Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 41004 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yunita Sari
"Besi tuang nodular (BTN) diberi perlakuan panas austemper untuk menghasilkan struktur matriks dan sifat mekanis yang diinginkan, yang tidak bisa diperoleh pada knndisi "as-cast". Fade penelitian ini temperatur dan waktu austemper dijadikan sebagai variabel untuk melihat pengaruhnya terhadap struktur mikro "austempered ductile iron? (ADIE yang dihasilkan. Untuk memperoleh data mengenai perbedaan matriks dari ADI akibat perubahan temperatur dan waktu austemper, maka dilakukan pengujian kekerasan makro dan mikro, penghitungan fraksi volume austenit sisa, dan pengamatan struktur mikro.
Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini adalah peningkatan temperatur dan waktu austemper menyebabkan struktur matriks ADI yang semakin menurun nilai kekerasannya. Hal ini berkaitan erat dengan difusi karbon ke austenit selama pertumbuhan jarum-jarum ferit bainitik. Sebab pada gilirannya difusi karbon akan berpengaruh terhadap kestabilan austenit, kecepatan pertumbuhan ferit bainitik, kandungan karbon dalam ferit bainitik, dan temperatur "martensite start"."
Depok: Universitas Indonesia, 1996
S41227
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Buku "Express and standard : ductile iron pipelines" ini membahas tentang spesifikasi pipa besi."
[Place of publication not identified]: Pont. A. Mousson S. A., 1987
R 669.141 EXP
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Pakpahan, Bram Timoteus Setiadi
"Untuk meningkatkan kapasitas produksi,sebuah struktur pabrik direnovasi berupaperkuatan komponen struktur yang sudah ada serta penambahan komponen struktur dan pondasi baru.Pada awalnya, struktur ini mengalami getaran akibat beban dinamik mesin flash gas bag filter, namun setelah direnovasigetaran tersebut menghilang. Melalui penelitian ini dikaji penyebab menghilangnya getaran tersebut dengan cara memodelkan struktur pabrik sebelum dan sesudahrenovasi serta memodelkanbeban mesin sebagai1 beban dinamik impuls. Pada permodelan beban gravitasi, urutan pembebanan pada struktur yang sudah ada maupun struktur yang sudah direnovasi ikut diperhitungkan. Dari hasil permodelan tersebut akan didapatkan rasio tegangan akibat beban mati pada struktur sebelum renovasi, dan rasio tegangan akibat kombinasi pembebanan pada struktur setelah direnovasi.Dan didapatkan juga nilai respon dinamik struktur yang berupa acceleration, displacement, dan velocity yang berkurang secara signifikan setelah direnovasi. Struktur pabrik sebelum direnovasi menunjukkan respon dinamik yang masuk dalam kategori uncomfortableberdasarkan standar internasional untuk skala getaran ketidaknyamanan. Namun, ketika struktur pabrik tersebut sudah direnovasi, respon dinamik yang didapatkan akan berada pada kategori not uncomfortable.

To increase production capacity, a renovated plant structure components such as retrofitting existing structures and structural components as well as the addition of a new foundation. At first, these structures undergo the vibration due to dynamic loads from flash gas bag filter engine, but after the renovation the vibration disappears. Through this study examined the causes of the disappearance of the vibration by way of modeling plant structure before and after the renovation as well as modeling the engine load as 1 dynamic impulse load. In the gravity load modeling, the sequence of loading on existing structures or structures that have been renovated are considered. From the modeling results will be obtained due to the dead load stress ratio on the structure before the renovation, and the ratio of stress due to the combination of loading on the structure after being renovated. And also the value obtained in the form of structural dynamic response acceleration, displacement, and velocity were reduced significantly after the renovation. Plant structure before it was renovated structure shows that the dynamic response in the category uncomfortable based on international standards for vibration-scale inconvenience. However, when the structure of the plant has been renovated, the dynamic response will be obtained in the category of not uncomfortable."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46982
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Sahat P.
"ABSTRAK
Lifts/Elevator are a type of vertical transport that is used to transport people or goods and usually used in high-rise buildings (more than three or four floors). In general, the elevator system is still using conventional system.In conventional elevator systems, there are many things to consider such as component requirements, high power consumption, large rooms, reparation difficulties, energy wastage, and the absence of automatic emergency compliance when disruptions occur.In an effort to reduce the aforementioned things, a system simulation will be designed using PLC (Programmable Logic Controller) as controller of the elevator system such that it will be obtained a system that is more efficient and work automatically.In this research we will design a 4-storey elevator system simulation using a Zelio Logic SR2 B20IJD PLC."
Universitas HKBP Nonmensen, 2018
050 VISI 26:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Heryanto
"Jenis pengelasan Gas Metal Arc Welding (GMAW) merupakan salah satu jenis pengelasan busur Iistrik yang paling banyak digunakan dalam pengelasan baja karbon rendah. Hal ini dikarenakan antara Iain tingkat efisiensinya yang lebih baik apabila dibandingkan dengan jenis pengelasan SMAW. Pengelasan GMAW ini pada umumnya digunakan di industri manufaktur. Hasil dari pengelasan tergantung dari bermacam-macam faktor, diantaranya variabel arus kecepatan aliran gas dan kecepatan pengelasan yang dipergunakan Pengelasan selain dituntut cepat juga harus mempunyai penetrasi yang optimum, karena akan menentukan kekuatan dari sambungan lasan Iogam tersebut. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemakaian arus dan kecepatan aliran gas pada pengelasan GMAW terhadap penetrasi, weld size dan throat lasan pada baja karbon rendah. Berdasarkan grafik yang didapat dari penelitian bahwa semakin meningkatnya pemakaian arus pada kecepatan aliran gas yang konstan akan mengakibatkan penetrasi, weld size dan throat lasan semakin besar. Sedangkan dengan meningkatnya pemakaian kecepatan aliran gas pada arus yang konstan akan mengakibatkan penetrasi menjadi semakin kecil dan weld size serta throat lasan cenderung turun. Kondisi terbaik dalam penelitian ini adalah pada pemakaiau variabel arus 310 A dengan kecepatan aliran gas 11 liter/menit."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S37395
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kusfiat Fitriani
"[ABSTRAK
Material Bake Hardening merupakan material yang memiliki sifat mudah dideformasi sebelum diberi perlakuan panas dan sulit dideformasi setelah diberi perlakuan panas. Material ini merupakan material baru yang digunakan pada industri otomotif untuk digunakan pada kerangka mobil dan badan mobil. Material ini akan disambungkan menggunakan mesin Resistance Spot Welding. Resistance Spot Welding merupakan salah satu jenis pengelasan yang banyak digunakan di industri otomotif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari parameter kuat arus dari mesin resistance spot welding pada material bake hardening. Penyambungan material bake hardening ini dilakukan dengan menggunakan mesin resistance spot welding dengan pemberian kuat arus 8kA, 9kA, 10kA, 11kA dan 12kA. Pengujian yang dilakukan antara lain pengujian kekerasan, geser, pengamatan SEM, dan metalografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan optimum yaitu 5,68kN dan kekerasan optimum yaitu 237,34 VHN didapat pada sampel yang diberi kuat arus sebesar 11kA. Pemberian kuat arus diatas 11kA akan menyebabkan penurunan pada kekuatan dan kekerasan. Pola penjejakan kekerasan menunjukkan bahwa daerah nugget memiliki kekerasan yang lebih tinggi dibandingkan base metal. Struktur mikro juga menunjukkan bahwa semakin ke daerah nugget, butir semakin membesar dan fasa bainite bertambah banyak.

ABSTRACT
Bake Hardening material is a material that is easily deformed before being given a heat treatment and become a hard deformed after being heat-treated. This material is a new material used in the automotive industry for car frame and car body. This material will be welded using Resistance Spot Welding machine. Resistance Spot Welding is one type of welding that is widely used in the automotive industry. This study aims to determine the effect of the current welding parameters of resistance spot welding to bake hardening material. The joining of bake hardening material is performed using resistance spot welding machine with current 8kA, 9kA, 10kA, 11kA and 12kA. Tests performed include hardness testing, shear, SEM and metallography. The results showed that the optimum tensile strength is 5,68kN and optimum Vickers hardness is 237.34 VHN samples were obtained at a current of 11kA. Giving current 11kA above will cause a decrease in tensile strength and Vickers hardness. Hardness distribution of Vickers hardness shows that nugget area has a higher hardness than the base metal. Microstructure also shows that the area to the nugget, grain growing and increasing bainite phase.
;Bake Hardening material is a material that is easily deformed before being given a heat treatment and become a hard deformed after being heat-treated. This material is a new material used in the automotive industry for car frame and car body. This material will be welded using Resistance Spot Welding machine. Resistance Spot Welding is one type of welding that is widely used in the automotive industry. This study aims to determine the effect of the current welding parameters of resistance spot welding to bake hardening material. The joining of bake hardening material is performed using resistance spot welding machine with current 8kA, 9kA, 10kA, 11kA and 12kA. Tests performed include hardness testing, shear, SEM and metallography. The results showed that the optimum tensile strength is 5,68kN and optimum Vickers hardness is 237.34 VHN samples were obtained at a current of 11kA. Giving current 11kA above will cause a decrease in tensile strength and Vickers hardness. Hardness distribution of Vickers hardness shows that nugget area has a higher hardness than the base metal. Microstructure also shows that the area to the nugget, grain growing and increasing bainite phase., Bake Hardening material is a material that is easily deformed before being given a heat treatment and become a hard deformed after being heat-treated. This material is a new material used in the automotive industry for car frame and car body. This material will be welded using Resistance Spot Welding machine. Resistance Spot Welding is one type of welding that is widely used in the automotive industry. This study aims to determine the effect of the current welding parameters of resistance spot welding to bake hardening material. The joining of bake hardening material is performed using resistance spot welding machine with current 8kA, 9kA, 10kA, 11kA and 12kA. Tests performed include hardness testing, shear, SEM and metallography. The results showed that the optimum tensile strength is 5,68kN and optimum Vickers hardness is 237.34 VHN samples were obtained at a current of 11kA. Giving current 11kA above will cause a decrease in tensile strength and Vickers hardness. Hardness distribution of Vickers hardness shows that nugget area has a higher hardness than the base metal. Microstructure also shows that the area to the nugget, grain growing and increasing bainite phase.]"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S61921
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Todd, J. D. (Joseph Derwent)
Jakarta: Eresco, 1981
624.171 01 TOD st (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Luthfi Aditia
"Penelitian ini mengkaji aspek ergonomis pada desain kabin kokpit pesawat perintis berpenumpang 19 bermesin dua dalam model Virtual Environment. Tujuannya adalah untuk menghasilkan usulan rekomendasi desain kabin kokpit pada pesawat perintis yang ergonomis, sesuai dengan hasil uji nilai PEI. Dihasilkan 9 bbuah konfigurasi yang akan dianalisis. Analisa postur menggunakan software Jack 6.1. Pendekatan metode yang digunakan adalah metode Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan analisis dari tiga metode analisis yang terdapat pada Task Analysis Toolkits yang ada pada software Jack 6.1, yaitu : Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis System, dan Rapid Upper Limb Assessment. Hasil penelitian ini yaitu usulan konfigurasi desain dengan jarak tuas kemudi 25 cm dari instrument panel dan titik koordinat lever thrust pada x = 22 cm dan z = 426 cm pada center console.

This research studies the ergonomics aspect from cockpit design of Double Engined 19-Passenger STOL (Short Takeoff and Landing) Utility Aircraft in Virtual Environment. The purpose of this research was to make ergonomic designs recommendation for flight deck of 19-passenger STOL Utility Aircraft according to the PEI test result. Jack 6.1 was used to analyze the posture. Posture Evaluation Index (PEI) was an approach that integrated the results of these three analysis methods which were contained in Task Analysis Toolkits. Those three methods are: Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis System, and Rapid Upper Limb Assessment. The result was the configuration with range of yoke at 25 cm from panel instrument, 11o angle of the torso for the pilot, and change of coordinat point from thrust lever in center console at x = 22 cm and z = 426 cm.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47798
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Bhaskoro Wibowo
"Dalam suatu ujian, terutama di tingkat universitas, terdapat berbagai macam bentuk soal yang harus dikerjakan oleh mahasiswa. Salah satu bentuk yang banyak digunakan adalah ujian berupa esai. Namun ketika jawaban sudah terkumpul, terdapat kendala yang dihadapi oleh dosen, yaitu melakukan penilaian esai yang banyak memakan waktu dan tenaga. Oleh karena itu, dikembangkanlah suatu sistem untuk membantu pekerjaan dosen tersebut.
Simple O merupakan sistem yang dikembangkan di Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia. Mulai dikembangkan pada tahun 2007, Simple O merupakan suatu sistem yang dapat melakukan penilaian terhadap perkerjaan mahasiswa yang bersifat esai. Tujuan dari diciptakannya sistem ini adalah untuk membantu dosen dalam melakukan penilaian terhadap ujian yang telah dilakukan mahasiswa.
Simple O menggunakan algoritma Latent Semantic Analysis (LSA) ketika pertama kali dikembangkan. Kemudian sistem tersebut dikembangkan hingga menjadi algoritma Generalized Latent Semantic Analysis (GLSA) dan pada akhirnya dikembangkan algoritma Hybrid.

On some tests, especially in university, there are lots of types of questions that must be done by the students. One of them is essay. But when the answers are collected, there is a problem that is faced by the lecturer, the amount of time and energy that need to use by them. Because of that, people developped a system that can help the lecturer.
Simple O is a system that is developped in Electrical Engineering Department, University of Indonesia. The development was started in 2007, and it is a system that can grade the work of the students, in the form of essay. The purpose of the invention of this system is to help the lecturer in giving grades to the tests that have been done by the students.
Simple O uses LSA algorithm when the first time of its development. Then the system has been developped into Generalized Latent Semantic Analysis (GLSA) and finally it becomes Hybrid algorithm.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S53112
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>