kriteria penilain. Bermacam - macam aspek akan muncul
didalamnya, sehingga menjadikan penilaian tersebut menjadi masalah yang
kompleks. Untuk memperoleh pengambilan keputusan yang efektif terhadap
persoalan yang kompleks tersebut maka, penentuan kriteria penilain dilakukan
dengan pendekatan metode Proses Hirarki Analitik (PHA). Berdasarkan hal tersebut
penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan peringkat kriteria penilaian untuk
pemilihan subkontraktor di PT. AHM sesuai aspek - aspek yang diinginkan dengan
pendekatan Proses Hirarki Analitik (PHA).
Penelitian dimulai dcngan menentukan kriteria utama, subkriteria dan sub-
subkriteria penilaian untuk pemilihan subkontraktor. Kemudian dibuat perbandingan
berpasangan untuk mendapatkan bobot dari masin-masing kriteria utama,
subkriteria dan sub-subkriteria. Penerapan penilaian ini kemudian dilakukan dengan
menilai alternative subkontraktor terhadap pengerjaan suatu part. Kemudian analisa
dilakukan terhadap hasil yang telah diperoleh.
Hasil peringkat kriteria penilaian untuk pemilihan subkontraktor di PT. AHM didapat
berturut-turut adalah quality, cost, delivery, development, management dan technical
facilities. dari penerapan penilaian ini didapat PT.FAS sebagai alternatif dengan nilai
tertinggi disusul PT. SMU dan yang terakhir adalah PT, DP IV. Dengan penilaian untuk
pemilihan subkontraktor menggunakan pembobotan pada elemen hirarki mewakili porsi yang
sesuai terhadap kriteria penilaian."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S50174
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Geraldus Satrio Laksono
"Dalam menghadapi perubahan organisasi, perusahaan membutuhkan dukungan dari karyawan baik dalam bentuk perilaku kerja inovatif maupun keinginan karyawan untuk mempertahankan keanggotaannya di dalam perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan komitmen perubahan dengan perilaku kerja inovatif dan keinginan untuk berhenti pada karyawan yang bekerja pada perusahaan yang mengalami perubahan organisasi. Perilaku kerja inovatif diukur dengan The Innovative Work Behavior Scale, keinginan untuk berhenti diukur dengan menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh Peterson dan Samad (2006), dan Komitmen Perubahan diukur dengan menggunakan Commitment to Change Inventory (CCI). Penelitian dilakukan pada 158 karyawan dari tiga perusahaan yang merupakan bagian dari sebuah grup perusahaan media televisi di Indonesia. Penelitian ini menemukkan pengaruh yang positif dari komitmen perubahan dengan perilaku kerja inovatif, namun tidak signifikan (β=0,114, p<0,01). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan negatif antara komitmen perubahan terhadap keinginan untuk berhenti (β=-0,213, p<0,01). Dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa komitmen perubahan memberikan pengaruh yang lebih kuat terhadap turnover intention pada karyawan dibandingkan terhadap perilaku kerja inovatif.

While facing organizational change, companies need the supports of their employees in the form of innovative work behavior and their willingness to retain their membership in the company. This study was aimed to examine the relationship of commitment changes with innovative work behavior and turnover intention of employees who work in companies experiencing organizational change. Innovative work behavior was measured by the Innovative Work Behavior Scale, while Turnover Intention was measured by using a questionnaire developed by Peterson and Samad (2006), and Commitment to Change was measured using the Commitment to Change Inventory (CCI). The study was conducted on 158 employees from the three companies that are part of a group of television media companies in Indonesia. The results showed that there is no significant impact of Commitment to Change to Innovative Work Behavior (β=0,114, p<0,01) but there?s a significant negative impact of Commitment to Change to Turnover Intention (β=-0,213, p<0,01). From this study, it found that the commitment to change provide a more powerful influence on employee turnover intention compared to innovative work behavior."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S59840
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>